IndiHome Seakan Cuci Tangan terhadap Masalah Pembayaran yang Gagal melalui MyIndihome

Selamat siang pihak IndiHome yang terhormat. Melalui Media Konsumen ini saya akan komplain masalah pembayaran pada aplikasi MyIndihome. Kasihan pelanggan lain kalau pembayaran gagal, lalu mencoba bayar kembali, tapi tetap gagal alias rugi dobel karena buruknya sistem pembayaran kalian. Nomor IndiHome saya: 143391101215, berikut kronologinya:

1. Pada tanggal 20 Oktober 2022, saya melakukan pemasangan IndiHome Paket Jitu 20Mbps dan mendapatkan invoice pembayaran sebesar Rp150.000 (belum termasuk PPN 11%).

2. Pada Tanggal 21 Oktober 2022 pagi, saya melakukan pembayaran menggunakan Debit Virtual Card BCA Digital (Virtual Card Blu) melalui aplikasi MyIndihome dan  dinyatakan Settle/Berhasil oleh pihak bank, tapi pada aplikasi MyIndihome dinyatakan GAGAL.

3. Saya pun melayangkan protes melalui WhatsApp IndiHome Care. Namun CS berdalih itu kesalahan dari pihak bank. Padahal walaupun pada aplikasi MyIndihome tidak ter-flagging, maka seharusnya uang masih “nyangkut” pada Payment Gateway dan di sini Payment Gateway-nya menggunakan FinPay.

4. Karena tidak puas terhadap jawaban dari CS IndiHome, saya pun melakukan WhatsApp kembali pada sore hari menanyakan hal yang sama. Saya mendapatkan nomor tiket IN152681671 dan mendapatkan estimasi 4 hari kerja atau sampai 25 Oktober 2022 pukul 17.00.

5. Pada jangka waktu tersebut saya rutin menanyakan terkait update permasalahan melalui WhatsApp ataupun 147. Namun masih diminta menunggu update.

6. Pada tanggal 25 Oktober 2022 pukul 17.30 saya cek ternyata pembayarannya masih belum terselesaikan. Saya menanyakan melalui telepon 147 dan jawaban masih sama yaitu disuruh menunggu.

7. Dikarenakan saya sudah capek menunggu, sementara pihak Witel setempat menanyakan kenapa belum bayar (tidak ada koordinasi dari Pusat ke Witel setempat) dan koneksi internet saya sudah terisolir, maka saya melalukan pembayaran ulang melalui  Tokopedia dan berhasil.

8. Pada tanggal 26 Oktober 2022, saya pun menanyakan kembali melalui telepon 147 mengenai pembayaran awal yang gagal apakah bisa di-refund atau dikembalikan dalam bentuk saldo MyIndihome, untuk digunakan pada pembayaran selanjutnya. Namun jawabannya adalah disuruh email ke CS Telkom pada alamat customercare@telkom.co.id dan tidak ada jawaban.

9. Pada tanggal 29 Oktober 2022, saya mengecek kembali progress tiket saya. Namun ternyata SUDAH TERSELESAIKAN tanpa konfirmasi ke saya terlebih dahulu. Saya langsung telepon ke 147 dan ternyata alasannya “Tagihan bapak sudah terbayar” Saya pun menjawab “Itu terbayar pada pembayaran kedua saya (melalui Tokopedia), yang tagihan pertama masih belum ada kejelasan sampai sekarang”. Lalu pihak IndiHome berdalih, kalau dari Tokopedia sukses berarti pembayaran pertama seharusnya sukses dong dan menyalahkan pihak bank padahal hal tersebut melalui metode bayar yang berbeda dan pada platform yang berbeda pula.

Alasan macam apa itu? Padahal ya seharusnya pihak IndiHome menyimpulkan suatu masalah melalui cek log pada payment gateway FinPay. Jangan malah berasumsi jika menggunakan metode lain bisa, lalu seharusnya metode yang gagal kemarin bisa juga.

Saya juga engineer yang pernah membuat integrasi pada payment gateway. Kalau pembayaran gagal maka bisa dicek lognya melalui Dashboard Payment Gateway-nya, apakah kesalahan pada pihak bank atau payment gateway-nya,. Namun ini malah menyalahkan pihak bank sepihak hanya dengan asumsi tanpa bukti

Kesimpulan saya, aplikasi MyIndihome memiliki kesalahan sistem dan terdapat bug yang menimbulkan kerugian pada saya dan juga mungkin pada pelanggan lain. Serta tidak adanya logging dan menu transaksi yang baik pada aplikasi (tidak ada log terkait pembayaran gagal/berhasil dan transaksi dapat dilakukan padahal transaksi sebelumnya masih aktif).

Jikalau pihak IndiHome tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini maka saya mengimbau kepada pelanggan lain untuk berhati-hati dan jika bisa hindari pembayaran melalui MyIndihome dan disarankan melalui aplikasi lain (e-commerce, minimarket yang sudah kerja sama dengan pihak Indihome).

Mohon agar menyelesaikan masalah ini. Terima kasih.

Khaiz Badaru Tammam
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom atas Keluhan “IndiHome Seakan Cuci Tangan terhadap Masalah Pembayaran yang Gagal melalui MyIndihome“

Dengan Hormat, Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Khaiz Badaru Tammam pada tanggal 7...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “IndiHome Seakan Cuci Tangan terhadap Masalah Pembayaran yang Gagal melalui MyIndihome

  • 7 November 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Saya berharap pembayaran pertama (atau kedua) bisa dikembalikan, atau setidaknya dialihkan ke pembayaran tagihan bulan berikutnya. Permasalahan anda mirip dengan pengguna lain yang menulis komplain di Media Konsumen (yang juga sudah anda komentari).

    Disini saya ingin tegaskan kembali kepada pembaca lain untuk tidak melakukan pembayaran melalui aplikasi MyIndihome, karena kurang reliable dan (setahu saya) tidak ada nota/invoice yang bisa dijadikan bukti transaksi pembayaran. Konsumen berhak (dan harusnya wajib) menerima nota/struk/invoice langsung setelah pembayaran, tanpa pusing dengan kendala yang terjadi setelahnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

IndiHome Seakan Cuci Tangan terhadap Masalah Pembayaran yang Gagal mel…

oleh Khaiz Badaru Tammam dibaca dalam: 2 menit
1