Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Tokopedia

Rabu, 9 November 2022 pukul 20:04, hari ke-0

Saya menggunakan jasa pembayaran kartu kredit (KK) dari Tokopedia dan ini kali pertama saya menggunakan jasa ini. Saat itu, saya membayar tagihan KK UOB dengan nominal Rp15.400.000 melalui metode pembayaran Virtual Account BCA dan dinyatakan berhasil oleh sistem Tokopedia sebagai berikut:

Setelah itu, saya menunggu untuk pembayarannya, mengingat proses verifikasi pembayaran kartu kredit, yang membutuhkan maksimal 3 hari kerja sesuai dengan ketetapan oleh Tokopedia.

Senin, 14 November 2022 pukul 12:59, hari ke-5

Karena belum ada perubahan status pembayaran di KK UOB, saya berinisiatif untuk menanyakan ke CS. Namun CS membalas bahwa belum di luar SLA mereka, yaitu 3 hari kerja. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Karena memang Sabtu dan Minggu tidak dihitung sebagai hari kerja dan waktu saat itu masih dalam SLA (batasnya di hari ini pukul 20:04) maka saya menyudahi percakapan.

Selasa, 15 November 2022 pukul 19:03, hari ke-6

Saya menanyakan kembali ke CS Tokopedia perihal status pembayaran KK. Karena sudah hampir 5 hari kerja sejak pembayaran berhasil, pembayaran belum masuk ke KK dan saya telah dikenakan denda sebesar Rp100.000 karena keterlambatan dari pihak Bank. CS Tokopedia menanyakan screenshot billing statement atau info dari bank yang masih tertagih dan saya membalas sesuai dengan permintaan data yang dibutuhkan. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Sesuai arahan CS, saya menunggu penyelesaian dari CS Tokopedia sementara mereka akan mengabarkan selanjutnya.

Rabu, 16 November 2022 pukul 08:16, hari ke-7

Saya menanyakan kembali perihal penyelesaian masalah pembayaran KK saya. Saya sempat menekan agar diberikan kejelasan dan dipercepat penanganannya karena menurut saya, nilai transaksi ini tidak kecil dan pihak CS seakan-akan tidak serius dalam menanggapi komplain. Bahkan saya tidak diberikan kepastian terkait waktu penyelesaian yang sudah molor 2 hari dari SLA Tokopedia. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Saya diberi tahu bahwa saya tidak mengangkat telepon pada pukul 8:41 dan meminta saya untuk mengangkat telepon jika ada yang menelepon. Selain itu saya hanya disuruh menunggu terkait penyelesaian.

Rabu, 16 November 2022 pukul 11:47, hari ke-7

Saya kembali menanyakan perihal masalah pembayaran KK dan kembali diberikan balasan template untuk menunggu tanpa kepastian. Perlu diketahui bahwa pihak bank telah menelepon saya berulang kali terkait keterlambatan pembayaran. Sudah lelah dengan perlakuan Tokopedia, saya mengajukan pengembalian uang saya sebesar Rp15.400.000. Berikut screenshot percakapannya:

Balasannya? seperti biasa, template alias copy-paste. Seperti berbicara dengan robot chat.

Kamis, 17 November 2022 pukul 10:20 dan 20:34, hari ke-8

Saya kembali meminta pengembalian uang yang sudah saya transfer ke pihak Tokopedia sebesar Rp15.400.000 dan lagi-lagi mendapatkan balasan template. Saya sudah mencoba menekan ataupun memohon-mohon kepada CS untuk dikembalikan. Namun seperti biasa dibalas dengan template. Jawaban paling ampuh untuk membuat saya stres. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Tidak ada empati sama sekali. Benar-benar layanan CS yang buruk.

Jumat, 18 November 2022 pukul 20:43, hari ke-9

Kembali lagi, saya mengajukan untuk pengembalian dana kepada CS Tokopedia dan saya luapkan kekecewaan melalui isi chat saya dengan CS. Balasannya? Betul sekali. ROBOT. R-O-B-O-T. Berikut isi percakapan dengan CS.

Sabtu, 19 November 2022 pukul 08:23 dan 17:26, hari ke-10

Tidak perlu dijelaskan kembali, berikut isi percakapan dengan CS:

Chat di atas merupakan chat terakhir saya ke CS Tokopedia.

Sampai hari ini, Rabu Tanggal 23 November pukul 00:34 (hari ke-14), Pihak Tokopedia tidak ada komunikasi maupun itikad baik sama sekali untuk mengembalikan uang saya sebesar Rp15.400.000. Saya dirugikan denda oleh pihak bank, begitu juga bunga yang akan dikenakan pada tanggal 25 November 2022, dikarenakan pembayaran yang menunggak bila tagihan belum dibayar. BI Checking? Wassalam.

Tentu saja, pihak Tokopedia dengan mudahnya membalas “Mohon menunggu” dan mengatakan “sedang diurus”. Jika benar memang serius diurus, tidak akan molor sampai 14 hari seperti ini. Benar-benar layanan CS dan penyelesaian masalah yang buruk dari ecommerce sekelas Tokopedia.

Bop Mallory
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Care:
[Total:162    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

76 komentar untuk “Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Tokopedia

  • 26 November 2022 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Hindari membayar tagihan kartu kredit selain melalui bank penerbit. Kalau ada trouble bakalan lama, sedangkan tagihan ada deadline. Jangan karena ada promo yang tidak seberapa, anda tempuh risiko.

    41
    • 27 November 2022 - (00:19 WIB)
      Permalink

      buat yg belum tau.saya bantu jawab.
      sekarang pembayaran kartu kredit umumnya sudah online melalui transfer online dari bank apapun

      untuk pembayaran kartu kredit uob dari BCA langsung aja pakai menu transfer online ke UOB +16 angka krt kredit.langsung masuk di hari yg sama.

      ngapain lagi pake jasa tokped.
      mudah mudahan tokped akan ganti rugi bunga yg muncul.

      11
    • 27 November 2022 - (14:01 WIB)
      Permalink

      Kenapa harus pakai tokopedia.
      Khan anda bisa bayarkan melalui akun bankpribadi untuk membayarkan KK. Tokopedia, lazada, shpe untuk tempat belanja bukan tempat untuk setor t apalagi transfer. Pelajaran buat kita semua, para nasabah. Dalam hal keuangan serahkan kepada akun bang masing masing,

  • 26 November 2022 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Dari bca bisa bayar cc uob, tentu saja tiada cashback gopay coin cring cring cring… xixixixi

    23
    • 27 November 2022 - (01:15 WIB)
      Permalink

      yap betul skali, gw sering bayar cc ci**bank, m**bank, db* di mbanking BCA.. lngsung masuk tanpa perlu nunggu 3 hari 😜

  • 26 November 2022 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Betul Pak. CS Tokopedia membalas hanya dengan script seperti robot. Setiap ada kendala jawabannya dibantu maksimalkan, tapi tidak ada kejelasan. Saya juga complain sampai berbusa masih lambat banget pengerjaannya. Malah mereka bilang sudah d prioritaskan tetapi rasanya ga dikerjain tu komplain saja. Nantinya tiket komplain akan d tutup tanpa ada solusi.

    • 27 November 2022 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Berharap cash back akhirnya merana sendiri .. bukan untung yg didapat tapi malah buntung!! Jujur saya ga pernah pembayaran apapun (apalagi kk) melalui aplikasi marketplace sekalipun diiming-imingi cash back yg besar kecuali bayar buat pembelian barang. Sebab jika terjadi masalah di marketplace proses penyelesaiannya tidak cukup sehari tapi bisa berhari-hari! Rugi waktu , pikiran bahkan bisa jadi uang tidak kembali! Maka itu lbh baik pembayaran KK melalui antar bank (M banking) jauh lbh aman sekalipun kena bea adm bank , tapi pikiran tenang!

      • 27 November 2022 - (06:30 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi duitnya ditahan dulu sama tokped biar berbunga dulu utk menggantikan cashback yg telah dikeluarkan oleh tokped .. wkwkwk .. 😂

        • 29 November 2022 - (10:52 WIB)
          Permalink

          Salah nomor gak itu?..soalnya saya pernah..byr cc mandiri..status berhasil..tp kok cc sy msh ada tagihan..sy omelin dah admin tokped..sy jg hubungi pihak mandiri..spt buntu gt..akhirnya sy cek lg ..tnyt sy byrnya ke nomor mandiri yg lama..krn sy sdh ganti cc krna hilang..jd sy dikasih kartu baru dgn no baru..tp krn sy tanpa sadar byr kartu lama,krn no krtu lama kan otomatis msh tersimpan di aplikasi tokped..sy lsg ke bank mandiri..akhirnya ktmu titik terang..pembayaran sy kekartu yg lama akhirnya nnt dipotongkan ke tagihan bulan depan yg baru..krna pihak tokped jg bingung..pihak tokped jg sdh byr ke mandiri jg dan berhasil..tp tnyt emg slh disaya byr cc yg lama sdh gak aktif..coba kmu periksa lg no cc kmu

  • 26 November 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    sambil menunggu ending yg masih belum jelas, kan anda bisa gunakan gopay koin yang 20000 itu untuk membeli thai tea atau es teh segar, biar hati dan pikiran lebih adem dulu sambil menunggu prosesnya selesai.

    coba bulan depan atau tahun depan di cek lagi siapa tau udah balek

    18
    1
    • 26 November 2022 - (17:36 WIB)
      Permalink

      wah kalo sy bayar cc citi pake toped lgsg realtime notif dari citi pembayaran sudah diterima ga pernah kendala. mgkn beda bank penerima ngaruh juga ya.

  • 26 November 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Ketawa ya ketawa aja gak usah takut dosa, tokped perusahaan besar, masa pelayanannya seperti itu..kan bangke!!! Jadi gw yang ngetawain lu…. isi kepala lu kecil

    3
    13
    • 28 November 2022 - (16:27 WIB)
      Permalink

      Mangkanya lo ajarin abang lo itu matematika sd ya, itung2an dasar. Biar pinter dikit, cashback ngga sampe 0.5 % malah bikin ribet, udah uang sangkut kena denda pula, sama cashback jg gedean dendanya, Wkwkwk

      • 28 November 2022 - (17:40 WIB)
        Permalink

        Lo yang harus belajar, pake disuruh matematika dasar segala., sama aja kayak yang lain2, knapa gk langsung ke banknya, knapa sih cuma cash back jadi ribet, kalopun dia tau bakal begini akan bayar di tokped, tolol lu!!! Udah gak ngasi masukan eh malah nyalahin, yang lebih tolol tokopedianya kalo sistemnya jadi calo belum sempurna gak usah ada pake cc an lah. Tokopedia mana nih???? Tuh kan kasian duitnya digantung..tolollll lu

        2
        2
        • 4 Desember 2022 - (22:33 WIB)
          Permalink

          spt’nya sistem TOKOPEDIA bLm siap .. utk peLayanan cc .. 😆 pengaLaman sy .. pernah barang hiLang cm puLuhan ribu aJa .. kompLain bs makan waktu 15hr & diciciL puLa pengembalian dana’nya .. parahhh .. 😅

  • 26 November 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    CB 20K tp dendanya 100K. Pdhl kalo lgsg dari m-banking BCA cuma kepotong 6.500 dgn sistem transfer bank lain bisa lgsg masuk tuh pembayarannya.

    13
  • 26 November 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Hindari pembyran CC via pihak ke tiga atau beda bank. Usahkan bank yg sama proses cepett, walaupun mepett di akhir japo/akhir pekan bida bisa langsung masuk

    • 26 November 2022 - (18:27 WIB)
      Permalink

      saya juga kapok pake tokped. buruk pnajang klo di ceritain.intinya harus banyak bersabar klo soal urus duit sama tokpet

      8
      1
    • 26 November 2022 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Idem sama yg lain, kalo mau bayar mending banknya langsung. Nga usah tergiur promo tetek bengek yg nga seberapa. Klao ada yg bilang A lancar kok ng ada masalah. Kalo pake pihak ketiga pasti nanti akan ada masalah, dan dari yg udah2. Yg bilang nga ada masalah juga ikut uring2an nantil

    • 27 November 2022 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Hindari pembayran cc lewat pihak ke 3, mending pake bank lain yg bisa dipertanggungjawabkan, apalagi nominal besar, semoga masalahnya cepat selesai

  • 26 November 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Haduwh.. Udah kesekian kali kyaknya case gini.. Mending langsung bayar via M banking banknya yg bersangkutan, kalo lewat pihak ketiga mah alamat LAMA.. Demi cashback yg gk seberapa dibanding resiko denda dll..

  • 26 November 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    PELAJARAN PERTAMA:
    JANGAN SAMPAI GUNAKAN DOMPET DIGITAL ATAU PIHAK KE TIGA JIKA INGIN BAYAR CC.
    POTENSI DELAY NYA HAMPIR 275,1%

    Aku yang baca template nya saja ikut emosi.
    Semoga segera terselesaikan, sekalian minta Tokped bayarin dendanya.

    10
  • 26 November 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Keren pak demi cashback akhirnya kena denda deh tuh cc, padahal gedean denda cc nya dari pada cashback, upzzzz

    6
    2
  • 26 November 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    sumpah pemuda gua ngakak bacanya, cuma karena tergiur Cashback 20000 coin. ruginya berlipat lipat.. ujung-ujungnya kesama ke mari utang.. bunga denda berjalan di depan mata dari dua kartu kredit berbeda..

    6
    2
    • 1 Desember 2022 - (19:23 WIB)
      Permalink

      Mungkin gara gara phk masal, jadi ngga di kerjain kali, CS atau yg ngerjainnya sudah di phk

    • 26 November 2022 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Kadang saya tidak habis pikir, kenapa tidak langsung bayar saja ke Bank-nya, niat cari untung dari tokped malah buntung ..
      Itulah kadang kalau berfikir untung doang tanpa berpikir kemungkinan hal2 lain dan resikonya.

  • 26 November 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Heem gara2 GOTO memPHK karyawannya akhirnya begini kinerja CS nya. Sekedar Info aja tahun ini GOTO rugi 10 Triliun. Dan akibat ini saham GOTO slalu anjlok di bursa Dan sy sebagai salah 1 investor ritel diantara jutaan investor lain yg membeli sahamnya sangat menderita kerugian berjuta2. Mau dijual sudah rugi karna belinya diharga perdana saat penawaran umum perdana dan harga saat ini di bawah harga perdana ..
    GOTO terlalu sombong dan bangga dengan nama besar terlalu berambisi menjadi nomor 1 terbesar di indonesia dg meraih pendanaan berjuta2 triliun dari berbagai perusahaan investasi. Dan menerbitkan saham miliaran lembar di bursa namun apa jadinya…RUGI…dana yg dihimpun dari investor bukannya dapat meningkatkan laba perusahaan tpi justru rugi…akibatnya investor rugi jual habis saham dan nilai saham pun turun. Masih mending bukalapak. Masih untung . Tahun depan FOTO berencana masuk bursa Amerika dg melepas saham dg nilai triliunan saya cuma ketawa aja..mimpi apa yg di capai perusahaan ini. Dalam negeri saja sudah KO..

    7
    2
    • 28 November 2022 - (16:53 WIB)
      Permalink

      Dananya hanya utk bakar2 duit di cashback.
      Mending sekalian Amazon masuk ke Indonesia bisa tutup itu GOTO. Untung dulu sempat beli GOTO sebentar langsung dilepas.

    • 30 November 2022 - (23:28 WIB)
      Permalink

      munzir, bukannya udah dari dulu, yah cs gojek dan tokopedia gak kompeten? sebenarnya berdasarkan pengalaman gw, kebanyakan cs gak kompeten. perusahaan apapun itu.

  • 26 November 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    waduh,paling ga brani gw byr CC pake pihak ke3 gini..ngeriii lah pokoknya,apalagi nominalnya segitu..niat dapet CB 20 rb malah jd buntung,blm lg BI chcking uda pasti merah

    2
    1
  • 26 November 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Waduh yang sudah pasti akan ada dalam SLIK OJK dengan keterangan pernah melakukan keterlambatan pembayaran jumlah Hari

  • 26 November 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    saya sih kalau bayar di MP harus siapin dana cadangan buat jaga2 kalau sampai mepet JT belum masuk.
    ya biar terhindar dari masalah gini.
    CB gak nutup

  • 26 November 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    masalah complain CS Tokopedia, kalau saya kok selalu ditelepon ya setelah chat di live chat

  • 27 November 2022 - (03:30 WIB)
    Permalink

    Halo Pak Bob
    Tenang aja, aku udah ngalamin jg kok begitu, baru jg bln lalu, dan saya ada masukin jg ke Media Konsumen perihal komplainan yg sama.
    Nanti dapat biaya pengganti oleh tokped, udah gitu denda jg akan diganti sama tokped. Jadi diganti 2x. Udah gitu saya saranin nih, bapak tlpn ke CS kartu kreditnya buat permohononan penghapusan denda keterlambatan, seperti saya jg.. jelasin kalau yg salah itu dari pihak .arket place tokped, pasti dihapus. Karena saya udah ngalamin. Jd malah untung deh. Silahkan dicoba. Hehehe… biar aja yg komentar sewot gara gara cash back 20rb. Yg penting bapak dpt untung seperti saya..

    9
    7
  • 27 November 2022 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Gila juga lu bro transaksi diatas 15 jt jangan pakai virtual account, udah gitu lu pakai pihak ke 3, wajar kena suspend ga masuk ke pembayaran kk nya, apa gara2 casback 20 ribu, ngakak sih, up terus bro

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 76 komentar sampai saat ini..

Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Toko…

oleh Bop dibaca dalam: 2 menit
76