Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Tokopedia

Rabu, 9 November 2022 pukul 20:04, hari ke-0

Saya menggunakan jasa pembayaran kartu kredit (KK) dari Tokopedia dan ini kali pertama saya menggunakan jasa ini. Saat itu, saya membayar tagihan KK UOB dengan nominal Rp15.400.000 melalui metode pembayaran Virtual Account BCA dan dinyatakan berhasil oleh sistem Tokopedia sebagai berikut:

Setelah itu, saya menunggu untuk pembayarannya, mengingat proses verifikasi pembayaran kartu kredit, yang membutuhkan maksimal 3 hari kerja sesuai dengan ketetapan oleh Tokopedia.

Senin, 14 November 2022 pukul 12:59, hari ke-5

Karena belum ada perubahan status pembayaran di KK UOB, saya berinisiatif untuk menanyakan ke CS. Namun CS membalas bahwa belum di luar SLA mereka, yaitu 3 hari kerja. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Karena memang Sabtu dan Minggu tidak dihitung sebagai hari kerja dan waktu saat itu masih dalam SLA (batasnya di hari ini pukul 20:04) maka saya menyudahi percakapan.

Selasa, 15 November 2022 pukul 19:03, hari ke-6

Saya menanyakan kembali ke CS Tokopedia perihal status pembayaran KK. Karena sudah hampir 5 hari kerja sejak pembayaran berhasil, pembayaran belum masuk ke KK dan saya telah dikenakan denda sebesar Rp100.000 karena keterlambatan dari pihak Bank. CS Tokopedia menanyakan screenshot billing statement atau info dari bank yang masih tertagih dan saya membalas sesuai dengan permintaan data yang dibutuhkan. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Sesuai arahan CS, saya menunggu penyelesaian dari CS Tokopedia sementara mereka akan mengabarkan selanjutnya.

Rabu, 16 November 2022 pukul 08:16, hari ke-7

Saya menanyakan kembali perihal penyelesaian masalah pembayaran KK saya. Saya sempat menekan agar diberikan kejelasan dan dipercepat penanganannya karena menurut saya, nilai transaksi ini tidak kecil dan pihak CS seakan-akan tidak serius dalam menanggapi komplain. Bahkan saya tidak diberikan kepastian terkait waktu penyelesaian yang sudah molor 2 hari dari SLA Tokopedia. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Saya diberi tahu bahwa saya tidak mengangkat telepon pada pukul 8:41 dan meminta saya untuk mengangkat telepon jika ada yang menelepon. Selain itu saya hanya disuruh menunggu terkait penyelesaian.

Rabu, 16 November 2022 pukul 11:47, hari ke-7

Saya kembali menanyakan perihal masalah pembayaran KK dan kembali diberikan balasan template untuk menunggu tanpa kepastian. Perlu diketahui bahwa pihak bank telah menelepon saya berulang kali terkait keterlambatan pembayaran. Sudah lelah dengan perlakuan Tokopedia, saya mengajukan pengembalian uang saya sebesar Rp15.400.000. Berikut screenshot percakapannya:

Balasannya? seperti biasa, template alias copy-paste. Seperti berbicara dengan robot chat.

Kamis, 17 November 2022 pukul 10:20 dan 20:34, hari ke-8

Saya kembali meminta pengembalian uang yang sudah saya transfer ke pihak Tokopedia sebesar Rp15.400.000 dan lagi-lagi mendapatkan balasan template. Saya sudah mencoba menekan ataupun memohon-mohon kepada CS untuk dikembalikan. Namun seperti biasa dibalas dengan template. Jawaban paling ampuh untuk membuat saya stres. Berikut screenshot percakapan dengan CS:

Tidak ada empati sama sekali. Benar-benar layanan CS yang buruk.

Jumat, 18 November 2022 pukul 20:43, hari ke-9

Kembali lagi, saya mengajukan untuk pengembalian dana kepada CS Tokopedia dan saya luapkan kekecewaan melalui isi chat saya dengan CS. Balasannya? Betul sekali. ROBOT. R-O-B-O-T. Berikut isi percakapan dengan CS.

Sabtu, 19 November 2022 pukul 08:23 dan 17:26, hari ke-10

Tidak perlu dijelaskan kembali, berikut isi percakapan dengan CS:

Chat di atas merupakan chat terakhir saya ke CS Tokopedia.

Sampai hari ini, Rabu Tanggal 23 November pukul 00:34 (hari ke-14), Pihak Tokopedia tidak ada komunikasi maupun itikad baik sama sekali untuk mengembalikan uang saya sebesar Rp15.400.000. Saya dirugikan denda oleh pihak bank, begitu juga bunga yang akan dikenakan pada tanggal 25 November 2022, dikarenakan pembayaran yang menunggak bila tagihan belum dibayar. BI Checking? Wassalam.

Tentu saja, pihak Tokopedia dengan mudahnya membalas “Mohon menunggu” dan mengatakan “sedang diurus”. Jika benar memang serius diurus, tidak akan molor sampai 14 hari seperti ini. Benar-benar layanan CS dan penyelesaian masalah yang buruk dari ecommerce sekelas Tokopedia.

Bop Mallory
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Care:
[Total:162    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

76 komentar untuk “Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Tokopedia

  • 27 November 2022 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Ya beginilah jadinya kalau yg dikejar Cashback gopay coin, padahal cuma 20rb ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚ (mau ketawa takut dosa). kan dari BCA bisa langsung bayar CC UOB kenapa mesti lewat Tokopedia?

    1
    1
  • 27 November 2022 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Bisa minta keringanan penghapusan denda dan bunga ke UOB aja kak, lampirkan bukti2 pembayaran melalui toped. Kalau waktu transaksi di toped masih 2 hari kerja sebelum jatuh tempo, msh aman.

  • 27 November 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Jngan pernah menggunakan pihak ke 3 mau bayar apapun, mending langsung transfer ajah, itu bisa berminggu minggu , kalau gak di UP di media konsumen bisa ajah lebih lama lagi

  • 27 November 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Terima kasih telah berbagi pengalamannya, alhamdulillah saya tdk pernah menggunakan jasa marketlpace atau kerjasama dengan aplikasi tertentu, saya punya 3 cc, Tokopedia, Traveloka & Ovo, tidak pernah bayar di aplikasi Pihak Ketiga Tsb, saya hanya bayar di aplikasi Brimo, tdk pernah ada kendala.

  • 27 November 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Tokpedia udah kecium mau mau bangkrut kenapa? Karena nih ya, saya kerja disuatu perusahaan swasta bergerak di sepeda premium… Nah ada toko disitu, harga sepedanya bisa puluhan bahkan ratusan juta… kebetulan saya dibagian sosmed perusahaan tersebut, saya pegang akun tokped toko sepeda tersebut untuk design design toko… di toko tersebut suka ada dana puluhan bahkan ratusan juta… Menurut bagian keuangan toko sepeda, untuk cairin duid bisa sampe seminggu bahkan lebih… makanya perusahaan tempat saya kerja udah ancer ancer mau pindah jualan di website sendiri… sekian…

  • 28 November 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari screenshot-nya sepertinya itu untuk pembayaran kartu kredit TMRW ya?
    Kan bisa langsung melakukan pembayaran dari rekening TMRW nya? jauh lebih aman dan langsung masuk. Apa rekening TMRW nya kosong???

  • 28 November 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    hanya karena dpt cashback 20rb, rela kena denda keterlambatan 100rb + bunga nya wkwkwkkwkwwk…..
    Padahal, di UOB ada tabungan yg gratis by admin, misal UOB Stash, atau kalo mau yg digital ada UOB TMRW. ga perlu sampe melibatkan pihak ketiga (tokopedia). Karena pembayaran lewat third party sering lama & sering nyangkut. Kalo mau bayar via tokopedia, usahakan masih jauh dari due date. jangan mepet2. too risky

      • 2 Desember 2022 - (05:57 WIB)
        Permalink

        Gk bijak gan, trlalu menyudutkan 1 pihak, pdhl jelas TS bayar CC mepet deadline demi mengejar cashback 20k, sdh baca RULESny blm, third party apps butuh 3 hari buat verifikasi

    • 30 November 2022 - (23:42 WIB)
      Permalink

      penulis tidak tahu akan kena denda. kalau penulis tahu, saya yakin penulis tidak akan mau bayar cc lewat tokopedia.

  • 28 November 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Saya biasa bayar CC di Tokped sebulan bisa ratusan juta ke beberapa CC. aman2 aja. Kadang kalo bayarnya jumat memang masuknya Rabu atau Kamis. Jd jgn mepet pas jatoh tempo. Sebaiknya bayar di hari Senin-Rabu aja jd ga kepotong weekend

  • 28 November 2022 - (17:20 WIB)
    Permalink

    padahal nilai trx y gede lho pak, kenapa harus mengorbankan kenyamanan demi CB 20k

  • 2 Desember 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Tolong dong jangan salahin si penulis, disini yg salah pihak tokopedia loh, kita percayakan pake jasa dia tp malah dibuat kaya gini siapa yg gk kesel?
    Untuk Tokopedia, anda itu bukan perusahaan kecil masalah kaya gini apa gk bisa di prioritaskan? Kasihan yg punya tunggakan terus kena biaya denda.

  • 2 Desember 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Yang pertama harus dicek dlu bener atau gk digit per digit nomer kartu kreditny, krn ad kasus jg yg salah angka nomer kartu kreditny
    Kedua harusny dibaca RULESny jgn bayar CC pakai marketplace mepet deadline, ini sangat tidak dianjurkan, aplg potong weekend misal mepet deadline hri senin, sementara ente bayar kamis/jumat sebelumnya, ini jelas akan terjadi tabrakan sistem, dr kamis/jumat, sabtu/minggu libur (weekend), senin/selasa besokny pdhl deadline, jgn gini, ini udh sering terjadi psti nyangkut krn kykny pembacaan sistem yg tidak continue, kecuali deadlinenya msih jauh sekitar 7-10 hri(dipotong weekend), solusiny kl mepet deadline lgsg pake bank yg bersangkutan kartu kredit, saya tidak membela tokopedia tp plg tidak qt yg sbgai konsumen jg hrus bijak, hny ingin mengejar cashback 20k, saya sering bayar kartu kredit BNI di tokped alhamdulillah lancar, pas saya gajian tgl 25, saya lgsg bayar tgl 25, deadline kartukreditnya tgl 5 bulan depanny, itu artinya ad space yg qt kasih buat tokopedia buat pembacaan sistem yg diforward dari bank trf uang ente ke bank tujuan,mudahยฒan konsumenยฒ indonesia jg makin cerdas, selaen melek manajemen finansial tp hrus melek jg manajemen resiko, sekian.

  • 24 Desember 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Wah saya baru saja bayar kartu kredit via Tokopedia dan baru ketemu artikel ini. Sedikit ada rasa was-was jadinya.

    Kalau boleh tahu apakah sudah ada update terkini dari pembayarannya pak? Sudah berhasil diterima di kartu kreditnya kah?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 76 komentar sampai saat ini..

Uang 15 Juta Rupiah Tersangkut di Layanan Pembayaran Kartu Kredit Tokoโ€ฆ

oleh Bop dibaca dalam: 2 menit
76