Transaksi QRIS BCA Gagal, Saldo Terpotong tapi Dana Tidak Masuk ke Mitra Bukalapak

Pada tanggal 30 November 2022 sekitar pukul 17.sekian (tidak ingat persisnya), saya melakukan transaksi QRIS dari BCA Mobile (milik istri saya, a.n. Titin Kristiana, SE) ke QRIS Mitra Bukalapak (HRiz Shop) sebesar Rp3.000.000. Akun Mitra Bukalapak tersebut adalah akun milik sendiri, yang dalam keseharian saya gunakan untuk transaksi PPOB (jualan pulsa, data, token, dll). Biasanya, untuk mengisi saldo ke Mitra Bukalapak tersebut, saya memang sering menggunakan QRIS, karena lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan transfer manual atau virtual account sekalipun.

Pada saat transaksi selesai, muncul notifikasi “Transaksi gagal” dan kemudian diikuti “Silakan hubungi HaloBCA” (keduanya tidak saya screenshot, karena saya pikir memang transaksi gagal). Lalu saya cek saldo dan mutasi di BCA Mobile, ternyata saldo sudah terpotong dan yang bikin syok adalah dana tidak masuk ke tujuan.

transaksi qris gagal tapi saldo terpotong
Transaksi QRIS gagal, tapi saldo terpotong

Di histori transaksi (inbox QRIS) tidak ada pesan/catatan yang berupa keterangan sukses dengan nomor referensi dan nomor RRN seperti transaksi yang lainnya. Yang ada hanya di catatan mutasi, yang menunjukkan saldo rekening sudah terdebet Rp3.000.000. Karena penasaran, saya sengaja coba transaksi QRIS kembali menggunakan BCA Mobile yang lain (milik sendiri), tapi dengan nominal yang kecil yaitu 20 ribu. Hasilnya ternyata sama, gagal seperti transaksi sebelumnya.

Menyadari ada yang salah, segera (kurang lebih 10 menit setelah kejadian) istri saya lapor ke HaloBCA, karena saat kejadian menggunakan BCA Mobile milik istri, dan mendapatkan nomor laporan 2058048954. Oleh CS diinformasikan bahwa pelaporan diproses dan membutuhkan waktu 20 hari kerja. Sedangkan saya sendiri tidak melapor karena nominalnya kecil, dan niatnya memang untuk tes saja.

Surat pembaca ini, saya tuliskan karena ternyata kasus yang sama sudah banyak. Saya berharap pihak BCA segera menindaklanjuti, sehingga saya (kami) tidak harus menunggu 20 hari kerja seperti yang diinformasikan oleh CS. Karena nominal 3 juta rupiah bagi penjual pulsa eceran seperti saya sangatlah berharga. Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Pangesthi Hari Saktyono
Nganjuk, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS Mitra Bukalapak:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Pangesthi

Menanggapi keluhan Bapak Pangesthi Hari Saktyono di Redaksi Media Konsumen tanggal 07 Desember 2022 dengan judul “Transaksi QRIS BCA Gagal,...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Transaksi QRIS BCA Gagal, Saldo Terpotong tapi Dana Tidak Masuk ke Mitra Bukalapak

  • 7 Desember 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    buat pelajaran utk yg lain, jangan hanya karena pelit biaya transfer memutarkan uang pakai qris milik sendiri. alhasil kerugian jauh lebih banyak.. rugi materi mgkn bisa dicari dan balik, rugi waktu, proses, pikiran, dll mana mungkin bs diganti

    • 8 Desember 2022 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Sepertinya anda salah paham pak. Top up di Mitra Bukalapak itu ada beberapa cara, 1. bisa transfer langsung, gratis namun butuh waktu karena ada verifikasi. 2.bisa menggunakan virtual account, cepat real time, biaya murah, namun butuh sedikit usaha. 3.menggunakan qris, cepat, real time dan praktisi. Saya menggunakan ketiganya, tergantung kebutuhan. 🙏🙏

  • 15 Desember 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Pada 8 Desember 2022 pukul 08.07WIB ada telepon dari HaloBCA yang mengkonfirmasi aduan saya, dan masih tetap sama: disuruh menunggu.
    Sampai dengan hari ini, tgl 15 Desember 2022 belum juga ada kabar baik. Semoga masalah secepatnya selesai.

  • 26 Desember 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, akhirnya hari ini tgl 27 Desember 2022 dana sudah kembali. Terima kasih Mediakonsumen. Terimakasih BCA.
    Kasus selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS Mitra Bukalapak?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS BCA Gagal, Saldo Terpotong tapi Dana Tidak Masuk ke Mit…

oleh haris dibaca dalam: 1 menit
4