Beli Kartu Perdana di www.telkomsel.com, Status Terkirim tapi Saya Tidak Pernah Menerimanya

Kronologinya:

  • Selasa, 13 Desember 2022 – Saya membeli kartu perdana prabayar Telkomsel melalui laman situs: https://my.telkomsel.com/starterpack/choose-number dan membayar menggunakan kartu kredit, transaksi berhasil.
  • Selasa, 13 Desember 2022 9:41 – Saya mendapatkan notifikasi email dari message-no-reply@telkomsel.com: Pesanan Sedang Diproses.
  • Selasa, 13 Desember 2o22 14:12 – Saya mendapatkan notifikasi email dari message-no-reply@telkomsel.com: Pesanan Sedang Dikirim, Nomor Resi: Sedang Diproses
  • Kamis, 15 Desember 2022 13:46 – Saya mendapatkan notifikasi email dari message-no-reply@telkomsel.com: Pesanan Telah Sampai. Namun pada waktu ini saya cek kembali email:
    Tidak ada nomor resi, nama penerima valid (sesuai dengan nama saya), nomor kontak penerima valid (sesuai dengan nomor HP yang saya miliki, saya menggunakan provider XL), alamat valid (sesuai dengan tempat domisili saat ini).
  • Jumat, 16 Desember 2022 10:49 – Saya mengirim email keluhan ke cs@telkomsel.com. Saya sampaikan nomor Kode Pesanan / Order ID, adapun bunyi email: Mohon bantuannya saya pesan nomor perdana Telkomsel dengan kode pesanan: SPb02212********540a2df70. Status di email pesanan telah sampai namun sampai saat ini saya belum menerima.
  • Jumat, 16 Desember 2022 11:10 – Saya mendapat balasan dari cs@telkomsel.com, dengan isi email:
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami, mengenai belum terima kartu. Silakan infokan data berikut agar dapat kami bantu pengecekan lebih lanjut :
    1. Nomor TELKOMSEL yang dapat dihubungi
    2. Capture pemesanan
    Untuk poin nomor 2 saya kirim capture pemesanannya. Namun untuk nomor Telkomsel yang dapat dihubungi ini sangat tidak masuk akal sekali, bagaimana bisa saya kan beli kartu perdana Telkomsel, nomornya belum saya terima? Di sini saya ingin mengetahui kejelasan di mana SIM card Telkomsel yang saya beli, tapi CS Telkomsel sangat tidak menunjukkan empatinya sama sekali, dengan meminta nomor Telkomsel yang dapat dihubungi. Jelas saya tidak punya, tidak ada anggota keluarga yang punya juga, jadi saya minta dihubungi ke nomor yang sudah saya input saat pembelian SIM card Telkomsel.
  • Jumat 16 Desember 19:18 – Saya balas email tersebut dengan screenshot nomor pesanan. Dengan nomor pesanan tersebut ada informasi nomor yang dibeli, status pembelian, nama, nomor kontak saya, dan alamat pengiriman yang semuanya valid jika berdasarkan email notifikasi yang saya terima di awal saat setelah pembelian per tanggal 13 Desember 2022.
  • Jumat, 16 Desember 2022 20:03 – saya mendapat email dari cs@telkomsel.com, yang mana saya diberitahu ID pelaporan 1-GF***NO, diminta menunggu. Namun tidak ada kejelasan maksimal/paling lambat saya dapat follow up kapan. Setelah ini saya banyak proaktif untuk menanyakan progress/follow up karena cs@telkomsel.com tidak ada follow up sama sekali maupun beritikad baik menghubungi saya terkait progress yang ada. Saya hanya menanyakan progress-nya sampai mana, karena setiap ditanya rekan cs@telkomsel.com selalu berlindung dibalik kata-kata: Mohon berkenan menunggu proses maksimal dan diupayakan kendala segera teratasi.
  • 17 Desember 2022 11:50 – Mohon kesediaan Bapak untuk menunggu. Kami upayakan kendala segera teratasi.
  • 18 Desember 2022 07:18 – Mohon berkenan menunggu, kami upayakan kendala segera teratasi.
  • 19 Desember 2022 07:22 – Mohon Bapak berkenan menunggu kembali prosesnya, kami upayakan kendala dapat segera teratasi.
  • 19 Desember 2022 14:54 – Mohon berkenan menunggu kembali proses penyelesaiannya. Diupayakan dapat selesai secepatnya.
  • 20 Desember 2022 00:19 – Mohon berkenan menunggu. Diupayakan dapat selesai secepatnya.
  • 20 Desember 2022 05:45 – Mohon berkenan untuk menunggu proses penyelesaiannya. Diupayakan segera teratasi.
  • 20 Desember 2022 06:08 – Mohon kesediaan Bapak untuk menunggu hingga proses maksimal dan terima kasih atas kesabaran Bapak. Kami upayakan kendala segera selesai.

Dengan jawaban yang seperti itu, saya menulis email yang kurang lebih maksudnya sama, menanyakan maksimal kendala seperti ini ditangani berapa lama? Berapa hari? Berapa minggu, berapa bulan? Atau berapa tahun? Jangan tiap hari balasannya seperti ini terus dong, ini gak ada bedanya dengan tidak di-follow up sama sekali, dan hanya membohongi customer dengan diminta menunggu tanpa ada kepastian.

Seandainya memang harus menunggu maksimal 30 tahun pun ya sudah kalau itu standar dari perusahaan sebesar Telkomsel. Mungkin saya harus sabar selama 30 tahun hanya untuk menunggu follow up SIM card yang saya beli dan tidak pernah saya terima. Ya saya akan ikuti cara mainnya jika memang demikian maunya. Namun apa balasan yang saya dapatkan setelah mengirim email itu?
Saya dapat balasan dari cs@telkomsel.com yang intinya sama dengan email balasan sebelumnya:

Kepada Yth.
Bapak Syarif Hidayat I Kosasih

Selamat pagi,

Terima kasih telah menghubungi layanan pelanggan Telkomsel melalui email cs@telkomsel.Com.

Baik, bapak syarif. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Mengenai keluhan pemesanan kartu namun kartu belum diterima, kami bantu cek laporan dengan id 1-GFPADNO masih dalam proses penanganan oleh tim terkait. Mohon berkenan menunggu kembali proses penyelesaiannya karena membutuhkan waktu, diupayakan dapat selesai secepatnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.

Terima kasih untuk tetap setia menggunakan produk Telkomsel.

Hormat kami,

Alwa
Customer Care Officer

Sepertinya kita patut bangga, karena Telkomsel melalui customer care officer-nya sangat profesional menangani keluhan sampai tidak ada kejelasan dan mungkin dengan waktu yang berlalu sangat “Cepat”, secepat penanganan Telkomsel dalam menangani SIM card yang dikirim entah ke mana. Sukses jualan SIM card online-nya untuk Telkomsel.

Syarif Hidayat I Kosasih
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengiriman SIM Card Telkomsel:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Syarif Hidayat

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 21 Desember 2022 oleh Bapak Syarif Hidayat I Kosasih mengenai beli kartu...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Beli Kartu Perdana di www.telkomsel.com, Status Terkirim tapi Saya Tidak Pernah Menerimanya

  • 21 Desember 2022 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Wah wah wah
    Macam mana nee Telkomsel
    Perusahaan Telekomunikasi terbesar….
    Kok bisa selama ituuuuuu
    Baru mw nyoba sim card T. Sel & belum menikmati sdh di buat sakit hati….
    Harus ada kompensasi yg sesuai neee
    Stidak nya dpt gratis paket 50 Gb

  • 21 Desember 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    kalo ga salah, ada jg yg memuat hal ini di mediakonsumen. sama persis.
    Ya biasalah plat merah, suka males2an kerjanya, beda dgn swasta yg lebih gesit dan cekatan

    • 21 Desember 2022 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Hampir semua perusahaan plat merah memang asal-asalan pelayanannya. Karena mereka tidak takut rugi. Kalaupun rugi kan nanti ditalangi sama negara.

  • 21 Desember 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    “Mohon berkenan menunggu.”
    Yg nge reply begini ga punya akhlak. Saban hari reply nya itu2 aja .

  • 24 Desember 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    betul, saya juga pernah, SDM CS dan tim IT nya memang parah, kalau bukan plat merah pasti sudah bangkrut.
    saya mendapatkan nomor yang saya pesan setelah website telkomsel di-hack dan sistem nya diperbaharui, tetapi SDM nya sepertinya masi sama. dan skrg kejadian berulang kembali.

  • 16 Januari 2023 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yg sama. Apakah yg lain sudah dapat solusinya? Saya jg pesan perdana telkomsel dari tanggal 1januari. Skrg sudah 16 januari blm di kirim jg pesanan saya. Setiap di email jawabannya template gtu2 aja. “Di sampaikan ke tim terkait, mohon untuk sabar menunggu.” Gtu aja terus ga ada kepastiannya.

  • 24 Januari 2023 - (23:55 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya minta eskalasi sampai spv/atasan customer service yg lagi bertugas
    telp di jam kerja, usahakan jangan mau dikasi janji dihubungi kembali, pastikan selesai hari itu juga dan jelas.
    simcard dikirim dari grapari terdekat, nah minta si spv hubungi grapari yg mengirim simcard tersebut concall tanpa memutus pembicaraan telp.
    jangan lupa catat nama-nama dan jam dan menit berapa pernyataan dari cs telkomsel rekam juga pembicaraannya untuk bukti pastikan CS telkomsel tau anda juga punya rekaman pembicaraan.
    gak ada respon memuaskan, posting surat pembaca disini.

    saya habis 200rb-an telp, balasan di email semuanya sampah, tinggal balik lagi apakah worthed

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman SIM Card Telkomsel?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Beli Kartu Perdana di www.telkomsel.com, Status Terkirim tapi Saya Tid…

oleh Syarif dibaca dalam: 3 menit
9