Kekecewaan Terhadap Perpanjangan Paket Internet dan Tanggapan Customer Service XL Axiata

Berawal pada tanggal 10 Desember 2022, saat itu paket saya sudah memasuki akhir periode jadi saya ingin melakukan proses unreg pada paket. Ketika saya mencoba melakukan unreg, saya melakukan pengecekan kuota *123# ternyata saya mengalami gangguan (tidak dapat memproses permohonan), padahal saya berada di kota yang kondisi jaringan XL saat itu baik.

Kemudian saya mencoba di aplikasi myXL (terlampir bukti screenshot-nya).

Setelah saya buka MyXL ternyata paket internet saya sudah hilang/tidak ada paket yang terdaftar (tidak sempat saya screenshot). Jadi saya kira permasalahan ini sudah selesai tidak perlu lagi melakukan unreg karena kegagalan proses. Ternyata pada pagi hari saya mendapatkan SMS notifikasi perpanjangan paket internet (bukti screenshot-nya dapat dilihat di atas).  Jadi saya merasa dirugikan terhadap persoalan teknis dalam melakukan unreg ini.

Maka saya mengajukan refund ke Costumer Service XL AXIATA dengan nomor keluhan C27382914, setelah menunggu 2 minggu lebih untuk proses pengecekan saya mendapatkan hasil dari pemeriksaan (bukti screenshot terlampir).

Saya sangat kecewa terhadap hasil dari laporan saya, yang pertama adalah tidak ditemukan log unreg paket, sedangkan jelas-jelas pada kronologis keluhan saya sudah menjelaskan saya tidak dapat melakukan proses unreg karena persoalan teknis dari jaringan XL dan bug MyXL itu sendiri (pihak xl sendiri mengakui ada kesalahan pada MyXL tentang pemberhentian paket).

Yang kedua adalah perpanjangan paket valid dikarenakan pulsa mencukupi untuk perpanjangan, ini sebuah pemahaman keliru padahal pulsa saya bukan untuk peruntukan perpanjangan paket dan pengisian pulsa saya lakukan bulan 9 sebelum perpanjangan ini.

Jadi saya sangat kecewa terhadap pelayanan dari Customer Service XL dan saya merasa sangat dirugikan, padahal saya memilih provider XL dengan harapan besar terhadap pelayanannya.

Terima kasih.

Ihzanul Wajdi
Gowa, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:5    Rata-Rata: 3.4/5]
Tanggapan XL Axiata Untuk Keluhan Bapak Ihzanul Wajdi

Jakarta, 02 Januari 2023 Ref.CM/CU/E/010/1230/WRG Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ihzanul Wajdi melalui...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kekecewaan Terhadap Perpanjangan Paket Internet dan Tanggapan Customer Service XL Axiata

  • 28 Desember 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Hasil dari pemeriksaannya itu sudah benar. Jika sistem sedang gangguan, permintaan unreg paket tidak dapat diproses dan tidak tercatat di sistem. Oleh karena itu, paket akan diperpanjang otomatis ketika pulsa mencukupi di akhir periode masa berlaku paket.

    Mengenai pengisian pulsa yang dilakukan sebelumnya, sistem tidak mengenal pulsa yang ada saat ini diperuntukkan untuk apa. Selama ada tagihan berjalan yang harus dibayarkan pada saat itu juga maka akan menggunakan saldo yang ada saat ini.

    Namun, karena adanya gangguan sistem yang menyebabkan Anda tidak dapat melakukan permintaan unreg paket melalui kanal UMB dan aplikasi myXL, tentu saja di sini Anda dirugikan karena tidak dapat meng-unreg (berhenti langganan) paket di akhir periode sehingga paket tsb. tetap aktif sampai akhir periode selesai dan terjadi perpanjangan paket otomatis.

      • 29 Desember 2022 - (10:24 WIB)
        Permalink

        emang ngebug. bug adalah cacat pada perangkat keras dan atau perangkat lunak sehingga program tidak berjalan sebagaiman mestinya. contoh di kalkulator 1+1=5

  • 30 Desember 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas perhatiannya, untuk permasalahan diatas sudah diselesaikan oleh pihak XL Axiata dengan melakukan proses refund dan pemberhentian paket internet yang sedang berjalan, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman redaksi dan media konsumen atas wadahnya memberikan keluhan,dan juga untuk pihak XL Axiata yang yang telah mendengarkan kemudian memproses keluhan saya secepatnya. Semoga ini menjadi tren positif terhadap pelayanan dari XL Axiata seperti harapan saya menggunakan XL selama ini.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan Terhadap Perpanjangan Paket Internet dan Tanggapan Customer…

oleh Ihzanul Wajdi dibaca dalam: 1 menit
6