Shopee Tidak Kunjung Menonaktifkan Jasa Kirim Shopee Express

Saya adalah salah satu penjual di Shopee dengan akun vie_photoprops. Yang selama ini menggunakan jasa kirim JNT Express dan JNE dikarenakan lokasinya yang dekat dengan toko online saya sehingga memermudah saya dalam pengiriman paket.

Kendala muncul ketika pada tanggal 18 Januari 2023 ada pesanan masuk menggunakan jasa kirim Shopee Express yang mana saya TIDAK PERNAH mengaktifkan jasa kirim tersebut. Saya sudah membuat laporan ke Shopee baik melalui chat Shopee, email bahkan telpon ke customer service Shopee untuk menonaktifkan jasa kirim ini.

Pada tanggal tanggal 19 Januari 2023 pukul 17.14 saya mendapat email dari Tim Shopee yang menyatakan permohonan saya untuk menonaktifkan jasa kirim Shopee Express disetujui dan dalam 30 hari ke depan order ke toko saya tidak akan diberikan ke Shopee Express. Namun pada kenyataannya beberapa order yang masuk jasa kirim yang digunakan otomatis masih masuk ke Shopee Express.

Saya kembali ajukan komplain via telpon mempertanyakan kenapa tidak sinkron antara email yang saya terima dari Shopee dengan pesanan dari pembeli yang saya dapat yang mana masih diberikan otomatis ke jasa kirim Shopee Express.

Berulang kali saya sampaikan melalui telpon ke customer service Shopee jika saya tidak mau menggunakan jasa kirim Shopee Express dan menagih janji sesuai email yang saya dapat sebelumnya yang menyatakan bahwa Shopee Express sudah dinonaktifkan di toko saya. Tetapi jawaban yang saya dapat selalu akan diteruskan ke tim terkait. Tanpa tahu sampai berapa lama. Sedangkan beberapa pesanan yang saya terima di toko saya sampai sekarang masih diberikan ke Shopee Express.


Guntur
Kab Bekasi , Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Shopee Tidak Kunjung Menonaktifkan Jasa Kirim Shopee Express

  • 22 Januari 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Kasihan sih seller yg harus pake shopee xpress, pasti lelet, dapet review jelek. Maklumlah di shopee itu pembelinya kebanyakan gk bs bedain antara layanan seller & layanan ekspedisi wkwkw

    20
    2
    • 23 Januari 2023 - (18:45 WIB)
      Permalink

      ya itu kan bukan salah seller atau marketplace nya tetapi memang buyer nya aja gak ada oTak

      2
      7
      • 24 Januari 2023 - (03:39 WIB)
        Permalink

        Mksdnya gmn nih…koq nyalahin buyer??? Kasih pelayan yg memuaskan buat buyer di shopee express,,agar buyer puas,shipper senang…paham sampai sini

        1
        1
    • 24 Januari 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Jng salah menyalah kan expedisi.emang krng mah shiper am buyer PD ngelunjak.shiper udh Kya raja.dikit2 ada mslh komplen.sma buyer jg g pernh sabaran.mknya klo untung shiper hrs sbr.untuk buyer jg harus sbr.coba ngerasain jdi kurir.biar lu PD tau.inti nya slh menghargai.jng saling menjelekkan expedisi ok.slm satu aspal

      4
      1
      • 24 Januari 2023 - (13:08 WIB)
        Permalink

        nah kalau semua buyer pemikiran seperti ini, tidak akan ada masalah ini.

        maka itulah bijak dalam transaksi online

        1
        1
  • 22 Januari 2023 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Udah banyak kasusnya kaya gini di mk. .. Dipaksa pakai Shopee ekpress…
    Solusinya 1 menurut gw, tutup toko di Shopee dan pindah jualan di aplikasi lain…

    26
    2
  • 22 Januari 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Sama kaya gw keluhannya..ekspedisi jauh dr toko gw..gw udh email jg..tp ttp aja masih aktif SPX nya..pemaksaan bgt emang shopee ini.mending bagus ekspedisi nya..lelet bgt sumpah..apalgi keluar provinsi..ampunnn Suneo

    14
  • 22 Januari 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Beberapa seller di Sopi menulis di Media Konsumen bahwa jasa pengiriman Sopi Expresso adalah fitur wajib (baca: Cepat atau lambat harus diterima. Cepat atau lambat jadi pilihan pengiriman utama). Intinya seller merasa bahwa Sopi Expresso adalah pemaksaan terselubung yang terstruktur, sistematis dan masif.

    Solusinya: pindah.

    13
    1
  • 23 Januari 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Kasus yg sama dengan saya , seller di sopi . Pemaksaan kehendak jasa kirim, sudah chat dan email ke cs sopi. Tdk ada balasan. Padahal jasa kirim j&t persis didepan rumah. Moga pemerintah dlm hal ini kppu bisa memantau masalah ini. Terima kasih

    11
    1
  • 23 Januari 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Ini alasan utama meninggalkan shopee.. pengiriman shopee expres lelet, kurir ngaco pas belanja piliham pengiriman yg di tampilkan hanya shopee express.. mending tutup pindah aj k yg lain mas.

    5
    1
  • 23 Januari 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Pemaksaan seperti ini sebenarnya masuk dalam pelanggaran peraturan perdagangan ga sih?

    5
    1
    • 23 Januari 2023 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Halo kak, saya pernah mengalami kasus yang mirip. Tapi bedanya ini kurir JNT. Saya ajukan komplain lagi via chat CS ke halaman “laporan saya”. Saya lampirkan screenshot pernyataan shopee yg setuju untuk menonaktifkan kurir dan screenshot orderan baru yg pakai jasa kurir tersebut. Jadi ada laporan tertulis.
      Saya menanyakan kenapa kurir masih aktif dan 30 hari berlaku ini dihitung sejak kapan.
      Beberapa hari kemudian saya dapat respon baru, mereka menyatakan sudah “benar2” matikan dan merinci 30 hari berlaku mulai tanggal xx (tanggal dimana saya komplain ke 2) sampai tanggal sekian. Saya tidak tahu apakah respon shopee akan berbeda kalo shopee express, tapi semoga info ini membantu.

      Mengenai kecepatan respon sepertinya tergantung nasib, karena saya juga pernah diperlakukan “akan disampaikan ke tim terkait” untuk kasus berbeda (yang ini permasalahan dengan tim shopee) dan baru benar2 beres setelah 3 minggu!! Dan di waktu itu saya tidak pernah diberi update 1 pun, dan sudah chat/telpon hampir tiap hari selama seminggu penuh, sampai minta ngomong langsung ke tim terkait biar jelas. Tapi malah dijawab, “tidak bisa dioper ke tim terkait, dan tim terkait juga tidak punya nomor kontak.” (Sampai mikir, trus gimana kalian sendiri komunikasi ๐Ÿ˜‚?!).
      Kalo kakak belum bisa pindah dari shopee, kunci nya cuma harus ttp ngotot dan diperjuangkan. Semoga segera selesai ya kak.

      FYI, 30 Januari seller DIWAJIBKAN mengaktifkan shopee express instant. Tapi bedanya kali ini mereka siapkan formulir untuk diisi paling lambat 29 Januari jika tidak mau. Belum jelas seberapa efektif formulir itu, kita lihat saja..

      1
      1
      • 23 Januari 2023 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Terima kasih sarannya kak fullmoon.Sepertinya kalau jasa kirim yang mau dinonaktifkan selain spx memang mudah prosesnya,beda cerita dgn spx yang mau dinonaktifkan (karena jasa kirim mereka sendiri) jadinya berbelit belit & lama.Sukses selalu untuk kk ya ๐Ÿ˜Š

    • 23 Januari 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Maaf kak Yoga. Harusnya saya post komen di tanggapan, malah di bagian ‘balas’ ๐Ÿ˜…. Dan sepertinya tidak bisa dihapus/edit

  • 23 Januari 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Solusi nya pindah ke Si Ijo
    Yg asli made in Indonesia. …..
    Mari kita majukan buatan Indonesia

    10
    2
  • 23 Januari 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Pemaksaan banget,hak seler harusnya bisa pilih jasa kirim mana yang harus di aktipkan.

  • 23 Januari 2023 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Kalau ga mau pakai Shopee Xpress, tinggalkan aplikasi shopee aja. Simpel, ga usah dibikin ribet pakai komplen berkaliยฒ. Masa iya sopi mau utamain pakai layanan ekspedisi lain? kan ga mungkin, pasti pake ekspedisinya sendiri

    12
    1
    • 24 Januari 2023 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Kalau diliat dari keluhan TS ini,TS hanya menuntut haknya karena shopee sudah menyatakan menyetujui penonaktifan spx (baca Screenshot email yg disertakan TS) yang pada kenyataanya belum .Tidak ada saya membaca tulisan TS yang menyatakan ribet komplain bolak balik kok.Okelah spx diaktifkan otomatis,asal diimbangi kinerja yang baik & CS nya yg cpt tanggap.Karena shopee pasti tahu kendala/komplainan spx itu banyak sekali & tdk 1,2 baik buyer/seller saja yang sudah komplain terkait kinerja spx (lelet,paket hilang,retur tdk jelas,dll)

      • 24 Januari 2023 - (12:52 WIB)
        Permalink

        Saya juga tidak lihat kendala TS pakai shopee xpress, di surat ini dia hanya ingin menonaktifkan saja tanpa alasan yg jelas.
        Kalo ga mau mengikuti aturan di sopi, ya tinggal keluar aja dari sopi. Gampang kan? Sopi juga ga pernah maksa TS jualan di platform nya

        • 24 Januari 2023 - (12:58 WIB)
          Permalink

          Kendala pasti ada.
          Sudah saya sampaikan ke pihak shopee.
          Makanya saya ajukan penonaktifan. Dan itu sudah di setujui oleh shopee. Kenapa sampai saya up di media konsumen? Karena shopee tidak juga memenuhi janjinya sesuai email yang di sampaikan.

          • 24 Januari 2023 - (13:03 WIB)
            Permalink

            dih TS ribet bener, sudah diberikan saran banyak jika tidak sesuai ya pindah, malah ribet semau nya ngakakkkk lah

            2
            2
          • 24 Januari 2023 - (13:09 WIB)
            Permalink

            Lo kali ah yang ribet sama urusan orang.
            Lhaa shopeenya aja nggak ngerasa ribet kok. Dan terbukti sekarang udah nonaktif beneran tuh shopee expressnya

          • 24 Januari 2023 - (13:11 WIB)
            Permalink

            nah kalau udah solved ya sudah bagus, jangan bacod terus lo

          • 24 Januari 2023 - (13:18 WIB)
            Permalink

            Lahh dari tadi juga lo dah yang banyak bacot

          • 24 Januari 2023 - (16:17 WIB)
            Permalink

            Kalau gitu, mending tidak jualan lagi di sopi daripada dirugikan. Toh sopi juga tidak pernah memaksa membernya untuk jualan

  • 23 Januari 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    pertama pihak shopee memaksa penjual mengaktifkan shopee express.dan tidak bisa dinonaktifkan,kedua pihak pembeli setelah check out banyak yang gak bisa mengubah jasa kirim

    4
    1
  • 23 Januari 2023 - (18:39 WIB)
    Permalink

    TS ribet bener, tinggal pindah marketplace kalau tidak sesuai keinginan anda.

    SETIAP MARKETPLACE PUNYA ATURAN JIKA KITA SEBAGAI PARTNER TIDAK SESUAI YA JANGAN DI SANA, KAN BANYAK MARKETPLACE LAIN.

    3
    3
    • 23 Januari 2023 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Kok ngamok?? Lo aja kali yang ribet. Gw yang posting aja santai karena hanya menuntut hak sesuai email yang di infokan. Bahwa shopee express sudah di nonaktifkan.
      “Hak konsumen untuk didengar Pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.”

      6
      3
      • 24 Januari 2023 - (10:00 WIB)
        Permalink

        memang kalau penjual termasuk katagori konsumen ?

        ya karna lo ribet, jika marketplace tidak sesuai keinginan lo, tingga cari marketplace lain atau buka toko offline.

        udah numpang di tempat orang mau sesuai aturan sendiri ya mana bisa, nagaca lah

        1
        4
        • 24 Januari 2023 - (10:36 WIB)
          Permalink

          Kok lo jadi kesurupan?
          Ngerasa ribet karena baca komplainan? Ya jangan baca media konsumen kalo lo rasa orang komplain ngeribetin lo.
          Media konsumen itu wadah mengajukan berbagai komplain/keluhan.
          Penjual sebagai konsumen? JELAS IYA. karena di shopee ada biaya admin /potongan penjualan.
          Bukan sekedar numpang.

          5
          2
          • 24 Januari 2023 - (11:16 WIB)
            Permalink

            loh MK untuk semua pembaca loh dan untuk komplain/keluhan sebagai konsumen bukan partner loh ๐Ÿ™‚

            diatas juga sudah banyak saran kalau gak cocok yang pindah, ahklak di pakai lah

            1
            4
        • 24 Januari 2023 - (11:41 WIB)
          Permalink

          Kalau definisi MK seperti yang lo bilang. Dan tulisan gw nggak sesuai Pasti nggak akan dimuat lah sama tim MK.Tim Mk pasti lebih cerdas kok.
          Untuk akhlak coba akhlak lo yang dipake dulu deh. Biar nggak ngerasa ribet sama komplainan org lain yang nggak ada sangkut pautnya sama diri lo. Baca mah baca aja. Ngapain ngerasa ribet? Gw yang ngajuin keluhan aja sopan/santai kosakatanya & yang lain yang nanggapin/ngasih saran juga sopan/santai,gak kyk lo ribet sendiri ๐Ÿ˜

          3
          1
          • 24 Januari 2023 - (11:49 WIB)
            Permalink

            loh semua bebas Komentar kok, kalau lo gak mau di Komentarin ya jangan post ribet bener hidup lo ๐Ÿ˜

          • 24 Januari 2023 - (12:01 WIB)
            Permalink

            Silahkan komentar tanpa harus ngerasa ribet sama urusan orang lain…

            2
            1
      • 27 Januari 2023 - (11:23 WIB)
        Permalink

        “Marketplace adalah sebuah platform jual beli online yang Menjembatani para seller dengan konsumen”…….
        Ts salah t4 menyuarakan hak pendapatnya di tempat konsumen.
        Ts sebagai seller shopee harus nya dukung kebijakan /policy/terms mereka krn dgn adanya shopee sdh me wadahi mu utk bisa berjualan & meraup rejeki. Bukan malah menghianati & berkoar2 di sini. Kalau merasa anda telah di rugikan, akhiri partnership dgn shopee.

        • 24 Januari 2023 - (13:05 WIB)
          Permalink

          Abang kali ya yang buzzer shopee ๐Ÿ˜‚,makanya ngerasa ribet dengan komplainan buat shopee.Yang menanggapin postingan TS juga banyak yang keberatan kok hrs pakai spx.Semoga paham ya Bang

          • 24 Januari 2023 - (13:10 WIB)
            Permalink

            loh Buzzer TS, baca dong yg benar, banyak yang sarankan untuk pindah jika tidak sesuai keinginan TS, tapi TS ribet nah kluarlah anda Buzzer TS, cuma anda yang menanggapi isi komentar

        • 24 Januari 2023 - (13:11 WIB)
          Permalink

          Yahh pake ngatain orang komen buzzer.
          lo kali ah buzzernya shopee makanya ngerasa ribet.
          Shopeenya aja nggak ngerasa ribet loh. Terbukti untuk sekarang sudah di nonaktifkan tuh sesuai persetujuan awal.

          • 24 Januari 2023 - (13:13 WIB)
            Permalink

            lo pake Buzzer biar seolah” ada yang dukung wkwkwkkk

          • 24 Januari 2023 - (13:17 WIB)
            Permalink

            Baca noh komen2 lainnya banyak juga seller yang merasa keberatan.
            Kecuali yang ngerasa ribet sendiri.
            Kan lo sendiri yang bilang orang bebas komentar di Media Konsumen. Lah kok ada orang komen lo bilang buzzer? Nunjuk diri sendiri?

          • 24 Januari 2023 - (13:19 WIB)
            Permalink

            lah katanya sudah solved, masih bacod ribet aja ๐Ÿ™‚

  • 23 Januari 2023 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga sebagai seller keberatan banget. Ga masalah klo kecepatan pengirim seperti sicepat atau j&t, tau sendiri kaya gimana. Mau ga mau harus aktifin.

  • 23 Januari 2023 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Klo menurut saya seller jg udh ketergantungan sama aplikasi sope.. klo enggak solusinya padahal simple bgt drpd bikin komplain sana sini.. cukup pindah server sebelah.. klo sope ya namanya brand yg pny dia…mana mungkin mau ngutamain expedisi lain.

  • 24 Januari 2023 - (05:17 WIB)
    Permalink

    Sudahlah, pindah aja ke Tokopedia, shopee buat cadangan aja. Utamanya di Tokopedia. Saya dulu juga gitu, capek sama shopee, akhirnya pindah aja dah, dari pada makan hati. Hidup cari yang mudah. Moga kamu bahagia.

  • 24 Januari 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Tidak semudah itu Seller pindah ke Toko “ijo”. Karena Shop** udah jadi Marketplace/Online Shop no.1 di Indonesia, Yg artinya Pasarnya paling rame dan pengunjung/pembelinya paling banyak dibandingkan yg lain. Saya sebagai pembeli lebih sering belanja di Toko Orange (Shop**). dg perbandingan:
    Shop** 90%
    Toko***** 5%.
    Belanja di Shop** keuntungannya adalah potongan ongkir hingga 20k setiap hari. Itulah salah satu keunggulan Shop** dibandingkan yg lain, meskipun Shop** juga paling banyak masalahnya. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini, dari ribuan belanjaan kami, hanya ada 3 kasus, tapi itupun bukan Shop**ny, tapi lebih kejasa kirim siCep** dan JN*. siCep** dapat terselesaikan dg baik. JN* paket hilang entah kemana.

    • 24 Januari 2023 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Jasa kirim SPX adalah mandatory di Shopee, suka atau tidak suka begitulah adanya. Jika Shopee mau, hak shopee untuk menolak permintaan penonaktifan SPX di toko TS. Namun pada kenyataannya permintaan TS dipertimbangkan dan disetujui walaupun membutuhkan waktu agak lama.

      Kalau sekarang, kami sebagai seller di Shopee, justru merasa bersyukur dengan adanya SPX di Shopee. Apalagi bagi seller seperti kami yang mengaktifkan fitur COD.

      Beberapa benefit yang kami rasakan :

      1. Jadwal Mobil pickup selalu konsisten, proses pick up rapih, selalu di foto terlebih dahulu, tracking ditempat, dan adanya surat penyerahan paket kepada penjual. Jika ada paket yang belum selesai dikemas, mau menunggu sebentar.

      2. Untuk paket gagal kirim, selalu diantarkan kembali ke pihak penjual, yang notabene hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh jasa kirim lainnya.

      3. Selalu ada dokumentasi POD dari kurir untuk setiap pengiriman paket. Hal yang penting bagi kami, terutama untuk penyelesaian masalah dengan pembeli di pusat resolusi

      4.Adanya kontak Seller management SPX, sehingga bisa dengan mudah menangani dan mendapat informasi berbagai permasalahan yang terjadi dengan pengiriman.

      Untuk Kinerja, memang setahun awal SPX beroperasi di kota kami banyak terjadi keterlambatan, dan gagal COD, terutama bagi paket yang pengirimannya diteruskan SPX ke pihak Si Cepat. Banyak laporan pembeli (terutama dari luar pulau) yang menginformasikan bahwasanya paket SPX nggak diantar, Pembeli disuruh mengambil sendiri ke kantor SI Cepat.
      Namun yang kami rasakan, sejak oktober 2022 sampai sekarang kinerja SPX sudah jauh lebih baik. Tak pernah lagi ada permasalahan yang berarti dengan pengiriman SPX di toko kami.

      Kami hanya berbagi pengalaman, bukan buzzer SPX lho ya. Salam hangat^^

  • 31 Januari 2023 - (16:40 WIB)
    Permalink

    BANYAK SEKALI KOMPLAIN SHOPEE EXPRESS YA TERNYATA. MANAJEMEN SHOPEE PERLU PERBAIKI SISTEM SHOPEE & SHOPEE EXPRESS JIKA MEMBACA KELUHAN KOMPLAIN SHOPEE SEBANYAK INI

 Apa Komentar Anda?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Kunjung Menonaktifkan Jasa Kirim Shopee Express

oleh Guntur Tsalatsa Putra dibaca dalam: 1 menit
58