Lazada Seenaknya Sendiri Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran

Halo, perkenalkan saya adalah salah satu dari banyaknya seller di Lazada, ID toko saya : ID67YT1FPM.Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk menegakkan keadilan bagi seller seperti saya, yang telah mentah-mentah dihantui bahkan dibuat rugi dan mengganggu pikiran.

Singkat cerita, saya adalah seller Lazada sejak Agustus 2022, akun saya adalah aktif berjualan produk handmade bikinan sendiri di bidang elektronik, yaitu kipas USB pendingin STB modem. Bagi saya suatu kebanggaan untuk bisa menjualkan produksi sendiri di online marketplace ini, untuk itu saya bergabung menjadi seller Lazada.

Toko saya naik begitu pesat dan orderan banyak masuk, sehingga toko kami sangat ramai. Pada bulan November dan Desember 2022, adalah puncak-puncaknya toko kami begitu banyak dapat orderan, hingga tembus level 4, hampir ke level 5.

Setelah masuk Januari 2023, tepatnya tanggal 23 Januari, akun saya tiba-tiba mendapat peringatan keras bahwa saya melanggar aturan, yaitu berjualan produk terlarang rokok elektrik (bisa dilihat pada foto-foto yang tercantum). Padahal sekali lagi, saya adalah produsen handmade UMKM produksi kipas USB pendingin STB, modem, laptop.

Kipas produksi kami menggunakan daya 5 V dan terdapat alat yang sebagai socket untuk menghubungkan micro USB ke USB pada charger melalui kabel charge. Sama layaknya saat kita menggunakan hp, powerbank dan alat elektronik lainnya yang dayanya USB.

Sungguh aneh dan merasa ketidakadilan di sini, saya berulang kali chat ke CS, meminta keadilan untuk dicek dan buktikan, tunjukkan pada kami, mana kategori produk kami yang terindikasi adanya salah kategori di produk rokok elektrik. Kenapa bisa menuduh tanpa bukti?

Saya bahkan marah kepada salah satu PSC atau sebut saja CS, bahkan saya juga marah pada salah satu pihak dari Lazada yang katanya membimbing saya. Kalau memang kipas USB pendingin buatan saya terindikasi barang terlarang dan mudah terbakar seperti yang dikatakan PSC sore tadi, kenapa penjual lain bisa berjualan juga kipas USB pendingin yang sama-sama menggunakan socket USB sebagai colokannya? Apa ini ingin menjatuhkan seller yang bisa naik daun dengan pesat hanya dalam hitungan bulan?

Btw saya selalu ikut campaign dan saya selalu bayar komisi serta biaya admin dan juga saya ikut promosi berbayar. Sejauh saya handle toko saya, saya gak pernah melakukan tindakan kecurangan, ataupun meng-upload produk terlarang.

Mohon pihak Lazada berpikir ulang dan memperbaiki toko saya, agar kesehatan tokonya tidak kuning lagi, berubah hijau menjadi status baik, dan penjualan saya dapat ada kembali. Jangan dijegal dengan alasan yang tidak masuk akal dan tidak ada bukti konkret.

Toko saya semenjak terkena peringatan ini langsung hanya ada 3 orderan dan itu hanya sekali. Lalu hari-hari selanjutnya tidak ada orderan sama sekali alias kosong. Kalau saya chat PSC-nya, jawabannya hanya kalau toko saya tidak ada poin penalti itu hanyalah teguran. Namun kenapa teguran sangat berdampak terhadap penjualan saya? Lalu juga kenapa kalau teguran kesehatan toko saya ada indikasi tidak sehat.

Kembalikan akun saya seperti semula Lazada. Tiap hari saya bisa mengantongi orderan 10- 15 lebih, tapi sekarang jangankan 1, nol kosong tiap hari. Jadilah marketplace yang jujur dan tidak semena-mena terhadap seller baru.

Hendi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:48    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Perihal “Lazada Seenaknya Sendiri Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 5 Februari 2023 berjudul “Lazada Seenaknya Sendiri Menuduh Toko...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Lazada Seenaknya Sendiri Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran

  • 3 Februari 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Merujuk pada produk terlarang yg diawasi lazada: kotak media streaming ( variasi android box, TV BOX, IPTV = tidak di perbolehkan.
    Setelah melihat iklan anda yang
    “usb akrilik pendingin modem stb tv box wifi router decoder tv tunner indihome fan 8cm 4000RPM / pendingin set top box tv digital”. Ada kata² TV Box
    Hilangkan kata itu semoga toko anda kembali.
    Lazada memang larang e cegarrete. Apakah anda pernah iklankan rokok elektrik dan sejenisnya?
    Kalau tidak ga perlu risau. Mungkin saja lazada yg kurang tepat. Kita tunggu jaeaban dari lazada

    • 3 Februari 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Terima kasih responnya.
      Saya tidak pernah menjual produk rokok ataupun produk terlarang.
      Lazada mengkonfimasi bahwa produk bikinan saya mudah terbakar,
      Cs lazada memang ga sama terus jawabannya setiap kali ditnya kenapa soal akun saya

      • 3 Februari 2023 - (12:38 WIB)
        Permalink

        Seperti yg anda tau, bahwa banyak sekali penjual kipas usb pendingin stb, kenapa mreka boleh dan saya tidak,kalau memang kipas usb melanggar,ya tolong ditertibkan semua.

        3
        2
        • 3 Februari 2023 - (13:13 WIB)
          Permalink

          Saya lihat iklan anda sekarang fine fine saja. Apa mungkin anda menggunakan kata kunci keyword yg kurang tepat. Jika ada yg mencari misal tv box, yg muncul kipas anda karena ada kata2 tvbox. Jadi mungkin hanya masalah penempatan barang di kategori yg tidak sesuai. Tapi dgn memposting di di mk anda sdh mempromosikan lapak anda di sini scr tdk langsung. He he he

          • 3 Februari 2023 - (13:16 WIB)
            Permalink

            Saya melihat dari toko2 yang udah lama ada di lazada juga memakai keyword tv box kak.
            Jadi saya pikir hal itu tidak jadi masalah.yg saya pertanyakan ada pada kesehatan di toko dan kata2 di email,bahwa semua orderan saya akan dibatalkan dan pembeli akan diberikan konfirmasi terpisah

            2
            1
          • 3 Februari 2023 - (13:19 WIB)
            Permalink

            Kalau begitu pihak lazada harus berikan klarifikasinya. Di tunggu respon Lazada

        • 3 Februari 2023 - (17:49 WIB)
          Permalink

          MISI GAN…SAYA PUNYA MASALAH PERSISS KAYA AGAN…PRODUK DIKUNCI KARENA SALAH KATEGORI..DIBILANGNYA E CIGARETE…. DAN SAYA BARRU AJA COBA GANTI JUDULNYA..LANGSUNG AKTIF LAGI GAN..COBA DI GANTI GANTI AJA DLU GAN..

          KLO SAYA ADA KATA KATA Bungkus sedang…kata Bungkus Saya ganti jadi kemasan..langsung aktif…silahkan dicoba,dan semoga lancar terus usaha nya

          • 4 Februari 2023 - (21:49 WIB)
            Permalink

            Saya juga sama gan ketika ganti kategori sudah tidak masuk ke pelanggaran lagi , dicoba minta sarannya aja ke CS klo saya sih , biar mereka yang pikirkan produk saya harus masuk ke kategori apa

  • 3 Februari 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Saya jualan di lazada sudah 5 thn dan stay di lavel 5.6.7, itu sudah jadi kebijakan lazada, cukup hilangkan/hapus kata” judul yg mungkin sejenis/mengarah ke hal yg termasuk larangan lazada. Gk bisa ngelawan juga kan, yaa ikuti kata lazada nya atau kalo gk suka silahkan keluar dan jangan jadi Saller lazada lagi. Jujur dari semua Cs tempat saya jualan, Cs Lazada yg paling baik responya, bahkan jika bl ada titik keluar mreka selalu menghubungi by phone.
    Saran ganti judul fotonya tetap

    • 3 Februari 2023 - (15:55 WIB)
      Permalink

      tiap seller bebas menyuarakan apa yang dirasa tidak adil ya kak,semoga kaka tidak mengalami kendala di jualannya 🙂

      2
      7
      • 3 Februari 2023 - (17:40 WIB)
        Permalink

        Setuju bung Kornelius.
        Sebagai Seller, Anda berhak mempertanyakan tuduhan Marketplace (bukan hanya untuk Lazada saja, di MP lain juga harus ditanyakan kalau ada kasus serupa)
        Untuk out tidak jualan (kapok) di Lazada lagi itu lain hal.

        Kalau memang karena masalah judul yang mengarah ke produk terlarang (misalnya mengandung kata TV Box), seharusnya Lazada melakukan koreksi.
        Berarti algoritma untuk filter produk terlarang harus diperbaiki.
        Gimana dengan orang menjual produk “Meja untuk TV Box” (misalnya)?

        Kalau Produk Anda termasuk dalam kategori mudah terbakar, sewaktu anda pertanyakan, seharusnya Lazada bisa memberikan argumen teknis bahwa perangkat Anda berpotensi gampang terbakar, atau melakukan koreksi atas tuduhan kalau memang terjadi kesalahan filter kategori produk terlarang.

        Semoga cepet selesai masalahnya..
        Saya yakin perusahaan sekelas Lazada akan cepat merespon masalah anda.. semoga 🙂

        • 4 Februari 2023 - (00:39 WIB)
          Permalink

          Lazada emang gitu GK ada tanggung jawab atas toko dan pembeli saya baru aja kena tipu dari toko yg ada di lazada saya chat lazada GK mau tau
          Emang saya Tran saksi di luar apk tp saya dapat toko dari lazada harus nya lazada bertanggung jawab apa bila ada toko penipu yg masuk apk lazada padahal saya udah percaya sama lazada tp lazada GK mau tau klo ada member kena tipu

          • 4 Februari 2023 - (23:42 WIB)
            Permalink

            Klo ingin beli secara online biasakan BACA ULASAN dan DISKRIPSI ttg produk yg di tawarkan oleh seller…bila ulasan buruk JANGAN di LANJUT BELI klo DISKRIPSI NGGK JELAS ato MERAGUkan JANGAN di lanjut BELI

  • 3 Februari 2023 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Memang Lazada akhir akhir ini sering membuat kebijakan yg tidak seperti biasanya,ini kasus seperti salah penempatan kategori atau pemakaian judul yg salah, sejak 10 0123 Lazada mengupdate kebijakan baru, coba di perbaiki ga di banned kan tokonya di suruh perbaiki saja, hanya tingkat orderan menurunkan, semua juga sama, seperti roda kadang diatas kadang dibawah, bersabar saja😀

    • 10 Februari 2023 - (06:18 WIB)
      Permalink

      Sudah saya perbaiki kak,saya ikutin saran kaka2 di sini menghilangkan kata tv box,tapi itu tetap tidak mempengaruhi apa2. Toko saya trafiknya selalu turun,bahkan saat ini saya berada di level 2, dan kesehatan toko saya belum juga diperbaiki.
      Lazada sempat menelepon saya beberapa kali tapi bukannya memberikan solusi malah hnya bilang ” kami akan segera laporkan hal ini ke tim terkait agar selalu ditindaklaniuti” beberapa orang menelepon dan bilang hal yg sama.
      Saya butuh solusi LAZADA, JIKA KALIAN HNYA BILANG BEGITU,LEBIH BAIK GA PERLU.

  • 5 Februari 2023 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pihak Lazada terus terang saja to the point bilang letak masalahnya apa sampai produknya di nonaktifkan, jangan bertele2 kayak cewek aja ngasih kode2 gak jelas.

    • 10 Februari 2023 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Betul kak, tapi menurut saya ini adalah soal sistem error dan lazada ga bisa memperbaiki

  • 7 Februari 2023 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Sama toko saya juga beberapa produk di blok dengan alasan menjual rokok.padahl saya jualan baso aci…😀😀😀
    Jauh² dari baso aci ke roko elektrik…
    Sampai saat ini tidak saya perbaiki.pernah di perbaiki judul maupun deskripsi tetep aja di anggap jualan rokok.jadi males untuk di perbaiki lagi.
    Pingin tau sampai di mana kebijakan lazada…
    Akun saya IDJ2EL24

  • 10 Februari 2023 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Untuk “pihak terkait” tolong kerja sebaik mungkin jangan makan gaji buta.saya adalah pihak yang kalian manfaatkan demi membuat sistem anda “baik”,nyatanya engga.
    Alam ini adil, semua akan kembali kepada siapa yang memberi

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Lazada Seenaknya Sendiri Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran

oleh Kornelius dibaca dalam: 2 menit
19