Akun Driver ShopeeFood Ditahan Tanpa Dasar

Saya sebagai driver ShopeeFood, dengan ID driver tercantum: 619234325, merasa sangat kecewa atas tindakan sistem ShopeeFood driver, yang hanya sepihak dan tidak memperhatikan penjelasan driver di lapangan. Saya mendapatkan orderan sesuai dengan jam dan nominal yang tertera di gambar. Namun pihak ShopeeFood melayangkan penalti poin, pemotongan dana penalti pengiriman, dan blokir akses dana mitra, dengan tidak menerima penjelasan apa pun dari pihak saya.

Orderan yang dijalankan sesuai tempat yang dituju

Saya melakukan orderan SPX (pengiriman barang), sesuai dengan perintah masuk di ShopeeFood. Saya ambil di daerah jalan Tuparev Kota Cirebon, kemudian minta diantarkan ke daerah Panjunan, Masjid Merah Kota Cirebon dengan jarak ± 2,0 Km. Item pengiriman berupa makanan dibungkus plastik dan pengirim ini bilang “Bang nanti dekat masjid merah ada pintu besi hijau dicari aja nomor 45″. “Berarti bukan di titik ya kak di Pamujudan?”, balas saya. Kata si pengirim lagi “Bukan bang, sesuai keterangan saya tadi saja”.

Jarak berapa menit kemudian, karena sinyal kurang baik sehingga tidak bisa upload foto (saya gonta-ganti provider karena hp saya 2 kartu: XL dan By.u). Akhirnya setelah beres upload foto, saya jalan menuju tujuan yang ditentukan. Saya foto depan masjid merah dan mengirimkan pesan, memberitahukan “Ka di sebelah mana?”. Kemudian jarak beberapa menit setelah saya fotokan, ada yang memanggil “Pak, sini!”. Lalu saya samperin. Saya tidak foto orangnya, karena biasanya kalau saya foto orangnya suka tidak mau. Saya foto ke arah samping pintu rumahnya dan saya selesaikan orderannya.

Pada hari berikutnya (pukul 2 siang lewat), saya mendapatkan notifikasi bahwa akun saya ditahan terkait orderan kemarin dan dinyatakan bahwa terdapat manipulasi orderan, dengan pengurangan dana, penalti poin, dan ditahan 7 hari ke depan.

Setelah saya layangkan banding melalui tombol pengisian formulir di aplikasi ke pihak terkait, saya harus menunggu 2-5 hari kerja, karena terpotong hari Sabtu dan Minggu. Jadi hari Senin saya putuskan untuk menelepon pihak CS, dan saya diminta menunggu sampai ada informasi hasil banding. Pihak Shopee memberitahu dengan menelepon, bahwa kalau ada pemesan dengan jarak terlalu dekat, biasanya diputuskan suspend dan terdeteksi manipulasi.

Menurut saya ini jelas kesalahan pihak ShopeeFood. Sistem Anda yang bermasalah, kenapa kami driver yang kena? Jika pernyataan yang dilayangkan pihak ShopeeFood karena ini orderan manipulasi, saya sering mendapatkan orderan di Mall kota saya, dengan jarak pengambilan dan pengiriman dekat, tapi tidak pernah ada masalah. Sebagai contoh saya sering mendapatkan orderan di Mall CSB, pengiriman ke lantai 1 dan pengambilan di lantai 2. Mall Kota Cirebon bukan yang sebesar di kota Jakarta yang luas. Mall di kota saya paling hanya 1/4 luas Mall di Kota Jakarta.

Pengajuan tinjauan ulang saya bekali-kali ditolak, dengan alasan tetap manipulasi, sementara dana saya ditahan. Seharusnya hal tersebut tidak boleh dilakukan pihak ShopeeFood, karena saya hanya menitipkan dana kepada pihak ShopeeFood dan bukan transaksi pembelian untuk saldo akun saya.

Kami sebagai mitra merasa tidak dihargai dengan keputusan sepihak yang tidak mendasar. Kami sebagai mitra tidak dianggap mitra kerja. Orderan asli yang saya jalanan menghabiskan tenaga dan waktu, tapi dianggap pemalsuan. Saya sudah komplain, tapi masih tetap dilama-lamain dan penjelasan saya tidak dianggap sama sekali.

Dikojie Hendrianus Santoso
Kota Cirebon, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 27/3/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Akun Driver ShopeeFood Ditahan Tanpa Dasar

  • 26 Maret 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Pihak shopee sudah memberikan klarifikasi dan perimintaan maaf atas kesalahan sistem mereka dan sudah di amankan kembali akun saya

    • 27 Maret 2023 - (03:12 WIB)
      Permalink

      Banyak driver seperti ente d Jakarta bang,.akun d tahan tanpa jelas .makanya banyak driver udh ga mau maen shopee LG..karena sistem ga jls..argo nye di ratain semua 8000..mau jam sibuk.macet2n..banjir2n ada gempa. gedung rubuh mungkin argo tetep sama..

    • 27 Maret 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Knapa ribet aman… Aplikasi sebelah mana mau jarak dekat mau jarak jauh yang penting sesuai tujuan.. Beressss

  • 26 Maret 2023 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Banyak Kasus yang sama Resto Yang Titik map Ga akurat, Resto Makanan Habis Seler Barang Ga Ready, Semua Di Yang Kena Sangsi Driver, dan Langsung Saspen, Mereka Ga Mau Tau Kendala di Lapangan seperti apa, Driver2 Harus Berhadapan Dengan Resto dan Seler Yang Makanan Habis Resto Belum Buka Barang Ga Ready Belum di Peking, Semua Masalah Driver yang selalu di Salahkan dan kena Sangsi, Suspen, Shoope pelaku Usaha yang seenak Menurut Udelnya Dewe, Sangat tidak menghargai dan diangap ga penting Driver2 minta Shoope, Semoga Kawan2 Driver Bisa Satu Suara dan Kompak, Agar Tidak sepihak yang Merugikan Kawan2 Driver tidak terjadi,, Seperti Apk Yang Lain mereka Kompak bersatu atas ketidakadilan Apk nya.

  • 26 Maret 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama , akun di tahan Gara2 cancel alasan tidak sesuai . Paahal saya cancel juga sesuai alasan yang actual Menu tidak tersedia dan Konfirmasi ke custamer tidak Bisa . Selang beberapa hari Mendapat notif bahwa Alasan tidak sesuai , setelah saya chat CS shope katanya Ada laporan sedangkan saya yang masih punya nmr WA custamer saya coba hubungi Tapi custamer merasa tidak Lapor apa2 . Sayang sekali shope Memberi hukuman secara sepihak padahal tidak ada laporan apa2 dan yang tau kejadian di lokasi cuma driver dan kasir resto.

  • 27 Maret 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Saya lebih parah dapet order dengan jarak resto 2,4 km masih saya ambil karna kondisi hujan ngebles, tanpa saya sadari sinyal gps gangguan sehingga saat saya antar makanan kesulitan dan setelah selesai semua nya, besok nya saya di Putus mitra dengan alasan saya di tuduh menggunakan apk tambahan, padahal saya jelsa murni apk shopee dari install resmi. Setelah banding tetap ditolak, saya cuma ambil hikmah nya aja. Ternyata rezeki saya bukan melalui shopee lagi. Tapi itulah shopee tidak senang kalo ada driver yg rajin dan banyak order nya. Ada aja lasan b
    uat suapen driver. Tanpa kesalahan yg dilakukan.

  • 27 Maret 2023 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Shopee lg, saya pernah gitu. Resto yg menunya habis saya yg kena poin, akun kena suspen, banding jg di tolak. Shopee yg ga beres kerjanya ngatain drivernya yg ga bener. Ngawur lama² shopee, ngadi² nih aplikator

  • 28 Maret 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Betul bg sy juga jd korban sistem shpfood..prcm djelaskan dn jg banding klo yg jwb sistem..tetep aj driver kalah..smpe skrg dana sy ga bs diambil..mski msh brharap akun bs diaktifin lg

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeeFood?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Akun Driver ShopeeFood Ditahan Tanpa Dasar

oleh Dikojie dibaca dalam: 2 menit
8