Pedagang Buntung, Pembeli Bingung, Paket Belum Diterima tapi Status Sudah Terkirim

Dear tim Media Konsumen, terima kasih jika tulisan ini bisa dimuat. Berharap kita bisa sama-sama belajar menjadi sesuatu yang lebih baik, untuk memperbaiki celah-celah terkecil dalam bidang pekerjaan kita masing-masing. Sebelum akhirnya suatu saat tenaga robot yang jauh lebih efektif akan benar-benar menghabiskan semua bidang lini pekerjaan kita.

Saya belanja di Tokopedia dari 2 toko (penjual) berbeda, pada hari yang sama (tokonya sama-sama dari daerah Jabodetabek). Yang satu menggunakan jasa pengiriman JNE dengan invoice INV/20230320/MPL/3122419368  dan yang satu menggunakan jasa pengiriman SICEPAT  INV/20230321/MPL/3123248332.

Singkat cerita, paket yang diantarkan SiCepat sampai dengan selamat tanpa ada kendala berarti. Sang kurir juga sebelum menuju ke alamat saya sudah menelepon menyatakan akan segera jalan untuk memastikan keberadan penerima paket. Dalam hal ini saya apresiasi dan terima kasih buat SiCepat.

Berbeda halnya dengan JNE, pesanan saya tiba-tiba statusnya berubah di aplikasi, dari sedang dikirim menjadi terkirim (delivered). Nomor resi JNE: TLJR359563M6WR89. Saya segera konfirmasi ke orang sekitar rumah termasuk tetangga, tapi tidak ada yang tahu. Saya cek aplikasi dan mencoba men-tracking nama penerima di situs JNE. Di sana saya hanya menemukan informasi bahwa paket tersebut DELIVERED TO [JNE PARBULUAN | 24-03-2023 16:22 | SIDIKALANG, KAB.DAIRI ].

Saya coba googling arti status tersebut, dari sekian yang membahas saya mencoba menarik kesimpulan, bahwa paket tersebut masih berada di agen atau sub agen JNE, tapi sudah satu kabupaten dengan alamat saya. Segera saya mengajukan komplain ke Tokopedia, karena saya memang belum menerima paket tapi statusnya sudah berubah menjadi terkirim (paket sudah sampai tujuan).

Dari sekian chat saya di Pusat Resolusi Tokopedia, tidak satu pun mendapat tanggapan. Yang ada hanya chat dari bot yang mengatakan sedang dikonfirmasi dengan pihak kurir. Hari demi hari saya mencoba update info ke Tokopedia, tetap tak ada respons sama sekali. Padahal kalau kita membaca laman FAQ, di sana jelas mereka mengatakan harus aktif dalam ruang diskusi selama proses penyelesaian masalah.

Sedikit informasi tambahan, saya juga buyer sekaligus juga seller di Tokopedia. Saya sebelumnya sangat lebih memilih marketplace satu ini. Pertama, karena menurut saya aplikasinya lebih mudah saya gunakan dibanding yang lain, baik untuk berjualan atau sebagai pembeli. Kedua, pengalaman saya, sekian tahun menggunakan aplikasi ini, biasanya tim Tokopedia sangat aktif di Pusat Resolusi. Tapi entah kenapa sekarang menjadi banyak diam.

Saya juga sudah beberapa kali berkirim email ke CS JNE, dan balasannya selalu sama “SEDANG DIKOORDINASIKAN DENGAN TEAM OPERASIONAL”.

Tanggal 27 Maret 2023, saya mendapat notifikasi bahwa ada pesan di Pusat Resolusi Tokopedia. Saya baca dan isi pesannya termuat kata-kata berikut “Jika dalam 2×24 jam hari kerja terhitung mundur dari sekarang tidak ada berkas klaim dari Penjual, maka mohon maaf komplain ini akan ditutup dengan solusi pengembalian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai yang dibayarkan”.

Saya berulang membaca kalimat tersebut dan saya yakin maksudnya adalah penjual yang bertanggung jawab terhadap masalah ini. dan dana akan di kembalikan ke akun saya. Saya bingung dengan SOP baru Tokopedia sekarang, yang semuanya seolah mau serba otomatis, tapi tidak memikirkan efek kerugian yang akan ditanggung mitra dan pelanggannya.

Pedagang tidak aktif di kolom diskusi adalah hal wajar, karena masalah ini tidak ada lagi sangkut pautnya, karena dia telah mengirimkan paketnya. Lalu kenapa harus dikorbankan? Nilai belanjanya memang tidak banyak, tapi kita tidak sedang membicarakan nominal, kita membicarakan soal etika dan penanganan masalah. Besar atau kecilnya nominal barang/jasa, tentu akan membuat siapa pun kita merasa sangat kecewa terhadap penanganan seperti ini.

Wahai tim Tokopedia dan JNE, hargailah mitra dan pelanggan kalian. Mitra penjual juga tidak 100% gratis meletakkan produk dagangannya di aplikasi, begitu juga pembeli. Kalaupun akhirnya saya akan mendapat uang saya kembali termasuk biaya ongkos kirim, tidakkah kalian perhitungkan berapa lama dan berapa banyak waktu yang saya buang untuk pelayanan kosong ini?

Tambahan informasi kedua: setelah saya cek lokasi sub agen JNE yang tertera di situs tracking JNE, ternyata masih sangat jauh dari titik lokasi alamat saya. Saya tidak memiliki akses kendaraan menuju ke sana untuk bertanya langsung. Jika menggunakan transportasi umum (angkutan) saya harus mengeluarkan biaya Rp60 ribu sekali jalan, pulang pergi Rp120.000. Suatu hal yang berat bagi masyarakat desa seperti saya, untuk mendapatkan sesuatu yang belum tentu ada. Karena tidak ada informasi sama sekali yang saya dapat.

Mardo Suandi
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Mardo Suandi

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di mediakonsumen.com pada tanggal 01 April 2023 berjudul “Pedagang Buntung, Pembeli Bingung, Paket...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Pedagang Buntung, Pembeli Bingung, Paket Belum Diterima tapi Status Sudah Terkirim

    • 1 April 2023 - (18:26 WIB)
      Permalink

      JNE kadang emang begitu.
      Pernah ampe 2 hari baru dikirim.
      Karena itu saya selalu was was kalau milih gratis ongkir dapetnya malah JNE.
      Kalau barang murah sih ya gk masalah,tapi kalau barang mahal mending jangan pakai gratis ongkir biar bisa milih kurir sendiri.

      • 1 April 2023 - (21:07 WIB)
        Permalink

        Saya sekarang juga mengalami masalah itu.
        Beli magic com yg datang cuma amplop isi kertas.
        Baru datang hari ini sedangkan waktu max untuk komplain 2×24 jam, penjual juga masih cak cek aja. Waktu selesai otomatis juga 2×24.

        Ini saya harus komplain sekarang atau nunggu Senin ya? Atau bagaimana mohon sarannya

        1
        2
        • 2 April 2023 - (01:58 WIB)
          Permalink

          Kalau isinya kertas ya langsung komplain, jangan tunggu senin supaya cepat diproses dan tidak selesai otomatis

          • 3 April 2023 - (04:54 WIB)
            Permalink

            Langsung komplain mas, jangan tunggu penjualnya. Lewat dari batas waktu tunggu 2×24 jam, barang dianggap tidak ada masalah. Mas yang rugi.

        • 2 April 2023 - (18:15 WIB)
          Permalink

          Emang gitu mereka. Alasan pertama katanya untuk ngejar poin pengiriman. Baru saja saya juga kejadian. Paket senilai 4,5jt dari tokopedia dg kurir JNE. Tiba2 status ud kekirim aja dg nama penerima ngasal dan foto paket bukan paket saya. Saya sampe ribut datengin ke gudang JNE yg tertera di trackingnya. Sampe ribut ahirnya paket ketemu dan janji dikirim hari itu juga, eh nyatanya sampe esok paginya paket blm juga dikirim. Saya samperin lagi ke gudang JNE, ribut sama satpam, ribut sama kepala gudang, ribut sama customer servis, ribut sama kurirnya. Ahirnya setelah drama panjang menyebalkan itu paket dikirim juga.

    • 5 April 2023 - (02:14 WIB)
      Permalink

      Klu seller baiknya matikan fitur jne, dijamin anda akan sprti sy hidup tentram dan damai, duit tercetak otomatis sendri stiap hari. Jne punya kanker akut ganas yg tdk dpt disembuhkan. Status2 tracking haram, TRACKING BODONG, alamat tdk lengkap, dan msh byk lagi yg intinya smua terjd kendala pengiriman. Status2 haram demikian tdk akan pernah anda jumpai di xpedisi2 real beneran lainnya. HNY ADA 1 REALIBLE PARTNER ANDA DLM BISNIS ONLINE: J&T, 100% NO MINUS, SDH LANGGANAN LBH DR 5 TAHUN. Ada minus cm redi pernah di scanner seller lain, itu bukan slh jnt

  • 1 April 2023 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Bukan penjual yang bertanggung jawab, itu tinggal klaim ganti rugi karena dianggap hilang. Nanti uangnya diganti oleh ekpedisi/asuransi.
    Jadi pembeli dan penjual tidak ada yang dirugikan.
    Saya sudah sering barang hilang, SOP tokopedia memang seperti itu. Anda tenang saja, sebagai pembeli yang penting uang kembali.

    4
    8
    • 1 April 2023 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Yohanes, enteng sekali itu anda punya bibir, “anda tenang saja, sebagai pembeli yang penting uang kembali” anda belum pernah ketemu orang miskin tapi songong? buat kaum seperti itu, It’s not about the money, money, money, We don’t need your money, money, money…We just wanna make the world dance, Forget about the price tag…

      4
      11
      • 1 April 2023 - (14:32 WIB)
        Permalink

        Maaf saya tidak mengerti maksud komentar anda. Maksudnya tidak perlu uang dan dunia menari itu apa? Hubungannya apa dengan pembeli yang komplain barang tidak sampai?
        Apa maksudnya tidak apa2 kalau uangnya tidak direfund pihak tokopedia?
        Jadi TS tidak minta uang kembali?
        Mohon maaf kalau saya kurang menangkap maksud TS dan komentar anda. Mungkin memang saya tidak mengerti bahasa inggris.

        Kalau komentar saya maksudnya, yang posting d MK kan pembeli, dan barangnya tidak sampai. Jadi tenang saja nanti uangnya juga akan kembali karena pihak tokopedia kan sudah mengarahkan untuk klaim.

    • 2 April 2023 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Pilihan opsi mewajibkan asuransi pilihan opsi bisa asuransi bisa tidak
      Kalau ketakutan barang hilang biasanya si buyer gak asuransi atau pilih tanpa asuransi gitu

  • 1 April 2023 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Itu penjual disuruh klaim, jadi 22 nya diganti baik penjual dan pembeli. Saya pernah kejadian diatas, sama JNE juga. Soal ganti waktu dan tenaga ya mungkin bisa di ikhlaskan, mumpung ramadhan. Belanja online memang begitu resikonya.

    • 1 April 2023 - (16:15 WIB)
      Permalink

      Masi mending di tokped. Ga ada kabar 5hr dari ekspedisi, udah auto claim asuransi.
      Kalau di oranye tah baru penjual dan pembeli deg2an, menunggu siapa yg rugi.

  • 2 April 2023 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Pernah beberapa kali kejadian kayak ini saya alami. Kl yg sblm2nya kurir konfirm ke ak kl antar paketnya bsk krn waktunya gk cukup tp keterangan di aplikasi sdh terkirim. Yg terakhir kmrn kurir gk ada konfirm tp keterangan sdh diterima, pdhl itu masih siang. Ak tanya org rumah gk ada yg dtg, ak cek cctv jg gk ada kurir dtg. Ak konfirm ke Lazada yg ngelayani robot, ak konfirm ke CS JNE jwbnnya berbelit2. Ak konfirm ke seller, trus sellernya bntu utk ngelacak ternyata barang msh di gudang blm diantar ke alamatku. Mohon utk diperbaiki lg sistem JNE nya

  • 2 April 2023 - (04:20 WIB)
    Permalink

    Bingung sama maksud surat pembaca ini, permasalahannya dimana ya? Minta dihargai atau minta ganti rugi non materil?

    Itu jelas tokped udh membuka jalur klaim, brarti akan ada pergantian untuk kedua pihak (pembeli dan penjual), TS mau minta apa lagi?

  • 3 April 2023 - (05:02 WIB)
    Permalink

    Kutipan tulisan TS “Pedagang tidak aktif di kolom diskusi adalah hal wajar, karena masalah ini tidak ada lagi sangkut pautnya, karena dia telah mengirimkan paketnya”

    Aneh juga ya, katanya TS seller juga di Tokped. Seharusnya kan tahu kalau
    ada pembeli yang komplain otomatis notifikasi akan muncul di bagian seller.
    Notifikasinya cukup jelas, karena akan muncul tampilan kotak menu ‘KOMPLAIN”
    Menu ini hanya muncul jika status komplain belum closing dan otomatis hilang kalau status komplain sudah selesai. Kalau ada perkembangan baru, ada tanda titik merah di kotak menunya. Kotak menunya juga gede, tampil di sebelah kotak Pesanan baru, pastilah terlihat tu titik merah 🙂
    Seller gak perlu melototin tu kolom diskusi 🙂

    Pernyataan TS “Jika dalam 2×24 jam hari kerja terhitung mundur dari sekarang tidak ada berkas klaim dari Penjual, maka mohon maaf komplain ini akan ditutup dengan solusi pengembalian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai yang dibayarkan”.
    Menambah kebingungan lagi…
    Kalau sudah ada pernyataan ini dari CS, berarti komplain disetujui oleh Tokopedia dan
    penggantian untuk seller segera dieksekusi menunggu kelengkapan berkas dari seller dalam waktu 2×24 jam.

    Keluhan ini mirip2 dengan keluhan sebelumnya yang pernah tayang di MK juga (penulis yang berbeda).
    Mirip konyolnya, sama2 kasihan dengan penjual tapi ngawur.

  • 4 April 2023 - (04:11 WIB)
    Permalink

    Tokopedia adalah marketplace paling aman dan paling bertanggung jawab dalam setiap detail transaksi.. beda dengan sioren dan tokcret atau yg lainnya.. meski proses dan prosedurnya lama tapi mereka ( tokopedia ) sangat” bertanggung jawab dan profesional..

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Pedagang Buntung, Pembeli Bingung, Paket Belum Diterima tapi Status Su…

oleh M Suandi dibaca dalam: 3 menit
23