Shopee Menuduh Saya Tanpa Bukti dan Menahan Akun ShopeeFood Driver Saya

Saya sebagai driver ShopeeFood, dengan ID driver tercantum: 907879328. Saya merasa sangat kecewa atas tindakan sistem ShopeeFood driver, yang hanya sepihak dan tidak memperhatikan penjelasan driver di lapangan. Saya mendapatkan orderan sesuai dengan jam dan nominal yang tertera di gambar. Namun pihak ShopeeFood melayangkan penalti poin sebesar 75 poin (yang asalnya point saya 20 menjadi 95), dengan tidak menerima penjelasan apa pun dari pihak saya dan menahan akun saya selama 3 hari.

Pada tanggal 29 Maret 2023, saya mendapatkan orderan food dari resto Mie Gacoan Ujung Berung Bandung, sekitar pukul 21:34. Saya sampai di resto sekitar pukul 21:36 sesuai dengan perintah masuk di ShopeeFood. Kemudian saya menyelesaikan orderan tersebut sekitar pukul 22:12.

Besoknya tanggal 30 Maret sekitar pukul 16:41, saya mendapat notifikasi yang sudah saya bahas di awal paragraf pertama. Lalu saya mengajukan banding pada hari itu juga, karena saya tidak merasa apa yang dituduhkan terhadap saya oleh Shopee. Pihak Shopee bisa cek langsung histori order saya kalau memang yang dituduhkan tersebut tidaklah benar.

Pada tanggal 31 Maret sekitar pukul 18:41 ada jawaban dari banding saya dan ditolak. Anehnya jawaban tersebut ganjil, malah ada 2 jawaban yang tidak sesuai. Apakah aplikasi Shopee sedang error atau apa pun itu, sungguh sangat ganjil (terlampir di gambar). Malah yang lebih aneh lagi, yang asalnya non aktif 3 hari menjadi 9 hari. Sedangkan untuk poin akumulasi pelanggaran saja jelas 1-24 peringatan, 25-49 akun ditahan 1 jam, 50-99 ditahan 3 hari.

Meskipun jawaban atas banding saya sangat mengecewakan saya (karena saya tidak merasa melakukan hal yang dituduhkan oleh Shopee), ya sebagai driver jalani saja. Cuma kenapa yang asalnya 3 hari jadi 9 hari? Sedangkan pelanggaran point sudah jelas per poin ada. Apakah memang aplikasi Shopee error atau hanya cari-cari driver sebagai korban? Mohon penjelasan dari pihak Shopee. Terima kasih.

Lery Adreanto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Shopee Menuduh Saya Tanpa Bukti dan Menahan Akun ShopeeFood Driver Saya

  • 4 April 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Itu 2 jawaban untuk jenis pelanggaran yang berbeda, 25 Maret jawabann pelanggaran yg pertama poin 20, jawaban ke 2 tgl 29 Maret untuk pelanggaran yang ke 2 poin 75 terindikasi pakai tuyul

    • 4 April 2023 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Mana ada saya pelanggaran tgl 25 dan account saya tetap aktif,masih menerima orderan pada tgl yg dituduhkan,yang pakai tuyul siapa,silahkan cek semua history order

      • 4 April 2023 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Poin 20 ya masih bisa aktif, mulai di tahan itu poin 25 ditahan 1 jam poin 50 di tahan 3 hari, 75 di tahan 7 hari kalau total sudah 150 ya PM, poin hilang setelah 2 bulan, tapi kalau pelangaran fake gps katanya orang tidak bisa hilang, akun saya di tahan sudah 6 kali gara2 mengabaikan order

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeeFood Driver?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Shopee Menuduh Saya Tanpa Bukti dan Menahan Akun ShopeeFood Driver Say…

oleh Lery dibaca dalam: 1 menit
6