Tokopedia Mempersulit Penjual Menghadapi Komplain dari Pembeli

Pada tanggal 30 Maret 2023, toko saya di Tokopedia mendapatkan komplain dari pembeli pada invoice: INV/20230325/MPL/3132009403. Barang yang dijual adalah satu buah jam tangan merek Seiko, pengiriman dengan kurir JNE, nomor resi: TLJR3DUP41M6MUJL. Pembeli komplain karena isi dari paket tersebut kosong dengan keadaan packing rusak.

Setelah menanggapi komplain tersebut, Tokopedia meminta penjual untuk melampirkan bukti berupa foto/video dan screen record detail waktu sebelum barang dikirimkan. Bukti-bukti tersebut sudah saya lampirkan sesuai arahan dari admin Pusat Resolusi Tokopedia.

Namun karena ketidaktahuannya, admin Pusat Resolusi Tokopedia mengatakan jika bukti barang yang saya lampirkan berbeda dengan yang ada di etalase alias kecil (seenaknya saja memvonis barang). Saya sudah jelaskan bahwa barang yang dikirimkan sama persis dengan yang ada di etalase, terkait ukuran aslinya pun memang berdiameter kecil 35 mm/boy size.

Tidak cukup sampai di sana, admin Tokopedia bertele-tele dan kembali membuat dalih baru dengan menyalahkan video packing yang mereka sebut-sebut tidak dari awal pengemasan. Padahal di sana sudah jelas ada foto, video, serta screen record yang saya lampirkan. Lalu pada tanggal 04 April 2023, pihak JNE mengatakan bahwa tidak ada bukti video pengemasan yang dibutuhkan. Apa mungkin Tokopedia tidak menyerahkan bukti yang sudah saya kirim kepada JNE???

Mau heran, tapi begitulah sikap admin Tokopedia pada seller. Meskipun ada bukti, tetap saja berdalih dengan cara lain. Luar biasa! Kepada Tokopedia, saya minta keadilan bagi penjual, dan tidak berat sebelah. Saya harap segera ada penyelesaian juga tanggung jawab dari Tokopedia dan JNE selaku jasa kirim.

Chandra Rizki Wahyudi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Tokopedia Mempersulit Penjual Menghadapi Komplain dari Pembeli

  • 6 April 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Goto sudah Hancur Lebur Bro, Sejak IPO langsung nyungsep 70%, kmarin PHK karyawan Lagi, GoodWell 65% Gilak bener

    6
    6
    • 7 April 2023 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Kinerja mana bisa cuma dilihat dari harga saham. GoTo salah satu market place bikinan lokal. Goodwill itu ada di semua startup gan, mana ada pembelian startup ga pake goodwill?

  • 6 April 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Lawan terus mas kl diperlakukan sewenang-wenang oleh CS Tokopedia, berikan bukti dan argumentasi yg tegas agar cara mereka menyelesaikan masalah lebih rasional.

  • 6 April 2023 - (12:25 WIB)
    Permalink

    Video packing memang kurang , layaknya unboxing dengan awal kardus sudah terbuka. Itu video packing awal sudah terbungkus.
    Digondol tikus itu jam nya, semoga dapat asuransi untuk penjual dan pembelinya. Dan lain kali video packing lebih teliti.

  • 6 April 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Csnya emang disuruh gitu bro dibikin ribet sellernya kalau ada barang dicolong, setau saya kalau diasuransi gampang banget tinggal isi form ga pake foto2 unboxing atau boxing di ring tinju

  • 6 April 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 6 April 2023 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Minta video packing itu sebenarnya percuma menurut saya. Karena kita tetap ga tau paket yg seperti apa yg diserahkan ke jasa kirim. Klo mau minta bukti itu harusnya ke jasa kirim. Bbrp jasa kirim biasanya itu memfoto paket yg diserahkan . Artinya jika paket belum rusak saat diterima jasa kirim dan rusak ketika diterima konsumen itu kemungkinan dari jasa kirim masalahnya. Atau sudah dirusak konsumen baru divideokan. Karena biasanya kurir juga memfoto paket saat dikasih atau diletakan dimana. Jika bicara “kemungkinan” ya dalam konteks paket yang rusak.

  • 7 April 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Sebelum paket diserahkan ke pembeli, biasanya lebih dulu kurir memfoto paketnya didepan rumah ataupun didepan pembeli. Disitu nanti bisa dilihat siapa yg Maling. Kalau benar ada bukti foto penyerahan paket dan kondisi paket baik, bisa jadi pembeli yg curang, begitupun sebaliknya. Tapi yg jelas nggak menjamin 100%, karena dalam jual beli online masih banyak sekali kelemahan dan juga kekurangannya yg bisa sangat merugikan pembeli, penjual, maupun kurirnya. Kalau marketplace mah tetep untung…

  • 8 April 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Update
    Pihak-pihak terkait sudah menyelesaikan permasalahan ini pada tanggal 6 April 2023 dengan solusi penerusan dana ke penjual dan pergantian dana ke pembeli.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Mempersulit Penjual Menghadapi Komplain dari Pembeli

oleh rizki wahyudi dibaca dalam: 1 menit
13