Koneksi Internet MyRepublic Bermasalah Sejak Oktober 2022

Kepada pihak dari MyRepublic yang berwenang,

Saya merupakan pelanggan setia dari MyRepublic semenjak 2013, dengan nomor ID pelanggan C1078893. Saya terpaksa saya harus menuliskan/melayangkan kekecewaan saya terhadap pelayanan dari pihak MyRepublic, yang terkesan tidak professional dan hanya membalas seluruh keluhan saya dengan balasan template, layaknya seperti bot selama berbulan-bulan.

Permasalahan yang saya alami berawal sejak bulan Oktober 2022. Kendala yang saya alami merupakan gangguan koneksi yang tidak stabil berisi random RTO, Packet Loss, Ping Spike yang tinggi pada jam-jam tertentu seperti pada pukul 6 sore hingga 11 malam. Hal tersebut saya laporkan kepada Customer Service MyRepublic via Twitter, Telegram dan WhatsApp.

Berselang satu jam kemudian, saya mendapatkan e-mail bahwa kendala yang saya laporkan telah diperbaiki dan layanan internet telah kembali normal. Padahal ketika saya cek dan gunakan, kendala tersebut masih terus berlangsung dan belum diperbaiki. Karena saya pikir hal ini kemungkinan karena adanya jalur bawah laut antar kontinen yang bermasalah, saya anggap wajar. Saya pikir tidak akan bertahan hingga berminggu-minggu dan saya tidak mempermasalahkannya untuk beberapa waktu.

Sebagai cacatan tambahan, kendala permasalahan koneksi ini sudah saya laporkan kepada penyedia server tujuan. Setelah ditelusuri dan diinvestigasi oleh pihak server, disimpulkanlah bahwa kendala timbul dari koneksi ISP MyRepublic dan bukan dari server tujuan. Oleh karena itu saya semakin yakin bahwa yang bermasalah di sini adalah koneksi dari pihak ISP MyRepublic.

Seiring waktu berjalan 1 hingga 2 bulan, kendala yang saya alami terus saja terjadi dan tidak menunjukkan adanya perbaikan. Kemudian saya layangkan kembali protes melalui kanal yang sama yaitu twitter, telegram dan WhatsApp. Namun respons yang sama tetap saja terjadi, tanggapan hanya berisi template yang kemudian diikuti oleh email berisikan bahwa perbaikan kendala telah selesai padahal kendala terus berjalan.

Hampir setiap minggunya saya selalu layangkan komplain via Twitter, Telegram dan WhatsApp. Namun segala usaha tetap tidak menghasilkan apa-apa. Hingga akhirnya saya benar-benar tidak tahan lagi akan kekecewaan saya dan saya tuangkan ke dalam surat Media Konsumen ini. Parahnya lagi, semakin hari gangguan tersebut makin parah, sekarang terjadi 24/7 setiap harinya.

Tagihan selalu saya bayarkan tepat waktu tetapi layanan yang diberikan tidak sepadan dengan jumlah yang saya bayar, tidak ada pula kompensasi yang pernah diberikan oleh MyRepublic setiap kali terjadi gangguan serupa.

Ariel Albert
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Permohonan Maaf MyRepublic Kepada Bapak Ariel Albert

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Ariel Albert pada tanggal 7...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Koneksi Internet MyRepublic Bermasalah Sejak Oktober 2022

  • 7 April 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Bukan ngebelain myrep, di seluruh screenshot nya bisa diliat, packet loss muncul di router2 di internet, udah di luar myrep. Memang sulit kalau troubleshooting seperti ini, harus optimalisasi end to end, tapi apa ada SLA nya utk consumer grade? Kalau b2b/enterprise, harus bisa disolusikan oleh ISP yg digunakan.

    • 19 April 2023 - (01:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komentarnya.
      Saya bukan expert di bidang koneksi/routing, tapi secara umum terlihat bahwa permasalahan/kendala berada pada jenjang antara pihak MyRepublic dengan route antar MyRepublic dengan Server tujuan.
      Sejujurnya, mungkin saya tidak akan sampai menuliskan aduan di Media Konsumen apabila pihak dari MyRepublic memberikan penjelasan yang mendetail perihal masalah/kendala yang terjadi. Sedangkan yang terjadi kepada saya adalah jawaban template yang selalu sama setiap kali saya melaporkan keluhan atas kendala yang saya alami.
      Perihal adanya SLA untuk consumer grade atau tidak, menurut saya seharusnya dan sebaiknya dan sewajarnya ada, karena konsumen membayarkan sejumlah uang yang tidak sedikit untuk layanan yang selayaknya diberikan oleh provider secara lancar.

      Buktinya setelah saya memuat surat pembaca di Media Konsumen, setidaknya terjadi perbaikan koneksi dimana packet loss, ping spike dan RTO menjadi lebih sedikit walaupun tidak lancar 100% yang terkadang masih terjadi pada jam-jam padat sekitar pukul 7 malam hingga 11 malam.

      Terbukti betapa mengecewakannya layanan customer service ISP tersebut dari pengalaman yang saya alami.

  • 10 April 2023 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Laporan berikut gambar/screenshotnya TS patut di acungkan jempol. Jarang penulis di MK kalau ketemu jaringan yang bermasalah bisa upload seperti TS. Klo saya pakai tracert. @Derry Walaupun bukan b2b, seharusnya kewajiban dari myRep memperbaki/dicarikan solusi juga thd masalah itu, kan yang melempar ke ISP yang lagi jitter awalnya juga dari MyRep. Bagaimana bisa trace networknya melewati ISP yang lg jitter, kalau bukan ISP itu adalah b2b nya MyRep?

    • 19 April 2023 - (01:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komentarnya.
      Kebetulan saya sedikit banyak mengerti tentang permasalahan dan kualitas koneksi, sehingga dapat mengumpulkan data dan memberikan interpretasi terhadap permasalahan yang terjadi.
      Metode pengumpulan data yang paling sering saya gunakan adalah ping direct, bantuan aplikasi pingplotter dan juga tracert ke server tujuan. Untuk bukti data yang saya upload di surat pembaca ini juga sebenarnya lebih banyak, namun sepertinya untuk menghemat space storage di server atau alasan lainnya, beberapa screenshot tidak dilampirkan di surat ini (termasuk hasil tracert nya)

      Sejujurnya saya cukup fanatik dengan ISP MyRepublic sebelum adanya masalah yang saya keluhkan ini dan bahkan merekomendasikan ISP ini kepada seluruh teman dan rekan saya, namun setelah mengetahui kualitas customer service nya ternyata seperti ini kepada pelanggan setia yang hampir 10 tahun mempertahankan, saya berubah pikiran.

  • 20 Juli 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Saya pelanggan MyRepublik berdomisili di Duri Kosambi Jakarta Barat.
    sudah berlangganan MyRepublik selama 4 tahun & tidak pernah terlambat dalam melakukan pembayaran.
    Tapi saat ini sudah 1/2 bulan internet di rumah saya loss signal.
    Saya sudah berkali-kali menghubungi CS dan selalu tidak ada jawaban kepastian tentang kapan internet akan normal kembali.
    Saya sangat kecewa dengan pelayanan MyRepublik, dan sedang mempertimbangkan untuk pindah ke Provider lain.

    • 23 Juli 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Halo , kebetulan saya juga berdomisili di duri kosambi Jakarta barat. Dan udah error sejak tanggal 4 – sekarang 23 juli 2023.. setiap komplain hanya jawaban template bot saja. Boleh tau di tempat km udah bener belum ya ?

  • 9 November 2023 - (22:24 WIB)
    Permalink

    setuju banget, myrep sekarang udah lebih dari parah di indihome. bahkah saat ini menurut saya myrep udah yang paling parah di antara isp2 besar lainnya di indo. saya pun begitu, akhir nya saya tidak bayar lagi tagihan nya, karena saya sudah mengajukan putus berlangganan. nyesel banget pake myrep.

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Koneksi Internet MyRepublic Bermasalah Sejak Oktober 2022

oleh Albert dibaca dalam: 1 menit
9