Saldo Penghasilan Rp0, Ditahan Tokopedia

Melanjutkan berita penanganan kendala transaksi Tokopedia pada invoice INV/20230325/MPL/3132009403.

Tanggal 06 April 2023 pukul 13:23 WIB yang ketiga kalinya pihak JNE pusat menghubungi saya untuk konfirmasi penanganan Klaim Asuransi dari paket dengan nomor resi TLJR3DUP41M6MUJL. Setelah melakukan pembicaran pada telepon JNE menyebutkan akan berkoordinasi kembali ke pihak Marketplace Tokopedia.

Lalu di tanggal dan hari yang sama tepatnya pukul 17:46 WIB Komplain dan transaksi saya dengan pembeli telah selesai. Informasi yang tertulis pada halaman komplain yaitu Dikarenakan sudah ada pergantian dana dari pihak Asuransi kepada pembeli yang diterima perhari ini.

Karena pada waktu sebelumnya saya tidak mendapat informasi dari Tokopedia terkait penyelesaian klaim yang diajukan, akhirnya saya tanyakan kepada pihak JNE pukul 23:12 WIB pada pesan dm twitter. Admin JNE menyampaikan, “dikarenakan setiap kiriman dari transaksi marketplace maka untuk proses pengajuan klaim dari pihak Tokopedia, kemudian pihak Tokopedia akan meneruskan ke JNE“. Pihak JNE juga menyebutkan bila sudah konfirmasi ke marketplace Tokopedia via email dan masih menunggu konfirmasi kembali dari marketplace.

Yang jadi keanehannya, yaitu proses dari penyelesaian pengajuan klaim yang disampaikan oleh pihak JNE berbeda dengan yang dijalankan oleh Tokopedia. dan Tokopedia tidak konfirmasi kembali ke JNE.

Keuntungannya adalah proses penerusan dana kepada penjual jadi lebih cepat, Namun tentu saja saldo penghasilan dari penjualan itu ditahan. (Alasan Review Dana). Sudah saya tanyakan pada CS Tokopedia, tapi mereka menjawab dengan ambigu dan bertele-tele menyuruh saya ikuti perkembangan di Pusat Resolusi (padahal transaksi dan komplain sudah selesai).

Di sisi lain saya bersyukur karena kendala transaksi dengan pembeli sudah terselesaikan. Namun tetap menjadi kekhawatiran karena saldo penghasilan dari penjualan saya sebesar Rp2.500.000 ditahan oleh Tokopedia sampai dengan batas waktu yang tidak disebutkan (entah sampai kapan).

Semoga tidak ada kecurangan dari pihak-pihak yang menangani kendala ini. Saya minta Tokopedia kooperatif, dan tidak berlama lama menahan saldo penghasilan. Kembalikan dana saya! itu hak penjual.

Chandra Rizki Wahyudi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Saldo Penghasilan Rp0, Ditahan Tokopedia

  • 9 April 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Saran ja bang, kasih deadline ke CS Tokopedianya 1 x 24 / 2 x 24 jam untuk pelepasan saldo ke penjualan lu.
    Sambil ultimatum kl lebih dari deadline lu ramein di media konsumen dan seluruh channel sosmednya dia (tp harus jujur). Setelah lewat deadline, tanyain terus jgn capek sambil gasss tu semua sosmednya mereka.
    Pengalaman gw kemarin lg saldo penjualan gw dibekukan seperti itu, kl memang hak lu gasss ja tu pada CS – CS koplak.

  • 9 April 2023 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Kalau anda penjual yg nakal jual di marketplace selain tokopedia karena tokped lebih pro ke pembeli kerena jika pembeli komplen dana penjualan bisa tertahan sampai masalah komplen terselesaikan

  • 9 April 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Update
    Tokopedia sudah menepas dana yg sebelumnya ditahan dan sudah dilakukan penarikan.

    • 17 Agustus 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      kak, apa berapa lama tertahannya? 2x24jam bener ga sih? Di email nya 2x24jam, saya kemarin kaya gini. Aplikasi msih bisa dipake apa dibaned?

  • 16 Agustus 2023 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Bang info dong.. gua hari ini kaya gt, blom cair juga.. prosesnya dirimu komplain ke chat cs/tlp/email?

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Saldo Penghasilan Rp0, Ditahan Tokopedia

oleh rizki wahyudi dibaca dalam: 1 menit
6