Pengalaman Berbelanja Toren Air Penguin Indonesia melalui Tokopedia

Pada tanggal 31 Maret 2023, saya melakukan pembelian Tandon Air TD 110 warna Silver Granite dari Penguin Indonesia (Official) senilai Rp2.925.000 dan Rp1.000 untuk biaya aplikasi di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230331/MPL/3145222002. Sampai dengan tanggal 7, ternyata barang tersebut tidak kunjung dikirimkan oleh pihak seller. Oleh sebab itu, Saya segera melakukan komplain kepada pihak Tokopedia, dengan rasa khawatir barang tidak kunjung dikirimkan, karena barang tersebut akan digunakan segera oleh tukang yang sedang bekerja.

Bukti Pembayaran telah dilakukan
Bukti Pembelian

Proses komplain sampai dengan saat ini masih belum mengalami kemajuan. Barang yang saya pesan tidak kunjung diantarkan. Pihak Tokopedia secara sepihak mengulur waktu yang dijanjikan/batas maksimal barang tersebut sampai dengan sepenuhnya diatur oleh Penguin Indonesia (diskusi terlampir). Bahkan parahnya, kurir yang dikirimkan oleh Penguin Indonesia meminta pembeli untuk mengambil barang sendiri kalau ingin cepat.

Berdasarkan pengalaman ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya sebagai media evaluasi Tokopedia dan Penguin Indonesia. Serta terutama para konsumen calon pembeli agar berhati-hati dalam bertransaksi di Tokopedia, dikarenakan apabila ada masalah, Anda akan berurusan dengan admin Tokopedia seperti yang saya alami dan seller seperti ini tetap bebas berjualan, karena tidak ada tindakan tegas dari Tokopedia.

Hal ini membuktikan bahwa Official Store ternyata masih bisa mengatur Tokopedia, untuk menunda proses pengembalian dana dan lamanya pengiriman barang yang dibeli oleh pembeli.

Terima kasih.

Agri Eka Putra
Kota Bengkulu

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Pengalaman Berbelanja Toren Air Penguin Indonesia melalui Tokopedia

  • 17 April 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Seller dan tokopedia bukan jasa pengiriman knp dikomplain, barang sudah dikirim seller koq komplain??

    12
    19
    • 17 April 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Banyak pembeli kurang paham. Padahal jelas2 ekspedisi dipilih pembeli itu sendiri. Saya juga banyak menemukan kasus2 begini di toko saya. https://tokopedia.link/FMnJDeHv4yb
      Tapi dengan sabar saya coba menghubungi kurir nya dgn menghabiskan pulsa . Dan pembeli yang cerewet sudah ditolong san dilayani sepuasnya akan tetap memberikan rating negatif terhadap seller.

      7
      13
      • 17 April 2023 - (20:36 WIB)
        Permalink

        Terima kasih tanggapannya pak Dimora, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, ekspedisi ditawarkan langsung oleh pihak seller. Yang harusnya jadi konsen adalah, apa penyebab seller baru kirim tanggal 7 April setelah saya komplain padahal tanggal 31 Maret mereka merubah status pesanan sudah dikirimkan

        11
        1
  • 17 April 2023 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Beli Torn online..? Emang ga ada toko material yang deket rumah, kan buru buru mo di pasang sama tukang??

    10
    4
    • 17 April 2023 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak imron tanggapannya.tentunya ada di toko bangunan terdekat. Namun, kelengkapan jenis, warna tentunya tidak selengkap yang bersumber dari toko online. seandainya saya bisa melihat masa depan dengan mengetahui bahwa akan mengalami keterlambatan, tentunya saya akan memilih belanja di toko bangunan terdekat ataupun toko online lain

      17
      1
      • 17 April 2023 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Bro, yang jelas kurir/ekspedisi itu bukan seller yang mengirim. Mengatur pengiriman yang dipilih pembeli itu sendiri. Seller hanya menyerahkan paketnya ke ekspedisi.

        1
        8
        • 17 April 2023 - (20:31 WIB)
          Permalink

          Makasih bro Dimora atas infonya, namun untuk kasus ini ditentukan oleh seller berdasarkan penawaran yang dibuat(bisa dilihat dr diskusi pada bagian komplain saya)

        • 17 April 2023 - (20:33 WIB)
          Permalink

          Mungkin bisa bantu jelaskan pak untuk penyebabny? Karena kebetulan pengalaman belanja online saya sudah cukup banyak bahkan sampai import melalui Aliexpress, Alhamdulillah baru sekarang mengalami kejadian yang merugikan secara waktu. Mungkin pak Sandi bisa bantu share pengalamannya beserta bukti

          11
      • 18 April 2023 - (04:01 WIB)
        Permalink

        betul, sy juga beli on line karena cari yg sesuai keperluan dan keiinginan, tp sy sih lancar aja waktu itu.

      • 30 April 2023 - (08:24 WIB)
        Permalink

        Saya sudah sering baca banyak complain disini ada yang membela pembeli ada yang bela penjual.

        Saya sudah pahami. Pelajari yang salah salah sebenarnya pihak penjual.

        Penjual tidak berkomunikasi kepada pembeli bahwa barang sebesar ini ga bisa dipastikan sampai sesuai waktu yang pembeli inginkan.

        Kalau bisa di deskripsi bisa dijelaskan semua tentang pengiriman barangnya karena ukurannya besar.

        Lagi juga semua pembeli pasti menginginkan ongkir gratis .

        Dan disini pembeli tidak tahu bakal terjadi begini kalau dia tahu pasti ga bakal beli.

        Ongkir gratis itu buat daya tarik pembeli ibarat penjual lagi mancing ikan pake umpan .

        Kalau ibarat di online ga ada ongkir gratis ga mungkin banyak penjual online merajalela sampai buka kios di mall yang sepi jarang pengunjung nya didaerah mangga 2 . nekat jualan online lantai paling atas ga ada pembeli lewat . banyak dijakrta saya masukin mall semua jakarta.

        Saya juga langganan hampir tiap hari belanja online pake ongkir gratis. Lebih hemat waktu sama hemat uang.

        Sudah diputuskan yang salah yg punya toko. titik. Ga ada komunikasi sama ga dijelaskan resiko membeli barang besar pake ekspedisi ongkir gratis khusus toren

        • 1 Mei 2023 - (20:33 WIB)
          Permalink

          Seller yg suka ruwet pada muncul disini… Knp org pilih online karena mau cari yg lebih murah dari offline..

  • 17 April 2023 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Terima kasih tanggapannya pak metal_detector_dki. ijin menanggapi, bahwa sesuai isi dari surat pembaca dan chat yang dilampirkan, telah saya sampaikan seller tidak mengirimkan sejak tanggal 31 maret 2023 dan mengalami perubahan tanggal kirim beberapa kali sejak tgl 7 april 2023 tanpa kepastian. Setidaknya menjadi gambaran bagi calon buyer seperti yang saya sampaikan pada 2 paragraf akhir surat ini.
    Untuk diketahui, tokopedia menjamin pembelian di official store dengan ketentuan yang mereka buat.
    Yang ditekankan adalah, Tokopedia menunda pengembalian dana dengan mengulur waktu penerimaan barang agar seller tidak mengembalikan dana

    • 19 April 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Yg jualan di Tokopedia bnyk yg slow respon dibanding shopee ato lazada gan.. maaf bukan menggurui klo blanja barang segede itu baiknya beli offline aja .ato beli yang sekota plus kirim hari itu..soalnya kasian ke kurir nya gan..via gosend juga kasian ke driver klo yg bawanya motor..jgn sampe ingin praktis /hemat, tp jd mempersulit diri sendiri.

  • 17 April 2023 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Nampaknya kendala ada di ekspedisi pengiriman. Toren air (apalagi tipe TD110 ini kapasitasnya 1050 liter) bukan barang yang mudah dibawa menggunakan transportasi biasa seperti sepeda motor atau mobil boks. TS jika ingin dikirim cepat kenapa pakai skema bebas ongkir?

    3
    6
    • 17 April 2023 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Sepertinya begitu pak Teguh Iman, namun dari seller pun telah merubah status pengiriman pada tgl 31 maret yang ternyata baru dikirimkan tgl 7 atau seminggu setelah saya follow up krn tidak kunjung sampai.

      Skema bebas ongkir merupakan layanan langsung dari Penguin Indonesia, tentunya dr saya sebagai buyer tertarik untuk mendapatkan layanan tersebut. Itupun dikarenakan Saya menganggap tidak akan terjadi hal seperti ini.

      11
  • 17 April 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya membeli barang sebesar itu mendiing langsung ke toko, biasanya barang besar begitu seller pakai kurir toko dan untuk menutupi biaya pengriman mereka krim barang sekalain dangan orderan yg lain yg satu arah, itu pengalaman saya ketika membeli tempat tidur

    2
    4
    • 17 April 2023 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Dan ekspedisi juga begitu, mereka ga mau cuma kirim barang 1 dengan rute yg jauh, pasti mereka nunggu barang yg lain

      1
      3
        • 17 April 2023 - (20:05 WIB)
          Permalink

          Terima kasih banyak supportnya pak Ahmad, tentunya tujuan surat ini sebagai evaluasi masing2 pihak dan pembelajaran untuk calon buyer lainnya

          6
          3
  • 17 April 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Sekedar tips belanja di tokped buat yang ukuran besar ya… Pastikan di filter jangan asal check out ? . Pengalaman pribadi beli freezer bisa kok malah pihak toko yang langsung antar. Makanya gunakan fitur filternya dan tanya selalu pihak toko bisa kirim sendiri ngga ? kalau mereka ngga bisa mending langsung ke toko langsung

    • 18 April 2023 - (04:26 WIB)
      Permalink

      Betul sekali. Saya lebih hepi beli melalui online. Milih merk dan fitur tinggal buka Youtube atau channel tekno yang khusus review produk (bisa sambil duduk santai, ngopi). Cari toko yang bisa kirim sendiri. Tanya melalui chat untuk dikirim hari ini. Pengiriman melalui kurir MP hanya untuk Faktur penjualannya saja dan konfirmasi bahwa barang sudah diterima dalam kondisi baik.
      Malah lebih nyaman, oleh mas2 dari tokonya, barang gede langsung diangkut ke dalam rumah sesuai posisi yang sudah kita tentukan. Tinggal kasi tip aja.. 🙂

      Untuk kasus TS ini, pihak toko memang terlalu lama eksekusi pengiriman, seminggu baru dikirim. Biasanya lambatnya pengiriman seperti ini jarang terjadi kalo sebelum checkout dipastikan waktu pengiriman (melalui chat) dan pengiriman melalui pihak toko.

      • 18 April 2023 - (04:33 WIB)
        Permalink

        Nah ini yang saya maksud pembeli CERDAS.. dia faham barang serta proses pembelian nya. Semua fasilitas digunakan sebaik mungkin untuk keuntungan kita. Bisa dilihat yang dikirim lewat marketplace hanya faktur, barang sudah dikirim lewat jasa kurir, ngga masalah karena kita masih pegang kendali lewat faktur tersebut.
        Setuju sama penilaian nya kalo toko terlalu lama proses barang, dalam hal ini kekurangan pembeli hanya tidak memastikan waktu kirim melalui fitur chat.

        • 18 April 2023 - (09:42 WIB)
          Permalink

          sebetulnya sejak tanggal 31 Maret 2023 per berubahnya status pengiriman barang dari sisi aplikasi, Saya secara aktif menanyakan hal tersebut. Namun dari sisi seller yang hanya merespon dengan kalimat kami bantu cek dan mohon tunggu sampai akhirnya Saya ajukan komplain pada tgl 7 April sehingga tgl 8 April saya baru mendapatkan bukti Surat Jalan dari seller

  • 17 April 2023 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Ini yang komen kenapa ngga beli offline aja, kenapa pake free ongkir, kenapa ini kenapa itu.. fix orang jadul… Jaman sekarang mikir nya masih kaya gitu.
    Mau jual barang kecil, murah mahal bisa aja, Mau Toren, Motor mobil, pesawat sekalipun sah aja. Saya dua kali beli motor di toped beda kota Alhamdulillah nyampe aman terkendali. Yang penting kita tau aturan main nya. Orang beli online itu banyak sebab nya loh ngga cuma mikir mau cepet dll, kaya saya beli motor online Alhamdulillah karena memanfaatkan cicilan kartu kredit yang saya punya. Dibandingkan dengan memakai jasa Finance beda nya jauuuuuuuuh sekali… Alhamdulillah bisa pake program cicilan 0% selama 2 tahun, bebas bunga ngga ada riba dll. Jadi tolong jangan berpikiran sempit ya. Selama si penjual bersedia JUAL barang nya, menyanggupi PENGIRIMAN nya maka pembeli SAH2 aja beli disitu. Mau manfaatin bebas ongkir, Voucher, cicilan kartu kredit sah aja. Malah itu namanya pembeli yang CERDAS.

    Justru adanya marketplace online itu buat mempermudah dan memberikan banyak pilihan harga dan kualitas buat konsumen. Tapiiii…. Asal semua sesuai ATURAN main nya ya biar berjalan LANCAR..

    Pada kasus ini saya lihat pihak seller lambat mengirim pesanan sampai 7 hari setelah pesan belum dikirim… Bolehkah itu?? BOLEH… asal ada pemberitahuan ke pembeli dan keduanya SEPAKAT. Bisa juga pake sistem pre-order. Berilah penjelasan sebanyak banyaknya ke pembeli proses pengiriman nya seperti apa.
    Begitupula pembeli, kenali barang yang mau dibeli proses nya bagaimana, tanya sedetail2 nya apabila barang tersebut kita butuhkan dalam waktu cepat, pastikan ada komitmen penjual sebelum kita check out barang tersebut. Gunakan fitur chat untuk membicarakan hal ini. Nanti itu juga bisa sebagai bukti bila ternyata penjual ingkar tidak bisa memenuhi janjinya.

    Jadi gitu ya…. Jangan jadi orang JADUL… jadilah pembeli yang CERDAS.. kenali barang dan penjual yang akan anda beli, silahkan timbang keuntungan kerugian belanja online insyaAllah lancar selalu

    20
    1
    • 18 April 2023 - (03:50 WIB)
      Permalink

      Anda itu yg gagal paham, bukan masalah jadul gak nya, tolak ukur jadul gak nya dilihat dari beli online atau offline capcaydeh. Main logika aja dah, kran di rumah ente rusak bocor air meluber kemana-mana, situ mau beli kran online atau beli offline di dekat rumah situ? Ya anggap aja situ beli online pakai bebas ongkir, banjir dah rumah situ, tenggelam dah.
      Jadi maksud yang komen itu,kalo butuh cepat kenapa online, kira-kira gitu biar gak gagal paham.

      13
      • 18 April 2023 - (04:08 WIB)
        Permalink

        Lah kalo keran bocor terus beli online itu namanya DUNGU… Wwkwk.. dibaca lagi tulisan saya.. asal pembeli nya CERDAS… Kenali barang yang mau di beli, proses pengiriman nya secara detail.. itu termasuk perhitungan urgent atau tidak nya.. kalo keran bocor tentu harus hari itu juga selesai.. kalo dalam hal ini Toren pembeli sudah memperhitungkan bukan kebutuhan urgent seminggu.. cuma kurang komunikasi kepada seller tentang berapa lama barang bisa di proses kirim, kalo dilihat dari kasus diatas 7 hari belum ada proses sama sekali, boro2 di kirim. Makanya saya bilang penting nya komunikasi yang baik antara pembeli dan penjual. Jangan takut belanja online, justru MANFAATKAN semua kelebihan belanja online menjadi keuntungan untuk kita. Jadilah pembeli yang CERDAS..

    • 18 April 2023 - (04:32 WIB)
      Permalink

      saya paham yang dimaksud bung @Aashvi mengenai orang yang komen. Sama seperti lihat orang yang lagi nuntun motor karena bannya bocor…. terus komen “makanya naik kuda, jangan naik motor…” hihiihi 🙂

      3
      1
    • 18 April 2023 - (05:30 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak Aashvi. Betul yang bapak sampaikan, tentunya jika ada penyampaian yang jelas buyer tidak akan menaikkan ke status komplain. Poin yang bapak sampaikan juga sesuai yang Saya sampaikan pada lampiran Surat Pembaca yang saya buat yaitu, tidak adanya kejelasan status barang dikirim dan pihak Tokopedia ikut mengulur waktu dengan menunda2 proses pengiriman/target barang disampaikan yang dijanjikan seller.
      Permasalahan timbul saat seller yang baru mengirimkan setelah status barang telah dikomplain dan pihak Tokopedia mengulur waktu barang sampai sesuai kebutuhan seller.
      Tentunya ini menjadi media evaluasi untuk Saya kedepannya agar tidak gampang percaya layanan kurir seller, krn ternyata melanggar ketentuan dari Tokopedia seperti yang disampaikan oleh Tokopedia.
      Untuk pihak yang pertanyakan ‘kenapa online kalau butuh cepat?’. seperti yang saya sampaikan juga bahwa Saya biasa belanja online import yang waktu penerimaannya lebih lama dari kasus ini. Namun kejelasan yang kita butuhkan dikarenakan prinsip jual beli harus ada unsur percaya dan profesionalitas. Bentuk mitigasi yang saya lakukan adalah, belanja di official store

      • 18 April 2023 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Jgn terlalu berharap banyak pada CS Tokopedia Pak, selain mereka menangani ratusan / ribuan komplain merekapun (Tokopedia, CS) dapat fee (income) dari pemotongan biaya atas hasil penjualan seller. Jadi kl pun sdh 7 hari tdk dikirim tidak mungkin CS Tokopedia tiba-tiba menuruti keinginan bpk untuk membatalkan pesanan, buat mereka lebih baik diulur sampai waktu yg tidak jelas yg penting diujungnya transaksi selesai dan mereka jg dapat fee sebagai penyelenggara.

    • 18 April 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Gini ya pak saya jelaskan,
      saya bekerja di bidang retail jg,
      ada banyak barang yg perlu penanganan khusus saat belanja online.
      contoh nya barang yg super gede (seperti barang yg d beli TS ini) dan menggunakan free ongkir… nah customer online mau nggk mau harus ngerti kendala disini apalagi utk pembelian barang yg besar di E-COMMERCE yg free ongkir, terkadang estimasi nya tidak bisa d deteksi kalau menggunakan ekspedisi internal dr penjual. kita hanya bisa menunggu barang sampai ke rumah/tujuan.

      • 18 April 2023 - (09:35 WIB)
        Permalink

        terima kasih pak Mario sudah berbagi sudut pandang dari sisi retail, mungkin bisa bantu jelaskan juga kenapa pihak retail(atau dalam hal ini Official Store Penguin Indonesia) mengubah status pemesanan barang telah dikirimkan tgl 31 Maret 2023, namun ternyata barang baru dikirimkan tanggal 7 April 2023 setelah diajukan komplain? Seandainya Saya tidak mengajukan komplain pada tanggal 7 April 2023, apakah barang Saya pasti dikirimkan pada rentang tgl tersebut sebelum kita sama-sama evaluasi penyebab barang sampai lebih dari estimasi jarak dan waktu?

  • 18 April 2023 - (02:59 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi juga pernah punya pengalaman dg toko PENGUIN INDONESIA, saya beli lewat SHOPEE, dari kota Jakarta Utara ke Kota Bojonegoro Jawa timur Seller membutuhkan waktu 10 hari untuk mengantarkan barangnya ketempat saya (Toren/tandon air 520liter). Barang dikirim dg ekspedisi pribadi (bukan ekspedisi yg umum kita pakai di market place selama ini). Saya anggap wajar, karena keterlambatan dalam pengiriman itu sudah biasa terjadi, yg penting barang dikirimkan dan sayapun tidak terlalu terburu buru (emang sih kalo nggak sesuai ekspektasi, kita suka kesal sendiri). Terima kasih…

  • 18 April 2023 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Saya kebetulan sering membeli barang besar di tokopedia
    Namun tentunya saya akan mengutamakan yang satu kota biasanya
    Karena kalau beda kota pastinya khawatir ekspedisi ya belum akurat sehingga mandek.

    Saran saya sebaiknya ajukan refund saja dan langsung hunting ke toko offline saja, atau kalau mau online cari yang satu kota dalam radius 8km maksimal.
    Sehingga mereka bisa kirim pakai mobil material mereka sendiri.

    Tokopedia juga ga professional dalam kasus ini, karena harusnya pengiriman kan ada otomatis maksimum limit ya, kecuali ada tertuang preorder.

    • 18 April 2023 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Saya sepakat bapak Rio, alasan saya menaikkan status pesanan menjadi komplain adalah untuk refund dananya agar bisa hunting di market lainnya. Namun bukannya mendapatkan refund akibat keterlambatan kiriman barang, Saya dipaksa menunggu sampai barang datang sehingga merugikan Saya.

      • 19 April 2023 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Masukan aj sih pak…dlm hal ini barang yang bapak beli dimensinya besar,tidak bisa di antar dgn kendaraan kecil..apalagi dengan skema bebas ongkir(scra kalau dengan tarif normal,yg msh satu pulau aja ±400’n rb)apa lagi jkrta-palembang,jgn terlalu berharap dtg sesuai harapan..
        Jgnkan toren,saya aja beli mesin cuci =>>polytron official store(yg masih mudah dibawa dgn mobil box,bhkan masih bs dgn sepeda motor) sampai 20 hari kerja(klo plus libur ad 1 bulan) g dtang,akhirnya sy cancel..pdhal cm tangerang-bogor..

    • 18 April 2023 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Ga ada itu namanya gratis ongkir. Dibayar itu sama seller. Mana ada àekspedisi ga dibayar. Itu pake ekspedisi kargo biasanya kalo barang gede. Nanti pas paket datang di videokan saja. Masukkan youtube. Nanti ada detail ongkirnya berapa diketerangan paket. Dibayar itu sama seller ke ekspedisi.

  • 18 April 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Kalau pesanan kecil ka pengiriman secepat kilat seperti Pesawat F16 kalau pesanannya besar pengirimannya lambat seperti Keong racun

  • 18 April 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalau belanja barang dengan volume besar dan berat mending cari toko online yg sewilayah aja. Jd gak merepotkan masing2. Atau beli langsung di toko wilayah sendiri. Sy kalau beli kulkas dan mesin cuci online cari yg masih sewilayah untuk menghindari hal hal tak diinginkan. Saran doank ya.

  • 18 April 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Official store di tokped memang selalu di jadikan nomer 1. Saya lwbih baik beli diseller biasa daripada OfStore.. pelayanan lebih bagus seller biasa.

  • 19 April 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Tandon air..dr jkarta utara ke palembang..,dgn dimensi brg se gede gaban,,kalau pure d antar dari jkt.utara ke palembang y koplak jg sih,musti naik kapal,prjalanan darat lg..kcuali klo dkirim oleh dealer resmi /toko jaringan mereka terdekat dr pmbeli..jd pngirimanya reguler seperti mereka restok ktoko cabang dslruh negri..klo ngarep dtg tepat waktu,apalagi bebas ongkir ya mimpi..
    Mungkin kdepan mas agri ini musti pke logika x y..beli barang gde..g bs dbuat buru2..

  • 20 April 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah beli toren online di penguin indonesia official
    Pengirimannya memang lama banget 2 minggu lebih
    Krna emang barangnya besar bgt
    Jd 1 mobil ga bisa langsung bawa banyak toren..

  • 1 Mei 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Ok yg saya pahami ini toko menggunakan “kurir toko”… biasanya ada official store atau toko tertentu karena barangny yg sulit diterima di ekspedisi yg tersedia di MP. Dan yg dipermasalahkan di sini adalah profesionalisme toko, tidak bisa memberikan kepastian. Seharusnya jika memang sudah pernah mengirim barang seperti itu sudah tau waktu yang diperlukan utk mengirimkan barang ke jasa kirim minimal tau estimasi. Dan saran saja utk pembeli jika butuh cepat itu ada baiknya ditanyakan kpn bs dikirim, perkiraan sampai dll. Sering pembeli butuh cepat tp asal pesan saja. Jika mau yang pasti ya ditanyakan dulu biar pasti.

    • 2 Mei 2023 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Terima kasih tanggapannya pak Raja D, sebenarnya saya tidak begitu permasalahkan mengenai seberapa lama pengirimannya apabila dari seller dapat memberikan komitmen kapan barang mulai dikirim. Namun, yang terjadi pada kasus Saya, Barang baru dikirim satu hari setelah Saya mengajukan komplain walaupun status di Tokopedia barang telah dikirim sebelum komplain diajukan sedangkan dari pihak seller saat ditanya estimasi tidak dapat memberikan jawaban dan hanya meminta untuk menunggu

  • 16 Mei 2023 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Hi Pak Agri Eka Putra,
    Perkenalkan Saya Rusman – Customer Experience PT Penguin Indonesia

    Kami menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang Bapak alami,
    dapat kami informasikan bahwa untuk SLA Pengiriman Toren Penguin Maksimal 14 Hari Kerja.

    Sebelumnya Bapak Agri melakukan pembelian melalui Official Store Penguin Indonesia per tanggal 31 Maret 2023 dan Pesanan diterima per tanggal 15 April 2023 atau 12 (dua belas) hari kerja.

    Apabila ada kendala terkait pesanan Bapak Agri bisa langsung menghubungi kami di 0800 111 2222 (bebas pulsa) atau whatsapp 0855 777 0000

    Terima Kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Berbelanja Toren Air Penguin Indonesia melalui Tokopedia

oleh Agri dibaca dalam: 1 menit
49