Status Kiriman JNE Trucking di Shopee Sudah Terkirim, tapi Malah Dinyatakan Hilang

Pada tanggal 24 Maret 2023, saya mendapatkan orderan di Shopee, dengan nomor pesanan: 2303237MUAR6WP dan nomor resi JTR: JT26469676843. Tanggal 19 April 203, statusnya delivered (bukti terlampir).

Namun pada tanggal 22 April 2023, pembeli mengajukan komplain dengan alasan tidak menerima barang. Kami sudah membalas dengan memberikan bukti-bukti pengiriman. Lalu, tanpa ada investigasi apa pun, tiba-tiba pada tanggal 30 April 2023, pihak Shopee sudah langsung mengembalikan dana pada pembeli dan kami pun selaku seller hanya akan mendapatkan dana klaim yang biasanya hanya 10x ongkir.

Barang yang kami kirimkan senilai Rp3.085.000. Yang sangat membuat saya kecewa, kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi (contoh kasus serupa terlampir). Pengiriman dengan nilai barang mahal di JTR banyak sekali yang dinyatakan hilang tanpa ada investigasi lebih jauh dari pihak JNE. Selain itu, saya kecewa dengan sistem Shopee yang dalam hanya 5 hari, dana langsung dikembalikan ke pembeli.

Barang yang saya kirim adalah kompor, yang mana ukurannya sangat besar. Jadi sangat tidak mungkin bila keselip atau hilang. Seharusnya sekelas JNE, semua operasionalnya terpantau CCTV, ada data serah terima barang. Apakah memang ini permainan oknum-oknum JNE dan Shopee?? Sepertinya ada pembiaran dan semakin sering terjadi lagi saat ini.

Melalui surat pembaca ini saya minta tolong agar pihak JNE dan Shopee dapat menemukan barang saya atau penggantian full senilai barang saya.

Law Man Li
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Status Kiriman JNE Trucking di Shopee Sudah Terkirim, tapi Malah Dinyatakan Hilang

    • 8 Mei 2023 - (16:51 WIB)
      Permalink

      Saya tunggu itikad baik dari pihak JNE dan Shopee, karena kasus ini sudah sangat massive , dengan mudahnya barang mahal dinyatakan hilang tanpa ada konfirmasi dan investigasi lebih lanjut.

      3
      2
    • 9 Mei 2023 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Bagaimana min kelanjutannya ?? Saya harus nunggu brp lama lagi utk penyelesaian masalah ini. Jelas2 status sdh diterima pembeli. Sangat mudah sekali klo memang niat melacaknya. Berarti kan sdh ada nama kurir yg kirim brg trsbt. Tinggal diinvestigasi kan itu brg dikirim kemana? Ke org lain atau ke rumah kurirnya sendiri. !!! Jgn begitu aja nyatakan hilang kecuali memang modus isinya maling semua!!. Apa nunggu saya viralkan lg di tiktok.. biar tmbh hancur nama JNE ??

    • 8 Mei 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Masalahnya bukan di asuransinya. Klo hal ini sengaja pembiaran berarti memamg ada faktor kesengajaan brg mahal2 dihilangkan, dgn harapan akan diganti asuransi. Dan anehnya yg bbrp kali hilang selalu JTR cargo , dg xpedisi lain sangat jarang. Apakah memang sdh menjadi kebiasaan klo barang mahal JTR cargo selalu memjadi sasaran. Karena sistem di shopee jg 5 hari lgs dianggap selesai. Dan jne tdk perlu bersusah investigasi. Tentu ini menjadi celah bagi tikus2 expedisi .

      3
      1
      • 8 Mei 2023 - (21:18 WIB)
        Permalink

        di satu sisi memang benar perlu diinvestigasi , tapi disini lain itulah gunanya asuransi, agar penjual nyaman dan tidak pusing urusan di pengiriman.mau sengaja dihilangkan atau tidak itu urusan jasa kirim dan ecommerce nya. yg penting uang seller kembali sesuai harga barang.

        untuk kasus yang diatas semoga bisa segera diselesaikan dengan baik.

        1
        3
  • 8 Mei 2023 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Yah JNE JTR bikin mau doang, jadi takut ini pakai JTR nya JNE, barang gedhe bisa ilang, malu-maluin aje., kite dagang kirim pake JTR bisa kukut kena kelakuan oknum JTR yg dibiarkan., Ombudsman mana ombudsman.

    4
    1
  • 9 Mei 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Apalagi JNE sortir centre yg di tangerang, halaaahhh lelet nya bukan maen kalau barang gede kyak males ngangkut kali yaakk.

    1
    1
    • 9 Mei 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Jelas…. memang niat dihilangkan. Lha brg segede gajah, buerat lagi. Status terakhir sdh diterima pembeli. Khan aneh klo gk bs di selidiki. Klo expedisi lain sehari pasti ketemu itu. Entah dikirim ke org lain atau dikirim ke rmh kurirnya.. ?.

      • 10 Mei 2023 - (08:20 WIB)
        Permalink

        biasanya dinyatakan hilang itu oleh pihak JNE krn sudah melewati batas pengiriman yg dikasih estimasi oleh JNE, sy dlu pernah kejadian 2 kali gtu gan, tp ngurus ke JNE Customer Carenya lgsg via tlp tdk lewat shopee, 2 kali brg kiriman sy closet gantung senilai 17 jutaan dianggap hilang di JNE SORTING CENTRE Jakarta, tp stlh sy minta JNE INVESTIGASI kok bs barang segitu besar hilang, ternyata ada di gudang mereka blm dikirim melewati batas estimasi maksimal pengiriman, makanya JNE lgsg nyatakan hilang dan disuruh ajukan claim asuransi, dr situ. Dan sy blm lama ini bulan Maret-April 2023 sempat dibuat pusing dengan claim asuransi JNE via toko oren krn, bahkan dana bs cair sepihak lgsg ke customer kt sebagai seller disuruh claim mandiri ke JNE yg akhirnya makan waktu 1 bulan utk pembuktian barangnya telah hilang. Jadi pelajaran buat saya, ga akan gunakan shopee lg utk jual barang diatas 2 juta utk kirim pakai JTR, karena bisa dibuat oleh toko oren dana lgsg ke refund, tp brg kt gak kembali atau sudah diterima customer, lebih baik toko Ijo yg dari dlu pengalaman slalu bantu seller smpe dptkan kembali brgnya klo itu via JNE.

        • 10 Mei 2023 - (11:24 WIB)
          Permalink

          setuju gan, kalau barang mahal jangan dijual dishopee apalagi pakai expedisi yang harga kirimnya murah. resiko besar untuk seller

    • 9 Mei 2023 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Iyaa benar. Status terakhir di terima pembeli itu sbnrnya sdh sangat mudah ditemukan. Berarti sdh ada nama kurir yg bawa barang. Tinggal ditelusuri brg dikirum kemana. Bukan enaknya aja lgs dinyatakan hilang.

  • 9 Mei 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Memang kurir skrang bnyak maling apalagi tdk asuransi main sikat aja karna tdk ada tindakan tegas utk mencari oknum lalu dipenjarakan semua komplotan, kalo dibiarkan terus ya tambah banyak anggota malingnya

  • 9 Mei 2023 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Yang jelas semua expedisi tidak mau tanggung jawab atas barang titipan orang,padahal bayar bukan gratis,seharusnya pihak expedisi bertanggung jawab penuh kepada barang titipan orang,kalo hilang ya konskuesinya harus ganti,tidak ada S&K,kalo ada S&K, buat apa kita memberi uang jasa kepada expedisi kalo tidak bertanggung jawab penuh

  • 10 Mei 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    wah…kalau saya kejadiannya. paket sudah dipickup oleh kurir JNE & ada bukti serah terima paket dengan kurir tapi saat saya komplain ke JNE yang ada dilempar ke shopee. saya komplain ke shopee dilempar ke JNE. paket yang hilang lebih dari 500ribu dan sampai sekarang baik shopee ataupun JNE tidak ada yang mau bertanggung jawab

  • 17 Oktober 2023 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Up lagi. Saya sebagai pembeli mengalami hal sama. Barang dikirim beda jauuh banget lokasinya. Ada bukti foto, saya track ada keterangan gps. Nanya ke warga sana 3 rumah ga ada yang nerima.

    Mau saya klik pengembalian dana kasihan sellernya. Ini respon JNE truck gini amat, saya pernah telpon sicepat langsung di investigasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Status Kiriman JNE Trucking di Shopee Sudah Terkirim, tapi Malah Dinya…

oleh li li dibaca dalam: 1 menit
18