Tokopedia Membatalkan Pesanan Sepihak dengan Alasan Memanipulasi Transaksi, karena Memakai Kode Promo

Kepada Tokopedia. saya ingin menyampaikan kekecewaan saya saat order di platform Tokopedia. Pada tanggal 5 Mei 2023, hari Jumat pukul 08.57, saya order minuman kesehatan bird’s nest di Tokopedia, dengan nomor transaksi INV/20230505/MPL/3214121051 dan harga barang Rp1.280.000.

Sebelum order di olshop, saya selalu cek dulu ada promo apa di semua platform, termasuk di Shopee. Namun di Shopee sedang tidak ada promo, jadi saya tidak order di Shopee. Biasanya saya lebih sering order di Shopee ketimbang Tokopedia. Jadi saya cari ke Tokopedia. Saya juga cek di Gojek ada promo apa. Pas buka aplikasi Gojek, ternyata di Gojek lagi ada promo belanja di Tokopedia kejar diskon hingga 90%. Saya klik link-nya lalu dialihkan ke aplikasi Tokopedia dan di sana saya pilih promo yang 100% potongan Rp15.000 dari Gojek, untuk transaksi di Tokopedia. Dari penjual juga lagi ada voucher gratis ongkir Rp20.000.

Singkat cerita, saya klik beli langsung dan gunakan voucher tadi. Saat checkout, saya juga masukkan pilih promo dari penjual, dan juga promo bebas ongkir Rp15.000. Total potongan ongkir yang bisa saya pakai sebesar Rp35.000. Saya pilih pengiriman pakai Gojek instan (biaya ongkir Rp25.000) dan promo sebelumnya yang diskon 100% potongan Rp15.000 juga sudah terpasang otomatis.

Sebelumnya saya tidak pernah mengisi saldo di akun GoPay saya, jadi saldo GoPay selalu di bawah sepuluh ribu rupiah. Kalau mau ada transaksi, baru saya isikan dari bank ke akun GoPay saya. Saat checkout di Tokopedia, ada keterangan di bawah, ada promo pembayaran pakai GoPay bisa dapat cashback sekitar Rp30 ribuan, dengan pembayaran penuh pakai GoPay.

Jadi buru-buru saya checkout, saya langsung isi GoPay saya dari bank, kena biaya top up seribu rupiah. Lalu saya checkout. Namun setelah checkout, pesanan saya tiba-tiba langsung dibatalkan otomatis oleh sistem, katanya karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan. Lalu saya mendapat email masuk permintaan maaf dari Tokopedia bahwa pesanan saya di batalkan otomatis, karena memanipulasi transaksi.

Sungguh sangat kecewa saya dengan Tokopedia. Kalau tidak bisa memberikan promo ke pelanggan, kenapa harus bikin promo? Malah saya dituduh memanipulasi transaksi. Sedangkan yang saya tahu, kalau promo tidak bisa dipakai atau tidak memenuhi syarat itu promonya tidak bisa terpasang/warna abu-abu. Namun ini promonya terpasang otomatis loh dan sudah di-checkout baru di-cancel otomatis sepihak.

Saya jadi rugi biaya top up ke GoPay seribu rupiah. Dan ini kalau mau transfer balik ke akun bank saya kena lagi 2500 rupiah. Jadi rugi saya. Memang tidak seberapa, tapi kenapa begini sistem Tokopedia? Sungguh sangat kecewa saya rugi waktu dan rugi uang.

Saya mau order ulang lagi, voucher gratis ongkir dari penjualnya malah sudah habis. Mending saya order di Shopee saja. Kecewa saya sama sistem Tokopedia yang semena-mena. Tidak bisa memberikan promo, tapi bikin promo segala.

Rosmala Dewi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Tokopedia:
[Total:49    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Tokopedia Membatalkan Pesanan Sepihak dengan Alasan Memanipulasi Transaksi, karena Memakai Kode Promo

  • 8 Mei 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Yang sabar ya kak. Memang dari dulu tokopedia kebanyakan bohong soal promo2 cashbacknya. Coba aja kk baca di media konsumen ini. Kebanyakan aturan ngga jelas. Sama aja 11…12.. sama gojek. Ditambah mereka kolaborasi jadi tambah deh kelengkapan tipuan promonya. Keluarga saya pun alami kok. Malahan sekarang saya lebih sering belanja di Shopee karena bisa pakai triple vouchernya.

    9
    9
  • 8 Mei 2023 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Tokopedia belakangan ini malah naikin biaya aplikasi sampai 3000 per transaksi, ini jelas memberatkan konsumen, klw dulu toped bisa gratis ongkir, dpt cashback dan tanpa biaya aplikasi skrg ini gratis ongkir dan cashback tdk bisa dipakai bersamaan plus kena biaya aplikasi antara 2000 sampai 3000 per transaksinya.. lama2 belanja di tokopedia semakin tidak menarik lagi.. yg ada malah semakin banyak biaya tambahannya.. tp promonya makin dikit.

    6
    3
    • 8 Mei 2023 - (20:10 WIB)
      Permalink

      sekarang go**eek biaya aplikasi 6rb, tentu tokoijo bakalan menyusul naik terus,

      lama2 bang j**o juga bakal kena biaya bulananan sama biaya aplikasi juga kalau mau transfer ?

  • 8 Mei 2023 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Memang semakin hari semakin ga menarik belanja di Tokopedia, tidak bisa menggunakan double promo, biaya aplikasi semakin besar, ongkir sudah jarang yg free, terasa banget bagi konsumen yg tinggal di luar pulau Jawa, saya mulai berpindah ke Shopee dan Lazada yg banyak menawarkan promo dan kupon2, lumayan jauh beda harganya dibanding Tokopedia, bentar lagi bakal ditinggal ini ..

    6
    2
    • 8 Mei 2023 - (21:40 WIB)
      Permalink

      @Elvi
      Wahaha iya sy barusan ngecek pake simulasi belanja.
      Biaya layanan = 1000
      Biaya Aplikasi = 3000

      Lelucon apa lagi yang dilakukan oleh tim tokopedia?

      3
      1
      • 8 Mei 2023 - (23:31 WIB)
        Permalink

        Sekedar info aja banh, kalo salah mohon maaf, kalo konteksnya ini doang

        cuma perlu di inget kak kalo semua itu bayar. Tokopedia ngebayar tim developer aplikasi, tokopedia sewa server dan server nya itu engga murah, engga cuma pelanggan tapi orang yang kerja dibawah tokopedia juga mau belanja dan juga mau hidup,kalo misalnya emang gamau bayar layanan aplikasi bisa datang offline hehe.

        Saya bukan dari tokped ama toko lain cuma saya belajar juha tentang pembuatan aplikasi kek gini dan ga sulit jadi mohon maaf??

        Tapi balik balik mo tokoijo maupun tokorange, semua ke refrensi masing2.

        6
        5
  • 8 Mei 2023 - (23:40 WIB)
    Permalink

    sy biasa belanja di tokopedia dg kredivo krn ada cashback poin lumayan buat darurat belanja bulanan, alhasil bbrpa bulan teakhir juga SELALU DI BATALKAN SEPIHAK oleh tokopedia, enggak ngerti lg deh sm sistem kerja nyaa

  • 8 Mei 2023 - (23:51 WIB)
    Permalink

    GOTO akan semakin tenggelam,,, akan tambah nyungsep dalam,,, Gak perlu nunggu lama,,,
    Saya pengguna lama Toped dan hijrah ke orange sejak 2016,, Gara2nya saat itu Klaim barang (Camera Digital) cacat dan rusak prosesnya lama dan susahnya minta ampun,,,, dan setelah itu Promo2nya hanya Gimmick saja,,dan User lama tidak dihargai hanya User baru yg di manja dengan Promo2. akhirnya pindah ke orange dan mendapatkan layanan Sebaliknya, User lama tambah di manja dengan Vocher ongkir, Cashback, Harga dan diskon khusus Platinum.
    dengan rata2 60 transaksi perbulan saya mendapat benefit layanan lebih dari shope terutama Chat Prioritas platinum yg responable gak pakek lama, segala kendala solved dan alhamdulillah sampe sekarang blm pernah mendapatkan Seller yang sangat Nakal, cukup dengan literasi untuk jadi Smart buyer semuanya terasa ok ok saja

    1
    1
  • 9 Mei 2023 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Goto semakin kesini semakin gak jelas, biaya layanan naik bukannya tambah bagus, cuma polish ui doang

  • 9 Mei 2023 - (08:09 WIB)
    Permalink

    tinggalin aj aplikasi2 pakai alasan biaya penanganan, biaya layanan, biaya transaksi dan sejenisnya. Padahal dari seller ud ad potongan buat aplikator. contohnya harga ud di UP ole seller, trus potongan buat aplikatorr dan buyer bayar semua itu utk harga seller eh ad biaya lagi dibebankan ke buyer. gimna nga kaya raya aplikator adminya gaji gede2 ???. cari cuan 3000 x jutaan orang perhari yg belanja. pilih aplikasi belanja yg kecil biaya tambahannya ???

  • 9 Mei 2023 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Sama kasus nya spt sy. saya bahkan member platinum di tokped dgn transaksi 1 th 100jt lbh. di cancel pesanan sepihak dgn alasan memanfaatkan promo demi keuntungan pribadi. lha sy debat mana ad konsumen pakai promo demi keuntungan tokped/toko ? jawaban cs muter ky benang kusut hanya sekitar pasal” aturan di tokped.
    mending pindah aja dr tokped kl promo di buat cm buat ngejebak konsumen

  • 9 Mei 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    semenjak cashback saya 800k dibatalin sepihak saya sudah gak pernah tertarik lagi di toped kecuali sistemnya diskon.

    sistem toped memang aneh,
    ada tier member tapi kalau transaksi besar dicurigai

    • 9 Mei 2023 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Di lazada banyak diskonnya tuh. Diskon bonus dadakan 10%. Diskon lazada 10%. Diskon toko 5-10%. Cashback 8-10%

  • 28 Mei 2023 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Kecewa berat sih sama Topked
    Hari ini belanja di Tokopedia, tapi dibatalkan sepihak penjual dengan alasan barang habis.

    Harga barang 179.000
    Ongkir : 3.000
    Asuransi :1.300
    Biaya layanan : 1.000
    Biaya apliaksi : 2.000
    Total bayar : 186.300

    Pas di refund teryata hanya185.300
    Dengan alasan jika ada pembatalan biaya layanan sebesar 1.000 rupiah tidak dikembalikan ..
    Dan saya baru sadar sekarang kalau dibatalka biaya layanan tidak dikembalikan, sebelumnya saya tidak pernah komplain karena memang tidak memperhatikan hal ini

    Hati2 untuk konsumen, ada baiknya chat seller sebelum melakukan order..
    walaupun kesalahan bukan di pihak konsumen tapi hal seperti ini bisa merugikan konsumen..

    Seribu rupiah memang tidak besar, tapi bayangkan kalau ada 100 orderan dibatalkan konsumen sudah rugi 100.000

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membatalkan Pesanan Sepihak dengan Alasan Memanipulasi Trans…

oleh Rosmala Dewi dibaca dalam: 2 menit
15