Masalah QRIS BCA yang Tak Kunjung Selesai

Pada tanggal 27 Maret 2023, jam 22:08:11 malam, saya melakukan transaksi deposit trading ke akun XM menggunakan metode pembayaran QRIS BCA. Saya memilih metode ini karena pihak broker menyediakan pembayaran QRIS dari beberapa bank. Sejak tahun 2022, saya selalu menggunakan metode pembayaran ini tanpa pernah mengalami masalah.

Pada tanggal 27 Maret 2023, saya melakukan deposit sebesar 300 ribu rupiah. Saat saya melakukan pemindaian kode QR, muncul pesan error. Karena saya mengira bahwa transaksi tersebut gagal, lalu saya mencoba memindai kode QR sebanyak dua kali lagi, sehingga total tiga kali pemindaian, namun selalu gagal dengan pesan error yang sama. Saya pikir transaksi gagal dan dana tidak masuk ke akun trading saya.

Dan setelah saya cek ternyata jumlah deposit sebesar 300 ribu rupiah telah masuk ke akun trading saya. Saya langsung cek saldo dan ternyata dana saya terpotong sebesar 900 ribu rupiah, di mana terdapat satu transaksi yang berhasil dan tiga transaksi yang gagal dengan pesan error. Dua transaksi yang gagal tersebut memotong saldo saya sebesar 600 ribu rupiah.

Karena saya berniat untuk melakukan deposit sebesar 300 ribu rupiah, saya tidak mempermasalahkan transaksi sebesar 300 ribu rupiah yang berhasil masuk ke akun trading saya. Yang saya permasalahkan adalah ke mana perginya saldo sebesar 600 ribu rupiah yang terpotong namun tidak masuk ke akun trading saya? Setelah saya memeriksa mutasi, benar adanya tiga transaksi yang sama dengan masing-masing memotong saldo sebesar 300 ribu rupiah.

Dan yang anehnya, tidak ada laporan transaksi di bukti pembayaran yang saya terima melalui inbox QRIS. Namun, laporan transaksi tersebut terlihat di mutasi rekening. Selain itu, terdapat keanehan lainnya yaitu transaksi yang saya lakukan pada tanggal 27, namun tercatat dalam mutasi dengan tanggal 28.

Lalu saya coba telepon layanan Halo BCA untuk melakukan konfirmasi. Namun, saya sangat terkejut ketika diberitahu bahwa saya harus menunggu hingga satu bulan untuk proses konfirmasi karena hanya dapat dilakukan pada hari kerja, dan juga ada perayaan Hari Raya Lebaran yang membuat prosesnya semakin lama. Pihak BCA mencatat laporan dengan nomor 2051755351.

Saya tidak bisa melapor kepada broker XM karena bukti yang saya miliki belum cukup kuat. Saya perlu mendapatkan informasi dari pihak BCA terlebih dahulu. Setelah satu bulan berlalu, saya menerima email dari BCA yang menyatakan bahwa transaksi tersebut dinyatakan normal.

 

Pada tanggal 4 Mei, akhirnya saya mengirim email kepada pihak broker XM untuk mengklarifikasi masalah deposit saya. Namun, saya baru mendapatkan respons pada tanggal 5 Mei dari seorang manajer akun bernama Ibu Theresia. Ibu Theresia meminta bukti rekaman koran selama 3 bulan, mulai dari bulan Maret hingga Mei, dan surat pernyataan dari pihak BCA sebagai bukti bahwa transaksi saya normal. Pihak XM tidak ingin mengambil risiko dengan dana yang bermasalah. Saya pun pergi ke BCA KCP Jatiasih untuk mencetak dan meminta surat pernyataan.

Namun, pihak BCA KCP Jatiasih tidak dapat mengeluarkan surat pernyataan dengan alasan bahwa tidak ada format yang tersedia. Akhirnya, Ibu Theresia membantu saya dengan meminta bukti kode RRN yang tertera pada bukti pembayaran QRIS. Bukti nomor RRN tersebut dapat membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini. Selain itu, saya baru sadar bahwa bukti QRIS tidak masuk ke kotak masuk email saya.

Alhasil esok harinya, saya kembali ke BCA untuk meminta kode RRN. Karyawan BCA menghubungi Halo BCA lagi dan saya sangat terkejut ketika diinformasikan bahwa saya harus menunggu lagi selama 30 hari dengan nomor laporan 2049733915. Saya merasa kecewa dengan pelayanan seperti ini, di mana uang saya tidak jelas kemana.

Saya sudah rugi waktu dan merasa lelah karena harus bolak-balik mengurus masalah ini. Saya mohon kepada pihak BCA untuk segera mengatasi masalah ini. Saya juga melihat banyak kasus serupa seperti yang saya alami di media konsumen sebelumnya. Karena saya tidak tahu lagi harus melakukan apa, saya memohon agar uang saya dapat dikembalikan dengan cepat.

Eko Septino
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Eko Setiono

Menanggapi keluhan Bapak Eko Setiono di Redaksi Media Konsumen tanggal 18 Mei 2023 dengan judul “Masalah QRIS BCA yang Tak...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Masalah QRIS BCA yang Tak Kunjung Selesai

  • 18 Mei 2023 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah 2.5jt skg om,..dan sudah di wd, tp ini masih berlanjut masalah deposit saya yg gk kelar2

  • 19 Mei 2023 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal serupa tp kartu debet BSI, waktu belanja di Ramayana… Di debet error.. Di mutasi muncul.. Setelah lapor 2 hari kemudian dapat email laporan sy selesai, tp uang g kunjung masuk ke rekening,(kejadian 6Mei 2023) , totalnya g banyak cuma 230an ribu, tp jadi mikir 2x mau pake debet lagi 😅

    1
    1
    • 19 Mei 2023 - (05:15 WIB)
      Permalink

      Kalau rekening koran coba bapak instal mybca, itu bisa dilihat rekening koran bapak 3 tahun kebelakang. Kalau surat transaksi normal sebenarnya bapak bisa lampirkan email yg dari bca bahwa transaksi normal, ngak perlu surat fisik lagi. Itu menurut sy

      • 19 Mei 2023 - (08:58 WIB)
        Permalink

        sebenrnya sudah saya print rek koran pak..sudah saya kasih tpi pihak xm pun ingin lebih rinci karena rek koran hanya trasnsaksi debit saja tidak ada no referensi….sedangkan di bukti qris mobile banking entah kenapa tidak ada bukti bayar nya..karena pihak XM intin tau kode RRN yg ada di bukti bayar qris…sednagkan tlp ke halo BCA ke halo merchant hanya pihak merchant yg dapat mengecek nya bukan dari nasabah nya….jadi pihak XM tidak bisa menegecek kalau kode RRN nya pun tidak ada..binag keladi nya itu saya kalau saja kode RRN yg di bukti bayar di inbox QRis ada mungkin bisa selesai lebih cepat

        • 19 Mei 2023 - (10:10 WIB)
          Permalink

          Emang bener harus pake kode rrn..sya juga pernah ..tpi di bank bni..cs nya ramah..di bntu folow up ke penydia dan uda masuk normal…klau penyedianya masih gk ngakuin…nti ama cs nya di kasih kode rrn…alhamdulilah 2 juta aman …krna pas top up gk ada riwyt invoicenya(terjadi bug) jdi agak sulit untuk komplain ke penyediA.

          • 19 Mei 2023 - (10:29 WIB)
            Permalink

            enak itu om prosses nya cpet ini saya suruh nunggu lagi lama….ini yg error aplikasi nya tpi nasabah yg dibuat repot mundar mandik ke bank,trus tlp2 ke cs nya tp di suruh balik nunggu

  • 27 Mei 2023 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah setelah panjang lebar akhirnya terselesaikan dan sudah direfund ke rek saya terima kasih masalah sudah selesai

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS BCA?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Masalah QRIS BCA yang Tak Kunjung Selesai

oleh Thinoe dibaca dalam: 2 menit
8