Pesanan COD Sudah Dibayar dan Diterima Pembeli, tapi Hasil Penjualan Belum Saya Terima

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, dengan nomor pesanan: 2305062E4FEVAY dan nomor resi J&T: JP7795542068 (J&T COD). Saya menjadi korban kenakalan oknum kurir J&T yang mengambil uang penjualan saya sebesar Rp377.500.

Kasus ini berawal ketika saya mendapatkan pesanan untuk dengan metode J&T COD, dari kota Surabaya menuju Kab. Kota Baru, Kalimantan Selatan. Per tanggal 11 Mei 2023, sebenarnya paket sudah diterima oleh pembeli, yang berarti uang sudah diserahkan kepada kurir J&T (karena ini menggunakan metode COD). Namun sampai surat ini saya kirim tanggal 17 Mei 2023, status pengiriman di Shopee masih belum juga berubah menjadi terkirim, dan juga pembeli tidak bisa mengeklik penerimaan barang di Shopee (bukti chat dari customer saya lampirkan).

Status pengiriman di Shopee masih saja menggantung menjadi: “Pesanan gagal dikirim karena Mobil operasional terlambat berangkat dan Pengiriman akan dilakukan ulang esok hari”. Padahal barang sudah dan uang sudah dibayarkan ke kurir dari tanggal 11 Mei 2023.

Saya sudah melaporkan masalah ini ke customer service J&T Jakarta dan juga kepada pihak Shopee, akan tetapi mereka tidak menanggapi serius masalah ini. Saya minta pertanggung jawaban dari pihak marketplace dan kurir ekspedisi terhadap masalah ini.

Alvinabilla
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Pesanan COD Sudah Dibayar dan Diterima Pembeli, tapi Hasil Penjualan Belum Saya Terima

    • 20 Mei 2023 - (06:09 WIB)
      Permalink

      Halo admin kenapa kalau ada kasus kaya gini klo gak di naekin ke media baru gercep giliran di biarin di batalin seenak jidat

      • 21 Mei 2023 - (05:55 WIB)
        Permalink

        Itu permasalahnnya dari kurirnya dulu to lol, pihak marketplace cuma bisa nunggu kalau informasi dari perusahaan pengirimannya. Itu bisa terjadi di semua sistem cod dan semua marketplace.

        Bisa jadi kurir blm update status, bisa jadi pembeli tidak jujur, bisa jadi lagi error database.

        Mending gak usah pakai sistem COD.

  • 20 Mei 2023 - (05:08 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga ada transaksi seperti ini udah lapor cs Shopee penyelesaian sangat lambat. sampai sekarang uang belum masuk ke saldo penjualan tolong diperbaiki sistemmya.

    • 20 Mei 2023 - (06:36 WIB)
      Permalink

      Saran saya kalau nominal nya besar minta trf ke no rek admin j&t setempat. Saya pembeli langganan kurir j&t selama ini aman saja tdk ada keluhan penjual sama sekali. Semoga masalah nya teratasi.

  • 20 Mei 2023 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Itu duitnya Di puterin atau di pakai pribadi sama kurir JNT, kalau gak di urus biasanya Shopee cuci tangan dan bisa di batalin sepihak

    Solusinya gampang

    1. SS percakapan antara pembeli dan penjual di aplikasi Shopee
    2. Min pegang RESI FISIK
    3. email ke Keluhan.jnt@gmail.com dengan SUBJEK nomer Resi dan tulis Kronologi
    4. Lampirin SS tadi dan RESI FISIK di email
    5. Habis Email langsung Tlp

    Biasanya 1*24 jam langsung berubah status ke di terima

    0
    9
  • 20 Mei 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, tapi sebagai pembeli. Paket saya dinyatakan gagal kirim setelah 2minggu barang tidak sampai.
    Tapi tiba² paketnya datang kerumah dan saya terima.
    Dan anehnya status di aplikasinya tetap gagal kirim.

  • 20 Mei 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Buasa y kurir sebelum kirim paket suka tlp dulu ke buyer, si penerima paket, inikan kemungkinan masalah y d kurir J&t yg ga jujur, coba tanyain No wa kurir y ke buyer, klo masih ada tlp kurir y, suruh status y d updet deliveri, saya jg sering ngalamin seperti ini. Klo nunggu dari shopy sama j&t sampai lebaran kuda juga jawaban y paling mohon maaf.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pesanan COD Sudah Dibayar dan Diterima Pembeli, tapi Hasil Penjualan B…

oleh alvinabilla titis zakia dibaca dalam: 1 menit
11