iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan Tokopedia kepada Pelanggannya?

Saya pelanggan Tokopedia sudah lebih dari 10 tahun, dan sudah beberapa tahun saya pelanggan platinum Tokopedia. Namun baru-baru ini saya dikecewakan, dengan tidak adanya perlindungan kepada pelanggan setia Tokopedia. Selama 10 tahun, ini kasus pertama saya ditipu di Tokopedia.

Pada tanggal 12 Mei 2023, saya membeli iPhone 11 Pro Max di Tokopedia. Saya tertarik dengan HP-nya, karena iklan yang ditayangkan sudah sangat lengkap, menerangkan beberapa minus hp-nya dengan sangat jelas. Hal tersebut yang meyakinkan saya, alasan mengapa iPhone tersebut bisa di bawah harga pasaran.

Pada tanggal 17 Mei 2023, saya terima paketnya. Saya unboxing paketnya, tampilan sudah sangat sesuai dengan iPhone Pro Max 11 dan mulus, mesin hidup dengan baik. Saya hentikan video unboxing saya, karena saya anggap sudah oke dan untuk memeriksa keseluruhannya membutuhkan waktu berjam-jam, tidak mungkin saya videokan terus, penuh memori saya.

Saya langsung memindahkan beberapa aplikasi saya. IPhone sudah terasa panas (saya sudah mulai curiga). Saya masukkan email saya ke iPhone, muncul notifikasi konfirmasi Google, bahwa device yang dimasukkan adalah Android 8. Saya sudah curiga. Namun saya beranggapan terkadang Google salah mendeteksi perangkat dan wilayah.

Setelah saya memindahkan beberapa aplikasi, kecepatan hp sudah mulai lambat. Saya baru mengecek spesifikasi, ternyata spesifikasi sangat berbeda dan sangat tinggi (Pro Max 14, memory 512, IOS update 16.4). Saya periksa Apple Store iPhone saya berisi 15 aplikasi, facetime tidak bisa digunakan (hanya logonya saja, tapi tidak berfungsi). Barulah saya yakin kalo ihPone saya memang fake.

Saya komplain ke Tokopedia, penjual dapat menunjukkan video pakingnya, dan sudah ditanyakan ke ekspedisi, ternyata tidak ada proses repacking. Saya yakin juga tidak ada proses repacking, karena penjual mengatakan ada pattern kuning di bubble wrap yang menandakan tidak ada proses repacking. Akhirnya sudah hampir 2 minggu keterangan pada Tokopedia Care menyatakan masih dalam proses investigasi oleh pihak kurir.

Saya meminta di sini agar pihak Tokopedia:

  1. Melihat track record penjual dan pembeli selain bukti packing tersebut. Karena untuk memeriksa iPhone second, pembeli memerlukan waktu, supaya pembeli tidak asal menuduh. Ada kemungkinan penjual membuat 2 paket yang sama, dan yang dikirimkan kepada pembeli yang fake. Karena video terputus dari proses packing ke proses pengiriman JNE, jadi ada celah penjual memberikan iPhone yang fake.
  2. Seharusnya tim mediasi juga seharusnya melindungi pelanggan setia dengan mempertimbangkan melihat rekam jejak secara mendalam. Karena rekam jejak dinilai secara bertahun-tahun, sedangkan video packing dibuat kurang dari satu jam, dan tidak susah untuk penjual mengondisikan membuat dua paket yang sama dengan isi yang berbeda.

Saya mengakui memang ada kelengahan, karena tidak memvideokan semua pemeriksaan pada hp (karena memori saya penuh dan pasti sangat panjang). Orang yang menipu pastilah pandai mencari kelengahan yang ditipunya. Saya mohon Tokopedia memasukkan unsur track record dalam penelusuran masalahnya. Agar kelengahan pelanggan setia tidak dijadikan senjata untuk yang menipu.

Semoga Tokopedia tetap selalu pada komitmennya menjadi toko online yang terpercaya.

Widowati
Simeulue, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan Tokopedia kepada Pelanggannya?

  • 4 Juni 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Parah Parah…
    Beli iPhone Bekas kok di toko Gado-gado, bukan toko yang sudah terpercaya… Kadang kalau ingin untung malah buntung hanya dari kalimat seller abal-abal. Harusnya mau beli barang mahal berkualitas itu di Toko Iphone Second terbaik di kota kalian sendiri pasti ada… Apalagi harga mahal bisa dapat iphone 11 ibox second ori di toko second di kota kabupatenku.

    Pengalaman ber tahun-tahun belum afdol kalau belum pernah ketipu membeli hp High end harga low end… Ak juga pernah ketipu pas mau beli samsung S7 tapi harga 2,5 jutaan dulu… Harga miring itu patut waspada, apalagi yg jual bukan toko khusus dan dah bersertifikat.

    • 5 Juni 2023 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Saya ketipu waktu awal2 belanja online beli acc hape, dikirim ada barang yg kurang, komplain harus ada photo dan video unboxing dari barang dibungkus, dibuka, dihitung, dicoba.. Dan kalah waktu itu.
      Semenjak itu beli barang apa aja di online saya selalu videoin unboxingnya agar aman.. Lama videonya ndak pa2.. Bisa kirim ke youtube..
      Dan tiap ada yg kurang dan salah kirim saya ada video unboxingnya dan selalu menang.

      3
      1
  • 4 Juni 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    1. Harga dibawah pasaran
    2. Untuk barang mahal biasakan minta dulu video/bukti yang menyatakan bahwa barang tersebut original / berfungsi dengan baik
    3. HP Inter itu emailnya BEA CUKAI bukan KEMENPERIN

    PERCUMA NGAKU BELANJA ONLINE 10 TAHUN KALO HAL BEGINIAN AJA GAK BISA AWARE

    saya mulai belanja online dari masih SMA (2016) dan gak pernah sekalipun ketipu belanja online

    1
    1
  • 4 Juni 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Beli yang toko terpercaya dong jangan asal murah main beli aja kan ada toko official online…..haduh

  • 4 Juni 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Sepertinya itu iphone HDC spek android. duhhh kurang ajar jahattt banget tuh seller nipu mbak, padahal beli baru harganya cm sejuta kok dijual second 6 jt. Semoga masalahnya bisa teratasi ya mbak…

  • 4 Juni 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Ya udahlah mb terima nasib aja, udh begitu mah susah dikejarnya, ini bs buat pengalaman hidup, memang pengalaman itu bs mahal harganya, krn pengalaman adalah guru yg paling bersertifikasi dlm hidup ini dan semua tanpa rekayasa dan pengalaman ini bikin kita bisa jd lebih pintar, btw paling nga mb bisa gaya pake hp dgn casing iphone 😁

    • 4 Juni 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Masih bisa kayaknya, itukan dia lagi proses retur tuh, cuman maunya jadi tuduh2an, yg jelas beli barang online harus tau barangnya gimana, kalau gak sesuai komplain, solusi retur barang atau dikompensasi..
      Untuk urusan palsu diseller atau dikurir itu biar urusan market place…

      2
      1
  • 4 Juni 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Saya rasa tokped sudah baik dlm perlindungan konsumennya, dlm kasus ini jelas tergantung gmn buyer n sellernya, argumen buyer jg bisa dipakai alasan seller

    1
    1
  • 4 Juni 2023 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Bilang ke team tokpednya barang tidak sesuai dengan yg di foto produk, foto 1/5 & 3/5 kebetulan keliatan poninya. Jadi dengan kata lain, barang yg berbeda dengan yang diterima.
    Kalau video unboxing sampai unit dinyalakan harusnya aman.

  • 4 Juni 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Ikhlas kan. Ga akan balik dana nya. Buat pengalaman aja. Blm pengalaman kan beli hp seken di toko ijo.

  • 4 Juni 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Itulah penting nya riset untuk edukasi, agar bisa membedakan OS.
    OS Iphone, sama OS android itu beda. Meskipun di skin sama, tapi tetap beda dipengaturan

    1
    1
  • 4 Juni 2023 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Video Unboxing nggak ada? Susah investigasinya kalau tidak ada video dari awal terima barang

  • 5 Juni 2023 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Berita ko isinya GAK JELAS, DI POSTINGAN TERTULIS IPHONE 11 PROMAX, TAPI SAAT VIDEO IPHONE 14 PROMAX, HARUSNYA SAAT AWAL VIDEO UNBOXING SAAT AWAL TERIMA DAN SAAT PENGOPRASIAN DI PERLIHATKAN, DARI SINI EMANG JELAS SIH KELIHATAN BANGET SI PEMBELI EMANG NIAT MAU NIPU..

    HARUSNYA KALAU EMANG PAHAM IPHONE TINGGAL COLOK AJA ITUNES, DISITU AKAN KEDETECK ASLI ATAU GAKNYA

    KEDUA TINGGAL BUKA APSTORE, PAS SAAT MUNCUL DI PLAY STORE apa APSTORE

    dan HARUSNYA PAHAM DONG MASALAH JARINGAN INTERNASIONAL JUGA, alias BARANG LUAR

  • 5 Juni 2023 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Beli Promax 11, yang dateng ada dynamic island nya yg harusnya cuma ada di 14 Promax. Harusnya dari sini udah curiga. Bahkan harusnya dari harganya yang super miring aja udah curiga sih ini tipu2. Semoga kembali uangnya ya. Jadi pelajaran juga buat TS jangan terlalu naif ke depannya.

  • 5 Juni 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Itu video yg di YouTube yg kamu sebut sebagai unboxing? Atau ada video lain dari sebelum buka paket?
    Kalo video cuma yg kayak diupload di YouTube itu mah bukan unboxing.

    Beli barang mahal kok cuma begitu doang rekamannya.
    Udah gitu kelihatan banget gk paham ttg iPhone, tapi kenapa berani banget beli secara online.

    • 5 Juni 2023 - (15:38 WIB)
      Permalink

      Kalo bukti seperti itu jelas klah pembeli, kalo sy baca deskripsi produk banyak minesnya tp tetep dibeli agak janggal juga,, kalo penjual niat nipu biasanya tidak ditulis minesnya hanya yang bagus aja itu pengalaman sy beli hp seken

  • 6 Juni 2023 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Saran gw aja sih, ada 2 kemungkinan seller yang kirim barang hdc, saat upload video pengemasan dan sebelum dikirim ke kurir ada jeda bisa jadi ditukar barangnya, kedua pembeli yang nipu dengan hp hdc nya karena video unboxnya tidak sampai iphonenya menyala, kalau seller bisa minta buyer tunjukin video unboxing sampai nyala, harusnya buyer juga bisa minta seller tunjukin video paket yang sama dikirim ke kurir dan di label di sana. Kalau dua dua ngga bisa tunjukin ya saran saya jika asuransi tokped, tokped yang tanggung jawab entah diganti full atau bagaimana.

    • 6 Juni 2023 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Mana ada bro seller yg buat video sampe dikirim ke agen,, kalo kiriman 1 karung jd brp GB tuh.. Wkwkk..
      Sebenernya simpel kalo pembeli smart unbox terus kasih liat imei tinggal cocokin sama imei yg dikirim seller.

      2
      1
  • 9 Juni 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Inilah kenapa, tidak disarankan beli hp bekas di online terutama iphone bekas kecuali offline. Jika offline, kamu bisa cek langsung. selalu berhati2 beli hp yg dibawah harga pasaran, karena 100% itu penipuan. Semoga cepat diselesaikan masalahnya.

  • 12 Juni 2023 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Yg nulis kemana yah? Kelanjutannya gimana? Unboxing nya juga aneh, kaga dr awal, tp udah hp nya.
    Jelas dr kata unboxing itu berarti buka paket, dimana paket yg datang kita buka

  • 13 Juni 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih tim Tokopedia melindungi pelanggannya dan masih yang teraman. Dan kasusu ini juga jadi pelajaran buat saya kedepannya, karena 10 tahun lebih menggunakan Tokopedia dan tidak pernah ditipu dalam pembelian elektronik dan HP saya jadi dilengah, dan memang saya agak awam dan tidak tahu sampai dimana saya harus unboxing HP. Alhamdulillah saya membeli HP dan elektroni tidak pernah kecewa di Tokopedia. Terimakasih atas usahanya Tim Tokopedia Care

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan T…

oleh Wiwi dibaca dalam: 2 menit
94