iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan Tokopedia kepada Pelanggannya?

Saya pelanggan Tokopedia sudah lebih dari 10 tahun, dan sudah beberapa tahun saya pelanggan platinum Tokopedia. Namun baru-baru ini saya dikecewakan, dengan tidak adanya perlindungan kepada pelanggan setia Tokopedia. Selama 10 tahun, ini kasus pertama saya ditipu di Tokopedia.

Pada tanggal 12 Mei 2023, saya membeli iPhone 11 Pro Max di Tokopedia. Saya tertarik dengan HP-nya, karena iklan yang ditayangkan sudah sangat lengkap, menerangkan beberapa minus hp-nya dengan sangat jelas. Hal tersebut yang meyakinkan saya, alasan mengapa iPhone tersebut bisa di bawah harga pasaran.

Pada tanggal 17 Mei 2023, saya terima paketnya. Saya unboxing paketnya, tampilan sudah sangat sesuai dengan iPhone Pro Max 11 dan mulus, mesin hidup dengan baik. Saya hentikan video unboxing saya, karena saya anggap sudah oke dan untuk memeriksa keseluruhannya membutuhkan waktu berjam-jam, tidak mungkin saya videokan terus, penuh memori saya.

Saya langsung memindahkan beberapa aplikasi saya. IPhone sudah terasa panas (saya sudah mulai curiga). Saya masukkan email saya ke iPhone, muncul notifikasi konfirmasi Google, bahwa device yang dimasukkan adalah Android 8. Saya sudah curiga. Namun saya beranggapan terkadang Google salah mendeteksi perangkat dan wilayah.

Setelah saya memindahkan beberapa aplikasi, kecepatan hp sudah mulai lambat. Saya baru mengecek spesifikasi, ternyata spesifikasi sangat berbeda dan sangat tinggi (Pro Max 14, memory 512, IOS update 16.4). Saya periksa Apple Store iPhone saya berisi 15 aplikasi, facetime tidak bisa digunakan (hanya logonya saja, tapi tidak berfungsi). Barulah saya yakin kalo ihPone saya memang fake.

Saya komplain ke Tokopedia, penjual dapat menunjukkan video pakingnya, dan sudah ditanyakan ke ekspedisi, ternyata tidak ada proses repacking. Saya yakin juga tidak ada proses repacking, karena penjual mengatakan ada pattern kuning di bubble wrap yang menandakan tidak ada proses repacking. Akhirnya sudah hampir 2 minggu keterangan pada Tokopedia Care menyatakan masih dalam proses investigasi oleh pihak kurir.

Saya meminta di sini agar pihak Tokopedia:

  1. Melihat track record penjual dan pembeli selain bukti packing tersebut. Karena untuk memeriksa iPhone second, pembeli memerlukan waktu, supaya pembeli tidak asal menuduh. Ada kemungkinan penjual membuat 2 paket yang sama, dan yang dikirimkan kepada pembeli yang fake. Karena video terputus dari proses packing ke proses pengiriman JNE, jadi ada celah penjual memberikan iPhone yang fake.
  2. Seharusnya tim mediasi juga seharusnya melindungi pelanggan setia dengan mempertimbangkan melihat rekam jejak secara mendalam. Karena rekam jejak dinilai secara bertahun-tahun, sedangkan video packing dibuat kurang dari satu jam, dan tidak susah untuk penjual mengondisikan membuat dua paket yang sama dengan isi yang berbeda.

Saya mengakui memang ada kelengahan, karena tidak memvideokan semua pemeriksaan pada hp (karena memori saya penuh dan pasti sangat panjang). Orang yang menipu pastilah pandai mencari kelengahan yang ditipunya. Saya mohon Tokopedia memasukkan unsur track record dalam penelusuran masalahnya. Agar kelengahan pelanggan setia tidak dijadikan senjata untuk yang menipu.

Semoga Tokopedia tetap selalu pada komitmennya menjadi toko online yang terpercaya.

Widowati
Simeulue, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan Tokopedia kepada Pelanggannya?

  • 3 Juni 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    semoga pihak yang zalim mendapat ganjaran setimpal. hidup sekali makanlah sesuatu dan carilah rezeki yang halal barokah, kecuali pihak itu tidak percaya Tuhan dan karma.

    54
    3
    • 3 Juni 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Kasihan mau murah tapi salah. Makanya kalo beli tanya yang sudah berpengalaman, katanya udah 10 tahun, beli HP bekas via online, dah gitu barang mahal jauh dibawah harga pasar. Dari situ harusnya sudah curiga.
      Pengalaman pelajaran yang paling berharga, seharga iphone 11 pro max.

      20
      9
      • 4 Juni 2023 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Wah, hebat juga ga ada playstorenya jd sekilas mirip. Beli iphone 11 malah dpt 14 tp KW.
        Iphone second memang lbh baik offline aja, kalo saya biasanya baru dan harus official baru beli online.
        Semoga lekas dpt tanggapan, tokonya jg kalo bisa di capture biar ga ada yg ketipu lg.

    • 5 Juni 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Saya sarankan, klo mau beli Iphone beli di iBox.

      Jika dikotamu gak ada toko resmi, ya travel kesana.

  • 3 Juni 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Kok msh aja percaya dgn deskripsi seller di produk jualannya, apalagi ini iphone, bekas inter lg.

    12
    3
    • 3 Juni 2023 - (17:48 WIB)
      Permalink

      hentikan jangan membeli online lagi, khusus barang barang mahal, toped itu banyak sekali kelemahannya, jangan percaya pada penilaian buyer dan star yg didapat toko, itu bisa saja ulasan buyer fiktif , transaksi dilakukan oleh teman teman seler sendiri dengan alamat berbeda. saya udah pernah kena sekali beli iphone, saya lapor polisi akhirnya uang saya dikembalikan seller, dan barangnya gk diambil dipolda. saat saya minta alamat untuk saya kembalikan seller tidak mau kasih alamat. takut mungkin, yg kedua saya pernah tertipu beli susu whey protein fitnes harga 1,2jt isinya ternyata oplosan” bikinan dia sendiri dirumah , malah susu coklat dipasar yg dia campur dgn gula dan kuning telur. banyak sekali penipuan produk di toped. maklum jualan gratis disana dan penjual tidak diverikasi usahanya,

      14
      5
        • 3 Juni 2023 - (20:21 WIB)
          Permalink

          HP IPHONE SISTEM OPERASI ANDROID?? BUKAN IOS?? UDH FIX KLO SISTEM OS BRRTI YG DIJUAL IP HDC… BE A SMART BUYER

          • 4 Juni 2023 - (11:45 WIB)
            Permalink

            Siapa bilang? Saya jualan di tokped gak pernah gratis 100 pesanan pertama

            1
            3
          • 4 Juni 2023 - (18:32 WIB)
            Permalink

            Makanya cari info terbaru. Saya kemarin jual stylus pen mi pad 5 gratis. Itu emang benefit seller baru, untuk 100x penjualan pertama tidak dikenakan persen. Sebelum menyalahkan, coba dicari dulu informasinya.

  • 3 Juni 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Maap sy aga bingung. Awal bilang ip 11promax. Dutengah2 bilang speknya ip 1p 14 promax. Lalu komplain indikasi ini android. Serius gak paham yaa sy bukn membela siapa2. Sbnrnya ip cepet panas itu udh hal umum dr iphone. Bukan berarti palsu. Cuma utk membedakan ip & android itu sangat mudah. Dr hal simple. Imessage nya. Tampilan WA nya. App store nya. Itu gak akan bisa di kadalin sama android. Jd dgn cek 3 aps itu aja kita udh bisa langsung tau itu iphone/android.

    8
    24
  • 3 Juni 2023 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Hp yg biasa dijual buat menipu orang awam dengan menggunakan merk yg mirip mirip
    iPhone 14 jadi i14 pro max
    Samsung jadi S23
    Harusnya menang si kalo penjual ga bisa nunjukin bukti kalo yg dikirim iphone

    • 5 Juni 2023 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Nunjukin bukti video yang dipacking benar iphone asli, yg dikirim ke kirir yg palsu suapa yg tahu???

  • 3 Juni 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kayak nya sudah pernah baca beberapa di mediakonsumen kalau iphone harga miring selalu bermasalah. Jadilah pembeli yang smart jaman sekarang hmmm.

    • 4 Juni 2023 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Kebiasaan netizen indo om, klau liat barang agak miring dkit, lupa akan resiko. Barang semahal itu knp g beli d official store aja.

  • 3 Juni 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Memang bukan iphone itu kalau ada playstore, semoga mbaknya bisa beli iphone baru jangan beli iphone bekas lagi, saya sudah kapok beli iphone bekas, dari pada beli iPhone bekas lebih baik beli android baru, aman hati tenang karena ada garansi resmi

    16
    • 3 Juni 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      mungkin pembeli masih awam dengan brand buah buahan kegigit.
      jadinya , masih bingung ngebedain yang asli dan yang tiruan.
      padahal dari genggaman awal saja sudah bisa dibedakan.
      Dan mungkin juga gak tau , kalau yang seri 11 masih pake poni , bukan yang lonjong ditengah.
      dan kalau brand buah kegigit gak ada toko bermain , yang ada di brand buah kegigit adanya toko app.
      dan masih banyak perbedaan perbedaan yang lain.

      misal untuk brand buah ada buah kegigit user id.

      tolong sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan dahulu.

      jika msih ragu , bisa tanya yang ahlinya saja

      9
      5
  • 3 Juni 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Cek imei dari penjual dan saat diterima pembeli bisa gak ya dipakai buat patokan bener gak nya?

  • 3 Juni 2023 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Itu beli iPhone 11 pro max kok video unboxing iPhone 14 pro yg ada dinamic island nya saya heran yg repacking pembeli nya atau seller power merchant nya

  • 3 Juni 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Mau gengsi tp malah apes, 10 th tokopedia ga ngaruh mau lu seumur hidup member tokopedia,

    Ya mudah2an cepet selesai

    10
    7
    • 3 Juni 2023 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Ngaruh lah bang…saya dulu pernah cumA ada lecet(dekok bahasa jawanya) dikit dibelakang hp oppo f9 biarpun ketahuan nya setelah teman pinjam..

      Tapi sama tokopedia pihak penjual disuruh mengganti atau toko dibekukan.. apa gunanya Rekam jejak baik member klo nggk berguna…

  • 3 Juni 2023 - (12:49 WIB)
    Permalink

    iPhone 14 Pro Max
    Purchase Date: September 2022
    Serial Number: CRWR231FCX
    Your Coverage
    Limited Warranty
    Expires: September 18, 2023

    Ini iphone masih tergolong baru bedasar SN.
    Knp dijudulnya iphone 11? 🙄

  • 3 Juni 2023 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Cek aja imei kalo yg dikirim penjual dan yang diterima imei sama ya berarti itu barangnya seler

    • 3 Juni 2023 - (14:17 WIB)
      Permalink

      Lucu pengguna sudah 10 Tahun tapi masih gaptek hadeh.
      Namanya iPhone itu tak pakai System Google apa lagi Android pastinya Tak ada Play store .
      Kena tipu sama penjual yang disalahkan Tokopedia heran 🥴.
      #SmartBuyer!

      8
      3
  • 3 Juni 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Beli iphone 11 pro max Berani banget gak pake asuransi pas cek out. Dari situ mbanya gak curiga kah senilai 6jt gk ada asuransi. JNE klo pake asuransi pasti hapenya di crosscek. Saya soalnya penjual hp di Tokopedia. Terus gak liat rating penjual juga kayaknya . Terus ternyata Terima i14 pro max hp China yg ram cuma 512MB..lebih baik retur mba segera. Telp cs pusat Tokopedia. JNE jg gak bakal tanggung jawab seriusan dah. Itu gk ada insurance.

    11
    1
  • 3 Juni 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Entah siapa yang salah kutak tahu.
    Mau heran tapi warga Aceh.
    Smart buyer dong cuman tergiur harga murah dan mentingin gengsi jdilh kek gini bikin repot Tokopedia saja.

    4
    4
    • 3 Juni 2023 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Kalo beli 11 Pro max harusnya curiga dr awal dong tampilan awal hp yg poninya model tompel,bukan poni biasa ala iPhone.Entah TS nya salah ketik atau kurang ngerti produk series iPhone.Padahal iklannya juga muncul dimana-mana.

      • 4 Juni 2023 - (04:01 WIB)
        Permalink

        Udah tau barang bekas yg di beli, terus ngeceknya sekedar, dari harga saja sudah tau itu kucing dalam karung, terus anda mau marah2 ke tokped dengan alasan 10 tahun jadi pelanggan, belajar lagi pak, baca2 review di youtube, baca2 di google, cek barang palsu baru anda belanja hp via online, kalau mau beli bekas belilah offline biar bisa pulangin ke tokonya, sedang barang baru saja banyak masalah ini barang bekas.

  • 3 Juni 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Makin ke sini belanja online makin banyak masalah, makanya utk barang yg harganya jutaan lebih aman kembali lagi ke cara tradisional, datang langsung ke tokonya

    6
    1
    • 3 Juni 2023 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Ya gk jg. Saya beli online utk dijual lg di offine gk pernah mslh di toped ya. Padahal itu semua saya beli tanpa unboxing krn mau dijual lg, ada sampai transaksi 800 juta per bulan. Klo mmg transaksi online yg harus lebih pintar mendeteksi barang, liat reputasi, liat ulasan, klo bisa bukan hanya ulasan 1 produk yg akan dibeli tp di produk lain. Lihat kolom diskusi.
      Beli online mah byk benefitnya, terutama cashback. Gue jual offline produk dgn harga yg sama aja msh cuan de cashback..

      3
      6
  • 3 Juni 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Katanya beli iPhone 11 pro tp bentuknya ke 14 pro. Mmg ketika pertama liat bentuknya gk tanyain kok beda sm deskripsi? Atau mmg mrsa cuan krn seller salah kirim barang dgn spesifikasi lbh tinggi? Eh pas ternyata ada kendala macam2 langsung mrsa dibohongi? Atau mmg anda gk tau yg anda beli? Sangat aneh.

    0
    0
  • 3 Juni 2023 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Hahahaha…stop sudah kau pakai smartphone…nggak cocok, kau tidak smart. Sini kubelikan hp pejetan aja.

    1
    3
  • 3 Juni 2023 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Kalo lihat dari screenshot nya TS, berarti si Seller salah kirim tu… malah ngirim Tipe spek yang lebih tinggi. Jadi bukan atau belum tentu Palsu.
    Box nya bener Tipe 11 (lihat dari video) tapi isinya Tipe 14. Kayaknya seperti itu…
    OS nya juga bukan Android.
    Bagusnya, pihak Toko baca Thread ini dan bisa kasi penjelasan juga, biar jadi jelas tuduhan Palsu ini. Toko ini lumayan bagus level rating dan Reputasi nya (badge Gold 1 dengan level rating 4,9)

    1
    10
      • 4 Juni 2023 - (07:28 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah belum bang. Semoga selalu dilindungi oleh Nya.
        Cuma mau tanya (mungkin bisa bantu jawab), apa bisa pabrik HP (misal HGC, ADC, atau apalah) membuat Iphone palsu dengan S/N atau IMEI yang sama dengan asli nya dan berhasil konek ke jaringan seluler. Untuk yang ini saya bener2 belum tau, kalau bisa… ngeri banget..

        • 4 Juni 2023 - (16:42 WIB)
          Permalink

          Ya bisalah bg, android itu kan open source yg bisa dikustomisasi penampilannya, semirip hape yg diinginkan, kalau kode2 tinggal liat kode yg asli trus masukin deh..

          • 4 Juni 2023 - (18:40 WIB)
            Permalink

            Ya betul, mirip banget.
            Oleh karena itu, untuk memastikan Palsu atau Asli, baiknya TS test dulu OS nya.
            Install aja aplikasi utility (misalnya: AnTuTu Benchmark atau Apk lain yang dibuat oleh
            developer lain) supaya bisa keliatan OS di dalamnya Android atau IOS.

      • 4 Juni 2023 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Thanks bang @dexrevolt untuk infonya. Dari mana bang taunya Android? Dari videonya, saya nggak bisa lihat bahwa itu Android. Mungkin saya nya ada yang kelewatan atau nggak tahu tanda2 Android nya.

        • 6 Juni 2023 - (01:52 WIB)
          Permalink

          Paling gampangnya, perhatikan penggunaan bahasanya. Di video yg TS sediakan saja terlihat bahwa bahasa yg digunakan di hp-nya tidak konsisten alias campur aduk (Bahasa Indonesia sama English sekaligus).
          Perhatikan juga penggunaan font beserta layouting-nya, tidak konsisten dan tidak rapi.
          Apple tidak mungkin melakukan kesalahan sesepele itu.

  • 3 Juni 2023 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin buat TS. Padahal harga tambah sedikit dapat iphone 11 baru dari Digimap official store di Shopee 😁. Be smart buyer lah.

  • 4 Juni 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Buyernya yg salah. Kurang teliti. Lagian duit segitu ngapa juga beli iphone bekas. Beli android baru mantan flagship tinggal nambah dikit kalau mau ngerasain kelas atas. Seri2 midrange saja sudah sangat cukup jadi gx sayang duitnya. Malah beli iphone bekas dan gx teliti lagi. Kena genjutsu seller HDC.

  • 4 Juni 2023 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Dari awal lihat gua udh tau itu bukan Iphone 11 Pro Max. Kaga ada cerita iphone seri 11 punya fitur dynamic island.

    Cara cek iphone authentic itu ke PC atau laptop. Konekin ke itunes. Itu udh cara paling bener 100% valid.

    • 5 Juni 2023 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Justru menurut saya sih gak perlu cek ke itunes klo udh benar-benar research produk aslinya. Kan di internet banyak. Kita juga bisa cek harga pasarannya supaya tidak beli yang harganya miring. Kita juga bisa coba produk aslinya di store resmi supaya tahu lebih detail tentang produk yang dibeli.

      • 5 Juni 2023 - (04:26 WIB)
        Permalink

        Justru yang paling simpel itu via ITUNES atau 3utools, dan yang jadi permasalahanya si pembelinya kayanya user baru pegang iphone pertama kali atau GAPTEK lah

      • 6 Juni 2023 - (11:35 WIB)
        Permalink

        @Edwin gua liatnya tampilan dynamic island nya sih. Ngga ada fitur itu di iphone series 11. Sudah pasti itu cuma launcher ala2 iphone bikinan vendor android nya.

  • 4 Juni 2023 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Saya cek serial numbernya sih beneran iPhone 14 Pro Max, tapi ada yg janggal, kenapa limited warranty di situs apple dan di iphone nya berbeda? Di iphone nya limited warranty Expires: 20 Maret 2024, sedangkan di situs apple nya Expires: 18 September 2023, koq bisa beda ya? Intinya pastikan dulu coba beberapa aplikasi khusus iphone yg tidak ada di android, seperti Siri, iTunes, Safari dll. jika semuanya berjalan normal hampir bisa dipastikan itu iphone original, karena aplikasi tersebut tidak akan berjalan di OS Android, hanya bisa jalan di iOS, entahlah, banyak kejanggalannya, belinya kan iPhone 11 pro max tapi yg dikirim malah iPhone 14 Pro Max, terus klo beneran yg dikirim iPhone 14 Pro Max original koq bisa harganya murah banget, cuma 6 juta sekian hampir 7jt an, kan aneh.

    • 4 Juni 2023 - (07:47 WIB)
      Permalink

      komplain kok bawa² pelanggan tertua, Tokopedia kagak mau tahu lu pelanggan dari masa fir’aun atau bukan yang terpenting kalau komplain harus menyertakan video unboxing lengkap dengan cek fitur tanpa terputus.

      Mau aman lagi beli nya di konter.

    • 4 Juni 2023 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Menurut saya, Seller nya salah kirim. Isinya iPhone 14 sedangkan yang mau dijual sesuai box nya tipe 11. Kalo liat di videonya, ada App store bukan Play Store.

      Tuduhan Barang Palsu dari TS ini hanya berdasarkan Notifikasi info dari security login Google dan keluhan hardware yang bisa jadi karena memang kondisi HP second seperti cepat panas, ruang storage besar tapi sisa nya tinggal dikit padahal menurut TS aplikasi yang terinstall sedikit (sepertinya hanya masalah cache saja), sedangkan chipset HP berisi S/N yang menunjukkan produk Apple. Argumentasi tuduhannya sangat minim.

      • 4 Juni 2023 - (18:10 WIB)
        Permalink

        Kesalahannya tidak mempelajari produk yang ingin dibeli sebelum check out. Padahal hari gini banyak bertebaran di youtube kalo niat mau aman.
        Beli produk elektronik apalagi second dan dari seller biasa itu kudu ekstra hati-hati. Banyak penjual yang jujur, namun yang tidak jujur juga banyak dan licik karena niatnya sedari awal memang menipu

        • 5 Juni 2023 - (10:54 WIB)
          Permalink

          Itu video yg di YouTube yg kamu sebut sebagai unboxing? Atau ada video lain dari sebelum buka paket?
          Kalo video cuma yg kayak diupload di YouTube itu mah bukan unboxing.

          Beli barang mahal kok cuma begitu doang rekamannya.
          Udah gitu kelihatan banget gk paham ttg iPhone, tapi kenapa berani banget beli secara online.

          • 5 Juni 2023 - (10:56 WIB)
            Permalink

            Mohon maaf, saya kayaknya salah pilih kolom komentar.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

iPhone yang Diterima Ternyata Palsu, Bagaimana Komitmen Perlindungan T…

oleh Wiwi dibaca dalam: 2 menit
94