Perubahan Nomor Telepon di Shopee Sangat Sulit

Perubahan nomor telepon di marketplace Shopee amat sangat melelahkan dan sangat sulit sekali. Saya sebagai penjual (seller) sangat kecewa dengan sistem marketplace ini dan juga customer service-nya. Per tanggal 17 Mei 2023, saya mengajukan perubahan nomor telepon via CS Shopee dan diminta mengisi dan meng-upload syarat yang diberikan, yaitu: Nama, No HP Lama, No HP Baru, Foto KTP, Foto Selfie dengan KTP. Semuanya sudah saya kirim via CS Shopee di live chat.

Tidak lama kemudian saya dapat email bahwa nomor yang saya mau daftarkan sudah tertaut dengan akun Shopee lain. Setelah itu saya kirim nomor handphone terbaru, akan tetapi saya mendapatkan email kembali bahwa identitas yang saya kirim tidak sesuai pada akun. Loh kok bisa? Padahal itu akun saya sendiri dari pertama kali buat. Setelah itu saya menghubungi kembali ke CS Shopee untuk meminta kembali mengubah nomor handphone terbaru dan mengirimkan dokumen yang diminta oleh Shopee.

Singkat cerita saya mendapatkan email terbaru balasan dari Shopee dan Shopee meminta untuk mengirimkan buku rekening dan saya langsung kirimkan sesuai atas nama saya.

Setelah mengirimkan dokumen data-data yang dimintai oleh Pihak Shopee, saya menunggu pada email terbaru selanjutnya dari Shopee. Kemudian saya mendapatkan balasan dari Shopee bahwa “Akun Shopee kamu tidak dapat dipenuhi karena kami mendeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun kamu”. Padahal jelas-jelas itu adalah akun saya sendiri dari pertama kali buat dan untuk profilnya adalah kepemilikan atas nama saya sendiri beserta tanggal lahirnya.

Alasan saya mengganti nomor telepon, dikarenakan di akun saya sekarang nomor yang terdaftar bukan milik saya dan saya juga tidak pernah sama sekali mengganti nomor tersebut. Padahal sebelumnya email sudah terverifikasi, nomor HP sudah terverifikasi, tapi sekarang semua tidak ada yang terverifikasi. Entah ada kebocoran data di Shopee sehingga nomor hp berganti ke nomor yang terbaru dan itu bukan saya yang melakukannya.

Ganti nomor saja susahnya minta ampun. Padahal data saya lengkap, saya pemilik asli akun tersebut. Asli kecewa sama sistem ini Shopee, nyusahin kelihatan bobroknya.

Rizky Ramadhan
Pandeglang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Perubahan Nomor Telepon di Shopee Sangat Sulit

  • 10 Juni 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Memang mesti sulit, menghindari penipuan.
    Sulit gini aja banyak penipuan, apalagi mudah.

    • 10 Juni 2023 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Iya saya setuju jawaban dari kakaknya. Tapi ini masalahnya akun saya sendiri dari pertama pembuatan dan ada bukti history dari email juga, maasa iyah sesulit itu?

  • 10 Juni 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Trus kak, awal pembuatan akun shoppeenya pakai nomor hp siapa ? kalau memang terjadi perubahan nomor hp, seharusnya ada email pemberitahuan kan ?

  • 10 Juni 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    “Alasan mengganti nomor telepon, dikarenakan di akun saya sekarang nomor yang terdaftar bukan milik saya dan saya juga tidak pernah sama sekali mengganti nomor tersebut”
    Loh kok bisa nomor diganti sama siapa korban hack ?

  • 10 Juni 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Asal masih punya nomer lama dan aktif, ya tinggal ganti saja lewat aplikasi, selesai. Tp jika nomer lama bukan milik anda ya tidak bisa, itu namanya anda mau “begal” akun orang lain. 😀 anda ngotot itu akun anda sendiri, bisa beberkan bukti buktinya, tp kenapa nomer hp nya nomer orang lain, itu bisa jadi hasil “maling” akun orang lain. 😀 kl shopee jadi mengganti nomer anda malah bisa dipidanakan itu.

    • 11 Juni 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      SHOP** pastinya punya data lengkap seller-sellernya… Sebenarnya untuk ganti nomer hp itu mudah. Jika emang bener si penulis ini adalah sipemilik akun, maka patut dicurigai system SHOP** emang bermasalah!!!

  • 10 Juni 2023 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Saya baru ganti nomor kemarin setelah puluhan email balas2an, sy ganti nomor karna saya cuman numpang buat akun dgn nama anak saya, nyari promo awal2 shopee berdiri, cuman kmrn ada retur barang jadinya duit saya ngak bisa di refund ke nomor rekening, yg nomor hp nya saya sudah lupa karna sudah berkali2 ganti. Memang susahnya minta ampun, dan agen shopee yg balas kayak ngak paham masalahnya, masa akun anak sy di suruh minta ktp padahal dia masih 8 tahun. Dll, untung saja sudah selesai setelah curahan emosi dan marah2 karna kesal agennya ngk paham2

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Perubahan Nomor Telepon di Shopee Sangat Sulit

oleh Rizky dibaca dalam: 1 menit
8