Permintaan Migrasi Paket Indihome Tidak Dapat Diproses

Sebelumnya saya sempat membuat surat terbuka terkait kendala pengajuan PSB yang tidak dapat diproses dikarenakan alasan perbedaan segmen. Surat terbuka saya tersebut kemudian ditanggapi oleh Telkom Witel Sulselbar dan mendapatkan penawaran yang sesuai.

Sehingga untuk saat ini sekolah saya memiliki dua layanan aktif, nomor 172803220772 (Paket 2P HSI gamer 50 Mbps) dengan biaya berlangganan Rp 545.000 dan nomor 172803223317 (Paket JITU 1 1P 50 Mbps) dengan biaya berlangganan Rp 350.000. Kedua biaya tersebut diluar PPN 11%.

Dengan adanya pemasangan baru (PSB) maka kami harus melakukan penyesuaian untuk paket yang sudah ada, dikarenakan harga berlangganan paket lama cukup besar dan kami pun sebenarnya untuk saat ini tidak lagi membutuhkannya, maka kami pertimbangkan dua opsi; yakni downgrade ke paket HSI Gamer 30 Mbps atau migrasi ke paket reguler (Paket JITU 1 1P) 50 Mbps. Pada akhirnya berdasarkan diskusi dengan atasan, kami memutuskan memilih migrasi ke paket reguler.

Saya kemudian coba menghubungi @IndiHomeCare melalui Twitter, namun menurut admin layanan saya saat ini masuk dalam kategori bisnis maka oleh admin @IndiHomeCare saya dirahkan untuk melakukan kontak admin @Smart_Bisnis.

Admin @Smart_Bisnis menjelaskan bahwa untuk dapat melakukan migrasi paket, maka terlebih dahulu dipersyaratkan untuk melakukan permohonan penghapusan layanan telepon.

Pada tanggal 5 Juni 2023, saya membuat pengajuan penghapusan layanan telepon lalu mengirimkannya beserta dokumen pendukung lewat email dan pada hari itu juga permohonan saya disetujui, sayapun kembali bertanya tentang proses migrasi paket internet.

Bahwa saya ingin melakukan migrasi layanan 172803220772 (existing) dari 2P HSI gamer 50 Mbps ke paket reguler Paket JITU 1 1P 50 Mbps yang sama dengan paket 172803223317 dengan biaya berlangganan sebesar 350.000 di luar PPN 11%. Sehingga nantinya kami memiliki 2 paket aktif yang sama dan dengan biaya berlangganan bulanan yang sama pula.

Namun disayangkan, agen merespon bahwa 172803220772 tidak dapat dimigrasikan ke paket yang sama dengan 172803223317, dikarenakan paket tersebut hanya untuk PSB saja.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, pada nomor pelanggan 172803220772 tidak dapat dimigrasikan di paket JITU karena di nomor pelanggan tersebut terdaftar di paket Internet HSI Gamer Speed 50 Mbps. Untuk paket JITU di peruntukan untuk pemasangan baru layanan internet. Demikian respon agen lewat email.

Atas jawaban tersebut, saya merasa keberatan karena saya memang sudah tidak lagi membutuhkan paket HSI Gamer dan tentunya terkait persoalan biaya berlangganan bulanan.

Saya merasa kebijakan ini aneh, dimana biaya berlangganan/pelanggan baru lebih rendah dibanding biaya langganan lama. Hal ini tentunya merugikan pelanggan loyal yang telah lama menggunakan layanan IndiHome.

Namun saya tidak terlalu heran dengan kebijakan ini, toh persoalan ini juga banyak dikeluhkan sebagaimana diceritakan oleh banyak pengguna Media Konsumen baik di konten surat terbuka maupun di kolom komentar.

Sebagaimana kejadian yang dialami Ibu Lala

Demikian juga yang dialami Pak Bobby Handoyo

Serta cerita beberapa pengguna di kolom komentar yang kecewa dengan kebijakan tersebut.

Akhirnya banyak pengguna memilih berhenti berlangganan dengan paket harga lama dan kemudian melakukan pemasangan baru untuk mendapatkan biaya berlangganan yang baru. Hai Telkom, apakah perlu saya melakukan hal serupa untuk bisa mendapatkan biaya berlangganan baru?

Sayapun sebenarnya merasa ribet jika harus melakukan hal tersebut, namun jika Telkom melalui surat terbuka ini tetap tidak melakukan migrasi paket ataupun penyesuaian harga, maka sayapun sangat mungkin akan melakukan hal demikian.

Poin keberatan saya lainnya adalah bahwa apa yang disampaikan agen lewat email terkait ketentuan paket JITU yang hanya diperuntukan bagi pelanggan baru. Sayangnya saya tidak menemukan adanya ketentuan tersebut di website www.indihome.co.id, sebagaimana Tanggapan Telkom Regional III Jawa Barat atas Surat Ibu Lala bahwa informasi produk & layanan IndiHome yang valid hanya ada di channel resmi IndiHome yaitu website www.indihome.co.id.

Saat ini pihak Telkom telah menjelaskan bahwa informasi produk & layanan IndiHome yang valid hanya ada di channel resmi IndiHome yaitu website www.indihome.co.id, sehingga apabila terdapat informasi di luar channel resmi IndiHome maka dinyatakan tidak valid. Demikian pernyataan Telkom Regional III Jawa Barat.

Hal ini tentunya berlaku bagi seluruh pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia. Sebagai perusahaan besar maka penggunaan chanel resmi semacam website www.indihome.co.id untuk menyampaikan informasi dan ketentuan berlangganan Adalah suatu harus dilakukan, sehingga kami para pelanggan tidak dibuat pusing oleh penyampaian agen yang kadang justru bertolak belakang.

Demikian keluh kesah saya terkait Permintaan migrasi paket IndiHome, semoga bisa mendapatkan solusi terbaik.

Azhar MZ
Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Telkom atas Keluhan Bapak Azhar

Yth. Bpk. Azhar MZ Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan Menanggapi keluhan bapak melalui Media Konsumen yang dimuat pada tanggal 15 Juni...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Permintaan Migrasi Paket Indihome Tidak Dapat Diproses

  • 15 Juni 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Jujurly kalo mau downgrade langsung saja datang ke Plaza Telkom tempat domisili Anda berlangganan.. Datang ke Plaza Telkom bilang mau ke CS mau ada keperluan yang mau disampaikan — jangan langsung bilang downgrade ke Satpam yang bukain pintu, PERCAYALAH..

    Nanti di CS Anda disuruh ngisi form downgrade layanan — form nya sejenis kontrak berlangganan, saya lupa nama form nya.. Setelah isi, nanti dibuatkan tiket pelaporan.. Tunggu beberapa hari nanti otomatis diubah paket internet nya / cek apps myIndihome..

    Jangan downgrade via medsos / telepon — selain ngabisin waktu / pulsa, proses nya bak aji mumpung bisa diterima / ditolak / malahan diduga tydack diproses / dipersyulit..

  • 15 Juni 2023 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Solusi mudah ya cabut dan pasang baru. Datamg langsung ke telkom. Tdk bs di downgrade karena itu khusus psb ya sudah tdk usah maksa, suka2 yg jual. Tp bisa diakali ya itu dgn cabut dan pasang baru. Selesai.

    • 16 Juni 2023 - (13:58 WIB)
      Permalink

      Sayangnya Anda keliru. Barusan CS Telkom lewat nomor 1500250 dengan suara terbata-bata meminta maaf karena telah memberikan informasi keliru. ybs mengklarifikasi bahwa paket JITU bukan untuk PSB semata, namun berlaku untuk migrasi paket juga.

      Dan berjanji mengupayakan migrasi ke paket JITU 50 Mbps hari ini juga. Dan saya bilang Ya.

      • 16 Juni 2023 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Jadi CS sudah merespon surat terbuka ini.

        Terima kasih Media Konsumen, kurang dari 24 jam permasalahan saya (hampir) terselesaikan. Terkini permintaan migrasi ke paket Jitu 1P 50 Mbps sudah diproses dengan nomor registrasi SC-531373187. Saya tinggal menunggu konfirmasi berikutnya, status SUKSES MIGRASI.

        • 16 Juni 2023 - (18:28 WIB)
          Permalink

          UPDATE 16 JUNI 2023 Pukul 18.04

          Melalui email, saya menerima konfirmasi dari Telkom bahwa permintaan migrasi saya ke paket Jitu 1P 50 Mbps nya sudah berhasil diproses.

          Permasalahan selesai dalam kurun waktu ±24 jam setelah surat saya tayang di MK

          #CaseClosed
          #ThanksMediaKonsumen

  • 16 Juni 2023 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, ke plasa minta migrasi ke paket jitu 50mbps (dulu harganya masih 365k) seperti biasa ditolak katanya buat pelanggan baru. Paket saya aslinya 50mbps 420k (tidak ada bedanya dengan paket jitu hanya lebih mahal).
    Karena ditolak, langsung saya minta pasang baru ke CS. CSnya bingung, saya bilang katanya harus pasang baru ya saya pasang baru.
    Terus CS ketik2 di komputernya tiba2 bilang bisa migrasi. KTP saya difoto, ketik2 sebentar, terus langsung dapat wa tagihan turun 45k menjadi 375k dengan kecepatan 50mbps.
    Kesimpulan: sebenarnya paket yang tertera di website indihome bisa untuk migrasi hanya CS-nya yang tidak mau memproses.

    • 16 Juni 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Betul, Intinya selaku pelanggan harus cek situs IndiHome.co.id sebagai sumber utama terkait informasi Produk dan khususnya Syarat dan Ketentuan.

      Sebagaimana pernyataan Telkom Regional III Jawa Barat, tanggapan atas Surat Ibu Lala: “bahwa informasi produk & layanan IndiHome yang valid hanya ada di channel resmi IndiHome yaitu website http://www.indihome.co.id, sehingga apabila terdapat informasi di luar channel resmi IndiHome maka dinyatakan tidak valid.”

      Kasusnya Ibu Lala ngak ada lawan. Team Leader sampe buat Surat Pernyataan bahwa harga berlangganan terkini hanya berlaku untuk pelanggan baru sementara pelanggan lama mesti terima dengan harga lama yang lebih mahal.

      Diangkatlah kasusnya di Media Konsumen, dan yang terjadi selanjutnya? keluarlah pernyataan Telkom Regional III Jawa Barat di atas.

      “Informasi VALID hanya ada di website http://www.indihome.co.id, sementara informasi di luar channel resmi IndiHome (yang berseberangan) dinyatakan TIDAK VALID.”

      Menurutku itu tamparan yang sangat keras dari Telkom Regional III Jawa Barat.

      Ya Alhamdulillah berkat adanya Media Konsumen keluhan-keluhan kita bisa ditanggapi lebih cepat dan mendapat solusi sesuai yang diharapkan.

  • 17 Juni 2023 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Untung udah berhenti pake plat merah satu ini, salah satunya ya karena hal ini. Selain ribet, gk ada reward kepada pengguna loyal yg udah puluhan tahun pake. Biaya langganan pengguna lama mahal tp pengguna baru malah murah.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Permintaan Migrasi Paket Indihome Tidak Dapat Diproses

oleh Azhar dibaca dalam: 3 menit
14