Akun Kredivo Di-hack Orang, tapi Harus Tetap Disuruh Membayar Tagihan

Selamat siang,

Pada tanggal 5 Mei 2023, akun Kredivo saya di-hack oleh seseorang. Orang tersebut melakukan pembelian pulsa di aplikasi MyTelkomsel saya dengan jumlah Rp913.545.

Saya sudah melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian dan telah ada laporan polisinya. Saya juga telah melaporkan kejadian ini ke pihak Kredivo melalui email, dan menurut pihak Kredivo akan dilakukan investigasi. Saya disuruh menunggu 5 hari kerja.

Setelah 5 hari kerja, saya menerima email dari pihak Kredivo, bahwa hasil investigasinya menyatakan bahwa saya harus tetap melakukan pembayaran atas transaksi tersebut. Pihak Kredivo berpendapat bahwa saya secara tidak langsung memberikan kode OTP kepada orang lain, padahal sebenarnya saya tidak memberikan kode OTP apa pun kepada orang lain.

Hingga saat ini, tanggal 23 Juni 2023, saya belum melakukan pembayaran atas transaksi tersebut karena memang bukan saya yang melakukannya. Akun saya di-hack oleh orang lain. Namun, pihak Kredivo tetap memaksa saya untuk melakukan pembayaran. Apakah laporan polisi yang saya buat kurang kuat sebagai dokumen pendukung laporan saya? Dokumen apa lagi yang harus saya lengkapi agar Kredivo percaya bahwa transaksi tersebut bukan saya yang melakukannya?

 

Setiap hari, saya terus dihubungi oleh pihak Kredivo melalui WhatsApp untuk melakukan pembayaran. Saya tidak mau melakukan pembayaran karena bukan saya yang melakukannya. Saya meminta agar dengan adanya laporan polisi, semua transaksi saya dihapuskan. Saya merasa dirugikan dalam hal ini.

Retno Wulandari
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Retno Wulandari

Menanggapi surat keluhan yang dikirimkan oleh Ibu Retno Wulandari, yang diunggah pada mediakonsumen.com pada tanggal 24 Juni 2023 dengan judul...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Akun Kredivo Di-hack Orang, tapi Harus Tetap Disuruh Membayar Tagihan

  • 24 Juni 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    OTP tidak selalu didapatkan secara langsung dan sadar. Jika kode OTP diberikan lewat SMS, suatu aplikasi mengandung malware dapat mengintip isi SMS jika anda memberikan ijin aplikasi tersebut untuk mengaksesnya. Untuk melawan sanggahan pihak Kredivo, anda harus bisa membuktikan jika akun dan ponsel anda telah di hack.

    • 24 Juni 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Kena hack berarti itu tanggung jawab anda loh, hati2 gak bayar anda bisa kena pelaporan ke BI.

        • 1 Juli 2023 - (10:29 WIB)
          Permalink

          YANG DIHACK KAN HANDPHONE ANDA BUKAN DALAM HAL INI NOMOR HANDPHONE SEBAGAI PENERIMA OTP BISA DIAKSES ORANG LAIN. MINTA KE OPERATOR PROVIDER KARTU SIM ANDA, MISALNYA TELKOMSEL UNTUK CARI TAHU IMEI DEVICE KETIKA SMS OTP DITERIMA.

  • 24 Juni 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kemarin viral ada wanita yang buat laporan ke polisi katanya suami nya hilang padahal itu kalau tidak salah itu selingkuhannya / suami siri, akhirnya wanita itu ditetapkan tersangka karena membuat laporan palsu

    2
    7
    • 24 Juni 2023 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Pake kronlogi Detail dong…saya juga punya akun kredivo umur 5 tahun…kalo ga aneg aneh aman aja tuh

  • 24 Juni 2023 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Pria yang dilaporkan sebagai suami yang hilang ternyata cuma pacarnya. Dan faktanya wanita ini selingkuh dengan HG, karena dia sudah ada suami sah.

    Kebohongan wanita itu terbongkar bermula saat polisi mengamankan HG, pria yang sebelumnya diklaim sebagai suami dan dilaporkan hilang oleh DT. Namun saat diinterogasi, HG mengaku hanya menjalin hubungan pacaran dengan DT.

    3
    12
  • 24 Juni 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Kalo logikanya kredivo yg dirugikan, dana keluar karena ada satu transaksi, sementara user tidak bisa menjaga account kredivonya dengan bijak. Ada sisi keteledoran juga Laporan kepolisian sifatnya adalah laporan sementara hacking mesti dibuktikan dengan data2 konkret

    3
    2
    • 24 Juni 2023 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Ini keknya penipuan yg memakai nama Telkomsel point’ dah … Krn aku pernah mengalaminya cm aku g tanggapin banyak soalnya aneh aja dia kirim otp bla bla …

  • 24 Juni 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Ini sama dengan yang saya alami juga bulan mei, kalau saya belinya di shopee tetapi memakai paylater kredivo , Bahkan saya baru tahu setelah beberapa hari karena saya sendiri tidak pernah memakai paylater itu sama sekali, saya laporkan berkali kali tetapi pihak kredivo juga tetap memaksa membayar akhirnya saya bayar 1x tetapi bulan selanjutnya tidak saya bayarkan dan saya laporkan ke police cyber, OJK, Afni dan akhirnya pihak kredivo mau menghubungi saya secara langsung
    Jika memang terpaksa membayar saya pun mau tidak mau akan membayar tetapi hanya pokoknya saja tidak bersedia jika ada bunga dan keterlambatan karena itu uang tidak saya pakai sama sekali

    • 25 Juni 2023 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Suami sy jg kena penipuan online smpe 15 jt di kredivo dgn iming2 kartu fisik infinite card. Mengiringi katanya limit pinjaman tsb berpindah ke kartu fisik dan bisa digunakan dimana saja. Waktu sadar, suami sy ngg sampe 1 jam menghubungi kredivo dgn harapan bisa dilakukan pembatalan transaksi. Bbrp kali menelpon TernyTa sia2 kredivo dgn entengnya menjawab hanya sebagai media pembayaran dan hanya memblokir akun setelah laporan transaksi dan berhasil lwt email. Suami sy sdh melapor ke polisi,telp ke kredivo minta keringanan dgn penghapusan bunga sdh. Karena kita sdh mengakui kita salah, kita mau bayar kerugian yg 15 jt tsb dan kalao bisa dicicil. Tetapi ttp aja kredivi kekeh kami harus membayar sesuai dgn cicilan yg di aplikasi yg jika ditotalkan dgn bunga hampir 20 jt. Kejamnya kredivo dgn nasabah yg sdh kena penipuan. Mereka yg bekerja di kredivo apa tdk terketuk hatinya, membantu nasabah 2 yg sdh kena penipuan. Apakah mereka tidak merasa bersalah karena sudah makan bunga uang haram, uang dari keringat kami korban dari penipuan. Semoga Alloh SWT membalas setimpal Hai kalian2 para penipu dan pemakan uang haram dari bunga cicilan kami yg bayarkan. Aamiin Amiin Amiin YRa.

      6
      3
  • 24 Juni 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Anda harus dapat membuktikan bahwa akun anda dihack. Banyak orang mengaku akunnya di hacker padahal dia sendiri memberikan akses kepada orang lain untuk membobol akunnya.

    4
    2
    • 25 Juni 2023 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Kalo saya malah di hipnotis. Ehh ada tagihan kreditvo tanpa saya sadari tp sya sudh melaporkan kepada pihak yg berwjib. Tp pihak kreditvo tidak mau tau. Harus bayar apa”an.ogah lahh

      4
      1
  • 24 Juni 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Ceritanya gak lengkap,,,,masa iya semudah itu,kalau ada akibat pasti ada sebabnya.

    • 24 Juni 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Kronologi tidak lengkap. Jgn2 playing victim atau orang2 di sekitar anda yg melakukan tanpa sepengetahuan anda.

      1
      1
  • 24 Juni 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Itu HP Anda yang di-hack. Transaksi pembeliannya ke myTelkomsel Anda sendiri.
    kalo di HP Anda ada akun m-banking yang lain, bisa jadi ikut “dinikmati” juga oleh hackers nya.

    • 22 September 2023 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Saran saya ga usah bayar, nomor hp dialihkan saja klo ada colector datang ajak ngopi aja di warung, klo ada kata2 mengancam,menindas laporan ke OJK, pasti account nomor kontak mbk akan di hold oleh pihak kredivo,

      Buat trainer collection mulai sekarang lebih kreatif lg mencari solusi masalah ini, gw yakin mereka lg mikir cara negosiasi gimana ya, cuman gw yg tau solusinya, ngapain saya kasih solusi wong saya bukan orang kredivo bhahaha

  • 24 Juni 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Semua ada sebab ka akun nya di hack mungkin secara ga sadar si pelaku mencuri info dari hp kk, baik melalui spam email, file apk, kyk undangan elektronik nikahan setan, atau lewat wa banyak macem ya, intinya hati2 berinteraksi dengan sesuai yg ga di kenal mending abaikan aja

  • 24 Juni 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Gw kasih saran nih mbak, yang bener.. kalo emang di hack, cukup jangan dibayar.. bodo amat ditagih2, mau bi checkin aja jelek juga.. rata2 juga yg komentar diatas banyak Debtcollect pinjol, 🤣 intinya klo mbaknya merasa ga salah ya udah cuekin ja.

    4
    2
  • 24 Juni 2023 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Kredivo itu keamanannya tingkat tinggi bukan abal2 seperti anda bilang, justru pengguna nya lah yg ceroboh memberikan data ke penipu tanpa sadar, seharusnya anda introspeksi diri bukan menyalahkan pihak aplikasi
    Anda harus dapat membuktikan bahwa akun anda dihack. Banyak orang mengaku akunnya di hacker padahal dia sendiri memberikan akses kepada orang lain untuk membobol akunnya.
    Kalo anda gak bayar ya bagus dong, berarti anda tidak bisa meng hutang lagi seumur hidup sebelum di bayar jadi anda bebas dari yg namanya RIBA !!!

    6
    1
  • 24 Juni 2023 - (20:14 WIB)
    Permalink

    “Saya meminta agar dengan adanya laporan polisi, semua transaksi saya dihapuskan.”
    Wah enak sekali ya, dgn alasan dihack minta seluruh transaksi dihapuskan, apa ini modus aja? Ngaku dihack trus maksa2 minta seluruh transaksi dihapus?
    Laporan polisi itu kan baru awal permulaan, kl memang sdh naik sidik, ada tersangkanya, trus tersangka disidang, dinyatakan bersalah baru bisa tuh laporan polisi dijadikan dasar utk meminta transaksi yg 900 ribuan dihapus, bkn seluruh transaksi ya….
    Kalo baru laporan polisi mah semua jg bs buat laporan, bs ngaku2 kena hack
    Saya jg pengguna kredivo, alhamdulillah ga pernah tuh kena hack, karena saya ga ngasal install2 aplikasi yg saya ga kenal.

    4
    1
    • 25 Juni 2023 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Bnr bgt. Emg banyak skrg yg ngaku2 akun paylaternya di hack org biar ga bayar hutangnya.

          • 25 Juni 2023 - (16:50 WIB)
            Permalink

            Mungkin Maksudnya, Departemen bagian koleksi radiator untuk kontraktor 😁😁

            1
            1
          • 25 Juni 2023 - (17:06 WIB)
            Permalink

            Wkwkwk soal y coment y menyudutkan. Malah bela kredivo y. Soal y saya pernah di posisi itu

        • 25 Juni 2023 - (17:42 WIB)
          Permalink

          Kalo komen menyudutkan di anggap DC? Ini udah pertengahan tahun 2023, gada sebutan lain?
          Apapun bisa terjadi di dunia yg cm sekedar tulisan doang.

          • 25 Juni 2023 - (17:43 WIB)
            Permalink

            Trs kalo anda di posisi dia

  • 24 Juni 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Ya kali transaksi pulsa sampai 900k, gak ada OTP, saya sering top up pulsa di aplikasi sebelah transaksi pulsa di atas 200k kalau mau top up lagi di waktu berdekatan pasti di pinta kode OTP, biar apa biar pihak sana tau bahwa benar anda yang melakukan transaksi.

    • 25 Juni 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Kredivo securitynya bagus kok, transaksi jam 1-2 pagi aja ada pemberitahuan ke email, kalau kita jawab email dgn menolak transaksi aja langsung batal tuh transaksi, karena dikategorikan transaksi mencurigakan kalau ada transaksi jam 1-2 pagi

  • 24 Juni 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Harus bisa membuktikan kalo aplikasi kredivo nya kena hack, kalo ga bisa buktiin sama aja boong

  • 25 Juni 2023 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Tau dasarnya di Hack darimana, bisa ngeklik sendiri kah, yang hack juga mikir mnding Hack ambil duitnya, transfer dll, aplikasi KREDIVO pun kalau pake pinjolnya ke rekening sendiri, Ngehack Pulsanya, ini bukan jaman mama minta pulsa 😂😂

    Itu jelas di aplikasi MYTelkomsel, saya juga pakai mytelkomsel, butuh konfirmasi KREDIVO, nah masuk kredivo pakai PIN, beda kalau beli pulsa di KREDIVO kirim langsung jika ada limit.

    Kenapa anda komplen ke KREDIVO kenapa ngga ke MYTELKOMSEL. Itu kerjaan orang sekeliling mba, bukan di hack.

    • 26 Juni 2023 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Ya karna kowe ora pernah dwe akun paylater ya gak tau cox .. di hack atau di bobol maling.. km main sosmet kayaknya baru

  • 25 Juni 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Klau punya hp yg ada aplikasi keuangan.. kredivo..lazada Shopie. Yg punya hp wajib menjaga keamanan hp yg berlapis2.. klau ada pembobolan akun..yg disalahkan cuma 2.!! Yaitu yg punya akun dan sipembobol.. si kredivo cuma bisa menilai.. sebesar mana kelengahan yg punya akun..klau yg punya akun dinilai terlalu lengah.. mungkin tak ada kompensasi.. nah gitu aja pendapat saya..

  • 25 Juni 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, pernyataan TS ini sangat “berani” (kalau tidak mau dibilang sembrono).
    Karena sangat tendesius ke perusahan Fintech nya.
    Judulnya langsung menuduh, sehingga caption Judul akan langsung terlihat dalam kumpulan berita (seperti Google News, dll)
    Bisa jadi karena kurangnya pemahaman TS mengenai security Akun atau karena hal lainnya (??)

    Kalau diibaratkan Gudang penyimpanan, keamanan akun seperti halnya gembok.
    Aplikasi fintech seperti Kredivo ini bertanggungjawab terhadap pembuatan gembok.
    Umumnya, mereka mengalokasikan dana investasi yang cukup besar untuk masalah sekuriti, karena point bisnisnya juga sangat ditentukan oleh faktor ini.
    Tidak jarang, faktor ini di-handle oleh konsultan khusus spesialis masalah sekuriti.

    Gemboknya harus kuat. Supaya kuat harus dibuat dari baja.
    Kekuatan baja harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan.
    Penyambungan bajanya juga harus menggunakan teknik yang tinggi, agar tidak gampang patah.

    Nah, kalo gudangnya bisa dibuka oleh pencuri maka harus diselidiki wujud gemboknya.
    Kalo gembok dibuka oleh pencuri menggunakan linggis sehingga bisa patah, barulah
    pihak pembuat gembok disalahkan karena baja gemboknya abal-abal.
    Patahnya gembok ini yang bisa disebut “Akun kena hack”.

    Dalam kasus ini, Kredivo menyatakan bahwa gembok dibuka menggunakan kunci.
    Tidak ada kerusakan pada gemboknya.
    Enskripsi nya menggunakan standar internasional, AES 256-bit.
    Enkripsi ini sangat sulit ditembus (untuk saat ini). Kalau tidak salah, militer US juga menggunakan standar enkripsi ini.
    Secara teoritis, waktu yang diperlukan untuk menebak password dengan cara trial & error (brute force attack), akan membutuhkan waktu 2.29 x 10 pangkat 32 tahun, itupun menggunakan komputer yang paling cepat saat ini.

    Kalaupun bisa ditembus, sulit untuk percaya, hanya akun ini saja yang diambil…. 🙂

  • 25 Juni 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Lapor ke polres biar di selidiki kolo memang benar kena heck biar di tangkap. , jangan ke Polsek

  • 25 Juni 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Terim kasih untuk komentarnya 🙂
    Jadi awalnya hp saya di hack org, saat itu saya sudah tidak menggunakan aplikasi kredivo dan tiba-tiba ada notif masuk di email saya kalau ada transaksi pemberian pulsa di kredivo. Orang yg hack tersebut membeli pulsa di aplikasi my telkomsel saya dan saat kejadian tidak ada kode otp yang masuk di sms atau email. Tiba-tiba di email ada notif transaksi 900rban. Di sini bukan saya yg mengada-ada cerita karena di sini saya sudah lapor polisi. Laporan polisi tersebut bisa jadi bahan pertimbangan pihak kredivo untuk dapat menghapuskan transaksi saya.

    • 25 Juni 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Disini ga diceritain awalnya kenapa bisa dihack, kalo bisa dihack berarti berawal dari anda yang sudah ceroboh, android versi sekarang ga gampang dihack, disini kan yang dirugikan pihak kredivo juga bukan anda aja yang dirugikan

    • 25 Juni 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      @Retno
      Apakah aplikasi kredivo itu masih ada di HP anda atau sdh dihapus sebelum kejadian ini?

    • 1 Juli 2023 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Sekarang kredivo sedang tidak tidak baik baik saja .. kl di hack maupkn di bobol orang saya percaya .kemarin tanggal 5 april akun kredivo temen saya jg di hack atau di bobol orang .tak bertanggung jawab. Limite 20 jt ludes buat transaksi di shoppe. .padahal temen saya gk pernah merasa pakek. Tp tiba tiba ada nofikasi tagihan dr kredivo . Suruh untuk membayar. Temen saya kaget dan down . Akhirnya di lapor polisi .jg . Tiap hari temen sy di teror trus di WA dr Dc kredivo .

      • 1 Juli 2023 - (08:40 WIB)
        Permalink

        Cerita anda sama cerita TS sama sj, gada awalnya tiba2 lgsg bilang akun kredivo temen anda di pake. Anda itu jaman skrg jgn cuma percaya 1 sumber, cek lg yg lain biar jelas. Yg pintar jd org, ini udah tahun 2023

    • 25 Juni 2023 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Ya betul padahal kalo dia ga ceroboh ga mungkin hpnya gampang di bobol, disini dia juga salah

  • 26 Juni 2023 - (01:44 WIB)
    Permalink

    Kalau dibaca baik2 di laporan polisinya, ada keterangan korban sempat menerima transfer masuk dr seseorang, dan orang itu menelepon meminta agar dana tersebut dikembalikan.
    Kemungkinan besar dari sini asal mulanya yg diakui korban sebagai “di-hack”.

    Ada yg ngga lengkap nih spertinya ceritanya.

  • 26 Juni 2023 - (04:48 WIB)
    Permalink

    April kemarin akun kredivo temen saya jg di hacx orang tak bertanggung jawab. Limite 20 jt ludes abisin semua buat tranksaksi di shoppe … sampai temen ya down dan .istri sakit ,karna temen gk merasa menggunakan di suruh bayar tiap bulan.. tiap hari di terror di WA.. trus… tp temen saya saya semangati sy suruh galbay aja gk usah di dengerin ancaman ancaman DC kredivo… hati hati sekarang kredivo gampang di hack .. yg akunya udah premium hati hati ..

  • 29 Juni 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Semua yg merasa korban hack juga bilang ga merasa kirim OTP dll.
    Kronologisnya ga jelas, terlihat banget ada yg disembunyikan.
    Apa yg ditulis di media konsumen dengan yang ada komentar dan laporan polisi seperti ada part yang hilang.
    Di artikel ditulis telkomsel point tapi ga dijelasin.
    Di komentar bilang tiba tiba ada email pembelian.
    Di laporan polisi bilang sempat menerima transferan.

    Dia yg ceroboh, punya smartphone tapi ga smart

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Di-hack Orang, tapi Harus Tetap Disuruh Membayar Tagihan…

oleh retno dibaca dalam: 1 menit
60