Kurir Ninja Datang Terlambat Tanpa Konfirmasi dan Tiba-tiba Membuat Status Pickup Seolah-olah Paket Tidak Siap

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, jika surat saya ini dimuat. Karena jujur, saat ini saya sangat tidak terima atas perlakuan kurir Ninja, yang dengan seenaknya menggagalkan status pickup pada paket Ninja dengan nomor resi: NLIDAP1662730559 dan NLIDAP1662803793.

Kurir yang menggagalkan penjemputan pickup dengan dua nomor resi yang saya sebut di atas tadi adalah atas nama Roc*** Hi****. Sebelumnya, dia tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada saya, tapi tiba-tiba paket dibuat status “Paket Gagal Pickup”, dengan alasan paket tidak siap pada pukul 22.34 di hari Jumat, 7 Juli 2023. Padahal jelas-jelas paketnya sudah saya taruh di luar sejak siang.

Berhubung sudah pukul 22.00 lebih, tak kunjung diambil, setahu saya memang tidak diambil dan akan diambil besoknya, seperti yang dikatakan customer service Ninja, maksimal pengambilan paket pukul 22.00. Akhirnya, setelah pukul 22.00 lebih, paket sudah saya masukkan kembali ke dalam rumah. Sepertinya kurirnya datang setelah pukul 22.30-an lebih, tanpa konfirmasi kepada saya bahwa hari itu dia akan mengambil pickup-nya agak terlambat.

Namun yang membuat saya tidak terima dengan sikap kurir itu. bukan karena kurirnya yang datangnya terlambat, tapi karena dia tanpa mengirim pesan WhatsApp terlebih dahulu kepada saya, bahwa paketnya akan diambil di hari itu, dan dia juga tidak mengetuk pintu rumah saya jika memang benar-benar ingin mengambil paket. Padahal jelas-jelas sudah saya tunggu sejak siang.

Pintu rumah saya juga sengaja belum saya kunci, karena saya menunggu paketnya diambil. Bahkan saya sudah berkali-kali mengeluh ke Lazada juga tentang permintaan pickup pada tanggal 7 Juli 2023, dan kata CS Lazada, jadwal pickup dijadwalkan pada tanggal 8 Juli 2023.

 

Namun ternyata, tiba-tiba kurirnya datang, dan kurir datangnya sudah melewati pukul 22.00 lebih, tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada saya bahwa paketnya akan diambil di hari itu. Yang lebih menjengkelkan lagi, staf Ninja bagian supervisor yang bertugas di sorting hub Ninja Express Yogyakarta yang berada di Jalan Imogiri Barat itu, tidak pernah menggubris pesan WhatsApp.

Dengan surat ini, saya meminta pihak Ninja untuk memberikan sanksi tegas yang tidak main-main. Karena sudah beberapa kali kurir Ninja membuat ulah yang merugikan toko saya dengan kena poin keterlambatan pengiriman gara-gara ulah kurir yang seperti itu. Saya meminta pihak Ninja Express bertanggung jawab atas masalah yang merugikan toko saya ini yang disebabkan oleh kurir Ninja.

Wiji Lestari
Bantul, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Ninja Xpress atas Surat Pembaca Ibu Wiji Lestari

Jakarta, 12 Juli 2023 Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com di Tempat Perihal: Tanggapan atas surat pembaca di mediakonsumen.com mengenai pengiriman paket...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Kurir Ninja Datang Terlambat Tanpa Konfirmasi dan Tiba-tiba Membuat Status Pickup Seolah-olah Paket Tidak Siap

  • 8 Juli 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Ini permasalahan klasik para seller, bukan hanya Ninja Xpress aja, tapi semua ekspedisi yang sedia layanan pickup begitu sistemnya.
    Kurirnya telat atau ga datang pasti status dibuat paket belum siap diambil. Yang intinya menyudutkan seller.
    Karena ada semacam sistem pinalti atau performa buat kurir dan gerai kalau paketnya gak diambil karena kesalahan mereka, hampir sama dengan sistem ojol gitu lah, yang ada poin dan suspen segala.
    Solusinya drop aja kalau emang gerainya masih terjangkau, sekarang ini saya pun udah gak ngandelin lagi sistem pickup, bikin malesin dan sakit hati doang. Selama saya bisa drop ya saya drop paketnya. Ninja kan juga punya agen tuh.

    6
    2
  • 8 Juli 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Itulah kenapa saya lebih prefer ya ke gerai langsung… Ada order paling lambat jam 5 sore, dan setelah magrip barang uda saya siapkan ke counter ekspedisi.

    • 8 Juli 2023 - (17:03 WIB)
      Permalink

      Sy jg pingin seperti anda begitu tpi sayangnya konter ninja jauh dari tempat tinggal sy sekitar 25 km lebih

      • 8 Juli 2023 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Yo di nonaktifkan, kurang gawean aktifke ninja. 25km, njajal nek kowe dadi kurir, gelem ra pickup. 😀 suk nulis meneh yo, sik sregep.

        0
        3
        • 8 Juli 2023 - (19:39 WIB)
          Permalink

          Sy pinginnya juga nonaktifkan klo bisa, tpi sayangnya di lazada tdk bisa memilih kurir sesuai kemauan seller seperti di Shopee dan tokopedia

          • 8 Juli 2023 - (23:44 WIB)
            Permalink

            Eh, sodara wiji lg nih. Ekspedisi lg ya. Wkwkwkwkwk

      • 9 Juli 2023 - (02:02 WIB)
        Permalink

        Beberapa ekspedisi lain jg suka gt. Mereka telat pickup tulis pickup tertunda karena tidak bisa dihubungi / tidak ada ditempat… Atau blum siap.. Dijadwalkan ulang. Dateng jg blum udah tulis bilang barang blum siap… Keselin emang.

        Pickup up kita mesti pegang WA kurir nya biar ga nunggu kelamaan. Lgs WA kurir yg biasa pickup gt sis biar enak 😁

        • 9 Juli 2023 - (11:17 WIB)
          Permalink

          Kurir yg biasa pickup di tempat sy keluar trs ini kurir baru. Sy jg blm punya no nya. Justru dia yg tau no toko sy harusnya menghubungi sy duluan tpi ini enggak tanpa konfirmasi sama sekali makanya bikin kesel

    • 9 Juli 2023 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkw….. Tenang ms, kamu tidak sendirian.

      Jualan di Lazada memang harus luar biasa pasrah karena pualing ribet soal kurir. Saya sering mengalami hal tersebut dan cuma di Lazada hal ini terjadi (pickup gak datang, mau drop sendiri lokasi jauh, gak bisa pilih kurir sendiri, lapor tiap ada masalah tapi tak ada perubahan).

      Kalau saya sudah berulang kali minta dipindah ke Ninja karena dalam 1 km ada agennya dan buka sampai jam 18. Tapi selalu ditolak meski proses pickup dari kurir pilihan Lazada banyak ngaconya. Lapor sudah berulang kali, minta ganti kurir bisa 2-3 kali dalm sebulan. Selalu ditolak dengan alasan Lazada memilih kurir terbaik berdasar kebutuhan seller (versi Lazada, tanpa bisa diganggu gugat).

      • 9 Juli 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Oh ya? Sy jg jualan di lazada dan gak pake daftar. Walau muncul ninja, jne atau lex semua aku drop ke lazada drop off point tuh. Kalo yg daftar itu yg pick up dan harus memenuhi kuota

        • 9 Juli 2023 - (11:12 WIB)
          Permalink

          Soalnya sy juga cuma jualan pake HP bkn PC jdi buat otak atik semua itu pilihannya gak selengkap seperti di pc. Udh pernah nyoba tpi ttp gak bisa. Maklum cuma seller kecil jdi cuma pake alat seadanya buat jualan online

          • 9 Juli 2023 - (12:51 WIB)
            Permalink

            Masa sih? Anda aja kali yg malas utak atik dr hape, perasaan fitir mobile app dgn website di pc hampir sama deh

  • 9 Juli 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Kayaknya Lazada bisa kok pilih kurir soalnya saya seller juga dan kebetulan hanya aktifkan J&T drop aja.

    • 9 Juli 2023 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Punya sy kurirnya dipilihin otomatis sama lazada dan klo mau ganti kurir harus mengajukan perubahan blm tentu di acc

  • 9 Juli 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Dari hape bisa setting kalo sy. Malah di pc kagak muncul pilihan. Jd slama ini cuma lex drop off biar muncul jne, ninja dll

  • 9 Juli 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Sama nih kaya J&T!!! Kalo saya, chat cabang nya malah curhat, kurirnya dipecat gara2 main uang COD. Lah??? Mau main ptak umpet kek main ibu2an kek, kita gamau tau. Namanya konsumen, iklan nya doang pada WAH.. Paket hilang mereka gamau tanggung jawab.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Ninja Xpress di Lazada?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Kurir Ninja Datang Terlambat Tanpa Konfirmasi dan Tiba-tiba Membuat St…

oleh Wiji dibaca dalam: 1 menit
19