Kapok Menggunakan QR Merchant ShopeePay

Pada tanggal 30 Mei 2023, konsumen kami berbelanja dan membayar dengan metode scan SopheePay QR. Statusnya berhasil, senilai Rp. 76.500 (barang sudah diberikan kepada konsumen). Namun sampai keesokan harinya, dana tersebut tidak masuk rekening bank kami. Ketika kami menanyakan perihal ini, pihak Sophee hanya meminta kami untuk menunggu 1×24 jam.

Setelah menunggu 1×24 jam, ternyata dana tersebut juga masih belum kami terima dari Sophee. Ketika kami menanyakan hal ini kembali, kami diminta untuk menunggu 3x 24 jam. Namun sampai 3×24 jam, ternyata dana tersebut juga masih belum masuk. Lalu kami disuruh kembali menunggu 1 minggu. Setelah menunggu 1 minggu, dana tersebut juga masih belum kami terima.

Lalu setelah ditanyakan kembali ke pihak Sophee, jawaban mereka adalah kami disuruh untuk menunggu maksimal 30 hari sejak pengajuan goodfaith, dari tanggal 5 Juni sampai 5 Juli 2023. Namun setelah tanggal 5 Juli 2023, dana tersebut juga masih belum kami terima. Bahkan tidak ada dari pihak Sophee yang memberikan klarifikasi kemajuan kasus, walaupun sudah kami tanyakan berkali-kali melalui chat Sophee.

Pihak Sophee hanya terkesan menanyakan kembali pertanyaan formalitas yang sudah kami jawab sebelumnya, seperti apakah barang diberikan kepada konsumen. Ya jelaslah barang diberikan kepada konsumen, kalau barang tidak diberikan ke konsumen buat apa kami capek-capek menuntut pihak Sophee untuk mencairkan dana yang ditahan Sophee?

Lalu ditanyakan pula apakah statusnya berhasil? Padahal sudah kami kirimkan bukti screenshot status transaksinya berhasil. Pihak Sophee hanya menanyakan kembali pertanyaan-pertanyaan yang sudah pernah diajukan dan sudah pernah kami jawab sebelumnya. Lalu apa yang terjadi? Kami disuruh menunggu kembali sampai batas waktu yang tidak tahu sampai kapan. Hal ini sangat membuat saya kesal dan kecewa. Penanganan kasus tidak ada terselesaikan malah diulur dan diulur terus.

Kalau memang dana tersebut tidak mau dicairkan oleh pihak Sophee, ya biarlah perusahaan sekelas Sophee makan saja uang haram tersebut. Hati-hati saja buat para merchant yang menggunakan QR Merchant ShopeePay di tokonya. Ini pelajaran buat saya, bahwa perusahaan sekelas Sophee pun suka uang haram dari pedagang kecil. Saya kapok menggunakan QR Merchant ShopeePay untuk menerima pembayaran dari konsumen. Karena mereka tidak mau tahu dan hanya bisa mengulur-ngulur waktu tanpa memberikan solusi. Sampai kita capek untuk mengurus perihal uang yang tidak dicairkan oleh Sophee.

Sekian terima kasih. Sophee memang yang terbaik dalam mengulur-ngulur keluhan dari mitra merchant. Namun nol besar dalam pemberian solusi.

Tiara Anggraini
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Kapok Menggunakan QR Merchant ShopeePay

  • 12 Juli 2023 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Minta ganti rugi, jangan hanya Dana dari hasil penjualan, tapi juga ganti rugi waktu dan Fikiran yg terbuang sia-sia. Jangan mau klarifikasi kalau ganti ruginya nggak sesuai!!!

  • 12 Juli 2023 - (09:02 WIB)
    Permalink

    SHOPEE gudangnya para sindikat kriminal,baik dari agen SHOPEE dan tim SHOPEE yang tidak jelas penanggung jawabnya

    • 13 Juli 2023 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Konsumennya udh pergi dari toko kak. Awalnya kami kira juga gangguan dr shoppe dan dr pihak Sophee juga minta kami menunggu 1×24 jam lalu disuruh tunggu lagi 3 hari lagi lalu disuruh tunggu lagi 1 Minggu. Lalu disuruh tunggu lagi 30 hari kerja. Sesudah itu tidak ada kabar lagi dari pihak shopee sampai saya marah-marah di chat shoppe baru mereka bilang lagi diproses dan disuruh tunggu lagi tapi tidak tahu sampai kapan.

  • 13 Juli 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Customer service kbanyakan perusahaan di Indonesia ini cm modal copas template..wlo prusahaan besar skalipun sm aja..makan gaji buta.

  • 17 Juli 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Kak yang di screenshot itu nomor referensi Bank Permata (Permata Mobile ya). Untuk kedepannya screenshot yang nomor referensi RRN.

    • 19 Juli 2023 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Saya juga bingung sebenernya dia pakai aplikasi apa. Sebab kalau pakai BCA atau mandiri biasanya kan ada nama bank nya.

 Apa Komentar Anda mengenai QR Merchant ShopeePay?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kapok Menggunakan QR Merchant ShopeePay

oleh Bread-Kitchen-Lampung dibaca dalam: 2 menit
13