Hati-hati Diakali Halo BCA

Saya adalah nasabah bank sekaligus kartu kredit BCA, yang telah menjadi nasabah selama puluhan tahun dengan kualifikasi lancar selalu. Pada tanggal 26 Januari 2023, saya mengajukan permohonan penghapusan iuran tahunan untuk 3 kartu BCA saya, yaitu: Kartu utama BCA SQ Infinite saya, kartu tambahan dan kartu utama Master World Card BCA saya.

Saat itu saya diterima oleh Ibu Kuiti dengan 3 nomor laporan. Nomor laporan kartu utama SQ: 2055039831, nomor laporan kartu tambahan SQ: 2055039752, dan nomor laporan kartu BCA Master World Card: 2055039684. Lalu pada tanggal 5 Februari 2023, saya kembali menghubungi Halo BCA dengan Bp. Leiko, untuk menanyakan progres permohonan penghapusan iuran kartu saya tersebut. Hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Penghapusan Kartu Utama SQ Infinite saya disetujui tanpa syarat.
  2. Penghapusan Kartu Tambahan SQ Infinite saya ditolak. Lalu saya mengajukan penutupan kartu. Yang otomatis karena saya menutup kartu tambahan tersebut, maka iuran yang telah saya bayarkan harusnya dikreditkan kembali ke rekening kartu kredit saya.
  3. Penghapusan Kartu BCA Master World saya dihapuskan dengan syarat transaksi sebesar Rp1 juta. Saya menyetujui syarat tersebut. Namun setelah saya memenuhi syarat tersebut, ternyata saya baru menyadari bahwa iuran tahunan yang telah saya bayarkan tidak dikreditkan ke rekening kartu kredit saya. Di sinilah kelicikan dari Bank BCA mengakali nasabahnya.

Lalu saya menghubungi Halo BCA pada tanggal 27 Juli 2023 dengan Bp. Bantah. Diinfokan bahwa proses pengajuan pengkreditan iuran tahunan saya sudah melewati tenggat waktu. Padahal saya tidak pernah diinformasikan oleh Bp. Leika, syarat mengenai saya diharuskan menghubungi kembali Halo BCA untuk diajukan ulang penghapusan iuran tahunannya, walaupun syarat yang diajukan telah saya penuhi.

Adalah suatu keanehan bila syarat yang telah dipenuhi, tapi saya masih harus mengajukan kembali. Di sinilah saya merasa diakali oleh Bank BCA. Karena kami sebagai nasabah pastilah lupa untuk menghubungi kembali dan dalam hal ini saya tidak diinformasikan baik melalui CS atau Email, SMS atau WA untuk menghubungi kembali Halo BCA bila telah memenuhi syarat yang dimaksud.

Pada tanggal 27 Februari 2023, saya mengajukan kembali kartu tambahan SQ Infinite kepada Bp. Ibnu, dengan nomor laporan: 2053341858. Kartu tambahan saya disetujui. Pada tanggal 4 Mei 2023, saya menghubungi Halo BCA dengan Ibu Madu, untuk mengajukan permohonan penghapusan iuran tahunan kartu tambahan, dengan nomor laporan : 2049743429. Diinformasikan oleh Ibu Madu bahwa syarat penghapusan iuran tahunannya adalah melakukan transaksi senilai Rp30 juta, terhitung sejak tanggal 4 Mei 2023 hingga 4 Agustus 2023 dan syarat tersebut telah kami penuhi.

Namun saat saya mendapat e-billing statement bulan Juli 2023, ternyata iuran tahunan kartu tambahan yang telah saya bayarkan belum dikreditkan oleh Bank BCA. Lalu saya menghubungi Halo BCA pada tanggal 24 Juli 2023 dengan Ibu Della, nomor laporan: 2045172392. Diinformasikan oleh beliau bahwa syarat penghapusannya berubah per tanggal 15 Juni 2023. Bahwa syarat penghapusan iuran kartu tambahan adalah dengan transaksi sebesar Rp100 juta.

Di sinilah Bank BCA (entah karena mis-informasi antar sesama CS) berusaha mengakali nasabah. Karena saya melaporkan pada tanggal 4 Mei 2023, dan saya telah memenuhi syarat penghapusan. Namun tiba-tiba BCA mengubah syarat secara sepihak, tanpa pemberitahuan kepada saya sebagai nasabah, secara personal atau seluruh pemegang Kartu BCA SQ Infinite, mengenai syarat penghapusan iuran tahunan kartu tambahan, yang berubah dari Rp30 juta menjadi Rp100 juta, baik melalui SMS, email ataupun WA.

Untuk Bank BCA, sebagai salah satu Bank terbesar dan menjadi bank yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia (apalagi reputasi Halo BCA yang beberapa kali meraih penghargaan menjadi Best Mega Contact Center tingkat Global), reputasi Anda dipertanyakan. Karena nasabah hanya percaya dari informasi yang diberikan oleh CS resmi Halo BCA di 1500888, tapi informasi yang saya terima bisa berbeda.

Mohon tindak lanjut Halo BCA untuk permasalahan ini agar BCA tetap menjadi bank yang senantiasa di sisi Anda.

Hormat saya,

Dr. Lo Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Hati-hati Diakali Halo BCA”

Menanggapi keluhan Bapak Dr. Lo Kurniawan di Redaksi Media Konsumen tanggal 31 Juli 2023 dengan judul “Hati-hati Diakali Halo BCA”...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Hati-hati Diakali Halo BCA

  • 30 Juli 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak di tutup ajah tuh kartu kredit, ntar dikemudian hari kelak anda yg akan semakin dipusingkan, lebih baik hidup pas pasan tapi hati dan pikiran lebih tenang dan adem

    • 30 Juli 2023 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Tampaknya hidup TS banyak keluhan ttg kartu kredit. Dari DBS, Bukopin dan BCA.

      Coba deh, tutup semua kartu kredit, dijamin masalah receh begini stop juga.

      Hidup udah ribet, jgn lagi ditambah masalah2 ga penting.

      1
      1
      • 30 Juli 2023 - (13:01 WIB)
        Permalink

        Dia itu Dokter jadi yang pada komen gak usah repot repot kasih saran suruh tutup kartu kredit. Mau pake kartu kredit banyak atau sedikit yg penting tanggung jawab bayarnya.
        Kalian yg tanpa ada masalah hidup anda trus ngapain buka Media konsumen. 🤣😀😀😀

  • 31 Juli 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    wkwkwkwkw komen nya lucu lucu
    mau dokter mau siapa kek klo mau ngapus uang iuran hak nasabah lah, klo kartu gak di pake di kenakan iuran tahunan siapa juga yang mau.

    maju terus dok pantang mundur
    dok praktek dimana dok?

  • 31 Juli 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Dari point point nya kayaknya sultan banget beliau, kartu kredit ada beberapa, tipe nya juga lumayan semua, limit limit nya besar, setiap waktu di hidup beliau kayaknya berhrga, wkwk, tp masih sempet ngurusin hal receh annual fee, gak bakal nyampe sejuta kayaknya, sejuta buat orang level sultan mah kayaknya gak seberapa,
    Kalau gak mau ribet urusan annual fee, mending tutup aja kartu kredit nya, percaya feh, tanpa kartu kredit hidup lebih tentram, harus nya sekelas beliau uang cash nya juga banyak,
    Ini saran aja ya, ga usah baper, wkwk

 Apa Komentar Anda mengenai Halo BCA?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Diakali Halo BCA

oleh Dr. dibaca dalam: 2 menit
16