Tidak Bisa Login ke Aplikasi DANA dan Saldo Tiba-tiba Dibekukan

Pada hari Kamis, 27 Juli 2023 11:39 WIB, ada notifikasi WhatsApp dari nomor 082384183993, yang mengaku sebagai tim keamanan DANA Protection dan menginformasikan pembekuan akun DANA. Kemudian saya membuka aplikasi DANA, ternyata akun DANA saya sudah logout otomatis dari aplikasi dan saya tidak bisa lagi masuk/login ke  aplikasi DANA. Padahal saya tidak melakukan logout di perangkat resmi saya dan tidak pernah login di perangkat yang lain.

Saya mencoba uninstall aplikasi DANA dan install kembali dari Google Play Store dengan versi terbaru saat itu. Namun  saya tidak berhasil login pada perangkat resmi saya, hanya ada notifikasi: “You can’t use your account yet. You will automatically signed out from your account. Contact us or email to help@dana.id for help“. Saya sudah berusaha menghubungi melalui email help@dana.id, dengan nomor laporan: #29513162. Namun slow respond dan kurang/atau tidak tanggap, hanya dijawab sepertinya oleh robot atau sistem otomatis saja.

Berhubungan permasalahan di atas terkait dengan tidak bisa login ke aplikasi DANA, ada keanehan yang tidak wajar dengan permintaan OTP yang dikirim ke saya via SMS terus-menerus, padahal itu bukan permintaan saya. Sementara nomor WhatsApp yang mengaku tim DANA Protection meminta kode OTP yang diterima via SMS ke saya. Namun saya tidak pernah memberitahukannya, karena saya menganggap hal itu tidak wajar.

Nomor ini (082384183993) terus-menerus menghubungi saya via WhatsApp, beralasan untuk membantu memulihkan akun DANA, dengan mengirimkan link website: https://dana2.wbs-id.com/googleplayDANA.html dan meminta terus OTP, tetapi saya abaikan.

Karena saya tidak bisa login ke aplikasi DANA, akhirnya saya memantau saldo DANA saya pada aplikasi Bukalapak yang tertaut ke DANA dan saldo saya masih sesuai, yaitu Rp6.554.462. Dalam beberapa jam kemudian ada permintaan OTP Pukul 16:31 melalui SMS dan pemberitahuan dari DANA via SMS pukul 16:32 bahwa “Akun DANA kamu belum bisa dipakai karena kesalahan OTP. Email ke Customer Care di help@dana.id untuk bantuan”. Padahal saya tidak meminta OTP. Kemudian saya cek kembali DANA pada aplikasi Bukalapak ternyata ada pemberitahuan bahwa “DANA kamu sedang dibekukan. Hubungi help@dana.id atau telepon 1-500-445 untuk keterangan lebih lanjut.”.

Akhirnya saya meminta bantuan pihak DANA dengan mengirimkan email pengaduan dan permintaan untuk pemulihan akun DANA karena tidak bisa login ke aplikasi DANA. Namun sampai pada saat surat ini dibuat belum/tidak ada tanggapan dari pihak DANA terkait tindaklanjut dari permasalahan tersebut di atas.

Saya mempertanyakan sistem keamanan aplikasi DANA yang berlapis, mulai dari PIN, OTP, DANA Viz, dan pertanyaan keamanan (security question). Yang ujung-ujungnya tidak berfungsi untuk menangkal pihak yang tidak bertanggungjawab, melakukan login aplikasi di perangkat lain dan dengan mudahnya meminta OTP. Pada akhirnya malah berakibat kepada pemilik akun yang sebenarnya, harus mengurus pemulihan akun. Yang menurut saya ribet dan lambat, bahkan diabaikan oleh pusat bantuan DANA atau PT. Espay Debit Indonesia Koe.

Kepada pihak DANA agar segera memproses laporan saya dengan nomor: #29513162 dan segera memulihkan akun saya serta mengembalikan saldo DANA saya yang dibekukan sepihak senilai Rp6.554.462. Segera perbaiki sistem keamanan supaya berfungsi dan berguna.

Adapun terkait dengan link website yang ditautkan oleh nomor 082384183993 pada pesan WhatsApp sudah dilaporkan ke situs Kominfo atau aduankonten.id, dengan nomor aduan: ZZESHCLK, pada tanggal 01/08/2023, yang saat ini statusnya: “Tahap Verifikasi: Rekomendasi Penapisan.”.

Muhamad Husen
Majalengka, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Tidak Bisa Login ke Aplikasi DANA dan Saldo Tiba-tiba Dibekukan

  • 5 Agustus 2023 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami persis seperti ini, saya dengan sabar followup ke cs dana melalui tefon, nanti diminta data2 melalui email. sebulan baru bisa di buka akun dana nya. saya abaikan wa yg masuk dari penipu.. saldo nya lumayan ada 3jt.

  • 5 Agustus 2023 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah Ngasih otp kepada Orang yang ngaku² Customer Service. Itu penipuan, Mereka itu Spam Login Akun Anda jadinya Ke Logout Otomatis & Ngaku² CS ketika anda panik.

  • 5 Agustus 2023 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Dengan nafsunye itu yg bilang “CS DANA” minta OTP udh pasti itu penipu ******,. sampe sgitu getolnye minta OTP, karena mereka udh tau ada uang jutaan dan memang sudah bisa masuk ke akun DANA ente, makanye mereka Spam terus., masih bagus dibekuin dlu dripade diambil mereka.. saran bwt TS email aje atau telpon terus DANA Officialnye, gpp lama yg penting duit aman.. 😁

    • 5 Agustus 2023 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Lagi-lagi dana yg rawan ini.
      Kalau uang anda ingin aman, lebih bagus tinggalin aplikasi nya pak, banyak maling berkeliaran di dana ini, padahal terus update berkala tapi tetap saja maling saldo meraja rela.
      Beda dengan dompet digital di sebelah, aman aman dan aman ketimbang di dana ini.

  • 5 Agustus 2023 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Saya baru pertama kali juga ngalamin, top up dana saldonya blum masuk padahal sudah seminggu, yang bikin heran 4 tahun make dana nggak ada masalah gini. Mana csnya ribet, buat emosi dan saran aja pindah ke apk sebelah lebih aman

  • 6 Agustus 2023 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Kepada redaksi mediakonsumen saya mengucapkan terima kasih sudah memuat surat pembaca ini. Namun saya ingin klarifikasi dan mohon maaf ada kekeliruan menuliskan nomor whatsapp yang melakukan penipuan yang benar sesuai dengan bukti screenshot percakapan whatsapp yaitu 082384189339 dan bukan nomor ini 082384183993.

  • 6 Agustus 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Heran sama orang orang yang nyimpen uang ampe jutaan di ‘dompet digital’, wkww, biar berasa kekinian, kalo udah ada kejadian macam gini, baru gigit jari

    1
    1
  • 30 Oktober 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Miris ama yg pada komen sok ngajarin TS nya, padahal TSnya udah bener banget dan tidak menyalahkan akunnya di blokir demi keamanan.

    Yg dimasalahkan oleh TS itu adalah layanan pemulihan bagi pemilik akun yg sah SANGAT TIDAK REAPONSIF.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan DANA?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Login ke Aplikasi DANA dan Saldo Tiba-tiba Dibekukan

oleh Muhamad Husen dibaca dalam: 2 menit
17