Masalah Refund Transaksi QRIS yang Salah Nominal

Kronologi kejadiannya, pada tanggal 8 Juli 2023, saya bertransaksi di restoran Flip’n Fry Margo City melalui mesin EDC BCA dari QRIS Livin Mandiri (Debit Card). Namun  ada kesalahan nominal transaksi, yang seharusnya Rp90.000 malah Rp900.003.

Tanggal 11 Juli 2023, pihak restoran Flip’n Fry Margo City Depok sudah mengajukan klaim proses refund melalui email ke layanan_merchant@bca.co.id, dengan nomor ID EMS: 09158752. Informasinya proses refund sudah dilakukan pada tanggal 25 Juli 2023, dengan batch nomor 068 dan meminta saya untuk konfirmasi ke pihak bank penerima.

Tanggal 4 Agustus 2023, sudah dilakukan konfirmasi ke pihak Bank Mandiri, yang mana pihak bank penerima hanya bersifat pasif dan hanya bisa memastikan rekening yang dituju masih aktif atau tidak. Rekening koran juga sudah dicetak dan dikirimkan ke pihak layanan_merchant@bca.co.id untuk memastikan kembali. Namun jawabannya selalu sama, dengan ditambahkan keluhan_sakuku@bca.co.id dan rifki*********@bca.co.id di dalam penerima email balasan layanan_merchant@bca.co.id.

Tanggal 7 Agustus 2023, dilakukan pengecekan oleh finance dari rekening PT Karya Boga Perkasa, bahwa ada debit otomatis per tanggal 24 Juli 2023 dengan nominal Rp893.702,98, dengan potongan biaya admin sebesar Rp6.300. Namun setelah dicek, tidak ada dana masuk sebesar Rp893.702,98 sejak 24 Juli hingga 7 Agustus 2023.

Keluhannya sebagai berikut:

  1. Tidak ada tindak lanjut yang jelas dari pihak BCA Layanan Merchant, karena jawaban yang diberikan selalu sama. Misal apakah dialihkan ke pengaduan lain atau ada prosedur lanjutan yang harus dilakukan.
  2. Jika benar sudah ada debet otomatis sebesar Rp893.702,98 pada tanggal 24 Juli 2023 atas nama PT Karya Boga Perkasa, di manakah sebenarnya uang ini berada? Apakah tidak bisa ditelusuri? Mengingat form refund yang diisi adalah nomor Debit Card penerima, bukan nomor rekening penerima.

Mohon kerja sama dari pihak BCA menindaklanjuti keluhan ini, mengingat usaha yang dilakukan oleh pihak Flip’n Fry Margo City Depok sudah maksimal untuk menanyakannya. Namun jawaban yang diterima selalu sama baik melalui layanan telepon maupun email.

Saya harap pihak BCA yang merupakan bank dengan track record yang baik, seharusnya bisa menelusuri jika ada masalah dari proses transaksi yang sudah dilakukan. Terima kasih dan harap maklum adanya.

Salam,

Dwi Esthi Ariningtias
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Masalah Refund Transaksi QRIS yang Salah Nominal”

Menanggapi keluhan Ibu Dwi Esthi Ariningtias di Media Konsumen tanggal 10 Agustus 2023 dengan judul “Masalah Refund Transaksi QRIS yang...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Masalah Refund Transaksi QRIS yang Salah Nominal

  • 10 Agustus 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Kok agak ribet ya? Kenapa pihak resto (PT. Karya Boga Perkasa) tidak usah pakai metode refund tapi langsung mengembalikan kelebihan pembayaran ke rekening Mandiri milik TS. Atau jika bisa (dan lebih sederhana), dilakukan kembalian di tempat dari laci kasir, toh transaksi senilai 90k tapi uang yang diterima sebesar Rp. 900.003. Teknologi tercipta demi kemudahan, tapi implementasinya kok lebih suka mempersulit sesuatu yang mudah.

    • 10 Agustus 2023 - (17:42 WIB)
      Permalink

      Yang lucu malah nyalahin BCA. Padahal kalau keliru input angka ya selisih nya ambil Cash di laci kasir aja. Aneh bin Ajaib.
      Kalau ada cara ribet kenapa harus di permudah. Yee khaan?

    • 10 Agustus 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Pihak resto menelepon layanan merchant BCA kemudian sesuai arahan dari pihak layanan merchant tersebut metodenya adalah dengan cara pengisian form refund dan prosesnya 10 hari kerja

    • 10 Agustus 2023 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Pihak resto menelepon layanan merchant BCA kemudian sesuai arahan dari pihak layanan merchant tersebut metodenya adalah dengan cara pengisian form refund dan prosesnya 10 hari kerja.
      Dan untuk pekerja (kasir) tidak mungkin juga mengeluarkan dana cash yang sudah masuk karena mereka tidak memiliki kewenangan

  • 10 Agustus 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    ini sih kesalahan ada di pihak resto & pihak pengguna. setiap QRIS yg dicetak di mesin edc, nominal diinput manual sm staff resto. Nah pihak pengguna juga salah, ga ngecek udah sesuai blm nilai di struk sama yg akan dibayar. solusinya ya minta refund cash ke resto tsb.

    • 10 Agustus 2023 - (18:49 WIB)
      Permalink

      sebenarnya ini kesalahan saya karena salah input nominal ketika pembayaran dan yang ingin saya keluhkan adalah layanan dari Bank BCA dalam hal penyelesaiannya. Sebenarnya sangat bisa sekali pihak bank melakukan pengecekan transaksi tersebut misal transaksi benar sudah terkirim kemana dan siapa pihak penerima

      • 10 Agustus 2023 - (18:50 WIB)
        Permalink

        ini bisa jadi pembelajaran untuk kita semua untuk lebih berhati-hati jika tahapan yang harus dilalui tidak semudah itu

        • 18 Agustus 2023 - (16:50 WIB)
          Permalink

          Dana sudah diterima Senin tanggal 14 Agustus 2023

          Terimakasih untuk pihak restaurant, BCA dan Bank Mandiri

          Semoga bisa jadi pembelajaran untuk berhati-hati dalam bertransaksi

          Salam,
          Esthi

  • 10 Agustus 2023 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Dear Bank BCA,

    Walaupun saya bukan nasabah anda, saya rasa untuk mengetahui kemana dana tsb sebenarnya tidak sulit untuk bank sekelas bank BCA

    Dan perihal keluhan dan email yang dikirimkan, kenapa jawabannya selalu “template” alias sama? Apakah tidak ada rasa keingintahuan untuk mencari tahu kenapa keluhan ini selalu dikirimkan berulang?

    Mohon kerjasamanya

    Terimakasih
    Esthi

  • 11 Agustus 2023 - (01:19 WIB)
    Permalink

    Kenapa jadi nyalahin pihak lain (BCA) ? pihak resto emang ga bisa bikin berita acara jika ada case-case gitu ? seribet itu kah SOP nya ? atau pihak resto emang males ribet ?

    Hidup kok di bikin ribet ya. semoga segera selesai masalah nya ya..

  • 14 Agustus 2023 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Payment QRIS kan seharusnya masuk ke rekening bank resto tapi kenapa harus pake ribet melibatkan perbankan untuk refund??
    Gagal paham saya 🤔

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan Merchant BCA?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Masalah Refund Transaksi QRIS yang Salah Nominal

oleh Dwi dibaca dalam: 1 menit
12