Pesanan Sudah Sampai ke Pembeli, Transaksi Penjualan Malah Dibatalkan Sepihak

Saya mendapatkan pesanan di Shopee, dengan nomor orderan: 230802K4WK6602 dan nomor resi pengiriman J&T: JP4787160033. Pengiriman dari kota Jakarta menuju Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat. Barang dikirimkan pada tanggal 2 Agustus 2023 , dan pada tanggal 6 Agustus 2023 barang tersebut telah sampai di Hub Cibinong. Akan tetapi barang tidak diantar ke pembeli sampai tanggal 9 Agustus 2023.

Lalu pada tanggal 10 Agustus 2023, saya mendapatkan notifikasi bahwa pesanan dibatalkan dan barang akan dikirimkan kembali ke penjual. Ketika saya menanyakan ke J&T tempat saya mengirim, mereka menjawab bahwa barang tersebut hilang. Sepertinya J&T Hub Cibinong tidak mau bertanggung jawab atas kehilangan paket tersebut, jadi seakan akan dibuatlah status barang di kirimkan kembali ke penjual dengan bermacam macam alasan.

Saya sudah menghubungi Shopee mengenai masalah ini via telepon ke customer service. Akan tetapi mereka tidak bisa bertanggung jawab atas masalah ini. Padahal sudah jelas sistem Shopee yang membatalkan pesanan ini.

Update terakhir dari status pengiriman tersebut sudah delivered (terkirim ke pembeli), akan tetapi transaksi dibatalkan secara sepihak. Jadi saya sebagai penjual tidak menerima apa-apa, karena transaksi sudah dibatalkan oleh Shopee, dan pembeli mendapatkan barang saya secara gratis. Namun pihak Shopee tidak mau bertanggung jawab atas masalah ini. Berikut saya lampirkan bukti screenshot barang sudah diterima pembeli, tapi transaksi dibatalkan oleh Shopee

Agus Susanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Pesanan Sudah Sampai ke Pembeli, Transaksi Penjualan Malah Dibatalkan Sepihak

  • 16 Agustus 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Semoga cepet terselesaikan kk, emang kadang suka ga jelas di shop** ini beda jauh dengan sistem di tokp*d yang lebih ok

    3
    2
    • 17 Agustus 2023 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Itu kiriman apa….Obat atau herbal apa kak. Khasiatnya apa jika obat ataupun Herbal. Mohon petunjuknya

  • 16 Agustus 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Parah sih skrg si Oren.
    Bnyk banget keluhannya skrg.
    Mulai dari paket yg hilang. Pengiriman yg sangat lama. penjual yg di perlakukan semena-mena

    4
    1
  • 16 Agustus 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    sistem shopee tuh bermasalah. Pesanan sering dibatalkan sepihak oleh sistem yang dianggap melampaui batas waktu pengiriman, tanpa pengecekan ulang oleh admin shopee. Seharusnya shopee memperbaiki SOP mereka, memberi tenggang waktu 1 atau 2x 24 jam dari batas maksimal waktu pengiriman utk mengecek ke ekspedisi apakah paket telah sampai ke pembeli, tertahan di gudang, ataupun hilang. Dan kalaupun seandainya paket dikembalikan ke seller, seharusnya shopee menunggu sampai paket tsb benar” sampai ke tangan seller baru lah melakukan pengembalian dana ke pembeli.

    • 16 Agustus 2023 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Bener cuy, sistem shopee sering masalah. Sy juga gtu. Pihak mereka ngotot lagi dan lepas tanggung jawab

    • 17 Agustus 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      satu lagi buat informasi saja, JANGAN GUNAKAN KURIR ANTERAJA., mau sebagai penjual atau pembeli.
      mereka kurirnya seenaknya bertingkah.
      dari pengiriman yg tdk kunjung diambil dan menyelesaikan pengiriman tetapi barang belum sampai ke customer.
      HATI-HATI DENGAN KURIR ANTARAJA, selagi bisa memilih pilihlah kurir lainnya.
      Terimakasih (hanya sekedar share).

  • 16 Agustus 2023 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Pernah ngalamin juga barang terkirim tapi di sistem dibatalkan.
    Langsung chat pembeli buat konfirmasi terima barang. Trus email ke ekspedisi buat konfirmasi tracking pengiriman. Baru ajukan komplain ke cs shopee dg 2 bukti tadi.
    Akhirnya dana penjualan bisa cair setelah debat dg cs nya.

    • 16 Agustus 2023 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Ga akan pernah nongol di sini.
      Mereka udh kuat mental..😅😅😅
      Yg penting dapat cuan

      • 17 Agustus 2023 - (05:26 WIB)
        Permalink

        klo pembelinya punya itikad baik dan barang benar sampai, artinya dia dpt refund, setidaknya transfer dana sejumlah barang yg diterima tuh
        udh coba hubungi penerima paketnya gk gan?

        • 19 Agustus 2023 - (14:53 WIB)
          Permalink

          Saya jg baru ngalami seperti kejadian di atas, saya sebagai pembeli dari app Lazada, Bahwasanya pesanan saya belum sampai sudah dibatalkan oleh sistem, alasannya alamat tidak sesuai, padahal sudah pas tidak pernah berubah dan akan dikirim kembali oleh penjual, jasa pengiriman melalui Ninja expres,

    • 18 Agustus 2023 - (02:22 WIB)
      Permalink

      @agus susanto
      Gak bakal berani, pak. Dari dulu itu marketplace kepala batu. Mentang-mentang dibekingi.

      • 17 Agustus 2023 - (13:14 WIB)
        Permalink

        Gada alasan overload. Kalo sdh punya rencana menguasai MP, hrs di barengi dgn SDM nya. Jgn cm memperbanyak pesanan tp tdk menambah armada pengantarannya.

        • 18 Agustus 2023 - (15:02 WIB)
          Permalink

          Setuju bgt! Kesel bgt dengan alasan overload. Ya tambahin dong SDM nya. Masa omset mau naik tapi beban gaji gamau naik. Yg boncos pengguna dongg. Kyk kmren 7 hari pengiriman dr TGR-BEKASI.

  • 17 Agustus 2023 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Ini sih jelas pihak sho*** nya yg bermasalah soal sistemnya atau SOP nya yg kacau. Saya user toko hijau dari masih smk (tahun 2012an) sampe sekarang ga pernah mengalami masalah satupun seperti ini selaku buyer. Semua jasa ekspedisi udah pernah saya pake (kecuali kargo krn waktu pengiriman yg paling lama) dan masalah paling jelek yg pernah saya alami cuma paket saya di bawa keliling jkt dan transit beberapa kali sampe seminggu lebih baru sampe dan jarak terjauh barang dari Surabaya. Tapi ga pernah ngalamin pembatalan, kehilangan, sistem yg bermasalah atau apapun itu yg mengakibatkan barang ga sampe tujuan. Itu menurut pengalaman saya aja selama jadi user selama 10 tahunan. Coba cari e-commerce yg lebih aman. Klo ada salah monggo di koreksi.

    2
    1
    • 17 Agustus 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Knpa ga minta tanggung jawab jg ke ekspedisi karena sdh lalai dan membuat pesanan pembeli batal otomatis?

      • 17 Agustus 2023 - (23:54 WIB)
        Permalink

        dua2 nya salah, tapi disini yang MEMBATALKAN PESANAN ADALAH SISTEM SHOPE. kenapa dibatalkan secara sepihak ? kalo mau fair, tunggu itu barang beneran balik ke penjual,baru silahkan dibatalkan sama sistem.karena ketololan sistem dan ketololan cs shopee,makanya kejadian kaya gini.

  • 17 Agustus 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Hubungin pembelinya minta ditransfer aja… Kalau dana udah direfund, pembeli bisa transfer ke shopeepay anda.

  • 17 Agustus 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Ini yg menghujat shopee tp tdk menghujat ekspedisinya para karyawan JNT ya? Shopee salah dgn sistemnya tp jelas2 dsni jnt yg salah besar karena membuat status palsu yg mengakibatkan sistem shopee batal.

    • 17 Agustus 2023 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Mereka buzzeRP Tokopedia, setiap ada masalah shopee mereka langsung muncul untuk nyinyir, tapi kalau ada masalah tokopedia mereka hilang gk muncul. 😂🤣😂🤣

  • 17 Agustus 2023 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Jls bobrok dr system expedisinya hrsnya diprioritaskan barang pengriman yg trtunda atw yg datng lebih awal agar hal spt ini ga trjadi,krn sy paham paket yg dtng akan trus bertambah dan dimensi ukuran berbeda dan ketebatasan sdm nya. Krn br td ngalamin krn sblmnya tau2 paket sy kembali ke penjual???status gagal kirim , dan td dng paket yg lain sama selama 4hr status gagal kirim akhirnya sy kegudangnya bnr sj dng santai kurir bil mobil sdh penuh,, sy bil lah itu paket sdh 4 hr knp malahan bawa yg baru pesan?? Yg jls resi dan tgl ga mrk liat hny ukuran dimensi yg mrk bawa

    • 18 Agustus 2023 - (15:04 WIB)
      Permalink

      J&T emg lagi bnr2 kacau! Mentang2 dapet tender dr shopee (pengembalian gratis hanya lewat J&T) tambahin dong SDM nya

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pesanan Sudah Sampai ke Pembeli, Transaksi Penjualan Malah Dibatalkan …

oleh agus susanto dibaca dalam: 1 menit
30