Belum Ada Jawaban Jelas atas Pengaduan Akun yang Diretas dan Penipuan Mengatasnamakan Shopee

Pada tanggal 9 Agustus 2023, saya mendapatkan telepon yang mengatasnamakan pihak Shopee. Pertama kali mereka mengonfirmasi adanya tagihan di ShopeePayLater sebesar 80 ribu rupiah, walaupun sebenarnya tagihan tersebut belum jatuh tempo.

Ternyata pelaku sudah berhasil meretas akun Shopee saya, karena mereka sudah mengetahui seluruh data dalam akun Shopee saya. Selain itu, ponsel saya juga diretas.

Setelah hp saya bisa menyala kembali, saya mengunduh aplikasi Shopee lagi, alhamdulillah, akun saya yang kena hack bisa dibuka kembali, akun saya belum berganti password oleh pelaku. Saya segera memeriksa ShopeePayLater dan menemukan tagihan sebesar lebih dari 5 juta rupiah yang jatuh tempo pada tanggal 25 Agustus 2023.

Malamnya, saya segera mengadukan masalah ini ke Customer Service Shopee. Namun, jawaban yang saya terima adalah “Tunggu 1-3 hari kerja, kami sedang memeriksa masalah ini dengan tim kami.”

Saya sudah beberapa kali bertanya kepada Customer Service Shopee mengenai perkembangan masalah ini, karena sebagai korban, saya merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Customer Service Shopee selalu memberi jawaban “Tunggu sampai 3 hari kerja, tim saya sedang mengecek masalah, Kakak.”

Saya sebagai korban ingin mengetahui kejelasan atas masalah ini.

Pihak shopee memberi jawaban tidak jelas atau tidak lengkap

Saya minta keringanan atau penjelasan apakah saya harus membayar sepenuhnya atas penipuan Shopee atau saya tidak perlu membayar sepenuhnya. Namun, pihak Shopee memberi jawaban yang tidak jelas saat memberikan respons tersebut. Saya membutuhkan jawaban yang jelas. Jika saya harus membayar, saya sebagai korban meminta keringanan atas penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

Saya sudah mengirim beberapa chat ke pihak Shopee, tetapi mereka memberi jawaban yang kurang jelas. Saya mencoba mengirim chat lagi, tetapi tidak ada tanggapan dari pihak Shopee. Sebagai korban, saya meminta kejelasan dari pihak Shopee atas masalah tersebut.

Regina Surya Saputri
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Belum Ada Jawaban Jelas atas Pengaduan Akun yang Diretas dan Penipuan Mengatasnamakan Shopee

    • 24 Agustus 2023 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Shoppe tidak semudah itu kawan..
      Ganti device yang ada spaylaternya itu harus verifikasi muka ulang, ditambah ada setting riwayat device yang harus di kasih permit 😀

      9
      1
      • 28 Agustus 2023 - (11:08 WIB)
        Permalink

        JANGAN ANGKAT TELEPON SEMBARANGAN, apalagi itu nomer awalnya aja udah +1. kalau sy selalu cek dulu nomer tidak dikenal pake get contact. kalau sdra / teman yg telpon dia pasti kirim pesan kalau memang betul ada perlu.

  • 24 Agustus 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    KELALAIAN ANDA SENDIRI SUDAH JELAS ITU NOMOR +1 MASIH AJA DI ANGKAT , PASTI ANDA SUDAH MEMBERI OTP KE PENIPU BIAR MEREKA BISA MENGGUNAKAN AKUN PAYLATER ANDA , DENGAN KATA LAIN TETEP INI KELALAIAN ANDA KARENA SUDAH MEMBUKA CELAH BAGI PENIPU UNTUK MASUK KE AKUN ANDA , SEKALI LAGI ” KELALAIAN ANDA “

    15
    2
  • 24 Agustus 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Adek Regina kelas berapa? Jangan main pinjol dulu ya. Rajin-rajinlah belajar dan banyak membaca supaya cepat pintar.

    8
    1
  • 24 Agustus 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Fix Kesalahan sendiri ini. Jangan pernah Respon Nomer tidak dikenal yg ngaku² CS/DC apalah. Dilihat dari nomer +1 aja itu sudah kelihatan penipuannya, gak mungkin gak ngasih data/otp kalo kebobolan, pasti klik link/angkat telp dll.

    8
    1
    • 25 Agustus 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Untung2an boss, penipu coba2 ngaku dr shopee, kl kebeneran nomor yg di tlp pelanggan ahooee ya udah coba2 dirayu, diiming2…. saya aja bnyk terima sms dr yg ngaku org BNI, pdhal ga oernah jd nasabah BNI… Sampe sini paham ya?

    • 25 Agustus 2023 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Aduhh, udah tau nomor telp indonesia itu +62 itu dari nomor ngak jelas di angkat dan di ladeni, ya pasti penipuanlah, jujur saja jika anda sudah share otp dll

    • 25 Agustus 2023 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Banyak sekali yang menari dipenderitaan orang lain, apakah kalian merupakan grup pelaku kecurangan ? Orang minta solusi malah dibully, inikah tanda kebangkitan kaum Dajjal ?

      • 25 Agustus 2023 - (12:46 WIB)
        Permalink

        Karena penderitaannya diperoleh dari kesalahannya sendiri. Setiap orang pasti terhibur melihat kondisi seperti itu. Contoh orang jatuh karena ugal-ugalan, orang kecelakaan karena melawan arus, orang ketipu karena kebodohannya padahal langkah2 preventif sudah viral.

        1
        1
      • 25 Agustus 2023 - (23:30 WIB)
        Permalink

        Bahaya nya smartphone kalo tidak di imbangi oleh user nya, info2 penting semacam media konsumen dll hanya di pakai di saat ada masalah, tidak ada kewaspadaan dan proteksi diri untuk mengimbangi teknologi.

  • 24 Agustus 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Sebelum terjadinya penipuan, Itu penipu dapat DATA darimana ya??? Dari SHOPEE atau dari Hp sikorban??? Ada ygbisa menjelaskan???

    3
    2
    • 24 Agustus 2023 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Perlu diketahui, banyak orang menggunakan username dan password yg sama dalam berbagai macam akun, baik itu medsos ataupun marketplace, alasanya biar mudah diingat. Kebocoran data yg pernah terjadi Marketplace ada di tokopedia dan bukalapak, bisa jadi dia dapatkan dr data yg bocor itu, semua data diri kecuali password krn itu di enkripsi.

  • 24 Agustus 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    korban seperti spam,apk undangan,gesek²n tunai, susah yaa dapat keringanan bahkan ga mungkin gratis pembayaran. kasus shopee ini banyak bener ribuan terkait penipuan shopee. kasus seperti ini susah terlacak dan klo pun tertangkap ga bakal balik juga uang nya, seperti kasus yg sudah². cth. nasabah yg kehilangan uang 1m di mbanking modus apk undangan, terakhir salah satu petinggi polri korban apk undangan itu juga belum ada hasil. bahkan banyak seller yg kena tipu dengan taksiran 10jt keatas tidak kembali utuh melainkan 10x ongkir, saya pun sedih,miris, sekaligus meringis melihat aturan 10x ongkir, syarat dan ketentuan yang inti nya lepas tangan. bahkan banyak yang mengadukan via mk, tidak ada satupun yang di balas pihak shopee. mudah²n shopee membaca dan memberikan solusi.

  • 24 Agustus 2023 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Coba bayangkan semua pelanggan spleter berdalih seperti anda untuk menghindari tagihan dengan menyangkal transaksi itu bukan anda yang melakukan.

    2
    1
    • 25 Agustus 2023 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Ada apa lagi nih warga +62 ,adehh hari gini masih koar² kena tipu dihack lah apalah,..dunia tipu² lagi aja lah

  • 24 Agustus 2023 - (20:51 WIB)
    Permalink

    HP korban teretas sampai korban harus instal lagi aplikasi shopeenya. Pasti korban buka pdf yg diberikan si penipu. Padahal banyak konten di medsos yg bilang jangan klik file pdf ga jelas di wa karna hp bisa teretas. Klao udah begini ya mau ga mau tanggung sendiri.
    Pihak sopee juga harusnya mudah melakukan follow up, ini kan transaksi ke merchant, langsung aja followup ke merchantnya. Kecuali shopee juga ga peduli sama customernya yg tertipu.
    Saran saya kalo udah ga dipeduliin shopee terkait kasusnya, sekalian ga usah bayar

    2
    1
  • 25 Agustus 2023 - (04:44 WIB)
    Permalink

    sebenarnya untuk kasus² di shopee, ini uang nya bisa balik, shopee punya sistem klik “pesanan diterima” perlu waktu 4 jam. jika segera diblokir tentu uang nya tdk langsung cair, dan masih di rek.shopee berbeda dengan transfer uang pada mbanking, tanpa jeda. klo pun uang nya sudah cair di tangan seller, shopee punya akses untuk menahan dana seller dan memblokir toko nya, jika masih apes juga shopee masih punya akses ke identitas seller, karena daftar jadi seller perlu ektp dan verifikasi muka. itu mempermudah penangkapan penipunya. yang jadi pertanyaan selama ini shopee tidak menindak lanjuti ke polisi, ada apa ?
    cuma blokir akun penipu tanpa tindak lanjut, ini jadi peluang buat penipu tinggal bikin akun seller baru, dapet korban larikan ke shopee toh tidak di proses ke polisi, nanti bikin akun baru lagi.

    1
    1
  • 25 Agustus 2023 - (07:31 WIB)
    Permalink

    SUDAH JELAS KELALAIAN ANDA BUKAN KELALAIAN PIHAK SHOPEE DAN PASTI ANDA TETAP DISURUH BAYAR ITU TAGIHAN , SEPERTI KEJADIAN TEMAN SAYA DIMANA DITELEPON OLEH PENIPU DAN TETAP DISURUH BAYAR TAGIHAN YANG SUDAH ADA , KARENA INI FAKTOR KELALAIAN 🫡

  • 25 Agustus 2023 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Sy jg pernah ni hampir ketipu model beginian alhamdulillah msh selamat, pas dia minta kode otp ada sms masuk yg berisi kode otp tp ada tulisan dimassagenya “ada yg ingin membuka akun anda”, alhamdulillah langsung sadar dan ga jd ngasih kodenya deh, dan nomor yg telp itu ya nomor² yg dpnnya +1 (5…), tp herannya org itu tau aja pesenan sy di shopee, dpt data drmn coba itu?

    • 25 Agustus 2023 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Zaman sekarang data bisa di perjual belikan oleh oknum, maka dari itu user smartphone harus smartUser biar imbang dan juga harus serba waspada.

  • 25 Agustus 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya hal pertama yang di retas adalah akal sehat anda, kemudian setelah akses ke isi kepala anda sudah di retas maka si pelaku dengan leluasa melakukan aksi penipuan, alhasil smartphone tidak di imbangi dengan smartUser. Semoga menjadi pelajaran yang sangat berharga.

 Apa Komentar Anda?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Belum Ada Jawaban Jelas atas Pengaduan Akun yang Diretas dan Penipuan …

oleh Regina dibaca dalam: 1 menit
31