Pelayanan yang Sangat Buruk dari XL Axiata kepada Nasabah Prioritas

Saya sudah berlangganan XL Prioritas paket termahal, yaitu Diamond, selama lebih dari setahun. Bahkan bukan hanya untuk itu saja, saya juga berlangganan international roaming selama setahun. Paket Diamond bisa dibilang tidak murah, tapi karena saya selalu berada di luar negeri, maka itu cukup membantu.

Namun, setelah XL menghilangkan paket roaming untuk tahunan, membuat saya tidak terlalu menggunakan paket tersebut. Bayangkan saja, saya membayar 350 ribu rupiah sebulan. Maka dari itu, saya meminta agar diubah ke prabayar, karena saya juga berada di luar negeri dan tidak pernah menggunakan paket tersebut. Tetapi dari customer service (CS), setelah sangat susah menghubungi layanan live chat mereka dan selalu terputus, dan ketika terputus, saya harus memulai dari awal.

Diperparahnya lagi dengan verifikasi yang sangat ribet, dengan 10 pertanyaan yang jawabannya memakan waktu. Bahkan ketika obrolan berlangsung lama, chat bisa terputus dan saya harus memulai ulang. Bayangkan saja, bisa 1-2 jam menghubungi layanan live chat CS.

Saya berada di luar negeri dan cara ini adalah satu-satunya yang bisa saya lakukan. Tetapi dengan aturan yang aneh, mereka mengatakan bahwa tidak bisa beralih ke prabayar, harus ditutup. Mereka menawarkan untuk downgrade, tetapi juga downgrade ke paket termurah tidak bisa langsung, harus satu per satu: Diamond > Platinum > Gold > Silver. Sungguh, saya sangat dipersulit ya 😊.

Ditambah lagi, waktu menunggu untuk terhubung ke layanan CS sangat lama dan sering terputus, serta seenaknya sendiri. Singkat kata, karena saya masih memiliki saldo yang cukup besar, lebih dari 900 ribu rupiah, saya memutuskan untuk downgrade. Uang saya bisa hangus karena saya mengisi ulang akun saya. Setelah saya mengisi formulir untuk ini dan itu, dan berhubungan dengan CS beberapa hari kemudian, saya akhirnya bisa downgrade ke Platinum.

Yang lebih buruknya, setelah sebulan saya melakukan permintaan dan memulai dari awal lagi, saya harus menghubungi CS untuk verifikasi yang lama, chat sering terputus, dan juga prosedur yang ribet, padahal saya hanya meminta formulir untuk mengisi.

Dan pada akhirnya, saya dihubungi oleh petugas dan dia meminta saya untuk mengirimkan foto selfie, KTP, tanda tangan, dan juga kartu saya. Namun, setelah saya mengirimkan semua itu, sudah satu minggu tidak ada balasan. Di chat juga, hanya terdapat satu tanda centang, sepertinya mereka sengaja mempersulit saya.

Bahkan ketika saya bertanya tentang perkembangan kasus saya, mereka kembali meminta verifikasi yang sangat rumit, sepuluh pertanyaan lagi, dan semuanya ribet. Setelah itu, saat berbicara dengan CS melalui live chat, bukannya memeriksa perkembangan saya, malah langsung mengirim pesan otomatis yang intinya menyuruh saya pergi ke XL Center dan menutup obrolan. Tanpa memberi saya kesempatan untuk mengatakan bahwa saya sudah hampir setahun tidak berada di Indonesia.

Sungguh, pelayanan yang diberikan oleh XL sangat merugikan pelanggan, terutama saya yang telah berlangganan paket Diamond lebih dari setahun dan juga paket roaming yang saya beli senilai lebih dari 3 juta rupiah. Namun, pelayanan yang diberikan kepada saya sangat buruk dan merugikan pelanggan. Saya meminta penjelasan dari pihak XL segera, agar mereka tidak sewenang-wenang.

Terima kasih.

Addam Farizi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pelayanan yang Sangat Buruk dari XL Axiata kepada Nasabah Prioritas”

Jakarta, 3 Oktober 2023 Ref.CM/CU/E/005/0123/SS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Addam Farizi melalui...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pelayanan yang Sangat Buruk dari XL Axiata kepada Nasabah Prioritas

  • 19 September 2023 - (02:31 WIB)
    Permalink

    Layanan chat di aplikasi my XL sih useless, customer service nya kebanyakan tidur. Selalu mesin yg jawab.

    • 19 September 2023 - (02:41 WIB)
      Permalink

      Si merah jauh lebih bagus untuk cs nya. Si biru ampun ribetnya!! Untuk chat di aplikasi juga depressing suka keputus, que nya lama bgt, disuruh tunggu terus tiba tiba mereka nanya apakah kita masih disana langsung diputus. Si kuning juga paling ancur servisnya

    • 30 September 2023 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal serupa. Susah bgtttt buat menghubungi CS XL dan saya telpon ke 817 ikuti langkah” nya ehhh malah mesin penjawab otomatis saya nunggu 10 menit lebih juga ga terhubung hubung, pas saya hubungi ke live chat nya bales nya Ampe Berjam jam, nah dari situ makanya saya hengkak dari XL saya lebih memilih TELKOMSEL, soal masalah harga saya ga masalah mau mahal sekalipun,yang penting di saat kita darurat,disaat kita denting itu pelayanan selalu ada dan ontime, meskipun TELKOMSEL lebih mahal,kuota boros dan cepet abis, jujur pelayanan dan attitude CS Telkomsel itu lebih lebih tanggap dan fast respon, ini fakta loh ya

    • 20 Februari 2024 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga pelanggan XL prioritas upfront . . . Aplikasi MyXL sslalu error setiap kali perpanjang paket selalu bermasalah, bayangkan aja beli paket saja bermasalah apalagi komplain, intinya sangat mengecewakan dan merugikan pelanggan dan sepertinya tidak ada perbaikan dari pihak XL

  • 30 September 2023 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Bener banget saya dari paket diamond kan mau migrasi ke prabayar gak bisa mau downgrade ribet harus satu persatu perbulan itunjuga ribet dan berjam jam, satu cs jawaban berbeda beda mau tutup ada deposit 700 ribuan dan terakhir maj tahu apa, dibilangnya nik saya dibilang gak sesuai di data mereka, parah bgt kan 😅😅 indosat juga gak cs gak sinyal nya. Emang telkomsel yg the best deh walau harga agak mahalan tp gak perlu keluar urat hadepin cs mereka

 Apa Komentar Anda mengenai XL Prioritas?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pelayanan yang Sangat Buruk dari XL Axiata kepada Nasabah Prioritas

oleh Addam dibaca dalam: 2 menit
5