Kecewa dengan Proses Migrasi Halo Telkomsel kembali ke Prabayar

Sebelum saya memposting pengalaman ini di Media Konsumen, saya telah menghubungi tim Customer Service Telkomsel pada Kamis sore, tanggal 7 September 2023. Kasus ini bermula ketika istri saya (a.n. Nurhalimah, yang menggunakan nomor 0822721***54), mencoba melakukan migrasi dari Kartu Halo kembali menjadi prabayar secara online melalui GraPARI Online. Kami telah membayar tagihan bulan lalu dan bulan berjalan pada hari Minggu sore, tanggal 3 September 2023.

Namun setelah proses migrasi didaftarkan, kami menemui kendala. Di keterangan yang muncul di situs web saat kami memeriksa progres migrasi, disebutkan bahwa kami diminta untuk menunggu selama 3×24 jam. Sayangnya, hingga hari Jumat, yang berarti sudah 5×24 jam berlalu, masalah tersebut belum kunjung terselesaikan. Ini menyebabkan kesulitan bagi istri saya, yang tidak dapat menggunakan smartphone-nya untuk menghubungi pelanggan atau siapa pun yang terkait dengan pekerjaannya.

Situasi ini mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan, karena jadwal kerja istri saya menjadi berantakan dan terjadi kesalahan komunikasi dengan beberapa pelanggan. Dia hanya dapat menggunakan nomor telepon untuk menerima panggilan, tetapi tidak dapat mengakses internet melalui jaringan seluler.

Kami merasa sangat kecewa dengan respons yang lambat dan kurangnya upaya dari pihak Telkomsel dalam menangani masalah sepele ini, terutama karena migrasi ini adalah layanan yang disediakan oleh Telkomsel kepada pelanggannya.

Indra Lesmana
Deli Serdang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa dengan Proses Migrasi Halo Telkomsel Kembali ke Prabayar”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 11 September 2023 oleh Bapak Indra Lesmana dan Ibu Nurhalimah mengenai Kecewa...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Migrasi Halo Telkomsel kembali ke Prabayar

  • 12 September 2023 - (00:53 WIB)
    Permalink

    Saya tidak menyangsikan pengaduan bung Indra. Karna saya sendiripun mengalaminya hanya lain permasalahan. Memang penganan benar-benar lambat. Beeeenar-benar sangat lambat dan berbelit seolah sebagai user saya dipermainkan oleh system serta layanan dan pelayanan telkomsel. Bayangkan, dalam dua minggu saya mengalami tiga permasalahan berbeda secara berkala. Dan penyelesaiannya sampai 1 bulan kemudian, itupun hanya 1 kasus yaitu pembelian nomor perdana. Padahal pembayaran cash yang jelas sudah DITELAN duluan oleh telkomsel. Karna telkomsel tidak akan mengambil resiko menyediakan system COD. Tapi saya harus terkatung lama menunggu pesanan tiba, yang padahal lewat email diberitahukan bahwa pesanan siap dikirim ke alamat. Penipu, bukan! Itupun pesanan kedua setelah pesanan yang pertama kacau tidak kunjung terselesaikan. Andalan CS pasti, “akan disampaikan ke pihak yang terkait agar segera mendapat penanganan”. Selalu dan selalu seperti itu baik melalui telepon, DM twitter, messenger atau media apapun yang disediakan termasuk email. Itu baru satu kasus. Yang lain menguap begitu saja. Jauh sebelum itu, setahun yang lalu, sayapun menyampaikan keinginan utuk migrasi kembali ke prabayar setelah sebelumnya saya DIRAYU untuk bermigrasi ke halo. Tapi S&K yang berlaku berbelit tak semudah ketika saya diiming imingi untuk pindah ke halo yang hanya sekali sulap tak sampai 1 jam sudah beres. Saya kesal sekali. Sekarang ini tagihan berjalan saya 122,000an tapi saya tangguhkan sampai batas waktunya yaitu tanggal 20 tiap bulannya. Kalaupun mau dihanguskan silakan saya tidak peduli. Benar-benar mengecewakan kwalitas layanan baik system ataupun pelayanannya. Boleh ditampilkan nomor saya barangkali pihak terkait membaca tanggapan saya karna saya tidak sekedar mengiyakan pengaduan di atas, melainkan saya sendiri mengalami kasus yang lebih parah. 0853138195**. e-mail arilovers@gmail.com jika telkomsel ingin melihat track recordnya. Salam kecewa untuk telkomsel.

    3
    1
    • 12 September 2023 - (07:51 WIB)
      Permalink

      Ya terimakasih dan turut sedih atas masalah yg anda alami, btw setelah saya buat pengaduan di MK ini masalah langsung selesai. Terimakasih media konsumen.

      2
      1
    • 12 September 2023 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Terimakasih dan turut prihatin atas masalah yg anda alami, terimakasih juga atas media konsumen kini masalah kami telah selesai ditangani oleh Telkomsel.

      1
      1
    • 12 September 2023 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Syukurlah kalau masalahnya sudah teratasi. Kini sepertinya ada kasus baru, yaitu paket internet dari kartu yang saya pesan akan berakhir tanggal 13 september 2023 yang berarti besok. Padahal ketika masih dalam proses pemesanan, dari semua type paket yang menyertai pembelian kartu perdana jelas tertera masa aktif 30 hari semenjak aktivasi paket. Sedangkan kartu baru saya pakai 16 hari. Nah! Apa lagi ini?

  • 12 September 2023 - (05:27 WIB)
    Permalink

    Diluar masalah pengaduan ke telkomsel, harusnya alasannya karna lambat saja penanganan, bukan karna tidak bisa akses internet akhirnya pekerjaan kacau, kan bisa pakai akses internet di sim 2, tinggal beli paket data.

    2
    4
    • 12 September 2023 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Tidak semua orang nyaman menggunakan 2 kartu, apalagi jika satu slot kartu sudah dipakai buat Memori card.

      1
      3
  • 12 September 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    sy malah baru tau bisa pindah lg ke prabayar. biasanya mudah ke pascabayar, tp tidak bisa ke prabayar. kalo bisapun sangat dipersulit, dan byk syaratnya setau saya, misal pemakaian pascabayar harus minimal setahun, dan sebagainya

    1
    1
  • 12 September 2023 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Minggu lalu saya berhasil migrasi dari Halo ke Prabayar, lebih kurang 24 jam kartu tidak bisa digunakan sama sekali.
    Alhamdulillah tanpa kendala, saya migrasi dgn layanan vidio call di link yang dikirim ke email pribadi saya.
    Namun ada satu kendala lagi, ternyata NIK saya dan keluarga semuanya digunakan oleh orang lain, sudah beberapa hari mengadu ke Telkomsel belum terselesaikan.

    1
    1
  • 12 September 2023 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Baru tau bisa pindah lg ke prabayar.. Dlu waktu ditawarin pindah ke pascabayar sih di warning kalo kartu gk bisa lagi ke prabayar , bisa nya malah non aktif trus ganti lagi nomer perdana.
    Kebetulan pngen nih pindah lg ke prabayar

    1
    1
    • 12 September 2023 - (15:34 WIB)
      Permalink

      Kalo saya tidak sempat membahas tentang migrasi kembali ke prabayar, karna ketika saya dilobi untuk mencoba kartu halo yang tampak hanya keuntungan yang lebih daripada prabayar. Ternyata dalam perjalanannya saya merasa terjebak. Bukan hanya karna systemnya yang ternyata kurang nyaman bagi saya, tapi lebih karna sulitnya proses untuk kembali ke prabayar yang tidak semudah ketika saya dirayu untuk berpindah ke halo. Dari situ saya mulai merasa muak dengan system dan prosedur pelayanan telkomsel.

  • 12 September 2023 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Saya coba lihat menu di grapari online, ternyata yg bisa pindah ke prabayar hanya nomer tertentu saja:
    -tdk berawalan 0811
    -bukan pelanggan yg migrasi dr prabayar
    -pengguna baru Halo yg sudah bayar tagihan pertama dan sampai dgn maksimal 6 bulan.
    Dan bla bla bla syarat lainnya.
    Kesimpulannya nomer sya gk bisa ganti ke prabayar..

    1
    1
    • 12 September 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Seperti ini ketentuan pertamanya,
      1. Nomor tidak berawalan 0811-dan pernah migrasi dari layanan prabayar menjadi layanan pascabayar Telkomsel Halo.”

      Lalu pengertiannya seperti apa? Kalau bukan nomor yang pernah migrasi dari pra ke pasca, berarti maksudnya nomor yang memang halo dari awal. Benar? Nah, kalau memang begitu, coba dicerna kalimat dalam menu grapari online. “KEMBALI ke prabayar”. Nah☝️ kalau dari awalnya halo hendak migrasi ke prabayar, namanya bukan kembali. Iya kan! Intinya SKB tersebut terkesan seolah menjebak.

      1
      1
    • 12 September 2023 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Kasus istri saya dulu awalnya mmg Prabayar om, sehabis tu ditawari migrasi ke Halo, namun krn ternyata tidak ada benefit yg sesuai ekspektasi spt mendapatkan jaringan prioritas (nyatanya sering lelet jg) dan juga dirasa justru makin boros, maka dari itu sudah sejak lama mau balik lagi ke prabayar, tanya2 dulu malah ga bisa, hingga akhirnya tau ada program migrasi kembali ke prabayar dari video di Tiktok lanjut lah dieksekusi

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Migrasi Halo Telkomsel kembali ke Prabayar

oleh Indra dibaca dalam: 1 menit
14