Klaim Asuransi Barang Hilang oleh Ekspedisi di Tokopedia yang Tidak Kunjung Cair

Terima kasih Media Konsumen sudah mau jadi wadah untuk berkeluh kesah.

Sudah hampir sebulan pengurusan klaim asuransi di Aplikasi Tokopedia masih belum kunjung cair, dengan alasan menunggu BAP dari expedisi (dalam hal ini JNT). Ketika ditanya batas waktu, tidak ada jawaban pasti berapa lama BAP dibuat.

Jadi, pada tanggal 16 Agustus customer order barang, INV/20230816/MPL/3405368425, JT1610975215, dan pada 22 Agustus 2023, customer komplain karena barang tidak sampai.

Setelah diinvestigasi pada tanggal 28 Agustus, paket dinyatakan hilang. Tertulis di aplikasi pengajuan klaim sedang diproses maksimum hingga tanggal 29 Agustus 2023, yang mana semua berkas sudah disetujui oleh Tokopedia. Namun, dana klaim masih belum diterima sampai saat ini di pihak saya sebagai seller, atau pun pembeli.

Beberapa kali ditanyakan lewat diskusi tak ada jawaban, sampai akhirnya pembeli dan saya penjual menanyakan ke Tokopedia Care.

Kami diminta untuk tetap berada di diskusi, tapi tidak ada balasan dari Tokopedia.

Dulu klaim asuransi cepat, paling sehari atau 2 hari paling lama. Kenapa sekarang jadi selama ini? Jika kendalanya adalah lama mendapatkan berkas BAP dari JNT, kenapa JNT tidak diberi batas waktu? Misalnya 1×24 jam seperti seller dan pembeli yang diberi batas waktu untuk submit berkas. Jika tidak disubmit, dianggap hangus.

Mohon kebijakan Tokopedia untuk kasus ini. Sudah hampir sebulan dari tanggal 22 Agustus hingga 19 September, dan tidak ada kejelasan sampai kapan digantung seperti ini.

Johan Hendrawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Klaim Asuransi Barang Hilang oleh Ekspedisi di Tokopedia yang Tidak Kunjung Cair

  • 19 September 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Dulu klaim ASURANSI TOKOPEDIA tidak bertele tele, Sekarang lama nya minta ampun. Apa karena Jnt sebagai expedisi yang lama memberikan BAP?
    Harus nya diberi batas waktu untuk BAP, misal 3x24jam JNT masih beljm memberikan BAP maka asuransi langsung di cairkan,
    Sehingga seller dan buyer tidak perlu nunggu hampir sebulan

    • 18 Oktober 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Jadi akhirnya berapa lama sampai akhirnya kembali pak? Parah sekali ya Tokopedia ternyata. Kemarin saya sih sempat mengirim barang 8 jt an tapi karena tanpa asuransi, hanya diganti 1 jt. Sekarang mau nyalain asuransi tapi kalau udah baca2 seperti ini kok malah lebih ribet.

  • 19 September 2023 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Lagi” tokopedia dan kurirnya, makin kesini makin gak karuan, saya mengalami hal yang sama, untungnya pengajuan klaim sudah tinggal nunggu dana pengembalian, beneran enggak 2X24 jam cair ..

    • 20 September 2023 - (17:46 WIB)
      Permalink

      Pak Mohammad, izinkan saya bertanya ya.

      Saya mengalami kejadian barang rusak dan akhirnya solusi yang disepakati adalah pengembalian barang dan dana. Saya sudah mengirimkan barang ke pihak asuransi dan status klaim di aplikasi adalah sampai ke point 4 yaitu “Pengajuan Klaim Selesai”. Apakah klaim Bapak dalam point yang sama?

      • 20 September 2023 - (20:42 WIB)
        Permalink

        Kayaknya bapak salah nangkep.
        Kami disini barang hilang oleh expedisi, ini bisa di klaim ke asuransi jika buyer bayar asuransi.

        Klo bapak menyetujui pengembalian barang dan dana, berarti barang yang di terima rusak / salah, dan bapak setuju si customer kirim balik barsng ke seller. Dan dana seller nanti akan di potong barang yang rusak tersebut.

  • 20 September 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Kenapa tokped ga buat estimasi ke pihak ekspedisi nya aja ya,biar bap ga di gantung begitu aja, kejadian nya pun sama kaya begini sudah 1 bulan lebih maslaah saya cuman mutar” di BAP

  • 21 September 2023 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Makin tua usia tokped jd perusahaan goto makin gak jelas system’ klaim asuransi saya aja sbg pembeli klaim pengganti an brg retur prosesor core i5 yg rusak ke seller uang ongkir pengembalian brg blm diganti2 wlu klaim telah disetujui sampe bosen chat tokped,

    Sudah biaya pembayaran lebih tinggi dr lapak lain transaksi pembayaran makin gede cas yg dikenakan makin besar 2000, tp pelayanan kalau ada klaim asuransi brg retur atau hilang skg tokped bertele-tele…..

    Inget woy tokped kurir skg pada nakal baik itu kurir perusahaan expedisi besar JNE, j&t maupun ekspedisi kecil sicepat,anteraja, gak bisa lihat paket konsumen yg ISI nya brg mahal langsung embat laporan hilang kalau gak brg dikirim tp yg Nerima entah siapa baik foto penerima pun gak jelas….

  • 21 September 2023 - (15:05 WIB)
    Permalink

    SALAH toped juga monopoly asuransi kurir mikirnya hilang nanti juga diganti asuransi,, skarang banyak yg hilang asuransi kelabakan nunggu DANA terkumpul dulu baru diganti bergiliran makanya lama. coba kasih opsi asuransi dr kurir biar hilang dia yg nanggung.

  • 20 Desember 2023 - (05:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah 3 bulan proses investigasi brg hilang, asuransi yg wajib sy bayarkan jg tdk berguna sampai saat ini. Customer service sicepat sebagi kurir sdh menyatakan barang hilang. Status di komplain menunggu proses Bap kurir, sy sdh menghubngi cust service sicepat dan tokopedia care, msh blm ada kejelasan n kepastian kpn bap slesai n kpn refund. Sy dan penjual sdh menanyakan via diskusi dan tokopedia care, ttp tdk ada kejelasan n kepastian kpn proses bap slesai.

 Apa Komentar Anda mengenai jualan di Tokopedia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Barang Hilang oleh Ekspedisi di Tokopedia yang Tidak Ku…

oleh Johan dibaca dalam: 1 menit
9