Cashback Tidak Masuk CS Tokopedia Malah Menyarankan Beli di Toko Lain

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat saya.

Pada tanggal 10 Oktober, Tokopedia mengadakan Event 10.10 dan memberikan beberapa program cashback GoPay point. Saya tertarik dan melakukan beberapa pesanan:

  • Pesanan INV/20231010/MPL/3501331041 produk pakan kucing selesai tanggal 12, cashback masuk jam 13.59.
  • Pesanan INV/20231010/MPL/3501375903 di supermarket terdekat via GoSend selesai di hari yang sama, cashback masuk jam 10.11.
  • Pesanan INV/20231010/MPL/3502326085 memesan 2 buah ponsel selesai tanggal 11 jam 10.07, namun cashback dibatalkan dengan alasan pelanggaran.

Saya mengajukan komplain melalui Tokopedia Care untuk menanyakan pelanggaran apa dan meminta buktinya berulang kali. Namun CS tidak bisa menyebutkan bukti pelanggaran yang dimaksud, dan CS hanya mengatakan, “Kami sarankan transaksi di toko lain…” What!?

Dari chat itu mengindikasikan bahwa pelanggaran ada di toko tempat saya membeli terakhir, karena pesanan saya sebelumnya di event yang sama tidak ada kendala.

Hingga laporan saya dipaksa ditutup, dan saya buat laporan ulang, ditutup lagi. CS Tokopedia cuma berkelit pengecekan sistem tanpa bisa menunjukkan pelanggaran yang saya lakukan.

Saya masih memiliki produk yang saya pesan dan video unboxing, namun sama sekali tidak ditanyakan sebagai bukti.

Saya harap Tokopedia bisa melakukan pengecekan manual dan tidak hanya bersembunyi di balik sistem, karena tidak ada sistem yang sempurna. Ketidakadilan seperti ini merusak kepercayaan saya kepada Tokopedia, sebagian marketplace pilihan saya untuk membeli barang.

Wahyu Tri Sulistiyo
Sidorejo, Madiun

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Cashback Tidak Masuk CS Tokopedia Malah Menyarankan Beli di Toko Lain

  • 13 Oktober 2023 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Waduh, kl promo2 ginian emang sering masalah sangking banyaknya yg beli biasa marketplace pake sistem dengan kriteria tertentu. ada yg akun platinumnya keblokir gara2 ikutan event war… dan toped ga mau tau. kl ga salah inget jg pernah dilaporin ke sini ga tau ada kelanjutannya ga…

    sistem ya kaya gitu… bikin bete! yg paling parah apabila toko dan tempat anda memesan berdekatan (kena tag geolocation) pernah saya promosikan toko online saya di toko offline saya pada pelanggan lama, tapi bukannya berhasil malah berkali2 gagal oleh sistem. bahkan voucher cashback ikutan hangus.

    mohon maaf sebelumnya tapi dengan berat hati saya mengucapkan selamat, anda merupakan salah satu dari sekian banyak yg kena prank tokopedia di event war dan 10.10

    3
    2
  • 13 Oktober 2023 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Saya kebetulan pake vouchernya masing2 2 voucher (klaim tgl 1-9 dan khusus 10.10) dan cair semua :
    100% up 20ribu
    100% up 50ribu
    50% up 100ribu

    Si Ijo ini salah satu e-commerce paling sensitif di Dunia.Semisal anda dan teman/keluarga lagi akses di ijo dgn jaringan wifi yg sama,bisa dianggap 1 identitas meski ini itu beda semua.Waktu itu juga pernah dapat voucher diskon 30rb,tetangga saya yg jaraknya 10 meter dapat juga vouchernya.Dia pake duluan,dan ketika saya pake vouchernya langsung dibatalkan sistem.Kita sudah beda segala macam,bahkan alamatpun kita beda meski 1 RT.Saya dianggap melanggar kesamaan identitas dgn orang lain.Yup kita pernah pake jaringan wifi yg sama.

    Tanggal 25 Oktober nanti ada lagi vouchernya.Kalo sudah pernah kena teguran si Ijo,kemungkinan bakal kena teguran lagi.

    2
    4
    • 14 Oktober 2023 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Buat voucher diskon Komplain aja gan, saya juga pernah dongkol selama 2 bulan itu transaksi dibatalkan, padahal orang rumah gak ada yang make.

      1
      1
  • 14 Oktober 2023 - (03:25 WIB)
    Permalink

    sama saya juga di prank sama tokped ini. mending di orange dan blibli jelas. di prank terus terusan padahal tidak melanggar satupun s&k nya

    1
    1
    • 14 Oktober 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Emg event war ini masalah banget sistem nya.sya dibatalakn suruh tgu2 penyelesaian nya.disuruh tgu notif gak masuk2.skali dikasih di chat cs nya mau digunain saat itu juga dah expired berberpa hari yang lalu.ap gak lawak.alsesan dah kirim ke email padahal akun sya gak ketaut email apapun.jd kirim ke email mana.giliran dikasih konpensasi gak sesuai dan disuruh tgu lewat email lagi kan lawak lagi.dahbtau email gak ketaut.

  • 14 Oktober 2023 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Toped ini bener² lawak, lebih lawak daripada bukalawak. Sok ngasih promo, tapi seenaknya nuduh pelanggaran. Ini voucher cuma pancingan Keknya gara² jarang ada yang belanja di toped & toped gaada pemasukan, jadi ya dibuat beginilah

    • 15 Oktober 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Karena khawatir mencemarkan nama toko bisa ga laku entar, kalau Anda penasaran ini fake order bukan jawabannya bukan, ini saya real order.

      • 16 Oktober 2023 - (06:32 WIB)
        Permalink

        Banyak sekali ba vo t mu. Itu kau gestun!! Wkwkkw toko nya kok di sensor? Bavot mu makai rumus pencemaran nama baik. Perlu ku kasih tau nama toko nya?

    • 15 Oktober 2023 - (20:12 WIB)
      Permalink

      Ini real order, agan ga punya bukti main nuduh aja. Saya malah nantang toped membuktikan malah saya disuruh order toko lain.

      • 16 Oktober 2023 - (06:25 WIB)
        Permalink

        System tokopedia lebih canggih dari cara main anda itu saja kok. Kasus seperti ini bukan kasus baru, jika tokped masih kebobolan berarti IT tokped guo block. Sebaliknya, Jika anda belum berhasil, itu berarti andalah yg *** ***…

        • 16 Oktober 2023 - (08:59 WIB)
          Permalink

          @FERDY Cara main? maksudmu apa? Gini ya jadi toped itu cashback dibatalkan ga semua salah pembeli tapi dalam kasusku di pihak seller ada indikasi pelanggaran dari order2 lain. coba cocokin harga produk yang aku beli itu wajar dr toko lainnya jadi semua yang order di toko dia dibatalkan cashbacknya TIDAK PEDULI itu real order atau fake nah yang terdampak itu SEMUA.

      • 16 Oktober 2023 - (06:34 WIB)
        Permalink

        Wkkwkwkwkwkkwkwwkkwkwkw alibimu. Kwkwkwkwkwkwkkw banyak drama kau Gestun.

        Nama tokonya “SUMBER-HASIL”
        Jual produk yang tidak jelas pembelinya. Kwkwkw

    • 16 Oktober 2023 - (02:02 WIB)
      Permalink

      Rumah madiun, beli online dari Madiun…. Jelas bgt lah dideteksi sebagai penipuan oleh toped, maka dari itu pihak toped nyuruh beli dari toko lain, apalagi transaksi sebelumnya nominal kecil² seperti pakan kucing dan supermarket, lalu tiba² beli hp yg nominal agak gede, jelas toped menduga penipuan, dan menurut peraturan event PIHAK TOPED BERHAK SEWAKTU² MERUBAH KEBIJAKAN EVENT jika dst,baca dong jadi ente mau nuntut apa? Kan rule nya jelas banget toh….
      Klo ga terima bikin aja perusahaan ente sendiri dengan rule terserah ente sendiri

      • 16 Oktober 2023 - (06:44 WIB)
        Permalink

        Kwkwkwkw Gestun yang buat surat ini bang kwkwkwkwkkwkwkwkw Mau sensor tokonya, ketemu itu toko. Nama tokonya “SUMBER-HASIL”

        Asli ada gestun lagi.

        • 16 Oktober 2023 - (07:51 WIB)
          Permalink

          Apa iya ya? itu pembayarannya kalo gak salah (di screenshot) pake Gopay ya. Kalo gestun bukannya untuk Paylater atau CC? atau pake paylater tetap tercantum di invoice sebagai pake Gopay? Mungkin TS bisa konfirmasi komen ini? 🙏

          • 16 Oktober 2023 - (08:45 WIB)
            Permalink

            @YUBI Anda pintar tidak seperti Jack sok tau tapi tol*l, mana ada pakai gopay gestun wkwk

          • 16 Oktober 2023 - (10:27 WIB)
            Permalink

            Gestun itu banyak trik. Kwkwkw Salah satunya pakai Gopay, udah diterangkan Tokopedia itu paling sensitif algoritmanya daripada Marketplace lain. Kwwkkwkw

            Kwkwkwkkwkw tokopedia punya algoritma paling sensitif.

          • 16 Oktober 2023 - (10:38 WIB)
            Permalink

            @Jack,
            Oh begitu. Maklum, saya nggak pernah pakai Paylater atau CC untuk transaksi (selalu Pakai Gopay)
            Yang jadi pertanyaan, gimana caranya gestun pakai Gopay?
            Setahu saya, Gopay kita langsung dipotong waktu pembayaran.
            Artinya pembelian langsung dibayar oleh buyer. Buyernya keluarin duit terlebih dahulu.

            Saya tidak membahas algoritmanya, tapi Gestun pakai Gopay.

          • 16 Oktober 2023 - (10:29 WIB)
            Permalink

            Wkkwkwkwk Gestun banyak trik bambang. Mau kau protes pun tak bakalan bisa. Tokopedia punya algoritma pendeteksi paling sensitif. Kau udah ketahuan kok ba v ot

      • 16 Oktober 2023 - (08:53 WIB)
        Permalink

        @Genshin Itu beda kota, seller kota madiun saya Kabupaten Madiun kirimnya juga pakai J&T. Saya pilih toko dia karena murah setelah saya SORTIR harga se Jawa Timur. Jika semua cashback dibatalkan karena satu kota bukannya aneh, byk pembeli/seller tinggal di jakarta jadi dengan gampangnya toped membatalkan semua cashbacknya gitu??? ya klo toko ada indikasi gestun mana saya tau! saya lihat penjualan di produknya dan ga lihat satu2 produk yg dijual. saya tegaskan sekali lagi saya real order bukan gestun/fake order.

      • 16 Oktober 2023 - (09:15 WIB)
        Permalink

        @Genshin menyambung dibatalkan krn tiba2 beli nominal gede itu salah total dan ga masuk akal, akunku ada pembelian 6 buah hp di bulan terakhir ini dan semua Cashback masuk!! karena apa?? tokonya tidak kena kasus pelanggaran!! jadi alasan nominal gede tiba2 ga masuk akal. Melawan korporasi besar mmg susah meskipun hal yg kamu lakukan benar, krn sekali lagi masalah kekuasaan dan dana. Maka dari itu aku berani menyuarakan hal seperti ini.

  • 16 Oktober 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Kalau balas aja ini. Nama toko yang kau beli “SUMBER-HASIL” pembeli sabotase semua. Kenapa kau sensor nama tokonya? Jawab!!

    • 16 Oktober 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      @Jack kamu buta apa ga bisa baca?! itu udah aku balas diatas. Sabotase semua? Pikiranmu isinya suudzon mulu ya, cek lagi tokonya. nama pembeli beda2 produknya byk/beda2. Percuma aku jelasin ke yg otak dangkal seperti kamu, emosi yg maju tanpa logika

      6
      1
      • 16 Oktober 2023 - (10:38 WIB)
        Permalink

        Wkwkkw Gestun kau. Gestun banyak trik. Salah satunya pakai Gopay. Kwkwkwkwk wkwkwkkwkwkwkwkkwkw Gestun ya

    • 16 Oktober 2023 - (10:38 WIB)
      Permalink

      @Jack Yang aku pakai GOPAY bambang bukan Paylater gimana mau gestun, gopay mah bisa transfer langsung ke Bank EASY hitungan detik ngapain gestun. hadeehh…

      • 16 Oktober 2023 - (10:40 WIB)
        Permalink

        Gestun kau. Gestun itu banyak trik. Pakai Gopay juga trik gestun. Meminta Cashback. Kwkwkwk

        UDAH ku bilang TOKOPEDIA PUNYA Algoritma paling sensitif.

        • 16 Oktober 2023 - (10:46 WIB)
          Permalink

          @Jack Terserah percaya kagak, Yg jelas aku bisa jelasin semua pertanyaan tentang pesananku ini krn mmg ini REAL ORDER. Aku sama sekali ga kenal penjual dan ga ada komunikasi SAMA SEKALI dengan penjual. Titik

  • 17 Oktober 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    saran aja… klo di si ijo misal mau konfirmasi penerimaan pesanan dalam waktu yg berdekatan mending yg CB nya paling gede dlu…biar aman hehehe
    misal nnti yg ke begal yg terakhir yg cb nya gak terlalu gede kan gak sakit2 amat wkwkwk
    atau klo mau aman semua agak di jeda beberapa waktu baru konfirm lg transaksi berikutnya gt

    dengan catatan emg transaksi nya clear yaa ga melanggar s&k…dan baik seller maupun buyer nya ga ngelakuin hal yg aneh2…itu aja sihh

    • 17 Oktober 2023 - (22:11 WIB)
      Permalink

      @Maya Kayaknya tidak pengaruh konfirmasi terima yang mana dulu karena yang pertama aku konfirmasi itu dari Supermarket, kedua pembelian hp, dan terakhir makanan kucing. Yg transaksi kedua(hp) itu cashbacknya dibatalkan tapi yang terakhir(makanan kucing) tetap bisa masuk. Aneh bukan? klo pelanggaran ada di akunku harusnya yang konfirmasi terakhir gagal juga cashbacknya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Cashback Tidak Masuk CS Tokopedia Malah Menyarankan Beli di Toko Lain…

oleh Wahyu dibaca dalam: 1 menit
32