Proses Pengembalian Barang di Lazada Ditutup Sepihak Padahal Barang Belum Terkirim oleh Kurir

Terima kasih kepada Media Konsumen yang bersedia memuat keluhan saya.

Saya salah satu konsumen setia Lazada, telah mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari Lazada. Kejadiannya, pada tanggal 04 Oktober 2023, saya melakukan pembelian satu unit adaptor untuk keyboard Casio SA76 dari penjual JogjaStomboxCustom. Nomor pesanan 1263828604998574 dan nomor resi JZ1017280843, beserta ongkirnya seharga Rp. 146.880.

Setelah tiga hari dari proses pembelian, barang belum juga dikirim. Saat itu, saya mencoba untuk membatalkan, tetapi pembatalan ditolak oleh penjual dan barang tetap dikirim.

Setelah menunggu, pada tanggal 13 Oktober 2023, karena kurir tidak mengantar ke rumah, saya mengambilnya sendiri di drop point Toili. Setelah dilakukan unboxing dan pengetesan, ternyata unit tidak berfungsi. Kemudian saya segera mengajukan retur barang ke penjual.

Tanggal 13 Oktober 2023, pengajuan retur diterima oleh Lazada, saya diarahkan untuk mengembalikan barang melalui kurir Ninja Xpress. Ada dua pilihan pengembalian, dan saya memilih agar barang dijemput oleh kurir dengan waktu penjemputan keesokan harinya, tanggal 14 Oktober 2023. Namun, setelah saya menunggu sampai sore hari, pihak kurir tidak menjemput paket.

Akhirnya, keesokan harinya, tanggal 15 Oktober 2023, saya inisiatif datang ke agen Ninja Xpress dan menyerahkan paket retur. Paket ini diterima oleh salah satu karyawan, yang mengatakan bahwa paket retur akan diserahkan kepada pimpinan untuk segera ditindaklanjuti.

Beberapa hari kemudian, tidak ada pembaruan atau pemberitahuan tentang status paket retur. Karena ada keperluan mendesak lainnya, saya tidak dapat fokus untuk menanyakan kepada agen Ninja Xpress tentang status paket retur saya. Rencananya, besok, tanggal 25 Oktober, saya akan mencoba menghubungi agen kurirnya. Namun, saya sangat terkejut ketika menerima notifikasi dari Lazada bahwa proses retur telah selesai dan pengembalian barang ditutup.

Melalui Media Konsumen ini, saya berharap kepada Lazada untuk membuka kembali proses retur ini dan mengembalikan dana saya. Karena ini bukan kesalahan saya, melainkan murni kesalahan pihak kurir Ninja Xpress, yang tidak menjemput paket retur sesuai kesepakatan dan perjanjian proses retur barang yang tercantum dalam dokumen Lazada.

Selain itu, pihak kurir juga tidak segera memproses paket retur saya, padahal saya telah berinisiatif mengantarkan paket ke kantor agen Ninja Xpress Toili.

Moh. Nasron
Luwuk, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Proses Pengembalian Barang di Lazada Ditutup Sepihak Padahal Barang Belum Terkirim oleh Kurir”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 25 Oktober 2023 berjudul “Proses Pengembalian Barang di Lazada...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Proses Pengembalian Barang di Lazada Ditutup Sepihak Padahal Barang Belum Terkirim oleh Kurir

  • 21 Juni 2024 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Nah ini sama seperti yang saya alami sekarang, karena pihak ekspedisi lex id lazada tidak menjemput, tiba² pengembalian ditutup dan dengan alasan waktu habis. Mohon pihak lazada tindak lanjuti lah

 Apa Komentar Anda mengenai retur di Lazada?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Proses Pengembalian Barang di Lazada Ditutup Sepihak Padahal Barang Be…

oleh Mohammad dibaca dalam: 1 menit
1