Kecewa dengan Sikap Shopee yang Seakan Melindungi Penjual dan Merugikan Pembeli

Saya A. Afandi, salah satu pengguna aplikasi Shopee dengan akun “A. Afandi” sudah lebih dari 5 tahun yang lalu. Transaksi yang saya lakukan juga tidak sedikit di aplikasi Shopee tersebut. Aplikasi Shopee sangat memudahkan untuk transaksi dan berbelanja kebutuhan daripada harus langsung mencari secara langsung barang-barang yang diperlukan, apalagi ditambah dengan fitur Shopee Food.

Ternyata menjadi pelanggan setia tidak menjamin akan mendapat pelayanan yang baik dari pihak Shopee sendiri. Tanggal 22-10-2023 saya melakukan transaksi di toko Pre***** dengan nomor pesanan 231022KUH1MCNN.

Setelah pembayaran, saya langsung mendapat jasa pengiriman SPX Hemat dan ketika ingin mengubah layanan pengiriman, tidak bisa dengan alasan tidak ada ekspedisi yang tersedia. Estimasi paket saya terima pada 27-10-2023.

Setelah 1×24 jam, 2×24 jam, dst., paket masih dikemas dan penjual mengatur jadwal penyerahan barang pada kurir. Karena tidak ada kejelasan pesanan tersebut, saya inisiatif untuk menghubungi penjual, dan respon penjual mengatakan paket sedang dalam antrean untuk dikirimkan.

Keesokan harinya, saya coba konfirmasi apakah paket sudah dikirimkan dan dijawab bahwa paket sudah dikirim. Namun status pada aplikasi Shopee masih stuck dalam status “dikemas”.

Dikarenakan hal ini, saya coba menghubungi CS Shopee melalui pusat bantuan dengan menjelaskan kendala yang saya alami dan mencari win-win solution. Namun respon CS saat itu mengatakan karena paket tidak bermasalah, jadi tidak bisa membantu lebih lanjut, dan disarankan melaporkan pengguna (seller). Padahal saya menghubungi CS Shopee adalah untuk tujuan yang sama, yaitu melaporkan pengguna, namun saya merasa di-pingpong.

Seakan Shopee melindungi seller yang sudah mempermainkan pengguna dengan menginformasikan keterangan palsu bahwa paket sedang dalam antrean dan dikirimkan ke alamat pelanggan. Karena tanggal 27-10-2023, pesanan 231022KUH1MCNN dibatalkan oleh aplikasi dengan alasan penjual gagal mengirimkan pesanan tepat waktu.

Di sini saya merasa tertipu dan dibohongi baik oleh seller dan juga pihak Shopee. Saya pikir ini bukan satu atau dua pelanggan yang mengalami hal yang sama, namun tidak muncul ke permukaan.

Saya berharap pihak Shopee melakukan evaluasi dan tindakan terhadap toko yang tidak amanah serta merugikan pelanggan setia. Saya menunggu iktikad baik dari pihak Shopee.

Terima kasih kepada Media Konsumen sudah memberikan wadah untuk berbagi pengalaman yang tidak mengenakkan ini.

Wassalam,

A. Afandi
Jogjakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Kecewa dengan Sikap Shopee yang Seakan Melindungi Penjual dan Merugikan Pembeli

  • 27 Oktober 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    saya rasa tidak ada yang bisa dilakukan shopee karena semuanya masih dalam koridor dan batas sistem, hukuman yang didapat penjual adalah dapat penalti gagal kirim dan mestinya di surat pembaca ini dicantumkan nama seller secara lengkap agar dapat hukuman sosialnya

  • 27 Oktober 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    ini dah biasa seler terima/tolak order paling dpt poin finalty aja, kecuali dpt flasale dicancel baru buat laporan

  • 27 Oktober 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Wkkwkw Durasi waktu Shopee konyol membuat sistem batal otomatis selama 4 hari. Saya pernah juga kena penjual yang tidak menjual barang atau disebut “Dropshipper”.

    Memang pihak Shopee harus membuat Ketentuan baru, apabila Shopee Mall batas batal maksimal otomatis adalah 4 hari, tetapi kalau Penjual Star, hanya 24 jam. Jika pengajuan pembatalan oleh pembeli haruslah maksimal 3 jam. Jika penjual menolak permintaan batalkan pesanan, dan penjual tidak mengirimkan barang selama 24 jam maka batal otomatis.

    • 28 Oktober 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Enak aja Lo jadi pembeli penjual diberi waktu 24 jam bila tidak mengirim gagal otomatis.Lo gak liat misal kita dapat order banyak diberi waktu segitu ya kita tidak bisa selesai sehari apalagi event tanggal kembar

      • 28 Oktober 2023 - (11:20 WIB)
        Permalink

        Terlalu malas kau menghandle. Buatlah tetanggamu jadi pekerja pengemasanmu. Upah mereka. Beres kan? Jangan jadi dungu. Waktu itu batal otomatis selama 4 hari?

        Atau buat sistem produkmu sehari berapa produk yang harus dikemas. Kau terlalu amatiran

        • 28 Oktober 2023 - (16:26 WIB)
          Permalink

          Sorry aja lah kita udah punya karyawan ya namanya online belanja harus sabar kalau gak sabar beli diofline aja ditanah abang

          • 28 Oktober 2023 - (21:48 WIB)
            Permalink

            Nah tuh ot-ak kau punya karyawan, kok lemot dan punyalah aturan batas penjualan sehari sekian. Ot-ak kau tanah abang.

        • 28 Oktober 2023 - (21:22 WIB)
          Permalink

          Kalau saya baca selama masih sesuai estimasi sistem ngak guna anda mau minta batal, cancel dsb. Kecuali sudah lewat batas waktu, mau anda pelanggan bintang seratuz ya gitu sudah sop nya, sya malah pernah penjual yg indikasi penipu shopee ngak ngapa2in hanya di suruh menunggu sampai batas waktu kirim barang atau cancel otomatis oleh sistem.

          • 28 Oktober 2023 - (21:49 WIB)
            Permalink

            Ada penjual sengaja untuk menghilangkan voucher diskon. Wkwkkw banyak gitu.

  • 28 Oktober 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Seller sudah diberi waktu pengemasan utk mengirimkan paket (menyerahkan paket ke ekspedisi), dan jika tidak terkirim setelah waktu pengemasan berakhir, maka uang akan kembali ke buyer.. tidak ada indikasi menipu dalam kegiatan ini, karena uang dari buyer tidak pernah diberikan ke seller sebelum paket dterima dan diselesaikan..

    Buyer sudah pernah coba beli di OS (Shopee Mall), kenapa tidak pernah ada komplain ke mereka kalau pengirimannya tiba tiba batal hingga batas waktu pengemasan? prosesnya sama lho.. jangan tebang pilih seller… ikuti prosesnya..

    Aturan wajib belanja online itu cuma 1. SABAR… gak sabar, jangan beli online, silakan beli offline

    Lagian, uang juga sudah dikembalikan ke buyer kan?

    • 28 Oktober 2023 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Kasus yang sama, order tanggal 25 Okt dan tadi pagi jam 9 masih status dikemas, kemudian saya putuskan untuk membatalkan order, dan seller pun chat saya bahwa orderan tidak bisa dicancel karena sudah dikirim kemarin katanya, saya cek lagi status baru berubah “dikirim” setelah tidak lama saya ingin cancel orderan. Kesimpulan-nya memang pihak seller yang kurang koordinasi

  • 28 Oktober 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Belanjanya di Tokped kalau mau cepet dikirim, pilihnya Next Day, jangan di shopee pilihnya pake hemat

  • 28 Oktober 2023 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Kenyamanan plus plus tidak bisa didapat dengan paket hemat. Paham ya? Kalau nggak mau lama menunggu, cari seller yang lokasinya satu kota dan punya layanan pengiriman instan pakai driver online. Jangan pakai SPX yang masih saudara ipar dengan hakim, eh, Sopi. Apalagi pakai SPX Hemat yang bikin hipertensi kumat.

  • 1 November 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    jangan ngelak tapi ini termasuk merugikan. Terlebih kalau buyer beli dengan harga promo dan ga dikirim-kiri berujung gagal. Dana memang kembali, tapi merugikan karena dapat harga promo butuh effort juga

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Sikap Shopee yang Seakan Melindungi Penjual dan Merugika…

oleh Anwar Afandi dibaca dalam: 1 menit
15