Tidak Dapat Kode Token Listrik, tapi Ada Tagihan SPaylater

Pada tanggal 31 Oktober 2023, saya melakukan transaksi pembelian token listrik di aplikasi PLN Mobile, menggunakan pembayaran SPaylater. Setelah pembayaran berhasil, tidak berselang lama saya cek email untuk melihat kode STROOM/TOKEN, tapi tidak ada email yang dikirim oleh pihak PLN Mobile.

Kemudian saya cek riwayat transaksi di aplikasi PLN Mobile, ternyata transaksi gagal. Lalu saya cek kembali riwayat pembayaran di Shopee/SPaylater, ternyata transaksi berhasil. Kemudian saya melaporkan kendala pembayaran telah berhasil tapi kode STROOM/TOKEN yang belum dikirim ke PLN, melalui email.

Pihak PLN mengatakan status transaksi sudah kedaluwarsa dan tidak ada pembayaran yang masuk sampai saat ini. Setelah itu saya melaporkan kendala ini ke Shopee dan mereka meminta menunggu email dari Tim Shopee.

Hari ini saya mendapat balasan email yang konyol dari Shopee: “Kami tidak dapat menindaklanjuti pengajuan tersebut, karena kami tidak mendapatkan konfirmasi dari pihak merchant terkait.”

Saya ingin meminta pertanggungjawaban dari pihak Shopee. Maksud Anda, saya harus membayar tagihan SPaylater sedangkan saya tidak mendapatkan kode STROOM/TOKEN Listrik? Pihak Anda yang bekerja sama dengan pihak merchant (PLN Mobile), seharusnya ada solusi atas kendala ini karena Shopee selaku penyedia pembayaran SPaylater.

Paulus Susanto
Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Tidak Dapat Kode Token Listrik, tapi Ada Tagihan SPaylater

  • 4 November 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    transaksi pembelian pkl 00.18.

    bukannya waktu cutoff pembelian token listrik 23.00 – 01.00 ya ?

    mudah2an cepat selesai.

    kalo saya beli token di tokohijau, walau beli pkl 00.00 pembayaran tetap bisa di lanjutkan, hanya token listriknya baru di proses muncul pkl 01.00.

      • 4 November 2023 - (16:32 WIB)
        Permalink

        tapi ni kayaknya memang problem di shopee-nya deh, itu toped aja masih lancar, diproses setelah jam 1.

    • 4 November 2023 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Saya belinya di aplikasi PLN Mobile menggunakan pembayaran SPaylater. Sebelumnya tidak pernah kejadian seperti ini kak. Ini baru pertama kali terjadi kejadian seperti ini. Biasanya order token di PLN Mobile mulai jam 00:18, dikirim email STROOM/TOKEN di jam ±00:21.

        • 7 November 2023 - (02:00 WIB)
          Permalink

          Ya kak, lagi apes dan termasuk beruntung juga karena dapat pelajaran (harus rajin cek transaksi). Terima kasih atas dukungannya.

          Jika di kondisi seperti ini, saya lebih memilih komplain ke pihak Shopee karena statusnya terdebet / pembayaran berhasil. Percuma saja komplain ke pihak PLN karena bakal mengalihkan kembali ke pihak Shopee, kakak yang terhormat sekalian.

  • 4 November 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    SAYA SERING BEGITU TRANSAKSI DI PLN MOBILE MEMANG SERING TOKEN GAK TERTERA YG HANYA SAMPEAN LAKUKAN KOMPLEN KE CS PLN MOBILE NANTI JUGA ADA TOKENNYA GITU AJA KOK REPOT

    • 7 November 2023 - (02:24 WIB)
      Permalink

      Sudah berkali-kali email ke pihak PLN kak tapi jawabannya sama seperti di screenshot di atas. (Transaksi kedaluwarsa)

      Bagi kakak-kakak sekalian yang mengalami kendala yang serupa, semoga kendalanya cepat selesai ya.

  • 5 November 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Beli token listrik di aplikasi PLN, status pembayaran di shopee berhasil, token listrik PLN gak masuk, yang disalahkan shopee. Memangnya yang ngelola listrik shopee?
    Kejar PLN dong, kan punya bukti transaksi pembayaran berhasil.

 Apa Komentar Anda mengenai PLN Mobile?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Tidak Dapat Kode Token Listrik, tapi Ada Tagihan SPaylater

oleh Paulus Susanto dibaca dalam: 1 menit
11