Tidak Login, Saldo DANA Tiba-tiba Hilang

Pada hari Rabu, 1 November 2023 pukul 16.58 – 17.00, saya 3 kali isi saldo DANA akun istri saya (a.n. Sri Maulidya) sebesar Rp175.000, Rp100.000 dan Rp75.000. Niat saya isi saldo untuk transfer ke teman untuk bayar hutang. Karena masih kurang, maka saya isi saldo DANA akun istri saya kembali pukul 17.21 sebesar Rp349.000.

Kemudian pukul 17.35 saya ambil HP dan login ke akun DANA istri saya untuk transfer ke teman saya. Namun saya terkejut karena saldo DANA telah terpotong untuk 3 kali transaksi:

  1. Pembayaran Agen PLS Rp273.170, pukul 17.01.
  2. Pembayaran Agen PLS Rp77.121, pukul 17.02.
  3. Pembayaran Agen PLS Rp346.324, pukul 17.25.

Kemudian pukul 17.48 saya melaporkan ke CS Diana dan katanya sedang ditindaklanjuti.

Esok harinya tanggal 2 November 2023, saya dapat balasan dari Diana sebagai berikut:

November 2, 2023

CS DIANA:

Hi Teman DANA,

Selamat datang di Customer Care DANA. Kami siap membantu.

Kami memahami kejadian yang dialami. Terkait laporan transaksi yang tidak dikenal, kami informasikan bahwa berdasarkan hasil investigasi terkait proses keamanan pada transaksi tersebut sudah sesuai sehingga klaim DANA Protection akibat penyalahgunaan akun Teman DANA ditolak karena dianggap tidak valid.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tercantum di dana.id/terms poin IX terkait perlindungan dana atas transaksi tidak sah (perlindungan dana/dana protection) nomor 6, perlindungan DANA tidak mencakup kejadian/kondisi sesuai yang disebutkan. Sehingga pengembalian saldo tidak dapat kami lakukan.

Sebagai informasi tambahan, kami sarankan Teman DANA agar lebih berhati-hati terhadap modus penipuan yang marak terjadi dan selalu menjaga informasi yang bersifat pribadi seperti tidak memberikan PIN/OTP ke pihak lain atau tidak mengunduh tautan yang mencurigakan. Informasi selengkapnya dapat diakses pada link berikut: dana.id/blog/ByeModusPenipuanDANA.

Terima kasih telah menghubungi Customer Care DANA. Sehat selalu.

Salam Hangat,

Customer Care DANA

Saya kaget dengan balasan CS Diana bahwa saldo tidak dapat kembali. Padahal itu dana untuk bayar hutang ke teman saya, untuk biaya pesantren anaknya. Dengan alasan proses keamanan pada transaksi tersebut sudah sesuai, sehingga klaim DANA Protection akibat penyalahgunaan akun DANA ditolak, karena dianggap tidak valid.

Tanggal 4 November 2023, saya dapat balasan kembali dari CS Diana, saya disuruh “Silakan menghubungi pihak Global Network (Google) pada link payments.google.com/payments/unauthorizedtransactions untuk melakukan proses sanggahan”.

Saya jadi tambah bingung. Sekarang saya tanya ke pihak DANA, saya baru login ke aplikasi DANA pukul 17.35, bagaimana bisa transaksi sebelum saya login? Jika terjadi transaksi, berarti ada yang menggunakan akun DANA istri saya! Namun kenapa dari pihak DANA tidak memberi notifikasi/pemberitahuan SMS atau email jika ada pihak lain yang memakai akun DANA istri saya?

Tolong diproses! Karena di bukti transaksi ada nama merchant dan tempat merchant, dan itu jauh dari posisi saya tinggal. Kalau begini, saya jadi ngeri menyimpan uang di DANA. Kemarin saya ceritakan ke teman-teman dan banyak yang mengosongkan saldo DANA-nya, karena sudah bukan sekali 2 kali mendengar hal seperti ini dari yang lain.

Tolong, biar para pengguna DANA merasa aman, pihak DANA harus responsif menangani hal seperti ini, karena sudah jelas konsumen sangat dirugikan sebagai pengguna aplikasi DANA.

Terima kasih.

Teguh Priyatno
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Tidak Login, Saldo DANA Tiba-tiba Hilang

  • 7 November 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Itulah cara kerja DANA. Kasusnya hampir sama dengan saya tanpa buka aplikasi DANA, saldo saya juga berpindah ke akun bank orang lain. Laporan sudah, kirim data sesuai permintaan sudah dan bahkan saya kirim bukti screenshoot juga transaksi dari hp yang menggunakan akun DANA saya tanpa diketahui. Tapi pihak DANA memberi jawaban sama seperti tulisan penulis diatas dan selalu berkelit mereka sudah sesuai prosedur dan laporan ditutup dan dianggap selesai secara sepihak. Akhirnya saya ambil kesimpulan ini permainan orang dalam DANA juga karena e-wallet sekelas DANA bisa dijebol keamanannya oleh para tikus yg bahkan tau saldo para nasabah DANA.
    SALDO HILANG, PIHAK DANA BERKELIT , PENANGANAN BERTELE TELE , TIDAK BERTANGGUNG JAWAB , TUNGGU NASABAH CAPE DAN AKHIRNYA NASABAH MERELAKANNYA. ITULAH CARA KERJA DANA MERAIH UNTUNG.
    Padahal pihak DANA ga tau gimana cara para nasabah meraih uang tersebut.

    • 7 November 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      karena isi saldo ke dana gratis, transfer ke bank manapun gratis juga. Jadilah pake dana. demi menghemat Rp 2.500, uangnya malah amblas ratusan ribu.

      • 10 November 2023 - (10:26 WIB)
        Permalink

        Saya curiganya sih itu istri anda mungkin klik link yg tidak jelas atau berlangganan tanpa sadar di suatu aplikasi playstore.
        Udah gk heran banyak orang tua apalagi wanita itu gaptek mengenai pembayaran atau subscribe dan juga apalagi mengenai phising udah jelas gk bakalan paham.

  • 7 November 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    akun dana istri itu sudah dihack sm org sebelumnya. jd begitu kamu isi saldo dana, org itu tau karena dapet notif nya. seketika itu dia kuras saldonya ke agen pulsa itu. Coba tanya ke istrinya, dalam waktu rentang 1-2 bulan pernah klik link sembarangan gak, pernah isi2 di sebuah situs yg menyerupai dana gak (phising)

    • 9 November 2023 - (19:49 WIB)
      Permalink

      Itu kayak nya di hp istri nya setting pembayaran google playstore nya pake dana. Kena auto debet otomatis.

  • 7 November 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Ada titik terang CS menginformasikan seluruh transaksi berasal dari platform Google. Coba cek ponsel TS sendiri, istri, dan anak-anak apakah akun Play Store mereka terhubung ke akun DANA dimaksud. Saldo bisa tersedot kalau subscribe di Play Store seperti token game, beli coin, dsb. Subscribe tidak butuh OTP dan sejenisnya melainkan lewat proteksi pembelian di pengaturan Play Store.

    2
    2
    • 9 November 2023 - (01:57 WIB)
      Permalink

      Iya bisa jadi itu aplikasi berlangganan, saya juga dlu pernah, dana saya tautkan ke playstore tiba2 ada transaksi, pas saya cek anak saya asal klik. Mending jgan ada ewallet yg tertaut ke playstore.

  • 7 November 2023 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Kalo cs Dana menginfokan seputar google,kemungkinan saldo terpotong akibat aplikasi/permainan dr google play.Coba di cek akun google play istri anda terhubung di aplikasi mana saja.Sama halnya ketika coba gratis youtube 1 bulan,ketika sudah habis dia akan memotong saldo yg dipake buat trial.Langganan dr google play ini autodebet otomatis ketika ada saldo tanpa masukin pin atau otp.

  • 8 November 2023 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Kepotong otomatis perpanjangan apps berbayar, yang awal pakai gratis habis itu bayar.
    Jelas bini agan atau anak sebagai tersangkanya.
    Di kasih pelajaran tuh, jangan asal coba2 daftar apps premium

  • 8 November 2023 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ini human error dan bukan error di aplkasi Dana nya. Semoga masalahnya bisa cepat menemukan titik terang,,supaya tidak ada lagi yg saling salahkan?? 🙏🙏

  • 8 November 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Teman saya juga ada disini yang saldo dana nya hilang, jadi pada kapok sekarang pake dana, kalo saldo dana saya selalu saya nol kan Paling ada beberapa rupiah saja..sekarang malah banyak beralih ke pospay termasuk saya nyimpen duit bebas admin juga, transfer tetap ada biaya 2500.tapi nggak ribet kaya seribet dana urusanya kalo komplain..dan kantor posnya tersebar di mana mana..buat nabung dan tarik tunai..

  • 9 November 2023 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Maaf ts apa pernah menerima tlp mengatasnamakan dana. Saya juga beberapa hari lalu begitu dengan dalih ada aktivitas mencurigakan padahal itu modus penipuan. Yg saya bingung kenapa penipu itu tau saldo kita ya.
    Dan penipu itu juga suruh saya pindahkan saldo saya dengan tlp harus tersambung.
    Bisa jadi dengan cara seperti itu akun di retas.
    Hati2 aj klo ada tlp seperti itu mending langsung blok aj no tersebut dan jgn log in dana dlu takutnya transaksi kita kena track.

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Akun DANA?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tidak Login, Saldo DANA Tiba-tiba Hilang

oleh Teguh dibaca dalam: 2 menit
17