Fitur COD J&T Disalahgunakan untuk Kirim Paket Asal

Saya sering mendengar soal penyalahgunaan fitur COD J&T, makanya saya selalu mengecek terlebih dahulu jika dapat paket, apakah ini paket yang saya beli atau tidak. Namun kemarin saya kecolongan, ketika saya sedang keluar, yang menerima paket adalah saudara yang sudah tua dan tidak ada hp untuk konfirmasi ke saya. Nomor resi pengiriman J&T: 1201876593.

Biasanya jika ada paket COD, kurir akan WA saya terlebih dahulu, meskipun nominal di bawah Rp50 ribu. Namun kurir yang kemarin kirim itu tidak WA saya dulu. Alhasil, Rp151.000 hilang. Karena meskipun sorenya saya langsung telepon kurir yang biasa saya langganan, kebetulan libur, jadi bukan dia yang kirim, jadi dia tidak bisa membantu.

Saya pun kirim komplain melalui WA dan web J&T, tapi tidak dapat jawaban yang memuaskan. Saya tidak masalah soal uangnya, tapi saya ingin alamat pengiriman ini di-blacklist, karena sesuai resi alamat itu bayar bulanan.

Kami tidak membeli paket apa pun sejak TikTok Shop ditutup. Bahkan orang rumah juga tidak. Namun tiba-tiba paket datang saat kami tidak ada. Kebetulan yang menerima paket adalah saudara kami yang menjaga bayi kami dan langsung membayarnya.

Kalau sesuai alamat dan nama, itu sama persis cara penulisan alamat kami di TikTok Shop. Namun TikTok Shop sudah dihapus, jadi kami tidak bisa screenshot penulisannya seperti apa. Jadi kami lampirkan saja yang biasanya di WA kurir langganan kami.

Untuk pengiriman kemarin tidak ada konfirmasi terlebih dahulu ke kami kalau akan ada paket. Biasanya kurir akan WA terlebih dahulu. Secara tracking paket ,sudah benar itu dari J&T. Saya juga chat J&T juga untuk memastikan resi tersebut benar. Saya minta untuk alamat pengiriman itu diblokir, tetapi jawaban J&T tidak memuaskan. Saya hanya ingin agar tidak ada lagi yang tertipu karena hal seperti ini.

Kasihan akan banyak orang yang bisa saja tertipu jika J&T tidak menutupnya. Kecuali memang oknum dari J&T sendiri yang bermain. Mengapa saya bisa bilang begitu? Karena cara penulisan alamat saya persis seperti yang biasa saya gunakan di TikTok Shop. Saya tidak pernah pakai aplikasi marketplace lainnya lagi. Jadi jika bukan dari J&T yang punya data alamat saya, sepertinya akan sulit untuk menulis alamat dan nama yang sama persis.

Veri Budiarto
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Fitur COD J&T Disalahgunakan untuk Kirim Paket Asal

  • 18 November 2023 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Yang nakal itu sellernya Pak, dapat datanya ya dari kemarin belanja di Tiktok. Entah sellernya sendiri penipu atau data Anda dijual ke penipu oleh pihak seller.
    Saya belanja online udah 15tahunan aja baru aja kena, ponakan main kesini dia sering beli di Tiktok COD kirim ke alamat saya. Dan memang dia ga pernah ngomong kalau ada paket COD, bocah toh. Alhasil kena 105rb isinya daster tipis, ya saya bayar langsung biasanya juga ga pernah tanya. JnT juga.

    • 18 November 2023 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Betul, Seller nya yang Nakal. Membuat Paket dan Alamat random berdasarkan nama dan alamat buyer yang pernah beli. Atau mereka menjual data kita. Saya sudah dua kali kecolongan / ketipu ; mereka memakai alamat kantor yang pada saat saya ada di luar kantor teman-teman yang baik hati membayarnya. Isinya kain tipis setengah meter kali satu meter, atau celana anak.
      Sekarang sudah aman sih, saya sudah menitipkan uang ke resepsionist atau pesan ke teman kalau ada COD. Tapi suatu saat saya sendiri mendapatkan ada kurir mencari cari nama saya di sekitaran ruko kantor kami. Sengaja alamat tidak lengkap, dan nomor hp salah, jadi kurir nya kebingungan. Kasihan juga, tapi saya tidak memesan barang itu.
      Ya tetap waspada dan hati hati.

      1
      2
      • 20 November 2023 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Serba salah sih, saya pake langsung bayar malah duit ketarik transaksi gagal, dua transaksi sampe sekarang belum selesai. Masih males mo buat Surat Pembaca di sini.

  • 18 November 2023 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Waspada pencurian data…secara alamat yg sering langganan blanja online terekam system seller dan expedisi

    • 20 November 2023 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Di Indonesia, jual beli data sudah lumrah. Karenanya, di keluarga kami dibudayakan TIDAK PERNAH COD. Selalu bayar sebelum dikirim. Sempat beberapa kali dateng kiriman paket COD, tapi kami sekeluarga sudah kompak, menolak paket yang menggunakan COD.

  • 18 November 2023 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Ga perlu minta Jnt memblokir alamat anda…. Cukup kasih tau keluarga anda… Bahwa kiriman paket anda tidak ada yg menggunakan COD Lagi.

    Dan untuk anda sendiri.. Mulailah menggunakan metode pembayaran lain selain COD untuk belanja online anda.

    Jadi hal ini kecil kemungkinan bisa terjadi lagi

    • 18 November 2023 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Bener kata #dino ini
      Sebenernya kalo gak mau kena tipu lagi yg saya saranin jgn pernah pakai cod lagi.dan sosialisasikan sama semua anggota yg ada drumah
      Next kalo ada paket cod Dateng lagi.tinggal tolak aj.bilang gak ngerasa pesen paket
      Kalo nyalahin expedisi itu salah.expedisi ya cuma expedisi
      Kalo masalah kebocoran data itu pasti seller yg pernah bapak belanjain

  • 19 November 2023 - (05:15 WIB)
    Permalink

    Jnt juga harus evaluasi, sebab fitur resi cod jnt ini memang rawan dimanfaatkan seller nakal, saya dulu mantan kurir jnt, sering dapat keluhan dari para buyer yg pesen paket di marketplace tapi yg datang no resi nya beda dengan di marketplace meskipun harganya sama di marketplace, alhasil isinya pasti gak sesuai, dan ketika seller dikompalin tidak bisa karena no yg tertera di resi beda dengan di marketplace dan rata2 Ndak aktif.

  • 19 November 2023 - (06:29 WIB)
    Permalink

    resi 11**** udah di blacklist oleh sistem J&T sekarang jadi 12***** kemarin baru saja kejadian saya antar paket dg resi 12**** dg nominal 105ribu, kemudian customer membayarnya dia mengira itu paket yang dia pesan dari shopee dan sedikit dibuka dan dia kaget ketika isinya pakaian jelek dia meminta uangnya di kembalikan karena kasihan sya kembalikan uang nya dan meretur paket, namun malah saya yg kena malang paketnya tidak sengaja di TTD oleh saya yang artinya paket itu harus di bayar mau tidak mau saya nombok. intinya para seller pengguna resi 12***** bangstttt

  • 19 November 2023 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Kalian tuh berdebat jual data padahal sudah jelas kalian isi nomor resi random di pihak ekspedisi nama alamat kalian itu langsung muncul. Ngapain berlu beli data.

  • 19 November 2023 - (12:47 WIB)
    Permalink

    saya kurir salah 1 expedisi yang ada fitur COD, banyak sekali kasus seperti itu walaupun saya kadang WA atau tidak pasti saya konfirmasi dulu kalau tidak merasa pesan saya cancel paketnya..banyak banget data² konsumen yang bocor dan dimanfaatkan sama saller² nakal

  • 22 November 2023 - (00:38 WIB)
    Permalink

    Maraknya penipuan online shop selain isinya gak sesuai ya sistem COD.. dikalangan kurir terkwnal istilah RESI BODONG dengan sistem COD.. biasanya sengaja dibuat dri beberapa oknum toko nakal..

    Buat bara pembeli online jg hati2,, mending bayar langsung.. dak sesuai ya ajukan pengembalian..
    Kecuali yg hobinya iseng doang.. pesen paket COD tpi kapan barang sampe ngakunya gak pesen padahal gak punya duit..

  • 22 November 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah pihak J&T sudah mengganti kerugian saya jadi postingan ini akan saya hapus. Terima kasih atas masukan semuanya semoga tidak ada lagi korban. Saya dan suami beserta keluarga akan lebih berhati2 lagi saat bertransaksi online agar tidak ada kejadian serupa

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Fitur COD J&T Disalahgunakan untuk Kirim Paket Asal

oleh Wahyu dibaca dalam: 2 menit
19