Barang Hilang, Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Seller!

Saya adalah seller di Shopee, yang menjual barang dengan harga Rp1.650.000. Barang saya kirimkan dari Cilacap ke Denpasar, dengan nomor resi SiCepat: 004253483955, pada tanggal 10 November 2023. Sampai di Bali, tepatnya di SiCepat Badung Bali, pada tanggal 15 November 2023.

Awalnya saya kira masih stuck karena sedang ramai event 11.11 Shopee. Namun sampai dengan tanggal 20 November 2023 barangnya tidak kunjung sampai ke pembeli. Akhirnya saya datangi agen SiCepat Cilacap untuk menanyakan posisi paket.

Pada tanggal 21 November 2023, ada notifikasi di Shopee bahwa paket dinyatakan hilang oleh ekspedisi di “AGEN SICEPAT BADUNG BALI”. Tentu saya langsung hubungi Shopee untuk pertanggung jawaban barang saya yang hilang.

Ternyata Shopee hanya membayarkan Rp780.000 dari total harga barang saya. Saya rugi Rp. 870.000, dengan alasan tidak memakan asuransi. Padahal dari ekspedisi SiCepat tidak ada asuransi.

Tentu sebagai seller saya tidak mau rugi, saya langsung chat dengan agen Shopee. Namun tidak ada penyelesaian sama sekali. Saya sangat kecewa dan marah. Tentunya saya sebagai seller berjualan menggunakan platform Shopee tidak ingin rugi, tapi malah dibuat rugi oleh Shopee dan SiCepat. Mereka angkat tangan dengan masalah barang hilang yang sangat merugikan seller.

Seharusnya Shopee sebagai wadah interaksi jual beli seller dan buyer mengacu pada pasal 1365 KUHPer yang berlaku di Indonesia. Jika tidak ada niat baik dari Shopee dan SiCepat untuk mengembalikan barang saya atau uang seharga barang saya yang hilang, saya akan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian dan mengajukan gugatan perdata yang merugikan saya secara materiil dan imateriil ke Pengadilan Negeri Cilacap.

Bintang Ega Hardian
Cilacap. Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan perihal “Barang Hilang, Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Seller”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Bintang Ega Hardian dengan judul “Barang Hilang, Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Seller” pada...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Barang Hilang, Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Seller!

    • 30 November 2023 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Sicepat Shopee tidak ada asuransi…tetapi Uang sudah kembali sesuai dengan harga barang yang hilang…thx kerjasamanya Shopee dan siCepat

      • 30 November 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        asuransinya langsung ke shopee, jika tidak asruansi nanti kedepannya setiap ada masalah harus posting di media konsumen

  • 25 November 2023 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Banyak kasus gini dan rata2 gigit jari karna tdk di asuransikan, ikut jalur hukum ya kalau siap waktu dan biaya dan stress karna proses yg panjang.

  • 25 November 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    lebih baik jngn jualan online,karena bnyk kasus barang hilang di pengiriman barang dan yg rugi adalah penjual dan pembeli

  • 30 November 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Sicepat Shopee tidak ada asuransi…tetapi Uang sudah kembali sesuai dengan harga barang yang hilang…thx kerjasamanya Shopee dan siCepat

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang, Shopee dan SiCepat Sangat Merugikan Seller!

oleh Bintang Ega Hardian dibaca dalam: 1 menit
8