Isi iPad Hilang oleh Ekspedisi JNE, Bukti CCTV Disabotase

Pada tanggal 31 Oktober 2023, saya mengirimkan iPad Pro second dengan tujuan kota Sidoarjo melalui Agen JNE di Jakarta Timur. Nomor resi pengiriman: 014240017889723. Barang atau paket tiba di tujuan pada tanggal 03 November 2023 pukul 14:45, diterima oleh istri dari Bp. Bram selaku penerima. Dikarenakan Bp. Bram masih bekerja dan pulang larut malam, maka unboxing dilakukan esok hari tepatnya di waktu pagi.

Setelah melakukan unboxing, ternyata isi paket berupa iPad tidak ada (dengan kata lain kosong) dan ada sobekan di bubble wrap ketika paking kayu dibuka. Kemudian Bp. Bram selaku penerima menelepon saya dan mengirimkan video unboxing tersebut.

 

Seketika itu juga saya langsung komplain ke JNE Pusat melalui email, pada tanggal 04 November 2023 pukul 11:39 dan mendapatkan balasan untuk melengkapi berkas-berkas dokumen yang diminta.

Saya sudah melengkapi semua berkas yang diminta oleh JNE Pusat. Namun pada tanggal 09 November 2023, pihak JNE Pusat menelepon saya, bahwa kiriman saya tidak bisa diklaim dengan alasan tidak ada indikasi kerusakan, dan sobekan yang di bubble wrap tidak memungkinkan untuk barang bisa hilang. Saya pun tidak terima, dan keesokan harinya tanggal 10 November 2023, saya komplain melalui pihak agen. Agen meminta foto sebelum dikirim dan waktu itu memang hanya ada 1 foto ketika barang sudah ingin di-packing. Berikut ini foto di Agen JNE sebelum packing dan banyak saksi ketika saya packing dan menunjukkan fisik dalam box iPad berisi iPad).

Foto di Agen JNE sebelum packing

Saya juga meminta bukti CCTV dari pihak Agen untuk dibuka pada tanggal saya kirim. Ternyata jawabannya: “CCTV disabotase oleh mantan karyawan agen”. Langsung spontan saya menjawab ” CCTV bisa disabotase, apalagi barang saya “.

Foto screenshot Agen JNE dan Saya ketika saya minta bukti CCTV.

Bukti foto fisik juga sudah saya kirimkan. Namun sampai ini yang hampir 1 bulan tidak ada respons dari pihak JNE maupun agen. Berulang kali saya email JNE Pusat selalu template dengan jawaban yang sama. Begitu juga dengan agen yang tidak ada respons.

Hanya untuk masukan ke pihak agen, ketika saya datang untuk mengirim paket harus menunggu 10-15 menit dikarenakan CS sibuk dengan teleponnya dan tidak ada kata sapaan “Maaf sebentar atau apa pun”. Mohon perbaiki pelayanan untuk customer.

M. Rusdi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:43    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Isi iPad Hilang oleh Ekspedisi JNE, Bukti CCTV Disabotase

  • 1 Desember 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Itu kemungkinan besar karyawan agennya yg maling. Coba saja buat laporan ke polisi. Atau bawa polisi ke agennya.

    7
    10
    • 1 Desember 2023 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Kalau dr JNE tidak ada kepastian. pasti nanti lapor ke pihak berwajib

    • 1 Desember 2023 - (15:47 WIB)
      Permalink

      Menurut saya sih bukti sdh cukup kuat ya dengan adanya foto pelaksanaan paking di agen.
      Jne pusat harus investigasi ke agen. Bukan langsung menyatakan tidak bisa di klaim.

      Pola pikirnya gimana sih??!!.

      • 1 Desember 2023 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Benar.. JNE memutuskan sepihak tanpa cek dr awal sampai akhir. Tapi ketika menyatakan tidak bs di klaim JNE Pusat mengatakan sudah mengecek dr Awal rute shipment sampai delivery tdk ada masalah.

    • 2 Desember 2023 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Akibat rekrut kurir cm di jadiin mitra, , kok bisa ya mantan karyawan bisa sabotase cctv, brarti ada akses dia bisa masuk… gas terus bang,

      • 2 Desember 2023 - (15:24 WIB)
        Permalink

        🙏 makasih Bsng untuk supportnya.. sampai hari inipun blm ada respon ada tanggapan dr JNE Pusat untuk menyelesaikan kasus ini

  • 1 Desember 2023 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Marak pncurian krn ad ksempatan. Jasa kurir trlama pun maling. Brngny hrg fntastis jg. Lporin aja

    • 1 Desember 2023 - (16:31 WIB)
      Permalink

      mash nunggu inisiatif dr pihak JNE . kalau tdk ada respon jg. akan saya laporkan ke yg berwajib

  • 1 Desember 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Berarti bubblewrapnya sudah dibuka , karena kalau sekedar sobekan itù , kan tìdak mungkin boxnya bisa dibuka. Setelah dibubblewrap , baiknya di lakban seluruhnya , biar aman.

    • 1 Desember 2023 - (16:29 WIB)
      Permalink

      biarpun ga sobek. kalo namanya maling buru2 pasti ada aja. Maling Rapi pun jg ada, jd semua terlihat kondisi Segel

  • 1 Desember 2023 - (16:57 WIB)
    Permalink

    harusnya ada foto pas ditimbang biar ketauan pas diterima berat berubah gak sicpt aja ada fotonya

  • 1 Desember 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Saya sangat berharap lagi klo anda melaporkan kasus ini ke pihak berwajib..agar maling di exspedisi jera…ini kasus yg ratusan kepuluahan kali nya saya baca di MK.

    • 1 Desember 2023 - (22:10 WIB)
      Permalink

      opsi terakhir jika pihak JNE mash Diam dan tidak merespon dalam tanggung jawabnya

  • 1 Desember 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    “kalau tidak ada bukti fisik dgn berat hati tdk bisa diclaim…”
    pernyataan macam apa ini???
    itukan pakai asuransi, sudah pasti dicek dulu isinya sama org jne pas mau kirim.
    kok masih minta foto fisik lagi???

    • 1 Desember 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      @Putra
      Akhir akhir ini emang JNE sedang tidak baik-baik saja. Jawaban CS pun seperti itu.
      Setelah selidik demi selidik, CS nya bukan asli karyawan JNE, melainkan pihak outsourcing. Pantesan jawabannya selalu tidak professional dan terkesan urakan.

    • 1 Desember 2023 - (22:15 WIB)
      Permalink

      nah itu herannya. sudh jelas saya membuka box beserta fisik. mash diperranyakan. saksi jg ada +-5 orang pada waktu itu..

    • 1 Desember 2023 - (20:37 WIB)
      Permalink

      @Keri
      Ya betul, saya pun pemain produk komputer juga cekat-cekot jika ada orderan di marketplace kalau konsumennya di luar kota/pulau.
      Mulai JNE/JNT/AnterAja/Sicepat semuanya saya matikan. Akhirnya cuma ngandelin lokalan saja pakai instan kurir hanya sbagai kirim invoice, omset menurun ada. Tp yg penting hati lega.

  • 1 Desember 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Tujuan kan Sidoarjo ya,kemungkinan di curi di agen Sidoarjo…Apa si Bapak Bram nya gak ada inisiatif buat lacak di JNE daerahnya?

    • 1 Desember 2023 - (22:12 WIB)
      Permalink

      setahu saya sih. dr gudang langsung dubawa kurir ke alamat tujuan.

  • 1 Desember 2023 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Case ini agak berat pak, karena pengirim ga punya dokumentasi video, cuma ada foto.
    Seharusnya dari foto diatas ada 1 orang yang videokan beserta petugas yang saat itu ada. Dengan begini mereka gak bisa ngelak.
    Soalnya kalau ada klaim harus dicari siapa yang tanggung jawab pak.
    Nanti dia yang ganti kerugian penuh, kalau begini pelakunya pun ga akan ketauan, ditambah CCTV udah disabotase.
    JNE bisa cuci tangan.

    1
    1
    • 2 Desember 2023 - (04:41 WIB)
      Permalink

      Kalo cuci tangan yg jelas tidak bisa lepas dr kasus ini. sebab masih dalam ruang lingkup JNE sendiri. SOP JNE pusat yg diterapkan ke Agen mungkin sudh benar, hanya saja SDM’nya yg bermsalah.

  • 2 Desember 2023 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Klo asuransi proses packing kayu di agen ya jelas dicek isinya, mau ada cctv atau ngga. Pihak jne udah lihat isinya sesuai ngga. Kalau hilang ya tanggung jawab

  • 2 Desember 2023 - (00:59 WIB)
    Permalink

    JNE itu kinerjanya super lelet, plus banyak malingnya
    Semoga masalahnya terselesaikan dengan baik

  • 2 Desember 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    packing kayu bisa disegel juga mulai sekarang, kalau masih ada kejadian lagi…final, bakar agen dan pelakunya.

    • 3 Desember 2023 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Klo sudah S O P di bongkar di gerai dll, itu harusnya sie aman, klo pun terjadi kehilangan bisa di klaim

  • 2 Desember 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    CCTV disabotase???? Ini sih parah ini, nama baik JNE jelas dipertaruhkan! CCTV aja bisa disabotase, terus nasib Ribuan paket gimana??? Malingnya bisa leluasa menggelapkan barang kalau CCTV aja bisa disabotase! Ini sebenarnya ulah Oknum, atau udah sindikat KURIR MALING??? Soalnya sampai detik ini saya belum lihat/dengar kabar OKNUM KURIR dijebloskan ke penjara akibat menggelapkan paket!

    • 3 Desember 2023 - (11:52 WIB)
      Permalink

      dan sampai saat ini sudh 3 hari semenjak masuk Media tidak Respon postiif dari pihak JNE dan sudh 1 bulan lebih menggantung status kehilangan ini.

  • 3 Desember 2023 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Coba BPIK pd saat kirim ASURANSI + PK itu di bongkar gk? Sama-sama lihat isi ny, baik agen dan seller

    Karna nama nya asuransi + pk itu wajib di cek isi paket di depan seller pengirim pd saat transaksi,

    Tp klo pihak seller pengirim menolak di bongkar, yah itu ADA INDIKASI

    Karna di agen2 gerai TGR semua barang2 asuransi + paking WAJIB di bongkar

    Dan klo gk mw bongkar dan di lihat isi kemungkinan BAKAL DI TOLAK AGEN

    Soalnya klo di gerai2 agen DKI rata-rata S O P buat BPIK ny SERING LALAI

    • 3 Desember 2023 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Pernah jga ada yg pernah kejadian spt ini dan komplen sm JNE mnta bukti CCTV jwbnya ne simpel file2 CCTV ada pd krywan lama, dan kebetulan orangya sdh risen, nga masuk akal memang ngeri2 sedap beli barang mahal2 online yg pake gosend aja suka was2 apa lagi pengirman kurir bgini

    • 3 Desember 2023 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Tidak dikasi BPIK. hanya sewaktu paking dan sudah dibongkar box ipad beserta isinya di depan Agen.dan banyak saksi sesuai yg saya posting di Media.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Isi iPad Hilang oleh Ekspedisi JNE, Bukti CCTV Disabotase

oleh Mohamad Rusdi dibaca dalam: 1 menit
40