Salah Top Up Aplikasi DANA ke Nomor yang Sudah Tidak Aktif

Kepada para pembaca media konsumen, saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan aplikasi DANA yang mana saya dirugikan sebesar 500 ribu rupiah.

Begini kronologisnya, saya melakukan kesalahan top up pada nomor akun DANA di nomor 0819082757** pada tanggal 20 Desember 2023. Ketika saya sadar telah salah melakukan top up saldo ke akun DANA tersebut, saya langsung menghubungi CS DANA di no telepon 1500445. Namun, ketika tersambung dan menceritakan masalah saya, pihak customer service tidak dapat membantu dan menyarankan saya langsung menghubungi pemilik nomor tersebut.

Saya pun langsung mencoba menghubungi nomor tersebut melalui telepon dan WhatsApp, namun keduanya tidak dapat terhubung karena ternyata nomor tersebut sudah “mati”. Hal ini pun diperkuat keterangan dari provider XL, (karena nomor tersebut adalah nomor XL) ketika saya menelepon ke customer service XL.

Lalu saya kembali menelepon pihak DANA dan menjelaskan bahwa nomor tersebut tidak dapat dihubungi karena sudah “mati”. Di sini terlihat ketidakpahaman customer service DANA yang tetap bersikeras bahwa saya harus menghubungi nomor tersebut, padahal sudah saya jelaskan nomor tersebut tidak aktif.

Siang harinya, pada tanggal 20 Desember 2023, saya pergi ke XL Center untuk membeli nomor baru yang sebelumnya “mati” dan saya salah top up. Jadi, nomor 0819082757** yang saya salah top up, sekarang menjadi milik saya.

Ketika saya ingin login ke akun DANA menggunakan fitur lupa PIN DANA, kode OTP seharusnya dikirimkan ke nomor terdaftar, namun kode OTP tidak dapat dikirimkan, hanya muncul tanda seru segitiga merah saja (lihat screenshot yang saya lampirkan).

Saya pun menelepon kembali pihak DANA dan menceritakan kronologis seperti yang saya tuliskan di atas. Namun, telepon saya terputus beberapa kali, sehingga saya menduga ini disengaja oleh pihak DANA dan saya memutuskan untuk tidak menelepon lagi.

Saya kemudian mengirimkan email kepada pihak DANA dan mendapatkan tiket laporan dengan nomor tiket laporan 34425265. Namun, sampai surat pembaca ini diterbitkan, saya belum mendapatkan balasan email dari pihak DANA.

Saya merasa aplikasi DANA sengaja mempersulit orang yang salah top up ke nomor DANA yang sudah tidak aktif, padahal saya sudah mengikuti aturan yang diwajibkan oleh DANA. Uang saya sampai sekarang masih belum kembali.

Gabriela
Depok , Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Salah Top Up Aplikasi DANA ke Nomor yang Sudah Tidak Aktif”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Gabriela di Media Konsumen, “Salah Top Up Aplikasi...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Salah Top Up Aplikasi DANA ke Nomor yang Sudah Tidak Aktif

    • 21 Desember 2023 - (22:27 WIB)
      Permalink

      baca dulu dengan benar,jangan sambil ngelem mas agus, saya salah top up ok itu emang kesalahan saya, tapi kan itu nomor yang saya salah top up sudah saya beli ke xl, berarti itu kan sudah jadi nomor saya, yang mana saya berhak atas akun dana yang menggunakan nomor hp tersebut, lalu kenapa saya menggunakan fitur forgot password tapi aplikasi nya langsung eror ?

    • 22 Desember 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Sudah lama uninstall Dana.
      Sekarang sudah ada Bank Digital yang fungsinya lebih banyak dibandingkan Dana (Dompet Digital).
      Ada juga bank digital yang memberikan gratis biaya transfer 100x

  • 21 Desember 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    buat nomor di xl itu memang nomor pernah pake atau buat nomor baru sesuai keinginan? kena berapa itu bu?

    • 21 Desember 2023 - (22:29 WIB)
      Permalink

      kena 100 ribu untuk biaya nomor pilihan, jadi nya nomor prioritas yang pascabayar. nomor nya sesuai dengan nomor yang saya salah top up itu.bisa seperti itu karena nomor tersebut sudah “mati” lama , kalau masih aktif tidak bisa

  • 21 Desember 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    “saya pergi ke XL Center untuk membeli nomor baru yang sebelumnya “mati”…”
    baru tahu saya kalau bisa beli nomer begini

    • 22 Desember 2023 - (01:03 WIB)
      Permalink

      bisa kok,cobain aja.asalka nomor yang mau dibeli itu sudah “mati” dan belum ada pengguna baru yang menggunakan ya

    • 22 Desember 2023 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Aduh dana lagi dan lagi.
      Saran kalau mau pakai dompet digital pilih yg punya saham dan perusahaan yg besar jadi tidak suka nilep duit nasabahnya dengan berbagai alasan, seperti dompet si ijo yg ada jaminan saldo kembali.

      Saran coba daftar akun baru dengan nomor tersebut, jangan lupa password.
      Barangkali memang nomor tersebut belum terdaftar. Daftar dengan data saudara/keluarga.

      Itu kan nomor sudah di tangan.
      Jadi tidak ada alasan lain pihak DANA untuk mengelak.
      Harus di uber terus tuh, kalau perlu di media sosial lain, atau langsung datang ke kantor nya.
      Lumayan itu 500k.

    • 22 Desember 2023 - (13:57 WIB)
      Permalink

      betul , mau alesan apalagi nih si Dana..tapi sampe sekarang saya masih belum bisa login juga

      • 22 Desember 2023 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Itu loginnya dr app dana yg juga digunakan login nomer sebelumnya bukan? Kl iya mungkin itu letak errornya. Mungkin bisa dicoba dgn dual app atau pakai hp baru dan tentunya simcard juga terpasang. Dan app yg fresh.

        • 23 Desember 2023 - (14:14 WIB)
          Permalink

          sudah coba pake hp lain sampai aplikasi nya di download dan di install ulang, tapi masih sama.. di IOS dan Android dicobanya tetap sama

  • 22 Desember 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    saya selalu heran sm orang yg model begini. dia yg teledor terus gak mau nerima kenyataan. trs malah nyalahin pihak lain. seolah2 dirinya jd korban. padahal dirinya korban kelalaian yg dilakukan sendiri

    2
    2
    • 23 Desember 2023 - (14:13 WIB)
      Permalink

      kamu baca lagi kronologisnya seperti apa, itu nomor sudah saya pegang sekarang, tapi tidak bisa kirim OTP ke nomor tersebut, dana di telpon berkali2 juga saya selalu disuruh menunggu sampai akhirnya terputus sendiri, di email juga dibalas hanya seperti yang di atas. budayakan membaca ya poltak

  • 23 Desember 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Aplikasi DANA makin lama memang makin mengecewakan. Kayak memang sengaja nyari uang dari customer. Tgl 12.12 kmrn saya beli pulsa, notifikasinya sukses dan saldo terpotong, tapi pulsa tdk masuk. Sudah komplain bolak-balik, cuma diputer2 doang. Memang gak seberapa nominalnya, tapi bikin jadi bikin takut buat transaksi make DANA lagi.

    • 23 Desember 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      anda telpon ke customer service nya ga ? kalo iya biasanya modusnya disuruh nunggu trus di gantung gitu, trus tiba2 keputus telepon nya

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Salah Top Up Aplikasi DANA ke Nomor yang Sudah Tidak Aktif

oleh gabriela gloria dibaca dalam: 1 menit
17