Pelayanan MyRepublic yang Buruk

Kepada Yth. MyRepublic,

Tanggal 7 Januari 2024, saya sedang mencari provider internet di sekitar komplek hunian saya dan akhirnya ketemu dengan booth/stand MyRepublic di sekitar komplek saya. Dari orang sales ini akhirnya memberikan saya brosur dan nomor kontak. Harga yang ditawarkan cukup kompetitif untuk koneksi 30 Mbps. Ingat ya, kompetitif, bukan berarti sangat murah, karena harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh dengan provider kenamaan lainnya seperti C3N atau 1nd1ehome.

Singkat cerita, si sales agent ini sangat-sangat perhatian dan gercep dalam melakukan proses pemasangan di unit saya.

Tanggal 10 Januari 2024, akhirnya si sales agent dan teknisi ini datang dan melakukan pemasangan. Akan tetapi si sales agent berdalih bahwa panjang kabel fiber dari tiang FAT depan komplek saya adalah 200 meter, sedangkan pihak MyRepublic hanya memberikan gratis 150 meter kabel saja.

Dalih sales agent adalah saya cukup tambahkan Rp100.000 saja untuk kekurangan 50 meter dan nanti ditanggung sisanya oleh sales agent. Jelas-jelas ini adalah pungli dari pihak MyRepublic (karyawan perusahaan adalah mewakili perusahaan itu sendiri), tolong cerahkan saya jika ini bukan pungli???

Setelah malam tersebut saya langsung tuntaskan pembayaran untuk bulan tersebut. Berikut bukti pembayaran saya:

Namun selang 2 hari setelah pemasangan, tiba-tiba koneksi LOS. Saya coba cek ke FAQ MyRepublic dan disebutkan untuk mencoba mematikan router dan juga mencabut lalu memasang kembali kabel yang ada pada router setelah 5 detik. Hal ini saya lakukan beberapa kali dan koneksi tersambung kembali.

Kejadian serupa kembali terjadi beberapa hari kemudian, tetapi akhirnya bisa tersambung kembali setelah melakukan petunjuk yang sama. Akan tetapi pada tanggal 18 Januari di malam hari koneksi kembali LOS. Saya coba kontak sales agent ini dan entah kenapa responsnya sangat-sangat tidak responsif seperti saat saya ingin melakukan pemasangan di awal. Si sales ini cuma bilang nanti datangkan teknisi.

Keesokan harinya (19 Januari) koneksi kembali stabil di pagi hari, tetapi sore harinya kembali LOS dan semenjak itu tidak pernah tersambung kembali hingga saya mengetik surat ini.

Seperti biasa si sales ini sangat tidak responsif, dan bukannya pro-aktif, malah saya yang disuruh kontak orang teknisinya untuk dilakukan pengecekan. Setelah itu setiap saya chat atau telepon si sales ini tidak pernah diangkat atau dibalas setelah itu. Sungguh karyawan atau orang perusahaan yang luar biasa mencerminkan nilai-nilai perusahaan-nya!

Akhirnya saya coba telepon CS. Setelah dicek, entah kenapa hanya unit saya saja yang bermasalah dan tidak ada masalah di area komplek perumahan saya. Bahkan CSnya menyebutkan bahwa tetangga-tetangga saya yang juga banyak menggunakan MyRepublic tidak ada masalah sama sekali.

Detail penjelasan di atas saya minta ditulis di nomor tiket keluhan saya (#7356743). Saya lalu menerima email setelah itu bahwa akan ada pengecekan oleh pihak teknisi pada tanggal 21 Januari pukul 9.00 – 11.00 (saat saya menulis ini jam sudah menunjukkan jam 11.02 dan tidak ada tanda-tanda teknisi tersebut).

Saya coba lihat keluhan-keluhan dari customer-customer MyRepublic dan sepertinya masalah yang saya hadapi juga memang sudah menjadi budaya perusahaan MyRepublic. Sehingga bisa dikatakan bahwa perusahaan ini dan karyawan-karyawan lapangannya cenderung tidak reliable, tidak bisa diandalkan, tidak mampu menyelesaikan masalah, dan cenderung menghindari komplain. Demikian juga, seperti bukti yang saya cantumkan di atas, terdapat kecenderungan melakukan tindakan pungli serta menginginkan “uang rokok” setiap kali pemasangan/pengecekan.

Saya pernah pasang C** dan tidak sekali pun saya menghadapi masalah yang seperti ini. Kalau di area tinggal saya sekarang ada coverage C** atau provider yang lain, sudah pasti saya akan ambil pilihan tersebut, tapi sayangnya belum ter-cover dan inilah yang terjadi, saya tertipu oleh MyRepublic dan karyawan-karyawannya.

Let’s see kalau pihak MyRepublic ada tanggapan yang masuk akal atau tidak sama sekali.

Tirta Yansen
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pelayanan MyRepublic yang Buruk”

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Tirta Yansen pada tanggal 22...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Pelayanan MyRepublic yang Buruk

  • 22 Januari 2024 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Perusahaan plat merah lebih baik kalau begitu, sejak saya pasang sampai jika ada gangguan teknisi cepat datang (jika komplain lewat jalur resmi), dan tidak pernah ada istilah uang rokok, jika ada biaya dimasukkan tagihan resmi. CS selalu mengingatkan tidak boleh ada transaksi tunai di lapangan.
    Hanya saja teknisi plat merah sering minta jika ada gangguan di-wa saja, namun jika wa selalu slow respon. Jadi saya tidak pernah mau via wa, selalu lewat komplain resmi pasti cepat datang teknisinya.

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pelayanan MyRepublic yang Buruk

oleh Tirta Yansen dibaca dalam: 2 menit
2