Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan sarana bagi saya untuk menuliskan keluhan ini.

Saya penjual Shopee, di sini saya ingin menceritakan pengalaman tidak menyenangkan mengenai peraturan baru Shopee. Yaitu jika pembeli mengajukan komplain, otomatis di-approve tanpa bisa banding. Peraturan ini belum lama berlaku.

Saya sudah kena oleh pembeli yang mengharapkan barang sampai hari Senin, tapi ternyata barang sampai hari Selasa. Padahal barang telah saya kirim sesuai dengan orderan. Ya sudah, saya pikir saya juga tidak mau pusing biarkan dikembalikan saja.

Namun di sini saya terkecoh dengan keterangan dari Shopee. Saat barang sudah saya terima, ada 2 opsi (di sini saya lupa screenshot). Opsi pertama ajukan banding jika barang yang dikembalikan tidak sesuai dan opsi kedua kembalikan dana ke pembeli. Karena barang yang dikembalikan sesuai dan kondisi baik, saya klik yang opsi kedua kembalikan dana ke pembeli.

Namun ternyata dana saya langsung dikurangi ongkir ke pembeli dan ongkir kembali, jadi total Rp15 ribuan terpotong. Gak jadi dapat uang jualan, malah uang terpotong. Saya coba chat CS pun tidak bisa. Ini saya jadikan pelajaran penting dengan peraturan baru ini. Semoga teman-teman seller yang baca tidak ada yang terkecoh seperti saya. Terima kasih.

Lydia
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

  • 23 Januari 2024 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Sejak berlaku kebijakan baru dari shopee banyak buyer nakal meraja lela , pihak platform hanya mencari keuntungan sepihak tdk memikirkan imbas dari kebijakannya akibatnya banyak pembeli penipu soalnya dengan mudahnya melakukan retur , hanya modal foto doang sudah disetujui

    24
    38
    • 23 Januari 2024 - (23:25 WIB)
      Permalink

      Selama registrasi nya gampang.. akan selalu ada oknum penjual dan pembeli.. dan akan selalu ada masalah.. saya sebagai kurir kadang2 juga merasa kasian sama penjual kalau pembeli asal meretur paket dengan alasan yg ga masuk akal..
      Tp terkadang kasian juga sama pembeli yg pesen nya pompa air, yg datang waterpump akuarium. Dan tidak bisa di retur. intinya olsop2 harus lebih selektif dalam registrasi entah itu penjual atau pembeli, sehingga hal2 yg bikin konyol penjual dan pembeli tidak terjadi lagi.

      16
      28
    • 25 Januari 2024 - (05:02 WIB)
      Permalink

      Banyak pembeli yang nakal kok yang dibebankan si penjual…gak akan digubris sama pihak shopee..shopee maunya enak sendiri berasa naik daun..itu namanya perbudakan karena pihak shopee menganggap kita yang butuh atau ngikut shopee…ini namanya bukan partner tapi perbudakan. Karena pembeli merasa di dewakan..padahal shopee sendiri jual jasa sistem aja.

      9
      16
      • 25 Januari 2024 - (05:07 WIB)
        Permalink

        Saya biasanya gak asal kirim…alamatnya lengkap apa gak ? Kalau dirasa gak lengkap dan asal asalan gak saya kirim. Terus kalau beli barang banyak saya konfirmasi dengan chat dahuli. Khusunya dengan sistem COD.

        1
        5
        • 25 Januari 2024 - (07:58 WIB)
          Permalink

          Saya buyer.. pernah beli buku catatan bergambar : random, beli lah 50 biji…. Ehh dikirim sama semua gbrnya, gimana ngga kesel coba, mentang2 random dipilihin gambar sama semua. Saya balikin lah… Kadang begitu seller, pengen laku barang, dikirim barang yg jelek, alasan random.

          2
          8
  • 23 Januari 2024 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Yep, peraturannya udh dari desember itu.

    Fyi kemarin shopee buat peraturan baru lagi, sekarang tahap pengajuan pembatalan dari pembeli langsung diproses oleh admin shopee. Kalau tidak setuju dengan hasil nya, pembeli/penjual boleh banding.

    Tidak seperti sekarang, kalau penjual dan pembeli tidak sepakat, keputusan final dari admin shopee

    3
    14
  • 23 Januari 2024 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Aturan gitu juga berlaku ditoped kalo gak salah penjual menanggung ongkir kalo direfund buyer dlm hal ini penjual punya hak banding bila barang yg dikirim sdh sesuai dgn deskripsi mengenai barang telat sampai itu urusan kurir bkn seller

    4
    16
    • 23 Januari 2024 - (15:37 WIB)
      Permalink

      Kebijakan baru Shopee ini terasa membebani ya teman teman seller semua. Seakan kita kerja ikut Shopee, Shopee kira itu barang dia. Sehingga kalau barang rusak Shopee merasa langsung bertanggung jawab tapi nilai uangnya ditanggungjawabkan ke seller. Shopee mendidik banyak buyer nakal terus kalau penjual mulai jualan ke Shopee kamu bagaimana. Perlu kebijakan yang adil bagi penjual maupun pembeli karena semua harus diperlakukan adil. Masak hanya membiarkan buyer saja yang stay tapi kepentingan seller juga ngak dipikirkan. Kita sebagai seller sudah mikir packing yang aman, persaingan harga ini ditambahi pihak Shopee ternak buyer nakal

      15
      28
      • 25 Januari 2024 - (05:04 WIB)
        Permalink

        Kan memang penjual ikut shopee .anda jualan juga di sistemnya ikut shopee…pihak shopee paling berpikir gini…anda butuh ya ikutin kalau gak butuh ya jangan jualan disini..kita kira gitu..😆

        1
        8
        • 26 Januari 2024 - (06:26 WIB)
          Permalink

          Iya benar. Begitu banyak platform e-commers kenapa masih tetap stay di Shopee 🙂

          Aku dari awal paling anti jualan di Shopee, sudah system pengajuan FREE ONGKIR nya sulit, dan hanya untuk beberapa daerah tertentu saja yang ada Shopee biker nya juga sering error’ (loading gagal).

          🙂

    • 24 Januari 2024 - (02:29 WIB)
      Permalink

      Udah kena juga jebakan seperti ini, kasusnya konsumen bilang nya pembelian ke2 kalinya, dia komplain bahan berbeda dengan yg pertama, padahal sedari awal pembelian bahan tidak pernah ganti jenis, ganti toko bahan pun tidak… Alhasil barang tak kembali menjadi milik konsumen, uang penjualanpun 105.000 raib balik lagi ke konsumen. Ini hanya nominal kecil…bukan masalah nominal nya tp POTENSI penipuan nya SANGAT BESAR. Kalaupun banding kemungkinan seller menang sangat tipis.

      7
      15
  • 23 Januari 2024 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Biaya admin naik tapi kebijakan nya sangat merugikan seller. Skrng pembeli juga bisa ajuin retur walaupun pesananya sudah selesai. Lebih parah lagi kalo sedang dalam perjalanan retur uang pembeli sudah masuk duluan ke dana refund walaupun barang blm diterima oleh seller. Miris emang peraturan shopee skrng

    9
    17
  • 23 Januari 2024 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Shopee parah,, peraturan sangat merugikan seller,, pembeli bisa retur
    Tanpa video unboxing dan tanpa bukti yang kuat,,

    Dan retur langsung di konfirmasi oleh pihak shopee,,
    Dan seller menanggung ongkos kirim 2x (bolak balik) ,,
    Itu adalah celah pembeli yang nakal,,
    Mohon di pikir ulang peraturan itu,,

    15
    25
    • 23 Januari 2024 - (18:22 WIB)
      Permalink

      tolong peraturan shopee di revisi lagi biar seller tidak di rugikan dengan peraturan2 baru yg merugikan penjual.

      10
      20
      • 22 Februari 2024 - (00:25 WIB)
        Permalink

        Harus campur tangan pemerintah kalau mau revisi peraturan, harus ada undang2 nya, kalau hanya penjual yang ajukan sampai mulut berbusa juga gak akan didengar shopee, karena shopee sudah gak pentingin penjual, yang penting penjulan meningkat, kanan kiri shopee dapat untung

    • 23 Januari 2024 - (19:22 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dengan ini, kemaren si buyer cuma ngasih video bongkar paket tanpa memperlihatkan isi di dalamnya yg katanya salah ukuran. Itu aja bisa acc shopee. Aneh emang

      8
      16
    • 22 Februari 2024 - (00:21 WIB)
      Permalink

      Yang untuk tetap shopee, kalau barang laku di jual shopee dapat komisi 11%, kalau barang di kembalikan tanpa perlu alasan, shopee dapat untung ongkir 2x kirim dan pengembalian, yang rugi penjual barang belum laku sudah harus bayar ongkir ke shopee 2x, mau ajukan banding terkait ongkir pasti di tolak, kembali ke poin pertama shopee selalu menang hahhahhahaha

  • 23 Januari 2024 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Belum lagi biaya admin Shopee yg gede bgt buat seller…barang harga 2 juta.. cair cuma 1,8 sekian..

    8
    13
  • 23 Januari 2024 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Betul, kebijakan baru ini menfasilitasi pembeli-pembeli nakal dan dzolim. Bagaimana tidak, pembeli iseng (biasanya alasan salah beli, salah pencet, salah pilih ukuran, dst..) bisa langsung melakukan pengajuan pengembalian tanpa bisa ditolak oleh seller/penjual. Dan parahnya lagi, ongkir kirim dan kembali dibebankan kepada penjual. Shopee sangat tidak fair kepada penjual. Merugikan.

    10
    15
    • 24 Januari 2024 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Mohon kepada redaksi MK untuk menolak komen2 seperti ini, ada beberapa akun yang sejenis. Komen tidak hanya di luar konteks, tapi “memprovokasi” untuk mengalihkan ke topik lain. Komen sejenis akhir2 ini seringkali muncul di hampir setiap topik baru.

      5
      13
  • 23 Januari 2024 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Retur Cuma 1 foto tanpa video unboxing,,
    Di acc shopee,,
    Dan parah nya seller yang menanggung ongkir (bolak balik 2x ongkir retur)
    Dan shopee tetap untung karena sebagian besar expedisi di arahkan ke shopee express

    8
    14
  • 23 Januari 2024 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Aneh ya, padahal kalo pengiriman berhasil pun seller gak terima ongkir yg dibayar pembeli ya, kenapa giliran memaksa retur, kena potong ongkir juga. Saya dulu pernah ngalamin di tokopedia, barang diretur, saldo dipotong ongkir juga. Setelah banding ke cs tokped, akhirnya dana yg dipotong dikembalikan.

    5
    12
  • 24 Januari 2024 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Bnyk yg dislike disemua komen. Syaiton2 sopi berkeliaran di postingan ini.
    Silakan anda dislike komen ini.

    15
    24
    • 25 Januari 2024 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Betul…pdhl yg komen bnyk yg ngga setuju sm ngeluarin unek2nya terkait sapi cod,cm anehnya malah bnykan yg dislike drpd yg like.pasti kerjaan kroco2 n anak buahnya sapi neeh…

      4
      6
      • 26 Januari 2024 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Banyak dislike, kalo udah naik MK ga bisa klarifikasi pasti kepanasan….buzzer solusinya…

        3
        4
  • 24 Januari 2024 - (12:56 WIB)
    Permalink

    shopee parah sih pembeli di dewakan banget disana. biaya admin jadi 11% tapi penjual malah makin dirugikan.

    barusan saya ada 3 kasus pembeli salah beli barang, salah pilih varian. semuanya langsung dimenangkan shopee utk pengembalian barang. ada 1 buyer jujur membatalkan pesanan, sisanya buyer nakal menggunakan sistem retur baru shopee utk balikin barang.

    alhasil saya harus 2x menanggung ongkir bolak balik jakarta-kalimantan sebesar 90rb-an.

    good job shopee. very good job

    6
    11
  • 24 Januari 2024 - (17:46 WIB)
    Permalink

    lampirkan juga dong bukti chat anda dengan buyer. banyak seller janji janji kirim besok eh dikirim nya lusa, Minggu depan, atau alasan apa. Saya tidak bilang anda bohong, tapi lengkapi bukti percakapan banding anda juga dengan buyer sebagai edukasi ke buyer masalah logistik itu bukan salah seller juga(pernah saya beli paket dari Bali, saya tracking, Bali, Jakarta, Bandung, balik ke Bali?? Surabaya, Semarang, Bandung, baru rumah wkwkwk)

    2
    10
    • 25 Januari 2024 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Hallo..maaf ya ga ada notif jadi baru saya balas.ok klo kk mau lebih detailnya..orderan masuk hari sabtu jam 4sore,sementara batas akhir orderan masuk toko saya untuk dikirim dihari yang sama adalah jam 12siang dan hari minggu kurir disini libur yang artinya pengiriman dilakukan hari senin.setelah order,pembeli langsung chat toko dan langsung saya balas.pembeli minta utk dikirim hari itu juga agar senin sampai dan saya katakan tidak bisa dan minggu tidak ada pengiriman,pembeli juga masih membalas 2 kali untuk mohon dikirim dan saya masih balas lagi tidak bisa.keterangan jam operasional toko sudah tertera jelas dihalaman awal toko dan chat otomatis,dan dengan chat yg beberapa kali saling balas artinya pembeli sudah baca dan harusnya paham pengiriman tetap hari senin.seharusnya jika memang sudah tau tidak bisa,bukankah pembeli bisa cancel?toh saya klik resi juga baru pas hari senin jam 10an pagi.di hari senin saya tidak cek lagi orderan pembeli ini jadi langsung masuk packing dan kirim bersama orderan yang lain.dihari selasa sesaat setelah barang tiba dipembeli baru pembeli klik komplain kembalikan barang dan baru saya lihat oh ini pembeli yang kemarin chat itu.sudah cukup jelas kak?tapi rasanya isi surat ini tidak saya tujukan pada masalah pengiriman itu,jadi saya tidak tuliskan rinci tapi isi surat saya ini mengenai peraturan return shopee yang kenapa ongkir bulak balik ditanggung saya.bagi saya orderan masuk itu harus semakin cepat kirim maka uang akan semakin cepat cair.jadi saya bukan penjual yang janji janji besok kirim tau tau jadi lusa lusa.trimakasih

      3
      5
  • 24 Januari 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    semoga dengan banyaknya komen dari artikel ini , keluhan kita sebagai seller bs d respon oleh pihak terkait, karena kl lgsg ke cs shopee ga bakalan di anggap ,

    8
    12
  • 24 Januari 2024 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Sophee lagi, shopee lagi, shopee lagi
    Kenapa selalu yang bermasalah shopee, saya pengalaman cukup sekali saja kena masalah dgn shopee langsung cabut.

    7
    13
  • 25 Januari 2024 - (00:31 WIB)
    Permalink

    saya pernah mengajukan saran untuk mengubah kebijakan pembatalan dan pengembalian barang dan Dana agar langsung di approved system ke shopee ketika
    mengisi mengirim survey kepuasan Meng gunakan platform berbelanja di shopee, ternyata sekarang sudah di realisasikan
    terima kasih shopee 🙏

    1
    8
    • 25 Januari 2024 - (16:07 WIB)
      Permalink

      Peraturan baru shopee ini benar-benar kejutan tahun baru, dimana dia sudah menaikkan biaya2 administrasi dari sekitaran 4% jadi 6%, kemudian gratis ongkir nya juga naik, kemudian ada lagi biaya asuransi yang harus ditanggung penjual 0.5% dimana asuransi ini kalau barang dihilangkan kurir, kita harus tengkar sama pihak CS dan Relationship manager agar di proses, bukan asuransi yang benar2 seamless, barang dihilangkan atau dirusakkan jasa kirim langsung diganti sesuai aturan. Total biaya shopee itu 12% kira-kira.

      Jadi seandainya penjual itu jual sebuag produk harga Rp 100.000 di shopee, penjual itu hanya dapaet sekitar Rp 88.000, itupun kita penjual menunggu pembayaran dilepaskan dulu 2×24 jam setelah barang di terima.

      Kemudian penjual sekarang disuruh menanggung biaya kirim pulang pergi barang retur, padahal kita penjual bayar 5% dari harga barang untuk gratis ongkir, artinya kita penjual untuk ongkir sudah di charge 2x. Kalau sampai di jawab oleh shopee “ya jangan sampai retur”, kita penjual harusnya berhak menjawab, ya pastikan pembeli2 yang ada di shopee itu amanah 100%, karena kita penjual selalu dituntut untuk amanah.

      Shopee pusat mengalami kerugian, jangan pasar indonesia yang harus menanggung akibatnya buat menutupi kerugian shopee pusat (keliatannya semua ini hanya demi menaikkan gmv alias nilai transaksi saja demi pendanaan baru atau nilai valuasi yang tinggi buat dijual, penjual dikorbankan tidak masalah mreka tinggal kabur). Menaikkan biaya tanpa disertai pelayanan sama sekali, jawaban semua CS hanya tunggi jawaban tim terkait, tim terkait salah pun tetap tidak berani maju tangging jawab dan meminta maaf

      7
      11
  • 25 Januari 2024 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Ini bisa kita laporkan ke polisi kok.krn klo faq atau point2 tidak dijelaskan secara rinci mengenai pengembalian barang.dana sudah cair ke pembeli tapi brg kita tida terima dan uang kita dipotong.itu dia bisa kena pasal di kepolisian.karena saya pernha 1 kali seperti ini.dana balik tapi baramg saya tidak terima.dan shopee lepas tangan .saya langsung kw kantor shopee dengan kepolisian yang kebetulan adalah kerabat saya. Disana saya jelaskan semua.dan akhir nya uang saya diganti. Karena klo point tidak jelas itu bisa kena unsur pidana termasuk buyer nya bisa kena. Kita sebagai sellee harus pintar2 beri pelajaran ke shopee. Saya saja langsung cabut jualan di tokped dan lazada. . Saya sih berharap shopee segera tutup dr indonesia karena sudah byk merugikan seller yg jujur.pdhl.kita kasih mereka fee berharap mereka meningkatkan servicenya.. ayo para seller kita bersatu ksh pelajaran ke shopee.biar tidak seenak2 nya saja. Seakan dia melindungi para buyer yg nakal.

    6
    11

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

oleh Lidya dibaca dalam: 1 menit
61