Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan sarana bagi saya untuk menuliskan keluhan ini.

Saya penjual Shopee, di sini saya ingin menceritakan pengalaman tidak menyenangkan mengenai peraturan baru Shopee. Yaitu jika pembeli mengajukan komplain, otomatis di-approve tanpa bisa banding. Peraturan ini belum lama berlaku.

Saya sudah kena oleh pembeli yang mengharapkan barang sampai hari Senin, tapi ternyata barang sampai hari Selasa. Padahal barang telah saya kirim sesuai dengan orderan. Ya sudah, saya pikir saya juga tidak mau pusing biarkan dikembalikan saja.

Namun di sini saya terkecoh dengan keterangan dari Shopee. Saat barang sudah saya terima, ada 2 opsi (di sini saya lupa screenshot). Opsi pertama ajukan banding jika barang yang dikembalikan tidak sesuai dan opsi kedua kembalikan dana ke pembeli. Karena barang yang dikembalikan sesuai dan kondisi baik, saya klik yang opsi kedua kembalikan dana ke pembeli.

Namun ternyata dana saya langsung dikurangi ongkir ke pembeli dan ongkir kembali, jadi total Rp15 ribuan terpotong. Gak jadi dapat uang jualan, malah uang terpotong. Saya coba chat CS pun tidak bisa. Ini saya jadikan pelajaran penting dengan peraturan baru ini. Semoga teman-teman seller yang baca tidak ada yang terkecoh seperti saya. Terima kasih.

Lydia
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

  • 25 Januari 2024 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Sedih membaca balasan teman teman yang mengalami hal yang sama bahkan dipotong dalam jumlah besar. Teman seller saya ada menyarankan jika terjadi return lagi,jangan klik barang telah diterima tapi tetap klik ajukan banding jadi nanti dapat barang dan tidak terkena potong ongkir. Saya sendiri belum coba saran beliau ini tapi mungkin bisa dicoba daripada langsung klik selesai

    • 22 Februari 2024 - (00:34 WIB)
      Permalink

      Sudah klik ajukan banding, dan juga sudah lampirkan bukti video CCTV saat pengemasan, tetap di tolak admin shopee, dan biaya ongkos kirim pengiriman dan pengembalian di tanggung penjual, dan shopee tetap dapat keuntungan dari ongkir tersebut, yang buntung penjual nya 😀😀

  • 25 Januari 2024 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian kmrn bgt. Buyer merasa rugi krn brg yg dia beli mnrt dia ga bs d pake. Pdhal buyer yg lain ga ada masalah. Dp ribet aku menunggu komplain tsb krn shopee tengah melakukan peninjauan. Setelah bbrp saat shopee meminta sy utk respon komplain. Sy pilih kembalikan brg ke seller dan dana kembali ke buyer. Tp anehnya setelah sy pilih opsi itu transaksi penjualan selesai tiba2 dg hasil dana kembali ke buyer tp brg sy ga d balikin. Ya rugilah aku.dana kepotong brg aku hilang. Blm lg biaya berjualan d shopee aku dikenakan 12%. Mahal bgt. Aku mnding jualan d tokped aja deh cm 4.5% d shopee dr semula 9% naik 10,1% sekarang hampir 12%.

    1
    4
  • 25 Januari 2024 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Parah jualan di shopee ongkir return PP dikenakan ke seller. Terus buat buyer nakal ingat nomor handphone anda kami catat dan kami beri TAG PENIPU, BUYER CULAS DLL di getcontact !

    1
    3
    • 10 Februari 2024 - (16:59 WIB)
      Permalink

      1) pembelinya ngenges alias punya sifat buruk. Dia anggap pekerja toko online itu ga ada hari libur. Pesan sabtu sore minta tiba hari senin. Kenapa ga order kurir instan saja… mahal (? hehehe), pelit, pakainya promo ongkir gratis, maunya beli sabtu sore, tiba senin, kalau urgent produknya, mengapa ga bayar kurir instan, agar tiba senin? (toko online besar, umunya tutup tgl merah, serta Sabtu hanya setengah hari. Karena ada tenaga kerja non saudara.
      2) Shopee mestinya memeriksa bukti chat serta tanggal pesan dan tgl pick up kurir, sebab ketentuan pengiriman reguler itu 3-5 hari kerja (hari KERJA, tidak termasuk hari libur) area sesama jabodetabek, pengiriman hemat lebih lama sehari biasanya.
      3) Penjual. Mestinya saat pembeli ngotot ingin tiba senin, yg dirasa tidak mungkin, JANGAN ambil orderan ini. Ajukan batal ke admin shopee jika memungkinkan. Ngapain juga Anda kirim? Anda kan tau resiko berhadapan dengan pembeli ngenges?

      Begitu pendapat bijaknya.

  • 25 Februari 2024 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Ah shopee. Skr pusing jualan nya bos.. Isi nya buyer nakal semua. Hanya mau coba-coba barang udah beberapa hari di balikin dengan kondisi kotor, lecet. Lah kita udah ga bisa jual itu barang baru. Hitungan nyaa jual second. Ngajuin banding admin Shope cuma ngang-ngong, ngang-ngong.

  • 26 Februari 2024 - (19:12 WIB)
    Permalink

    makin kesini shopee makin ngancurin umkm, bikin peraturan seenak jidat sendiri, gak masuk akal,, bebas pengembalian padahal barang sudah dikirim benar,, hanya memikirkan sepihak malah jadi pembeli pembeli nakal merajalela,

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Jebakan Peraturan Baru Retur Shopee

oleh Lidya dibaca dalam: 1 menit
61