Buruknya Pelayanan dan Penanganan Pesanan oleh JNT dan Shopee

Di sini saya ingin cerita mengenai pelayanan JNT dan Shopee yang sangat bisa dikatakan buruk. Saya melakukan 2 pemesanan melalui Shopee dengan nomor resi:

  1. JP2267782883. Saya pesan tanggal 04 Februari 2024. Pada tanggal 05 Februari 2024 sudah berada di jasa kirim dan estimasi diterima 13-15 Februari 2024.
  2. JP7728643482. Saya pesan tanggal 05 Februari 2024 dan pada tanggal yang sama sudah berada di jasa kirim serta estimasi diterima 15-17 Februari 2024.

Pada tanggal 15 Februari 2024, saya hubungi CS JNT (via telepon) mengenai dua paket saya. Paket yang pertama sudah berada di cabang terakhir pada tanggal 12 Februari 2024 dan dalam antrean pengantaran yang akan diantar keesokan harinya, pada tanggal 16 Februari 2024.

Pada tanggal 16 Februari 2024, saya kembali hubungi CS JNT (via telepon), kembali menanyakan kedua paket saya dan kembali lagi saya dapatkan jawaban yang sama. Untuk kedua paket saya sudah berada di cabang akhir dan dalam antrian pengantaran serta akan diantar keesokan harinya pada tanggal 17 Februari 2024.

Setelah itu saya coba hubungi Shopee melalui chat untuk menanyakan kedua paketnya, “Untuk paket yang pertama dilakukan pengembalian oleh JNT tanpa ada kejelasan apapun serta akan dilakukan investigasi dan paket yang ke-2 sedang tertahan dan menunggu jadwal pengiriman.”

Saya minta ke Shopee untuk hasil investigasinya dan disuruh menunggu sampai investigasi selesai. Sekitar pukul 13.00 saya coba ke cabang JNT untuk mengambil sendiri, sungguh di luar dugaan banyaknya orang yang mengantri untuk mengambil paket dan hanya dilayani 1 orang karyawan. Saya sampai berpikir ini orang mau ambil paket atau ambil bantuan pemerintah. Saya memutuskan untuk kembali besok pagi.

Pada tanggal 17 Februari 2024, sekitar pukul 07.55 saya kembali ke cabang itu untuk mengambil paket (sudah ada 5 orang yang antri) dan ternyata belum buka. Saya coba tunggu sampai 08.30 masih belum buka juga. Sementara orang yang mau ambil paket sudah bertambah banyak dan menunggu, saya putuskan untuk pulang.

Siangnya saya coba telepon CS JNT dan yang melayani atas nama TORIK (ID 70146) menanyakan kedua paket itu. Jawabannya tidak ada pengembalian barang dan kembali jawaban yang sama saya terima, yaitu menunggu antrian dan keesokan harinya diantar.

Sampai saat ini tanggal 20 Februari 2024 pukul 00.00 paket belum saya terima dan tidak ada kejelasan paket saya. Saya telah laporkan ke Shopee dan JNT, serta memutuskan dengan berat hati (sudah saya informasikan ke penjual) untuk mengajukan pengembalian.

Sebenarnya bisa saja dari awal saya ajukan pengembalian, tapi saya berpikir betapa kasihan penjual kalau terjadi begini hanya karena ulah oknum JNT cabang sini yang kerja dengan suka-suka. Penjual sudah berharap paketnya terjual kepada pembeli, tapi ternyata tidak. Belum lagi kalau paketnya kembali dalam keadaan rusak, pasti penjual rugi berkali lipat.

Tolong dong buat JNT dan Shopee, kalau permasalahan begini ditangani serius dan jangan biarkan nama baik tercoreng hanya karena ulah oknum jasa kirim yang suka-suka kerja. Banyak orang yang masih mau bekerja. Kalau tidak ada ketegasan lebih baik tutup saja JNT cabang sini daripada penjual dan pembeli rugi begini.

Terima kasih buat Media Konsumen sebagai wadah pengaduan pelanggan.

Ifran
Kutai Timur, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Buruknya Pelayanan dan Penanganan Pesanan oleh JNT dan Shopee

  • 22 Februari 2024 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Permasalahan ini telah di tangani dengan baik oleh SHOPEE dan JNT. Paket telah di terima.
    Tks SHOPEE dan JNT

  • 23 Februari 2024 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Jnt oh jnt..
    Sy sblm chekout barang di olshop selalu bertanya pada penjual dkirim pakai ekspedisi apa..
    Jika jawaban jnt maaf skip sy tdk jd order..
    Pengalaman sy belanja di tiktok shop dengan metode cod..
    Sy beli handuk 2 pcs senilai 30rb dengn metode pbayaran cod
    Karena mendpat voucher pengguna baru sy hanya membayar 2rb rupiah..
    Dan dkirim dengn no resi JX1947493119
    Setelah bbrpa hari menunggu
    Status pengiriman dinyatakn delivered atas nama istri sy..
    Padahal tidak ada pengiriman oleh kurir kerumah..
    Sy coba konfirmasi ke kurir yg trtera di apk via w.a.
    Kurir mengatakan bukan dia yg antr tp teman nya..
    Sy cb hub cs service jnt
    Cs service menyerahkn kasus nya ke cs cibinong..
    Dsni yg mulai menyebalkn..
    Cs service cibinong justru menyarankan sy untuk order ulang..
    Karena seperti itu sop nya menurut mereka..
    Mereka menilainya paket trsebut adalah cod dan saya tidak dirugikan karena statusnya sdh dibayarkn..
    Padahala nilai cod 2rb rupiah tapi nilai barang 30rb..
    Sy berfikir postif saja mungkin kurir mereka tidak punya handuk dirumah jadi paket sy dibayarkn oleh kurirnya dan tidak diantar dan handuk dipakai buat keluarganya..
    Alhamdulilah y bisa menyenangkan keluarga orang lain walupn hanya dengan handuk

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Buruknya Pelayanan dan Penanganan Pesanan oleh JNT dan Shopee

oleh Ifran dibaca dalam: 2 menit
4