Banyaknya Produk yang Dimoderasi oleh TikTok Shop

Halo semuanya, ini untuk kedua kalinya saya membuat surat kepada TikTok Shop Indonesia terkait dengan judul, deskripsi, dan foto produk.

ID toko saya: IDLCAQWL7B. Ketika TikTok Shop buka kembali, saya mencoba lagi peruntungan di sana, tanpa melakukan live streaming. Hasilnya not bad. Seiring berjalannya waktu, satu per satu produk yang saya tampilkan di toko selalu kena moderasi oleh sistem dengan alasan HAKI.

FYI, saya berjualan aksesoris handphone, khususnya case HP dan anti gores, dan tidak berjualan unit handphone sama sekali. Saya sudah mencoba “mengakali” sistem TikTok Shop dengan mencantumkan merek HP pada judul produk saya singkat (berharap algoritma tetap ada dan keyword-nya masih masuk ketika dicari calon pembeli). Foto produk dan deskripsi tanpa menyebutkan merek tertentu. Namun ada saja 1-2 produk yang kena moderasi (bisa ajukan banding tapi tidak akan menang).

Haruskah saya meminta izin kepada merek-merek handphone tersebut untuk berjualan aksesoris handphone mereka? Judul produk – foto produk sudah sangat jelas untuk tipe-tipe handphone tertentu saja, masih banyak pembeli yang salah pesan tipe. Apalagi kalau judul produk disingkat – foto produk juga tidak ada keterangan untuk tipe handphone, alhasil banyak yang salah pesan dan penjual lain yang kena bintang 1. Bintang 1 banyak toko di- freeze oleh sistem TikTok Shop. Nasib, begini amat jualan di TikTok Shop.

FAQ:

Ya udah tidak usah jualan di TikTok Shop aja, om! –Ā TikTok Shop bukan penghasilan utama jualan saya kok (masih ada di marketplace lain).

Edit aja gambar/judul produknya! – Status produknya di-freeze (tidak bisa diedit/hapus).

Sekian curhatan saya, mohon maaf jika ada kesalahan kata/kalimat.

Ferry
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Banyaknya Produk yang Dimoderasi oleh TikTok Shop

  • 10 Maret 2024 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Terus gimana kak masih suka di freeze ga? Apakah ada tanggapan dari pihak tiktok setelah masuk media konsumen?

    • 10 Maret 2024 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Masih ada yang di freze tiap hari koq
      Tanggapan ? Nothing
      Kl di bilang mereka peduli UMKM ?hehehehe
      Temen ku jadi saksi kesadisan nya

      • 10 Maret 2024 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Termasuk aku juga saksi kesadisan dan tidak berikemanusiaan si tiktok shop. Seumur hidup aku baru pernah dapet rating 1 dari konsumen itupun difitnah ga ngerti cara pake nya padahal ga knapa knapa dah dibuktiin jg tp pihak cs shopee 2x menutup tiket saya. Ga dianggap. Tiktok yg dianggap cm buyer. Cepet bgt kalo buyyer walau seller dirugikan pun gpp yg penting buyer no 1 … Tiktok emang ga jelas. Mskanya saya liat sepi seller di tiktok

 Apa Komentar Anda mengenai TikTok Shop?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Banyaknya Produk yang Dimoderasi oleh TikTok Shop

oleh Ferry dibaca dalam: 1 menit
5