Review Negatif Terus Meningkat di TikTok Jika Penjualan Menurun

Terima kasih Media Konsumen sudah memuat surat kelanjutan dari laporan saya yang lalu. Melanjutkan dari surat pembaca sebelumnya:

Menginformasikan sejak rating 1 fitnah ini membuat toko saya menjadi hancur akibat 2 laporan di TikTok Shop:

  • Laporan pertama: 202403081312200009
  • Laporan kedua (case yang sama): 202403100712200029
  • Lalu saya buat laporan baru lagi ke TikTok Shop yang ke 3: Laporan ke 3 : 202403201512200018

Mengenai mengapa ulasan negatif terus meningkat padahal tidak ada penjualan kalau ada pun drop banget dan tidak ada penambahan ulasan negatif lagi. Rating produk itu sendiri masih kategori 4,7 (menurut kalian 4,7 ini jelek atau baik?).

Tapi di menu pelanggaran produk saya itu 2.0 sehingga dianggap produk buruk 100%? Bingung ga? Rating produk 4,7 kok bagian pelanggaran jadi 2.0 dan dianggap buruk 100%.

Mengenai mengapa menu pelanggaran bagian ulasan negatif saya terus bertambah presentasenya awal 4,9 menjadi 6,49 ini bergerak naik presentasenya padahal penjualan merosot dan tidak ada ulasan lagi. Bagaimana mungkin sebuah ulasan 1 orang rating 1 ini membuat presentase ulasan buruk terus bertambah presentasenya. (Dimana mana ulasan presentase meningkat jika ada ulasan buruk tambahan lagi bukan?).

Rating produk saya 4,7 pun masih dianggap buruk, dan tidak mengkaji sistem TikTok yang bobrok ini. Hanya gara-gara 1 ulasan rating 1 itu dari 1 orang itu dengan 5 varian yang diorder.

Berikut percakapan yang bisa dinilai publik. Selalu mengulang copy paste template yang lalu lalu.. Laporan lama saya pun tidak dibaca makanya dia copy paste terus mengulang jawaban yang tidak perlu.

Jawabannya ini seperti tidak menghargai kita sebagai penjual dia tidak lihat masalah dan historynya saja tidak. Langsung copy paste template terus dan ditutup lagi. Begitu lah cara kerja sistem TikTok memaksa dengan 1 titik kesalahan yang akan terus meningkat dan menciptakan poin-poin pelanggaran dengan sendirinya hingga 90 hari ke depan.

Bayangkan hanya 1 ulasan negatif (yang sengaja untuk menjatuhkan saya itu) tanpa diperiksa dan akibatnya dimanfaatkan sistem TikTok untuk menggandakan terus-menerus karena penjualan drop kan. Sedangkan dia CS bilang cara mengurangi ulasan negatif dengan meningkatkan penjualan (kocak bukan). Sistem yang menahan toko saya dibuat tidak ada trafik dan program free ongkir semua jadi dicabut. Akibatnya penjualan merosot. Tetapi disuruh meningkatkan penjualan baru bisa ulasan negatif menurun.

Bagaimana? Baru pernah saya dengar di marketplace ulasan buruk akan menurun bila penjualan ditingkatkan. Bukannya ulasan buruk meningkat apabila ada ulasan buruk baru lagi? Atau ada ulasan tambahan buruk lagi setelahnya?

Bukankah ini sama saja dengan kita dipaksaan untuk 1 kesalahan tersebut lalu dimanfaatkan sistem untuk terus digandakan presentase ulasan negatif. Nanti lama-lama ketika terus meningkat terciptalah poin pinalti pelanggaran terus-menerus selama 90 hari ke depan walau (walau tidak ada ulasan negatif tambahan yang baru atau penjualan menurun)

Karena secara sistem akibat 1 orang tersebut beri ulasan negatif kan penjualan langsung anjlok karena produk yang dianggap buruk (walau rating produk 4,7) sehingga banyak program free ongkir dicabut.

Kesimpulan dari sistem TikTok setelah saya chat CS tadi yang saya sudah sertakan di atas tadi:
Sistem TikTok ini memanfaatkan kesalahan 1 titik. Dengan memaksimalkan sistem TikTok yang melemahkan penjual ke arah penurunan trafik dan penjualan. Lalu dengan melemahnya penjualan. Sistem TikTok yang lain menghajar kita dengan menggandakan peningkatan presentase ulasan karena penjualan menurun (walau tidak ada ulasan buruk tambahan sekalipun) dan terciptalah poin-poin pelanggaran yang terus menerus pastinya jika ulasan negatif terus digandakan hingga 90 hari ke depan.

Sistem TikTok ini sangat menghina para seller di Indonesia. Khususnya buatan lokal yang bersertifikat SNI. Buat apa dipertahankan di Indonesia jika terus merugikan seller? Ini saya berbagi cerita semoga bermanfaat untuk seller yang ada dan calon seller.

Terima kasih.

Handy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Review Negatif Terus Meningkat di TikTok Jika Penjualan Menurun

    • 23 Maret 2024 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Kalo review emang yg sudah beli.
      Maksud dari laporan saya ini..
      Review yg sudah ada itu secara sistem terus meningkat presentase ulasan buruknya (kesannya saya mempunya ulasan negatif baru) gitu loh. Walaupun ga ada ulasan baru.
      Kaya seolah olah itu ada ulasan negatif yg baru lagi nambah padahal ga ada. Secara sistem presentase nya memingkat hari ke hari. Bingung kan?

      Alasannya penjualan menurun kata CS. Lucu kan?

      131
  • 23 Maret 2024 - (22:40 WIB)
    Permalink

    tinggal cabut dari lapak disana aja kok ribet
    klo jualan disana gak enak.ngapain maksain jualan disana
    tinggal ajuin tutup akun selesai masalah
    aneh nih ts

    1
    201
  • 24 Maret 2024 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Nah sekarang naik lagi dari 6,49 jadi 6,8 % presentasenya.. Per 24 maret 2024
    Padahal ga ada ulasan sama sekali yg masuk sejak 1 ulasan buruk tersebut tanggal 7 maret 2024.
    Harap para seller tiktok hati hati dari sistem tiktok ini.

    42
  • 26 Maret 2024 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Tanggal 25 maret 2024 terjadi kenaikan presentase ulasan negatif 2 kali yaitu : 6,85 % dan 7,69 %

    Hari ini tanggal 26 maret pun terjadi kenaiksn presentase ulasan negatif pada menu pelanggaran 2 kali jg yaitu : 8,06 % lalu naik lg ke 9,26.

    Padahal tidak ada ulasan yg masuk lagi maupun ulasan negatif.

    Ini yg saya maksud akan di gandakan terus menerus secara sistem tanpa penjual sadari. Kalo yg barangnya banyak mungkin ga akan pada tau. Dan saya baru tau jg. Kacau ini tiktok shop.

    11
  • 27 Maret 2024 - (02:41 WIB)
    Permalink

    Saya ga terima ya sistem tiktok yg menggandakan secara sistem presentase ulasan negatif padahal ga ada ulasan negatif lagi, ulasan baru aja udah jarang bahkan belum ada lagi.

    7 maret 2024 ketika dapat ulasan buruk dari 1 user (5 varian di link produk yg sama dalam 1 transaksi invoice) presentase 4,9%.
    (Dan ini juga kontroversial rating yg ga seharusnya user sesama pesaing bisnis).

    Lalu presentase ini naik setiap hari dikit dikit dan sudah saya buat laporan juga tp pihak tiktok tidak serius menangani ini hingga terus naik berdasarkan data di seller center/kompas data/pasca pembelian/performa ulasan negatif (sesuai grafik dan tgl tertera di grafik) .

    07 maret 4,9% saya skip langsung ke akhir2x
    20 maret 6,49%
    22 maret 6,85%
    23 maret 7,69%
    24 maret 8,06%
    25 maret 9,26%
    (Grafik ini 100% menaik tanpa turun)

    Seharusnya kan naik kalo ada ulasan negatif baru lagi yg masuk/30 hari. Ini ulasan negatif ghoib dari sistem tiktok maksud nya apa???
    Kalo terus begitu meningkat ya ujung ujung nya tercipta otomatis poin pinalti lah. Sistem seperti apa kalau gini? Perhitungan model apa kaya gini?

    Link produk saya tersebut rating 4,7
    Dibilang buruk 100% distatistik rating toko bagian produk jadi 2.0 (presentase yg dibuat buat ga berdasarkan kenyataan). Emang nya tiktok ga cek yg review positif brp banyak perbandingan nya.

    Ampe saya diginiin layaknya seperti seolah2x dapet rating buruk ampe puluhan / minggu kesannya.

    Saya ingin selain data produk saya tersebut dipulihkan karena terus menerus saya dirugikan oleh sistem tiktok dan minta kompensasi atas ini karena waktu yg terbuang selama 30 hari tanpa kejelasan dari pihak tiktok. Juga pulihkan toko saya & produk saya (ga layak saya di giniin).

    62
    • 16 April 2024 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Pada rating toko komponen ulasan negatif dalam penilaian ini jg yg bikin anjlok sistem nya. Bisa 3 bulan baru kita bisa memperbaiki ini semua. Jk blum 3 bulan sistem mereka ga akan bisa stop membuat komponen ini meningkatkan perhitungan rating toko kita..

      Sudah 1 bulan
      Laporan saya di tiktok hanya di reply cs nya tunggu sbntar tunggu sbntar seperti di permainkan. Seperti SDM bagian terkait nya ga beda jauh SDM nta seperti SDM pada CS nya yaitu rendah. Laporan yg di CS pun cm sekedar junkmail yg dibiarkan tanpa kejelasan.

  • 28 Maret 2024 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Naik terus presentasenya kini 9,8 % .. Ga jelas bgt. Laporan cs nya pun ga ada kelanjitan suruh nunggu terus udah 5 hari …

    Sistem tiktok ini menggunakan variabel variabel perhitungan yg ga seharus nya…. Baru ketahuan ini. Sistem tiktok sangat sangat menghempaskan para penjual di tiktok. Komplenan di vt vt tiktok pun saya liat begitu banyak. Yg komplen seller semua malah 😡

    12
  • 29 Maret 2024 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Update per hari ini
    Tgl 29 maret 2024
    Tingkatan ulasan negatif karena penjual meningkat terus hingga kini 10% (ga tau poin pinalti ampe brp%).
    Ntah ini sampe kapan
    (Padahal tidak ada penambahan ulasan buruk lagi). Bahkan ulasan positif 5 nya nambah. Tapi malah presentase negatif meningkat.
    (Sagat licik sekali ini sistem perhitungan yg dibuat tiktok shop yg tidak banyak diketahui seller di tiktok. )

    Akan update terus sampe batas mana ini kelicikan perhitungan sistem tiktok shop.

    Sampe saat ini. Cs nya cuma terus menunggu padahal ini darurat/emergency. Mereka ga bisa melakukan tindakan preventif. Beda dgn marketplace lain yg bisa melakukan tindakan preventif jika melapor ke CS sblum poin pelanggaran itu datang akibat kesalahan sistem. Cm di tiktok CS nya sangat rendah sekali SDM. Ga bisa berkata kata lagi..

  • 17 April 2024 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Tidak kelar jg udah 1 bulan. Padahal ini sistem tiktok dan bagian terkait serya cs tiktok yg salah.

  • 18 April 2024 - (00:59 WIB)
    Permalink

    Reputasi toko nya malah makin ngaco. Bener bener sistem perhitungsn yg sangat terselubung.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Review Negatif Terus Meningkat di TikTok Jika Penjualan Menurun

oleh Power Glue dibaca dalam: 2 menit
14