Paket Jualan Hilang Setelah Di-pickup oleh Kurir J&T Cabang

Kejadian bermula pada tanggal 31 Maret 2024 sore hari, ketika 5 paket jualan saya di marketplace di-pickup oleh kurir J&T cabang Cakung langganan saya. Seperti biasanya, paket yang telah di-pickup resinya akan di-input ke sistem pada hari yang sama. Namun besok paginya, setelah saya melakukan pengecekan ke marketplace, ternyata status pengiriman di toko saya masih belum di-update. Artinya paket yang di-pickup resinya masih belum di-input ke sistem.

Saya pun langsung menanyakan hal tersebut ke kurir pickup melalui WhatsApp dan saya mendapat balasan dari kurir, katanya akan dicek dulu karena mereka lagi overload. Akhirnya setelah siang kurirnya pun WhatsApp dan menyuruh saya untuk mengirimkan foto bentuk paket yang dia pickup kemarin, karena paketnya tidak tahu nyelip dimana dan harus d cari dulu.

Foto bentuk paket pun saya kirimkan ke kurir. Namun setelah saya tunggu sampai sore, hasilnya nihil, paketnya tetap tidak ketemu. Saya pun ditelepon oleh kurir dan dijelaskan bahwa dia masih membutuhkan waktu untuk mencari dulu paketnya melalui CCTV, karena waktu itu kebetulan menjelang lebaran dan lagi overload. Dijelaskan juga jika nanti paketnya memang tidak ketemu atau hilang, maka akan mereka ganti.

Saya pun segera mengadukan masalah ini J&T Pusat melalui WhatsApp dan email, ke admin J&T CP Cakung dan diarahkan juga ke supervisor yang menangani cabang tersebut. Di sini ada 3 orang dari cabang (kurir, admin dan supervisor) yang berjanji akan mengganti total kerugian tersebut. Bahkan ada bukti-bukti isi percakapan WhatsApp, semua sudah saya berikan ke J&T Pusat.

Isi barang dan detail pesanan pun sudah saya berikan semua ke admin dan supervisor cabang J&T CP Cakung. Total kerugian dari 5 paket yang hilang adalah sebesar Rp1.161.000, dengan nomor resi: JP1693999158, JP2864206247, JP1132004624, JT0287588145, JT0287590054. Masalah ini sampai di sini, karena saya pikir J&T juga membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan kepada pihak yang bersangkutan dan kebetulan sudah ketemu libur lebaran.

Pada tanggal 4 April 2024 (setelah kembali libur lebaran), akhirnya saya tanya kembali ke J&T cabang melalui via WhatsApp dan mendapat balasan bahwa kerugian saya akan mereka ganti pada saat gajian sekitar tanggal 16 April 2024. Namun setelah hari H tanggal 16, saya tanyakan kembali, jawabannya adalah gajian belum turun. Bahkan saya dilempar kembali untuk menanyakan sendiri ke kurir perihal kerugian tersebut, katanya “Kurir yang hilangin yang bertanggung jawab”.

Saya benar-benar kecewa dengan jawaban tersebut, karena saya tidak mungkin meminta tanggung jawab ke kurir jika kurirnya tidak mau merespons. Yang saya cari tentu saja supervisor yang bertanggung jawab. Namun sampai artikel ini saya buat sudah (berselang 3 bulan kemudian), kerugian saya masih belum di ganti oleh cabang J&T Cakung.

Hari demi hari setiap saya tanya ke J&T pusat, email demi email saya kirimkan, tetapi pusat selalu jawab “Sudah masuk laporan dan akan dibantu sampaikan ke cabang”. Setiap saya tanya ke cabang via WhatsApp tidak ada respons lagi. Bahkan supervisor cabang ditelepon juga tidak dijawab dan direspons lagi WhatsApp saya.

Kepada J&T Pusat, saya mohon jika memang cabang Anda yang bermasalah tolong Anda jangan lempar masalah begitu saja, seolah-olah tidak peduli dengan masalah konsumen. Karena toko saya sudah cukup lama langganan di cabang tersebut dan yang menawarkan jasa pickup adalah cabang Anda sendiri. Mau yang salah pusat atau cabang atau kurir, tetap saja nama baik J&T yang tercoreng. Konsumen jangan dibuat bingung dengan sistem cara kerja dan SOP Anda!  Jika Anda peduli dengan konsumen, bisa saja Anda dengan mudah tetap mengganti kerugian paket saya yang hilang, lalu Anda tinggal menagih (senilai kerugian) kepada cabang atas kesalahan yang mereka buat. Jadi konsumen tidak akan kecewa, bingung dan terus percaya menggunakan jasa layanan Anda.

Suhini
Pulo Gebang, Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Paket Jualan Hilang Setelah Di-pickup oleh Kurir J&T Cabang

  • 28 Mei 2024 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Memang sering bermasalah pengiriman dekat2 tanggal2 tersebut. Dengan kilah “overload”. Mau kurir biasa atau ojol, mau pick-up atau antar ke gerai. Makanya saya matiin hampir semua, cuma nyalain yang saya agak percaya pas tanggal2 tersebut.

    Tahun depan lumayan serem sih. Kan sekarang Tokopedia maksa Kurir Rekomendasi nyala kalau Bebas Ongkir. Itu kan bisa dapat/dioper kurir2 aneh. Saya keringet dingin bayangin pengiriman yang bakal hilang berapa banyak.

    • 29 Mei 2024 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Makanya kak, padahal saya uda cukup lama memakai jasa pickup di situ, karena yg menawarkan jasa pickup kan cabang tersebut. Kecewa aja tidak ada tanggung jawab sama sekali, bahkan ga jelas juga paketnya kenapa bisa hilang di kurir.

  • 29 Mei 2024 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Masalah ini sudah clear dan di selesaikan hari ini, saya sudah di hubungi oleh J&T Cabang Cakung perihal keluhan saya dan langsung hari ini kerugian saya di ganti oleh J&T Cakung. Terima kasi kepada Ibu Agustina dan Ibu Lilis Indrawati yang sudah dengan cepat merespon dan membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini. Semoga J&T terus memberikan kepercayaan dan solusi kepada konsumen, semoga sukses terus. Terima kasih banyak 🙏🏻

    Suhini
    Jakarta Timur, Pulo gebang

    • 30 Mei 2024 - (05:07 WIB)
      Permalink

      biasa nunggu viral baru di ganti
      hahaha….
      kalau punya saya sih sdh tutup paksa, minta dari shopee tutup ngak lg pakai j&t, kapok!!!

      • 30 Mei 2024 - (09:47 WIB)
        Permalink

        Oh hebat bener. Jadi J&Tnya mati? Walaupun buat orang lain dipaksa nyala di Shopee. Salut, jago ngomong ke CSnya.

      • 30 Mei 2024 - (13:57 WIB)
        Permalink

        Ya gpp, gw dulu malah Si cepat dr HP 2jt cuma di ganti bbrpa ratus ribu Redmi Note 8 awal2 launching, setelah di pick up pas sampe gudang status gak berubah2, d tunggu berhari2 komplain berkali2 ternyata kurir nya salah tempel resi nya setelah pickup 🤣
        Bbrpa hari kemudian dpt orderan si cepat, karena penasaran sama kinerja nya akhirnya kirim sendiri ke cabang, ehh ternyata yg bagian tempel resi suka bercanda sama temen, pantesan aja gak bener

  • 30 Mei 2024 - (11:54 WIB)
    Permalink

    baru kmrn paket saya juga hilang tp pake jasa kirim JTR. nilai paket 1.25jt
    dinyatakan hilang oleh jasa kirim. dan diganti 10x ongkir yg cuma 300k.
    saya protes. tp katanya tidak bisa diganti full karna tanpa asuransi.

    pdhl itu paket udah jelas kita antar ke konter dan ada tanda terima nya.
    tp di shopee order dianggap cancel, dana customer dikembalikan full.
    dan penjual dapat kompensasi 10x ongkir.
    pdhl nilainya 40x ongkirnya.
    mau protes kemana, katanya itu sudah S&K berlaku.

    • 30 Mei 2024 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Nah klo ini emang sudah aturannya kak di semua ekspedisi klo ga pake asuransi, sebenarnya sangat tidak adil, giliran barangnya murah di ganti seharga barang, bukan 10x ongkir. Tp klo barangnya mahal di ganti 10x ongkir. Saya kmrn juga mengalami kasus yg sama persis di oren juga, sama cm di ganti 10x ongkir padahal nilai harga barang yang hilang lebih dari 10x ongkir.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Paket Jualan Hilang Setelah Di-pickup oleh Kurir J&T Cabang

oleh Juen dibaca dalam: 2 menit
11